Mengenal Buah Sirsak dan 9 Manfaatnya Bagi Kesehatan

mengenal buah sirsak dan 9 manfaatnya bagi kesehatan

Buah sirsak sudah sejak lama diketahui memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Buah ini dikenal dengan kandungan gizi yang baik untuk menutrisi kebutuhan harian vitamin, mineral dan karbohidrat. Tak jarang banyak orang yang rutin mengonsumsi buah sirsak sebagai pemenuhan nutrisi tubuh juga alternatif penanganan penyakit tertentu, karena kandungan gizinya yang banyak. Berikut akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai buah sirsak.

Tentang Buah Sirsak

Tanaman sirsak merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam keanekaragaman hayati di Indonesia. Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Sebab, pada daging buah sirsak ini, memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Tanaman sirsak tumbuh dengan baik pada daerah yang mempuyai ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda ‘Zuurzak’ yang berarti kantung yang asam. Berbagai negara di dunia, mengenal sirsak dengan nama soursop, guanabana, carosel, thurian-thet, dan graviola.

mengenal buah sirsak dan 9 manfaatnya bagi kesehatan pohon sirsak

Tanaman sirsak akan tumbuh sangat baik pada keadaan iklim bersuhu 22-28 derajat Celcius, dengan kelembaban dan curah hujan berkisar antara 1500-2500 mm per tahun. Dimana di Indonesia memiliki semua syarat tersebut. Keadaan yang terlalu panas atau terlalu dingin akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman sirsak. Pertumbuhan buah sirsak sangat terhambat oleh cuaca yang dingin. Sedangkan musim kemarau, tanaman sirsak akan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya dengan merontokkan daunnya untuk mengurangi penguapan.

Buah sirsak (Annona muricata Linn.) atau yang dikenal juga dengan sebutan nangka belanda atau durian belanda tidak mengenal musim dan selalu berbuah sepanjang tahun. Kamu dapat menemukan buahnya kapan saja. Hampir seluruh wilayah Indonesia ditumbuhi tanaman sirsak ini. Karena rasa buahnya yang lezat, sirsak banyak dikonsumsi sebagai jus maupun diolah menjadi makanan seperti kue bolu sirsak atau bahan tambahan makanan lainnya.

Olahan buah sirsak bisa dijadikan sirup untuk minuman. Selain itu kamu juga bisa membuat jus asli dari buah sirsak ini. Banyak juga produksi selai sirsak untuk menambah berbagai cita rasa. Selai ini cocok sekali dioleskan pada roti sarapan pagi kamu. Selai ini juga bisa dijadikan isian pada kue lebaran, yaitu nanas. Rasanya yang asam dan manis, tentunya tak kalah nikmat dengan selai nanas yang umumnya digunakan sebagai isian nastar.

Selanjutnya, kamu juga bisa menemukan makanan berupa dodol sirsak yang memiliki rasa berbeda dari dodol biasanya. Dodol sirsak ini lebih cenderung memberikan variasi rasa berbeda pada makanan bernama dodol. Maka dari itu, beberapa aneka rasa lainnya juga dapat kamu temukan. Diantaranya dodol stroberi, dodol coklat, juga dodol nanas dan masih banyak varian rasa buah lainnya. Semua olahan tentu bisa kamu konsumsi untuk mengisi perut mu yang kosong.

Telah diketahui bahwa sirsak merupakan tanaman buah tropis yang diperkirakan berasal dari wilayah Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika selatan. Tanaman ini masuk ke wilayah Indonesia saat dibawa oleh pemerintah kolonial belanda sekitar abad ke-19. Perkiraan abad ini dikarenakan banyak tumbuhan dan aneka buah yang tumbuh di Indonesia sekitar abad ke-19. Setelah dibudidayakan oleh kolonial Belanda pohon sirsak mengalami kecocokan iklim yang membuatnya dapat tumbuh subur di hampir seluruh wilayah Indonesia. Jadi ini sesuai dengan penyebutan nama awal buah sirsak yang berasal dari Belanda yaitu ‘Zuurzak’. Sirsak merupakan jenis tanaman yang paling mudah tumbuh diantara jenis-jenis Annona lainnya dan memerlukan iklim tropis yang hangat dan lembab.

mengenal buah sirsak dan 9 manfaatnya bagi kesehatan menjaga berat badan

Buah sirsak terdiri atas 67,5% daging buah yang dapat dimakan, 20% kulit, 8,5% biji, dan 4% empulur (tempat buah melekat). Buah sirsak umumnya akan muncul pada bagian batang, cabang, maupun bagian ranting dari pohon. Adapun ciri buah sirsak yang sudah matang yaitu jarak antara daun renggang, tangkai buah menguning. Selain itu kamu juga dapat mengecek bagian teksturnya. Tekan bagian luar kulit buah, jika dirasa sudah lunak maka buah sirsak sudah matang.

Buah sirsak dapat dipanen setelah berumur lebih dari tiga tahun. Musim berbunga pohon sirsak paling banyak terjadi selama bulan Oktober sampai November dan musim buahnya jatuh pada bulan Januari serta Februari. Dari satu pohon sirsak dapat diperoleh sekitar 2-30 buah sirsak dengan bobot kira-kira 200-1200 gram. Namun produksi sirsak akan mengalami penurunan setelah usia pohon mencapai 8-10 tahun sehingga dibutuhkan peremajaan.

Tanaman sirsak memiliki tinggi pohon sekitar 5 sampai 10 meter dengan batang berwarna coklat berkayu, bulat, dan bercabang. Batang pohon sirsak tumbuh tegak dan bercabang dengan diameter batang sekitar 10-30 cm. Ukuran cabang hingga mencapai 30 cm biasanya ditemukan pada usia pohon yang sudah tua.

Daun tanaman sirsak berbentuk telur atau lanset, ujung runcing, tepi rata, pangkal meruncing, pertulangan menyirip, panjang tangkai 5 mm, dan hijau kekuningan. Perlu kamu ketahui bahwa pada daun sirsak terbagi menjadi dua, yaitu daun tua dan daun muda. Daun sirsak yang sudah tua berwarna hijau tua sedangkan daun mudanya berwarna hijau kekuningan. Ini menandakan adanya pigmentasi yang belum sempurna terjadi pada proses fotosintesis di klorofil daun. Daun sirsak tebal dan agak kaku dengan urat daun menyirip atau tegak pada urat daun utama. Daun sirsak terkadang menimbulkan bau yang tidak sedap di hidung, seperti terlalu menyengat dan tak nyaman.

Daun yang berkualitas adalah daun sirsak dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Menurut beberapa studi, daun yang memiliki kandungan antioksidan tinggi terdapat pada daun yang tumbuh pada urutan ketiga sampai urutan kelima dari pangkal batang daun, dan disarankan untuk dipetik pukul 5 sampai 6 pagi. Hal ini dikarenakan proses pengeluaran oksigen yang terjadi di malam hari sudah selesai, dan daun belum begitu banyak menghirup oksigen dari luar sehingga merupakan kondisi daun yang masih bagus.

Selanjutnya bila melihat pada karakteristik bunga, bunga pada buah sirsak terletak pada batang, ketiak daun, cabang, dan ranting. Kelopak daun kecil, kuning keputih-putihan, benang sari banyak berambut. Bunga tanaman sirsak termasuk jenis bunga tunggal, artinya dalam satu bunga terdapat banyak putik sehingga seringkali juga dinamakan bunga majemuk. Bagian bunga tersusun secara spiral atau terpancar dalam lingkaran, mahkota bunga sirsak berjumlah 6, yang terdiri dari dua lingkaran, bentuknya hampir segi tiga tebal dan kaku, berwarna kuning keputih-putihan. Setelah tua dan mekar nantinya mahkota bunga akan lepas dari dasar bunganya. Kemudian, perlahan berubah menjadi buah.

Bunga sirsak umumnya sempurna tetapi kadang hanya ada bunga jantan dan bunga betina saja dalam satu pohon. Ini dimungkinkan terjadi karena faktor eksternal seperti cuaca sinar matahari dan kelembaban tanah. Bunga sirsak melakukan penyerbukan mandiri karena biasanya tepung sari matang terlebih dahulu sebelum putiknya. Walau juga bisa dengan bantuan penyerbukan dari hewan, seperti lebah.

Bagi kamu yang pernah mengonsumsi daging buah sirsak, pastinya akan terlihat daging buah yang berwarna putih susu. Buah sirsak ini termasuk buah semu, daging buah bertekstur lunak atau lembek, berserat, dan memiliki biji pipih berwarna hitam. Semakin tua umur buah sirsak maka daging buahnya semakin lunak dan juga semakin asam. Rasa daging buah sirsak yaitu manis, manis asam, segar serta beraroma khas. Apabila sudah matang, warna kulit buahnya agak terang, atau hijau kekuningan dan sedikit berkilau. Serta pada bagian ujungnya agak membulat. Tetapi, untuk bentuk membulat ini bergantung pada jenis, ya.

Biji buah sirsak berwarna coklat agak kehitaman dan keras, berujung tumpul, permukaan halus mengkilat dengan ukuran panjang kira-kira 16,8 mm dan lebar 9,6 mm. jumlah biji dalam satu buah bervariasi, berkisar antara 20-70 butir biji normal, sedangkan yang tidak normal berwarna putih kecoklatan dan agak hijau. Akar dari pohon sirsak berwarna coklat muda, bulat dengan perakaran tunggang yang kuat menopang berat batang utama.

Adapun jenis sirsak yang cukup sering ditemukan adalah sirsak madu. Sirsak madu merupakan jenis sirsak yang rasanya manis dan lebih manis daripada jenis-jenis sirsak lainnya. Buah sirsak madu lebih banyak disukai sebagai buah meja yang disajikan segar maupun diolah sebagi jus, sirup, atau sebagai bahan campuran es buah. Tekstur buah sirsak madu lebih lembut dan segar
dibandingkan sirsak jenis lainnya.

Semua bagian dari tumbuhan sirsak ini memiliki manfaat dan kelebihannya masing-masing. Seperti pada biji sirsak, memiliki sifat beracun dan dapat dimanfaatkan sebagai insektisida alami untuk membasmi hama. Sedangkan untuk manfaat buah sirsak bagi kesehatan manusia itu dapat ditemukan dari bagian daun, batang atau ranting, dan juga buahnya. Dari ketiga bagian tersebut telah ditemukan senyawa flavonoid atau antioksidan dan berbagai senyawa aktif lainnya yang yang baik untuk kesehatan manusia. Namun pada artikel kali ini akan memfokuskan pada manfaat dari buah sirsak itu sendiri.

Manfaat Buah Sirsak

mengenal buah sirsak dan 9 manfaatnya bagi kesehatan menyehatkan rongga mulut

Telah disebutkan sebelumnya bahwa memang buah sirsak memiliki segudang antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Diketahui data fakta nutrisi yang ada pada sirsak murni tanpa biji dengan berat 225 gram, mengandung kalori 7%, karbohidrat 13% dan serat sebesar 30%. Tentunya ini menggambarkan bahwa memang buah sirsak memiliki serat yang tinggi. Selain itu juga terdapat protein sebesar 5%. Untuk vitamin tertinggi dari buah sirsak adalah vitamin C dengan kadar 77%.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah sebenarnya mengarah pada suatu tekanan yang dialami darah terhadap pembuluh arteri, ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. Pompa jantung dimungkinkan dapat menyebabkan tingginya tekanan, yang disebut dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bila tekanan darah diketahui lebih tinggi dari biasanya secara berkelanjutan, maka dapat dikatakan mengalami masalah darah tinggi, dengan kadar tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg.

Pada buah sirsak terdapat kalium yang cukup tinggi. Kalium ini berupa cairan dari ekstraksi sirsak oleh tubuh. Ekstraksi kalium nantinya akan menyebabkan jantung menjadi relaksasi dan juga membuat frekuensi denyut jantung menjadi lambat. Selain itu ion kalium juga mengatur keseimbangan cairan tubuh bersama natrium, yang berperan dalam mengurangi respon tingginya tekanan di dinding arteri, sehingga tekanan darah perlahan akan dibantu penurunannya.

Buah sirsak juga memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sama halnya dengan bahan alami lainnya, antioksidan ini dapat melenturkan dan melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Antioksidan berupa flavonoid akan memberikan kendurnya tekanan dengan mengurangi sistem modulasi pompa pada jantung. Sehingga, akan membantu tekanan darah menjadi berkurang. Selain pada buah kamu juga bisa mengkonsumsi rebusan air daun sirsak yang juga memiliki antioksidan tinggi.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh menjadi faktor utama agar tubuhmu tetap sehat dan kuat. Sebab, daya tahan tubuh akan berhubungan dengan metabolisme tubuh sebagai sistem kerja semua organ. Pada buah sirsak terdapat antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Antioksidan ini akan melawan radikal bebas ataupun patogen berupa bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

Radikal bebas dapat masuk ke dalam tubuh melalui proses pernafasan ataupun pada makanan yang kamu santap. Sehingga bakteri-bakteri dari luar akan dapat masuk ke dalam tubuh yang nantinya merusak pertumbuhan dan perkembangbiakan sel tubuh. Bakteri dan virus dianggap dapat menggerogoti sel normal kamu, yang nantinya akan terjadi gangguan fungsi pertumbuhan sel.

Buah sirsak ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri dan virus dalam sel. Telah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa buah sirsak menjadi imunostimulator atau (penindak meningkatnya imun). Dengan memproduksi sel darah putih aktif untuk melawan parasit tubuh. Dengan begitu daya tahan tubuh kamu akan tetap terjaga.

Melancarkan Saluran Pencernaan

Ini menjadi manfaat yang umum ditemukan bagi buah dengan kandungan vitamin C tinggi. Vitamin C nantinya akan membantu sistem metabolisme pencernaan semakin kuat terhadap partikel-partikel zat dari luar yang cenderung merusak tubuh. Selain itu, tingginya kandungan serat dan air di dalam buah sirsak baik untuk menjaga saluran cerna agar tetap aktif dan sehat.

Satu buah sirsak mengandung sekitar 83% dari asupan serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini tentu menjadi rekomendasi penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Buah sirsak merupakan nutrisi penting untuk mengisi serat dalam usus besar yang memproses makanan. Nantinya feses yang tersimpan akan lumat bila bertemu dengan serat. Serat juga lah yang membantu meningkatkan keteraturan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

Fungsi serat lebih berfokus pada mengikat air dari sekitar tubuh untuk nantinya dapat diproses bersama makanan yang dicerna melalui usus. Dengan begitu nanti feses yang terbentuk di usus besar akan lunak dan tidak keras yang menyebabkan kamu sembelit. Selain itu juga bisa untuk merutinkan buang air besar (BAB) dalam tubuh. Untuk itu kamu bisa jadikan buah sirsak sebagai bahan makanan untuk melancarkan saluran pencernaan.

Selain itu pada buah sirsak juga telah ada yang meneliti senyawa berupa saponin yang dimasukkan ke dalam sebuah tabung reaksi, dan ini menunjukkan bahwa ekstrak sirsak bekerja melawan bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi kolera. Kolera ini adalah penyakit bakteri yang terjadi pada usus halus, dapat menyebabkan diare berat dan dehidrasi, biasanya menyebar di dalam air. Saponin dalam buah sirsak bekerja untuk mengurangi pertumbuhan bakteri kolera perlahan-lahan.

Menjaga Berat Badan

Sudah tak lazim bila kebanyakan orang menjaga berat badan untuk menjaga penampilan. Tak ayal, kini banyak orang yang mengonsumsi obat-obatan atau suplemen tubuh untuk tetap menjaga berat badan ideal. Sebenarnya dengan menjaga berat badan tidak perlu melulu tentang suplemen, tetapi juga bisa dengan seringnya konsumsi makanan mengandung serat tinggi, seperti salah satunya buah sirsak. Manfaat satu ini tentunya berkaitan dengan melancarkan saluran pencernaan.

Bila saluran pencernaan menjadi lancar secara tak langsung akan menjaga berat badan tetap ideal karena feses telah dibuang dalam sistem pembuangan. Dengan rutin maka lemak dalam tubuh juga akan ikut bersama presiden karena beberapa serat aktif juga berfungsi untuk menarik lemak dalam tubuh. Nantinya lemak akan ditarik dan terbawa dalam feses. Walau kadar lemak yang dikeluarkan tidak begitu besar tetapi bila sering terjadi, tentunya dapat membantu menjaga berat badan tubuh.

Selain itu serat pangan merupakan bagian dari bahan pangan yang tidak dapat dihirolisis oleh enzim- enzim dalam pencernaan, sehingga ini nantinya akan tetap bertahan dalam waktu yang cukup lama. Ini mengapa serat bermanfaat untuk membantu perut terasa kenyang lebih lama, sehingga kamu akan terhindar dari rasa lapar berlebih dan menjadi banyak mengonsumsi camilan-camilan, yang nanti membuat berat badanmu tetap stabil. Jadi, tidak salah bila sirsak dijadikan camilan untuk mengurangi rasa lapar mu.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

mengenal buah sirsak dan 9 manfaatnya bagi kesehatan menghambat pertumbuhan sel kanker

Telah diketahui bahwa pada sirsak terdapat vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C juga membantu untuk melawan sel parasit seperti karsinogen yang menyebabkan kanker. Telah terdapat studi yang menemukan bahwa ekstrak sirsak dapat mengurangi ukuran tumor kanker payudara dan membunuh sel kanker. Studi kedua menemukan bahwa ekstrak dapat menghentikan pembentukan sel leukemia. Dalam buah sirsak terdapat senyawa acetogenin yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Tak hanya itu, keunikan acetogenin adalah menyeleksi sel kanker yang perlu dilawan. Kerja dari acetogenin ini untuk melihat pada sel ‘bayi’ atau ‘sel baru’ yang tumbuh pada kanker. Ekstrak buah sirsak mengurangi pertumbuhan sel ‘bayi’ dengan mengikat pada antioksidan. Kemudian disanalah terjadi perlawanan antara antioksidan dan sel ‘bayi’ kanker.

Penelitian dari Unair, telah mengamati pertumbuhan sel kanker payudara yang telah dikembangbiakkan melalui jaringan kultur tertentu. Pengamatan jelas menunjukkan adanya peningkatan kematian sel kanker pada biakan sel dengan pemberian ekstrak daun sirsak dibandingkan dengan biakan sel kanker tanpa pemberian ekstrak daun sirsak. Jumlah kematian sel kanker akan meningkat jika diberikan ekstrak daun sirsak dengan kadar yang lebih tinggi.

Meredakan Inflamasi

Inflamasi atau yang dikenal dengan peradangan merupakan aktivitas yang terjadi bila jaringan tubuh mengalami cedera, terinfeksi bakteri, terkena racun, atau panas. Pada saat terjadi infeksi maka banyaknya sel darah putih yang masuk untuk melindungi peradangan menjadi lebih buruk. Pada buah sirsak ini mengejar banyaknya produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Bila sel darah putih semakin banyak, maka perlawanan juga akan meningkat, yang kemudian peradangan menjadi cepat membaik.

Antioksidan berupa flavonoid dalam buah sirsak melawan radikal bebas, dengan mengurangi kerusakan sel tubuh yang disebabkan oleh stres oksidatif. Salah satu efek samping stres oksidatif adalah terjadinya peradangan. Oleh karena itu, antioksidan dalam sirsak dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain pada buahnya juga terdapat manfaat dari daun sirsak yang mengandung ekstrak etanol. Ekstrak etanol ini juga bagus untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada sel tubuh terutama infeksi pada saluran pencernaan dan radang sendi.

Menyehatkan Rongga Mulut

Kesehatan rongga mulut harus kita jaga karena rongga mulut adalah tempat utama dan pertama untuk mengolah makanan masuk ke dalam tubuh. Oleh karena banyaknya makanan yang dikunyah melalui rongga mulut dengan materi berupa gigi maka terdapat sisa-sisa makanan yang mungkin tersangkut di dalam sela-sela gigi. Bila sisa makanan yang tersangkut tak kunjung dibersihkan maka nantinya akan berubah menjadi bakteri yang justru menggerogoti sel tubuh, sehingga terjadi masalah pada rongga mulut seperti bau mulut, sariawan, gigi berlubang, plak, juga rasa nyeri pada gigi.

Dalam buah sirsak terkenal untuk melawan bakteri yang terdapat pada rongga mulut. Infeksi bakteri pada rongga mulut yang sering terjadi disebabkan oleh Streptococcus, Staphylococcus, dan mikroorganisme negatif lainnya. Bakteri ini ditemukan pada karies gigi maupun plak, juga pada nyeri dalam gusi. Kerja dari antioksidan dan sifat antibakteri dari buah sirsak membantu menguatkan perlawanan sel dalam tubuh untuk melawan bakteri yang hidup di rongga mulut. Bakteri nantinya akan dihambat pertumbuhannya sehingga lambat laun akan menipis dan berkurang. Namun bila kamu ingin menggunakan sebagai obat kumur, disarankan untuk menggunakan air rebusan daun sirsak di pagi hari. Ini juga membantu mengurangi bakteri yang tumbuh di dalam mulut.

Menyembuhkan Herpes

mengenal buah sirsak dan 9 manfaatnya bagi kesehatan menyembuhkan herpes

Sirsak memiliki sifat antiparasit dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari infeksi parasit. Untuk mendapatkan manfaat sirsak sebagai pelindung dari infeksi parasit, kamu tentunya bisa mengonsumsi buahnya secara langsung. Dalam penelitian, telah dibuktikan bila buah sirsak efektif menghambat pertumbuhan virus herpes. Herpes sendiri merupakan penyakit akibat virus yang dapat menyebabkan munculnya lepuhan pada kulit berwarna kemerahan dan berisi cairan.

Di pedalaman Jawa, banyak yang menggunakan buah matang dari sirsak untuk langsung dioleskan pada herpes atau luka. Hal ini dikarenakan tingkat asam yang tinggi dari buah sirsak dapat mematikan pertumbuhan bakteri dan virus di dalamnya. Untuk itu mengapa pada saat dioleskan terasa sangat perih. Rasa yang perih ini membantu mematikan segala perkembangan virus, sehingga nantinya setelah dioleskan atau ditekan dengan buah sirsak kulit akan berwarna sedikit gelap, menandakan virus telah mati. Nantinya kulit akan membuat jaringan-jaringan baru, yang diawali dengan terbentuknya koreng.

Menjaga Kulit Tetap Sehat

Kulit juga membutuhkan antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Ketika keluar rumah, kulit dapat terpapar partikel mikro debu, juga polusi dan sinar UV, yang dapat merusak kulit, seperti kusam, flek, bahkan penuaan dini. Kandungan antioksidan sirsak yang tinggi, terutama vitamin C, membantu produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen ini nantinya berfungsi untuk menambah kelembapan kulit. Suplemen dan makanan mengandung kolagen sebenarnya dapat ditemui di sekitar, namun tidak salah bila mengonsumsi buah sirsak ini sebagai zat utama yang akan menambah produksi kolagen dalam tubuh.

Selain itu vitamin C juga membantu menjaga elastisitas kulit, dengan saponin yang aktif memberikan kadar air dalam kulit. Sehingga kesehatan kulit akan terjaga. Ini berlaku pada kulit wajah dan kulit tubuh. Selain itu buah sirsak mengandung asam askorbat yang tinggi. Kandungan asam askorbat ini berfungsi untuk meningkatkan lapisan pelindung kulit akibat luka, juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi pada kulit. Pigmentasi ini membuat warna kulit menjadi belang tidak merata, dan dapat terjadi bila kulit terlalu sering terpapar sinar matahari.

Di pasaran juga terdapat produk dengan menggunakan bahan alami seperti buah sirsak, untuk digunakan sebagai masker. Buah sirsak ini nantinya akan diolah menjadi bubuk yang dikemas dalam suatu produk. Nantinya bubuk sirsak akan dicampur dengan air untuk dijadikan masker alami. Tak heran, mengapa sirsak menjadi bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Meskipun sirsak dapat menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Kamu harus menghindari mengonsumsi biji sirsak. Hal ini disebabkan karena memiliki senyawa beracun dan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya. Pastikan untuk membuangnya sebelum memakan buahnya. Selanjutnya, semua manfaat ini akan bermanfaat bila kamu mengonsumsinya secara rutin.

mengenal buah sirsak dan 9 manfaatnya bagi kesehatan

Demikian informasi tentang manfaat buah sirsak yang harus kamu ketahui. Diharap dengan informasi mengenai manfaat sirsak yang telah dipaparkan, dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kamu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *