Mengenal Beras Arborio Asal Italia Beserta Manfaatnya - Cairo Food

Mengenal Beras Arborio Asal Italia Beserta Manfaatnya

mengenal beras arborio asal italia beserta manfaatnya

Selain beras lokal, banyak beras yang berasal dari negara lain yang bisa kita konsumsi, seperti misalnya beras Arborio yang berasal dari Italia. Jika kamu belum pernah mendengar tentang jenis beras ini, kami akan memberikan beberapa informasi yang dapat menambah pengetahuan mu tentang jenis beras Arborio.

Sejarah Beras Arborio

Seperti yang dikatakan sebelumnya, beras ini berasal dari daratan Italia. Beras Arborio juga termasuk salah satu jenis beras yang cukup terkenal di Italia. Nama Arborio sendiri diberikan karena beras ini berasal dari kota Arborio tepatnya di lembah Po, Italia. Namun kini, telah dibudidayakan di Arkansas, California dan Missouri, Amerika serikat.

Beras ini hadir dengan tampilan yang berbeda dari beras kebanyakan, yakni warnanya yang seputih susu serta bentuk bulirnya yang pendek, bundar dan lebih besar. Beras arborio juga mampu menyerap lebih banyak air, namun uniknya saat proses pemasakan, hal ini justru tak membuatnya mudah hancur atau lembek, malah menghasilkan tekstur yang lebih pulen kenyal, lembut dan lezat.

risotto dari beras arborio

Kegunaan Beras Arborio

Beras yang memiliki ciri khas dengan butiran yang lebih pendek ini biasa digunakan untuk membuat risotto, paela, dan jenis makanan Italia lainnya yang menggunakan bahan dasar beras. Kandungan pati dan amilopektin yang cukup tinggi dibandingkan dengan padi varietas lainnya, membuat beras Arborio cocok jika diolah menjadi Risotto, yakni hidangan nasi campur khas Italia yang dimasak dengan kaldu sehingga lengket menyerupai krim. Kaldu yang digunakan dapat berasal dari daging, ikan, atau sayuran.

Cara Mengolah Beras Arborio

Proses pelepasan pati pada beras Arborio merupakan kunci utama dalam pengolahan beras ini, sehingga nantinya beras ini akan menghasilkan tekstur yang creamy. Hal ini biasanya terjadi karena beras Arborio dimasak secara perlahan dengan mencampurkan air panas sedikit demi sedikit.

Jika dimasak dengan metode memasak nasi seperti biasanya, yakni mencampurkan beras dengan takaran air yang telah ditentukan dalam wadah, dan dimasak secara bersamaan beras ini juga akan matang. Namun tekstur creamy tentu saja akan hilang. Sama seperti pasta, beras Arborio biasanya disajikan dengan tingkat kematangan al-dante, yakni tekstur yang masih terasa kenyal ketika digigit.

cara memasak beras arborio

Kandungan Nutrisi dan manfaat beras arborio

Selain unik beras Arborio juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, seperti yang dijelaskan pada tabel dibawah ini, dalam 100 g beras Arborio, nutrisi yang terkandung di dalamnya ialah :

Kalori : 130
Jumlah Lemak : 0,2 g
Lemak jenuh : 0,1 g
Lemak tak jenuh ganda : 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal : 0,1 g
Kolesterol : 0 mg
Natrium : 0 mg
Kalium : 26 mg
Jumlah Karbohidrat : 29 g
Protein : 2,4 g
Kalsium : 1 mg
Zat besi : 1,5 mg
Vitamin B6 : 0,1 mg
Magnesium : 8 mg

kandungan nutrisi beras arborio

Melihat dari kandungan nutrisi yang ada pada beras Arborio, tentu saja beras ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, yakni :

Sumber Karbohidrat Yang Baik

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat tidak baik untuk kesehatan. Padahal tubuh kita membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi untuk dapat berfungsi dan beraktifitas dengan normal, berpikir dengan baik, serta menjaga tubuh untuk tetap vit.

Namun memang ada beberapa jenis karbohidrat yang akan memberikan efek kurang bagus bagi tubuh, yakni karbohidrat simplek atau sederhana, yang mana karbo jenis ini sangat cepat diserap tubuh sehingga gula darah meningkat dengan signifikan. Dan apabila tidak diolah langsung menjadi energi karbohidrat ini akan ditimbun menjadi lemak, sehingga dapat menyebabkan kegemukan.

Beras Arborio mengandung sumber karbohidrat yang baik, dengan jumlah total lebih kecil di bandingkan beras biasa, sehingga aman jika dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari, yang dapat membantu tubuh berfungsi dengan baik

Kandungan Protein nya yang Tinggi

Protein adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karna memiliki beberapa peran penting dalam menyusun hampir semua bagian tubuh kita, misalnya otot dan tulang, jantung, paru-paru, otak, kulit dan rambut. Tidak hanya itu, protein juga bertanggung jawab untuk memelihara dan mengganti jaringan di tubuh yang telah rusak. Tingginya protein yang terkandung dalam beras Arborio dapat membantu kita untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian.

Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral memiliki fungsi yang vital dalam metabolisme setiap organisme yang tidak dapat di hasilkan oleh tubuh. sedangkan mineral merupakan senyawa anorganik yang dibutuhkan makhluk hidup seperti mikronutrien, atau zat-zat gizi yang diperlukan dalam jumlah kecil untuk beragam fungsi tubuh. Beras Arborio dikemas dengan kandungan vitamin A, C dan mineral yang tinggi yakni mencapai 12% sehingga dapat membantu kita untuk melindungi gigi dan tulang dan membuat tubuh dapat bekerja secara optimal. Bahkan satu cup penuh berisi beras Arborio dapat memenuhi hingga 45% kebutuhan harian.

Mudah Dicerna

Beras ini juga dapat membantu sistem pencernaan agar berfungsi dengan baik serta mengembalikan fungsi usus besar, yang mana hal ini baik untuk mencegah beberapa macam masalah pencernaan, seperti kontraksi perut ataupun diare.

Membuat Tubuh Tetap Vit

Beras ini juga dapat sedikit membantu kita untuk meningkatkan imunitas, dan menjaga kita untuk tetap sehat, serta terhindar dari beberapa jenis penyakit. Karna beras ini menstimulasi produksi enzim dan hormon dalam tubuh sehingga dapat membantu melindungi tubuh, sehingga jauh lebih vit.

Sodium Free

Mengonsumsi sodium terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh, salah satunya ialah menyebabkan darah tinggi. Bahkan sebuah studi khusus menjelaskan bahwa batas konsumsi sodium perhari ialah 3.4mg. Jika kita mengonsumsi beras Arborio dalam kehidupan sehari-hari, secara tidak langsung akan membantu kita mengurangi kadar sodium dalam tubuh, dan menurunkan risiko darah tinggi.

Rendah Kalori

Beras Arborio dapat memenuhi sekitar 10% dari total kebutuhan kalori harian. Yang mana jumlah ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan jumlah kalori yang terdapat dalam beras lain. Sehingga beras Arborio aman untuk dikonsumsi setiap hari.

manfaat beras arborio

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan tentang beras Arborio, semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan sekaligus bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs web ini menggunakan cookie
Kami menggunakan cookie untuk mempersonalisasi konten dan iklan, untuk menyediakan fitur media sosial dan untuk menganalisis lalu lintas kami. Kami juga membagikan informasi tentang penggunaan Anda atas situs kami dengan mitra media sosial, periklanan, dan analitik kami yang mungkin menggabungkannya dengan informasi lain yang Anda berikan kepada mereka atau yang mereka kumpulkan dari penggunaan Anda atas layanan mereka.