Mengenal Buah Plum Serta 9 Manfaatnya Bagi Kesehatan

mengenal buah plum serta 9 manfaatnya bagi kesehatan

Buah plum atau juga disebut prem memiliki nama dari genus Prunus. Jenis dari buah plum cukup banyak, sehingga tidak bisa diidentifikasi dari satu nama. Plum termasuk buah yang masih bersaudara dengan persik, karena genusnya masih bernama Prunus. Buah plum ini berwarna merah keunguan (bahkan jenis lain ada yang berwarna hitam) dengan rasa manis dan asam. Buah plum yang matang akan memiliki lapisan lilin berwarna putih berdebu yang membuatnya tampak berkilau. Ini adalah lapisan lilin yang dikenal sebagai “lilin mekar”.

Tentang Buah Plum

Tanaman buah plum dinyatakan telah didomestikasi di Cina lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Diketahui telah ada dalam dokumen tertulis sejak 479 SM. Dahulu Plum adalah pohon liar yang tumbuh subur di seluruh Dunia. Banyak ditemui di pinggiran jalan juga di daerah perkebunan, atau bahkan mudah tumbuh di pekarangan rumah. Namun ternyata berbagai jenis plum ini memiliki asal yang berbeda-beda.

mengenal buah plum serta 9 manfaatnya bagi kesehatan

Misalnya pada jenis Prunus domestica, yang telah ditelusuri berasal dari pegunungan Eropa Timur dan Kaukasia, sedangkan Prunus salicina dan Prunus simonii berasal dari Cina. Perbedaan penemuan wilayah ini menentukan asal buah plum. Tak dapat dipungkiri, bila kamu ingin mencari buah plum, kamu akan menemukan plum dengan berbagai warna keunguan yang berbeda, atau bahkan terkadang ditemukan pula yang berwarna kuning oranye. Ini menandakan adanya perbedaan jenis dari buah plum.

Buah plum dapat dimakan begitu saja, karena rasanya nikmat saat masuk ke dalam mulut sekaligus sebagai buah pencuci mulut. Buah ini juga bisa dimasak sebagai isian makanan berkuah asam manis atau selai, atau juga dipanggang dalam berbagai kue kering. Kamu juga dapat menemukan buah plum kering di pasaran, karena buah ini sering dijadikan toping berbagai kue. Telah diketahui plum Eropa (Prunus domestica) dan plum Jepang (Prunus salicina) ditanam secara komersial untuk dapat dijual buahnya secara luas. Jenis inilah yang paling sering kamu temukan di berbagai tempat. Juga ada sejumlah spesies, termasuk plum daun ungu (Prunus cerasifera) yang banyak digunakan sebagai tanaman hias karena bunga dan daunnya yang menarik.

mengenal buah plum serta 9 manfaatnya bagi kesehatan pohon plum

Dari segi karakteristik pohon, pohon plum umumnya dapat mencapai ketinggian 6 sampai 10 meter (20 sampai 33 kaki), sementara ada beberapa jenis yang lain, yang pohonnya jauh lebih kecil, berupa semak kecil dengan cabang yang merunduk.

Bunga plum memiliki warna yang cantik, jadi tak heran dapat memberikan kesan indah jika pada halaman depan rumah kamu ditanami pohon ini. Diketahui bunga plum yang paling banyak ditemui berwarna putih dengan bagian tengah yang berwarna kuning, seperti bunga daisy. Bunganya dapat tumbuh banyak menjamur bila masuk musim semi. Inilah sebabnya buah plum dapat dipanen cukup banyak dalam satu pohon. Setiap bunga dapat berisi satu hingga lima kelopak. Tetapi ada juga jenis lain yang memiliki dua atau tiga kelopak. Bunga plum sering kali memberikan tampilan bunga berkelompok yang padat, dan ini membuatnya terlihat menarik perhatian saat pohon mekar penuh.

Di sekitar kita, banyak ditemui jenis plum Jepang. Plum Jepang memiliki umur simpan yang lebih lama daripada kebanyakan varietas plum Eropa dan karenanya merupakan plum segar yang paling umum dijual secara komersial. Plum ini sering ditemui dalam bentuk kering untuk dijadikan toping fruit cake. Plum Jepang kering ini memiliki rasa yang lebih manis dibanding jenis lainnya. Ini merupakan jenis plum yang dapat dikeringkan tanpa menghasilkan fermentasi di dalamnya. Plum ini memiliki daging yang kokoh dan mengandung kadar gula lebih tinggi dari jenis lainnya. Kualitas inilah yang mendukung pengawetannya dengan pengeringan, yang dilakukan dengan dehidrator atau di bawah sinar matahari langsung untuk menghentikan oksidasi.

 

mengenal buah plum serta 9 manfaatnya bagi kesehatan nutrisi buah plum

Diketahui dalam kandungan gizi plum yang dikeringkan, mengandung 240 kalori yang terdiri dari 96% dari Karbohidrat, 1% dari Lemak, 3% dari Protein. Juga tidak mengandung lemak tak jenuh yang menyebabkan kolesterol. Terdapat kandungan serat sebesar 7.1 gram, total karbohidrat 63.9 gram, dan protein 2.2 gram. Terdapat juga beberapa vitamin A dan vitamin C, serta mineral kalsium dan zat besi.

Olahan Buah Plum

Mengenai olahan buah plum, tentunya tak terlepas dari rasa manis dan asam di dalamnya. Kedua rasa ini bila berdampingan, dapat menyegarkan tenggorokan. Sudah banyak olahan buah plum yang dapat kita temui, misalnya saja pada bentuk selai plum. Selai plum dapat dijumpai pada isian roti ataupun isian kue pai atau bahkan juga ditemui pada isian selai kue bolu. Rasa manisnya sudah pasti mengguncang lidah mu.

mengenal buah plum serta 9 manfaatnya bagi kesehatan olahan buah plum

Di beberapa daerah ada juga yang mengolah plum menjadi jus buah segar. Biasanya bisa disajikan satu rasa murni dari buah plum, atau dicampur dengan buah lainnya, seperti leci, jambu merah dan lainnya sesuai selera. Ada pula minuman terkenal yang disebut ‘dry plum soda’. Minuman satu ini menggunakan olahan plum yang telah dikeringkan. Caranya cukup sederhana, campurkan plum kering, soda, dan sedikit gula aren. Campuran ini dapat menjadi salah satu minuman favorit kamu ketika pertama kali mencobanya. Manis dari gula aren, dan asam plum juga soda akan menyegarkan rongga mulut mu.

Penggunaan buah-buahan pada makanan tentu sudah sangat tidak asing. Plum segar maupun plum kering dapat dijadikan toping berbagai makanan, seperti fruit pizza, cake, ataupun puding. Adapula yang lebih menarik, ternyata plum juga dapat dijadikan saus dalam hidangan. Seperti udang saus plum atau ayam saus plum. Tentunya ini digunakan bagi kamu yang menginginkan sensasi segar dalam sebuah makanan.

Manfaat Buah Plum

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan gizi buah plum sangat bermanfaat bagi manusia. Selain itu juga terdapat senyawa aktif alami untuk membantu menyehatkan tubuh. Semua kandungan gizi ini berperan aktif dalam membantu pertumbuhan sel tubuh. Berikut 9 manfaat buah plum yang perlu kamu ketahui.

Menjaga Sistem Imun

Sistem imun ini berfungsi untuk melawan segala bakteri dan virus dalam tubuh. Imunitas ini berasal dari sel darah putih yang melawan sel parasit dalam tubuh. Sel parasit bekerja menggerogoti sel pertumbuhan tubuh dan menyebabkan gangguan fungsi. Inilah pentingnya sistem imun untuk melawan sel parasit, agar fungsi organ dalam tubuh berjalan baik.

Plum bermanfaat dalam memperkuat pertahanan kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini meningkatkan daya tahan tubuh yang bereaksi pada imunitas terhadap infeksi dan peradangan. Sudah banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa plum ini memiliki konstituen imunostimulan yang mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh untuk menghambat perkembangbiakan sel parasit bahkan sel tumor sekalipun. Tentunya ini bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit dalam tubuh. Buah plum menjadi sangat cocok untuk kamu yang ingin menjaga imunitas tubuh di tengah banyaknya virus yang ada di sekitar mu.

Melancarkan Pencernaan

Kesehatan pencernaan tentu penting untuk dijaga agar proses pengolahan sistem pencernaan lancar dan tidak terhambat. Plum merah adalah sumber serat makanan yang baik, bersama dengan komponen sorbitol dan isatin, yang membantu dalam mengatur sistem pencernaan. Telah disebutkan bahwa kandungan serat pada plum sebesar 7.1 gram. Serat tersebut akan membantu mengemulsi makanan dalam pencernaan semakin lunak. Juga serat lah yang dapat mengikat air disekitarnya untuk melumatkan feses, sehingga proses pembuangan menjadi lancar. Tentunya ini berguna sebagai pencegah penyakit sembelit dan susahnya BAB. Sudah banyak yang menyebutkan bahwa plum kering lebih efektif dalam mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit dibandingkan dengan buah lainnya. Ini disebabkan karena serat tinggi pada buah yang sangat bagus berperan sebagai pelumat feses dalam usus besar.

Mengonsumsi makanan kaya akan serat telah menjadi resep umum untuk melancarkan sistem pencernaan. Dari sumber serat yang tinggi, manfaat buah plum merah tidak hanya sebatas meningkatkan imunitas tetapi juga membantu melancarkan pencernaan. Telah diketahui bahwa manfaat plum dapat meregulasi saluran pencernaan karena isatin di dalamnya. Isatin ini juga merupakan zat penghilang sembelit dengan mematikan bakteri jahat dalam usus. Selanjutnya kandungan sorbitol ini juga bekerja dalam membunuh bakteri jahat penyebab infeksi yang terjadi pada usus. Sorbitol menahan terjadi infeksi menjadi lebih luas, sehingga infeksi perlahan dapat terobati.

Berkat kemampuan plum membantu melancarkan pencernaan, manfaat buah plum ini juga dapat dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Seperti yang kita ketahui, pencernaan yang lancar dapat menjaga berat badan tetap stabil. Secara tak langsung ini dapat membantu berat pada badan tidak meningkat, karena segala lemak dan makanan dapat dibuang dengan sempurna.

Menyehatkan Kerja Jantung

Jantung menjadi pusat organ inti dalam menjalankan aktivitas organ lainnya seperti hati ginjal juga paru-paru. Tugas jantung paling utama adalah untuk memompa darah mengandung oksigen ke seluruh tubuh agar segala fungsi organ lainnya menjadi lebih lancar. Apabila kandungan oksigen tidak diterima jantung sesuai tampungannya, maka tentunya kekurangan oksigen dalam organ lain akan terjadi, yang akhirnya terjadi kelainan fungsi atau tidak berfungsi dengan baik. Tak ayal, maka jantung menjadi organ penting dalam tubuh.

mengenal buah plum serta 9 manfaatnya bagi kesehatan jantung

Diketahui dalam buah plum terdapat kandungan flavonoid berupa antosianin yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Antosianin dapat meredakan nyeri pada jantung akibat kerja keras jantung memompa darah. Selain itu antosianin juga membantu melancarkan pembuluh darah yang akan masuk ke dalam jantung. Adapun zat lainnya seperti polifenol yang berfungsi untuk meredam bakteri dalam darah agar tidak masuk ke dalam jantung. Tentunya dengan begitu kerja jantung akan menjadi lebih maksimal dan tetap stabil.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat plum satu ini sudah diketahui banyak orang sebab kandungan betakaroten dan vitamin A di dalamnya sangat tinggi. Disebutkan bahwa vitamin A dalam plum cukup tinggi, dapat mencapai 5%. Kadar ini tentu sudah mencukupi vitamin A harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin A bekerja untuk menjaga kelembaban pada mata, juga betakaroten yang akan memproses kelembaban tersebut menjadi lebih cepat ketika mata terasa kering. Mata kering mudah terjadi bila kamu menggunakan layar gadget terlalu lama. Hal ini dikarenakan layar gadget terdapat sinar biru yang mengurangi kelembaban pada mata.

Selain itu vitamin A juga bagus untuk mengkondisikan mata kamu di saat cahaya minim. Mata akan merespon dengan cepat untuk dapat melihat bayangan yang jatuh ke retina walaupun dengan cahaya yang minim. Ketika cahaya minim mata akan mengalami respons adaptasi yang membutuhkan waktu. Bila kadar vitamin A dalam tubuh tercukupi, adaptasi waktunya tidak akan menjadi lama. Tentunya ini merupakan kondisi baik untuk menjaga kesehatan mata kamu agar tidak mudah rabun.

Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang menjadi penting karena berfungsi untuk menopang tubuh agar kegiatan sehari-hari kamu menjadi lancar. Bila kesehatan tulang sudah menurun maka otomatis kegiatan sehari-hari kamu berkurang dengan mudah terjadinya rasa sakit pada tulang. Telah disebutkan bahwa dalam buah plum mengandung mineral berupa kalsium yang sudah terkenal baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Kalsium akan membantu meningkatkan pertumbuhan tulang. Kalsium juga yang berperan dalam menjaga kestabilan setiap pergerakan sendi. Tak hanya itu, buah plum kering juga kaya kandungan vitamin K, magnesium, kalium, dan antioksidan yang mampu melindungi tulang dari kerusakan akibat radikal bebas. Dinyatakan, vitamin K memainkan peran penting dalam kesehatan tulang dengan mengurangi terjadinya kehilangan kalsium dan membantu mineral mengikat tulang. Antara vitamin K dan kalsium tentu menjadi pasangan penting dalam menjaga sehatnya tulang. Semua kandungan ini dapat memperkuat lapisan otot menempel pada tulang sehingga tidak mudah terjadi pelepasan.

Kalsium dan kalium akan membantu menjaga kepadatan tulang, juga pertumbuhan bentuk tulang. Dengan kandungan zat ini mengisi lebih cepat rongga kosong yang ada pada tulang. Rongga kosong dimungkinkan terjadi karena kepadatan tulang sudah mulai menurun. Inilah yang menyebabkan tulang kamu mudah keropos atau disebut juga osteoporosis. Dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin K, kalsium, dan kalium ini membantu menjaga tulang agar terhindar dari keropos saat usia tua.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula darah bisa mencapai angka tertinggi jika sudah melewati angka 200 mg/dL. Bila sudah mencapai angka tersebut maka kamu perlu memperhatikan makanan yang akan kamu konsumsi. Pastinya tidak mengandung gula yang tinggi. Telah banyak yang meneliti, bahwa pada plum terdapat efek anti-hiperglikemik yang membantu mengurangi kadar gula tinggi. Hal ini disebabkan oleh flavonoid dalam plum yang bekerja untuk mengeluarkan produksi hormon insulin yang banyak pada prankeas, sehingga nantinya hormon insulin akan mengubah glukosa menjadi energi. Dengan begitu kadar glukosa dalam darah tidak menjadi tinggi kembali.

Ada pula dalam ekstrak buah plum membantu mengurangi gula darah dari kadar trigliserida dalam tubuh. Kandungan flavonoid yang ada pada plum memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Insulin kemudian menjadi lebih cepat merespon gula untuk merubahnya menjadi energi. Selain itu terdapat pula kandungan saponin yang berfungsi untuk membantu perbaikan sel rusak pada pankreas agar menjalankan fungsinya dengan baik. Pankreas juga bisa terkena radikal bebas yang merusak selnya, salah satu akibatnya kurangnya produksi hormon insulin dalam tubuh.

Saponin ini nantinya akan fokus bekerja untuk perbaikan sel sehingga pankreas tidak memerlukan kerja berlebih dalam memproduksi hormon insulin maupun memperbaiki sel. Jadi nantinya organ pankreas akan lebih terfokus pada produksi hormon insulin.

Meningkatkan Kesehatan Otak

mengenal buah plum serta 9 manfaatnya bagi kesehatan manfaat mengkonsumsi buah plum

 

Pada buah plum menunjukkan adanya flavonoid yang bagus untuk menjaga juga melindungi kemampuan dan kesehatan otak. Flavonoid bekerja untuk mengurangi stres dan tekanan yang ada di dalam sel saraf. Ini biasanya terjadi pada sel saraf yang menerima terlalu banyak rangsangan sehingga otak menjadi tidak terfokus untuk mengerjakan rangsangan yang akan dipilih. Kerja otak sebenarnya dengan menerima rangsangan dari luar, kemudian diproses dalam sel saraf otak yang akhirnya nanti berupa respon sistem motorik. Seperti contohnya otak menerima rangsangan berupa gatal yang kemudian di serap oleh sel saraf otak. Dalam sel saraf otak nantinya memproses gerakan apa yang akan dilakukan untuk mengatasi gatal. Setelah itu direspon lah rangsangan tersebut dengan menggaruk bagian yang gatal tersebut.

Kesehatan otak mencakup semuanya, baik berupa menerima rangsangan, memproses rangsangan maupun merespon rangsangan. Flavonoid ini bekerja dalam ketiga prosesnya. Zat ini mampu memberikan respon cepat terhadap suatu rangsangan. Maka dari itu buah plum ini menjadi pilihan bagus untuk meningkatkan kesehatan otak.

Terdapat pula fitonutrien yang terdapat di buah plum membantu mengurangi peradangan di area neurologis untuk meningkatkan fungsi belajar dan memori. Bila dikonsumsi secara rutin, manfaat buah plum ini juga dapat membantu mencegah gangguan pikun terkait usia. Fitonutrien ini juga membantu untuk memberikan memori yang lebih banyak. Sehingga daya ingat akan menjadi tinggi.

Anti-Aging

Anti aging merupakan suatu pengertian pada terjadinya penuaan. Ini dimaksudkan bahwa pada buah plum dapat menghambat terjadinya penuaan pada kulit. Kulit dapat terpapar radikal bebas dari luar yang nantinya akan merusak lapisan-lapisan kulit. Dengan adanya flavonoid dari membantu meringankan rusaknya kulit akibat radikal bebas tersebut. Juga pada zat flavonoid membantu memberikan kolagen yang cukup pada kulit, sehingga nantinya kerutan tidak cepat terjadi.

Selain itu pada buah plum terdapat folat yang bagus untuk meningkatkan sel darah merah yang sehat. Sel darah merah yang sehat nantinya akan membantu menjaga dan meningkatkan kelembaban kulit. Kelembapan pada kulit tentunya membantu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, fine lines, dan smile lines. Ini juga berlaku pada bagian kulit lainnya tidak hanya pada wajah.

Membantu Tingkatkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah ini berfungsi untuk menerima serta menyalurkan darah yang akan masuk ke dalam organ. Bila sirkulasi darah lancar maka organ dapat menerima darah sesuai kebutuhan. Namun bila sirkulasi darah tidak lancar maka organ dapat kekurangan darah yang mengakibatkan fungsi organ terganggu. Sirkulasi darah ini bisa ditingkatkan dengan kandungan mineral seperti tembaga dan besi. Juga yang paling terpenting adalah kandungan saponin yang meringankan kerja sirkulasi darah dengan menekan penyumbatan yang terjadi pada dinding saluran darah. Saponin nantinya akan mengurangi penyumbatan pada saluran darah yang membuat rongga pada saluran akan menjadi lebih lebar, kemudian sirkulasi darah akan lancar.

Pentingnya menjaga sirkulasi darah untuk kesehatan organ organ vital dalam tubuh. Darah adalah komponen air yang penting dalam memberikan sumber mineral pada organ tubuh. Oh iya, diketahui juga bahwa pada buah plum mentah memiliki kandungan air yang tinggi sekitar 87%. Hal ini tentunya juga membantu meningkatkan sirkulasi darah untuk mengalirkannya keseluruh tubuh.

Beberapa orang mungkin dapat alergi terhadap plum. Disebutkan bahwa alergi biasanya terjadi karena adanya protein yang tidak dapat tercerna baik. Solusi terbaik adalah dengan memasaknya, karena dengan memasak buah plum ini dapat mengurangi dan menghancurkan sintesa protein, sehingga tidak menjadi utuh kembali. Dengan begitu inilah yang membuat orang yang memiliki alergi, lebih cenderung menikmatinya saat dimasak. Gejala alergi biasanya muncul 5 hingga 15 menit setelah makan. Termasuk rasa gatal dan peradangan di mulut dan tenggorokan. Bila tidak terjadi rasa perih, gatal juga merah pada kulit, itu berarti kamu tidak alergi dengan buah plum. Tapi kasus alergi plum ini masih sangat jarang terjadi.

mengenal buah plum serta 9 manfaatnya bagi kesehatan

Untuk mendapatkan beragam manfaat buah plum yang telah disebutkan di atas, kamu perlu mengonsumsi buah ini secara rutin. Konsumsi harian sebanyak 2 buah plum sudah termasuk cukup menjaga kesehatan tubuh. Tetapi tidak hanya dengan mengandalkan konsumsi plum saja. Kamu juga harus jalani pola hidup yang sehat dan konsumsi beragam makanan dengan gizi seimbang. Dengan pasti, kesehatan kamu akan terjaga. Sehat adalah energi terbaik bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *