Mengenal Buah Kecapi Serta Manfaatnya Untuk Tubuh

mengenal buah kecapi serta manfaatnya untuk tubuh

Buah Kecapi merupakan salah satu jenis buah asli yang berasal dari Indonesia. Buah ini juga akrab di telinga masyarakat Indonesia, namun seiring berjalannya waktu, buah ini mengalami penurunan pamornya pada zaman yang semakin canggih ini. Bila dibandingkan dengan buah lainnya, buah kecapi memang cukup sulit untuk ditemui pada saat ini sehingga tidak jarang banyak yang belum mengetahui buah kecapi. Untuk mengetahui lebih jauh tentang buah ini dan manfaatnya, mari simak penjelasannya di bawah ini:

Buah Kecapi

Buah kecapi atau wild mangosteen memiliki nama lain sentol atau santol, dan bernama latin sandoricum koetjape. Buah kecapi berasal dari Indocina dan Semenanjung Malayu, buah ini kemudian menjadi populer dan banyak di tanam sehingga mengalami naturalisasi. Buah Kecapi memiliki dua macam, dimana dapat dibedakan dari daunnya yang berwarna kuning dan berwarna merah. Rasanya pun berbeda, dimana yang berdaun kuning biasanya buahnya lebih asam dibandingkan dengan buah yang berdaun merah.

mengenal buah kecapi serta manfaatnya untuk tubuh mencegah kanker

Pohon buah kecapi besar, tinggi serta berdaun rimbun. Tingginya bahkan dapat mencapai 30 meter dan memiliki diameter batang 90 cm, pohon ini juga menghasilkan getah seperti susu. Buah bulat, berwarna kuning dan berubah menjadi agak merah ketika matang, kulit luarnya juga memiliki bulu halus seperti beludru. Jika buah di kupas, terdapat daging buah yang lunak dan berair, warna buahnya putih, melekat pada bijinya dan memiliki rasa manis asam yang menarik. Daging buah ini memiliki biji yang cukup besar dan agak pipih, dan biasanya bijinya tidak dimakan secara langsung.

Hampir semua bagian dari pohon kecapi dapat di manfaatkan oleh manusia, seperti buahnya yang dapat dimakan, daun, kulit dan akarnya untuk obat herbal, batangnya yang besar dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Sebuah alat musik bahkan di beri nama Kecapi karena menggunakan batang pohon ini sebagai bahan baku pembuatannya.

Kandungan Buah Kecapi

mengenal buah kecapi serta manfaatnya untuk tubuh memperkuat imunitas

Buah kecapi juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Nutrisi yang dapat ditemukan dalam buah ini seperti vitamin C, A, kalsium, magnesium, zat besi, potasium, serat, zinc, sodium, fosfor dan fiber. Selain itu buah kecapi memiliki zat antioksidan, anti-inflamasi dan juga anti kanker. Hal tersebut membuat buah kecapi menjadi bahan yang potensial untuk dapat menyembuhkan beberapa penyakit serius.

Varietas Buah Kecapi

Kecapi Kuning

Jika dilihat sekilas, buah kecapi hampir mirip dengan buah manggis namun sebenarnya kedua buah tersebut berbeda famili. Dimana buah kecapi memiliki dua jenis varietas, salah satunya adalah Kecapi Kuning (Sandoricum Indicum), walaupun secara fisik sama namun memiliki perbedaan pada rasanya yang lebih asam. Selain itu daun dari pohon kecapi juga akan berubah menjadi kuning ketika akan rontok.

Kecapi Merah

Kecapi Merah (Sandoricum nervosum) adalah kecapi yang lebih sering di konsumsi oleh masyarakat. Buahnya bertekstur halus dan lebih terasa manis dan asam jika dibandingkan kecapi kuning. Warna kulit buahnya juga lebih kemerahan serta daun pohon yang akan mengalami kerontokan akan berubah menjadi merah setelah warna hijau. Namun begitu kedua jenis kecapi ini tetap dapat di konsumsi secara rutin.

Manfaat Buah Kecapi

mengenal buah kecapi serta manfaatnya untuk tubuh mencegah penyakit wasir

Mencegah Kanker

Buah kecapi mengandung vitamin B dan vitamin C yang merupakan penghasil zat antioksidan, dimana zat antioksidan tersebut berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Mengkonsumsi buah kecapi secara rutin dapat membantu tubuh tetap terjaga dari zat radikal bebas tersebut. Selain itu juga dapat di bantu dengan gaya hidup yang baik maka akan membuat tubuh lebih sehat.

Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Gula darah yang tinggi akan menyebabkan penyakit diabetes, maka sebaiknya seseorang dapat mengotrol asupan gula dalam tubuh. Buah kecapi mengandung serat larut yang tinggi, selain itu indeks glikeiknya juga termasuk rendah. Hal tersebutlah yang membuat buah ini mampu mengatur sekresi insulin dan juga membantu mengurangi penyerapan gula dalam darah. Selain itu kandungan tersebut juga dapat berfungsi untuk proses pencernaan dan membuat zat yang tidak diinginkan dalam tubuh seperti racun.

mengenal buah kecapi serta manfaatnya untuk tubuh vatietas buah kecapi

Membantu Masalah Pencernaan

Masalah pada pencernaan seringkali di derita oleh banyak orang karena ha-hal tertentu seperti mengkonsumsi makanan yang sedang dalam kondisi tidak baik. Masalah tersebut juga dapat di bantu oleh buah kecapi ini. Dengan kandungan serat yang terdapat di dalam buah, mampu memperlancar air untuk keluar dari organ pencernaan. Sehingga baik di konsumsi jika mengalami sakit perut, diare, sindrom iritasi usus atau masalah pencernaan lainnya.

Memperkuat Imunitas

Di dalam buah kecapi ini terkandung zat antioksidan yang bernama quercetin, dimana kandungan flavonoid ini memiliki fungsi untuk membantu menguatkan imunitas tubuh. Selain itu kandungan lainnya seperti zat besi, fosfor dan kalium dapat membantu bakteri baik untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga mengkonsumsi buah kecapi secara rutin dapat menjauhkan penyakit seperti flu, atau demam serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Mulut

mengenal buah kecapi serta manfaatnya untuk tubuh menurunkan kolesterol

Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah kecapi dapat membantu mencegah osteoporosis, memperkuat email gigi dan kepadatan gigi. Selain itu makan buah kecapi dapat membantu merangsang kelenjar di mulut untuk produksi air liur lebih banyak. Produksi air liur yang banyak dapat mengurangi jumlah bakteri di mulut sehingga menjaga mulut tetap sehat.

Mencegah Penyakit Wasir

Wasir atau hemoroid merupakan penyakit dimana vena membengkak dan meradang di rektumdan anus sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan sampai pendarahan. Untuk mencegah penyakit ini disarankan untuk mengkonsumsi serat yang tinggi. Buah kecapi mengandung serat yang tinggi dan juga kaya akan vitamin C, dimana kandungan tersebut mampu meningkatkan pembuluh darah endotelin sehingga dapat meredakan wasir.

Mencegah Anemia

Penyakit Anemia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena tubuh menjadi lebih terasa letih, lemas, dan tidak bersemangat. Hal tersebut terjadi karena tubuh mengalami kondisi kekurangan darah merah yang sehat. Buah kecapi dapat membantu untuk mencegah penyakit tersebut, hal ini karena di dalam buah kecapi terdapat zat besi dan juga vitamin C. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi lebih efektif ke dalam tubuh.

Membantu Diet

Menjaga berat badan ideal menjadi hal yang penting untuk dilakukan karena hal tersebut dapat membantu menjauhkan berbagai penyakit yang di sebabkan oleh obesitas. Makanan yang di rekomendasikan untuk di konsumsi ketika melakukan program diet adalah makanan yang kaya akan serat sehingga akan menjaga tetap kenyang dalam waktu yang lama. Hal tersebut dapat membantu seseorang menekan keinginan makan sehingga pola makan tetap terjaga.

Mengatasi Masalah Kulit

mengenal buah kecapi serta manfaatnya untuk tubuh menjaga kadar gula darah

Tidak hanya kandungan dalam buah yang memberikan manfaat bagi tubuh, namun juga daun dari pohon kecapi ini dapat digunakan sebagai obat alami bagi penderita penyakit kulit seperti gatal-gatal, jerawat, eksim, serta ruam pada kulit. Hal tersebut di sebabkan kandungan alkaloid dan sapogenin steroid yang terdapat dalam daun kecapi memiliki fungsi-fungsi tersebut. Mengkonsumsi buah kecapi juga dapat mengatasi masalah kulit, menjaga kulit lebih kencang dan terlihat awet muda.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dalam tubuh memiliki manfaat yang positif bagi tubuh, namun jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi hal tersebut dapat memberikan dampak yang negatif karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Kandungan senyawa pektin dalam serat yang terdapat pada buah kecapi dapat memiliki fungsi untuk menurunkan kolesterol jahat. Hal tersebut dapat membantu tubuh tetap terjaga dari berbagai macam penyakit.

Buah kecapi sudah banyak dikenal oleh masyarakat dengan rasanya yang manis dan asam, sehingga selain di nikmati secara langsung terkadang di olah menjadi manisan. Meski begitu saat ini jarang sekali bisa ditemukan buah kecapi, hanya di waktu tertentu. Padahal buah asli Indonesia ini memberikan manfaat kesehatan yang beragam mulai dari buahnya sampai dengan pohonnya.

mengenal buah kecapi serta manfaatnya untuk tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *