Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan - Cairo Food

Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan

manfaat spirulina untuk kesehatan

Spirulina adalah salah satu spesies dari cyanobacteria, tanaman ganggang berpigmen hijau-kebiruan yang tumbuh secara alami di lautan atau danau asin pada wilayah dengan iklim subtropis.

Spirulina merupakan suplemen atau sumber nutrisi terbaik pada abad ini yang dapat di konsumsi oleh manusia, karena kandungannya yang 100% berasal dari alam. Bahkan ia juga dikatakan sebagai superfood atau makanan super yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Simak penjelasannya di bawah ini :

Kandungan Nutrisi Spirulina

manfaat spirulina untuk kesehatan kandungan nutrisi

Dalam satu sendok makan atau setara dengan 100 gram spirulina kering mengandung :

  • Kalori (kcal) 289
  • Jumlah Lemak 8 g
  • Lemak jenuh 2,7 g
  • Lemak tak jenuh ganda 2,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0,7 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 1.048 mg
  • Kalium 1.363 mg
  • Jumlah Karbohidrat 24 g
  • Serat pangan 3,6 g
  • Gula 3,1 g
  • Protein 57 g
  • Vitamin A 570 IU
  • Vitamin C 10,1 mg
    Kalsium 120 mg
  • Zat besi 28,5 mg
    Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,4 mg
    Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 195 mg.

Manfaat Spirulina

manfaat spirulina untuk kesehatan

Melihat kandungan nutrisi melimpah yang terdapat dalam spirulina, maka tak heran jika suplemen ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh, diantaranya :

Bantu Turunkan Berat Badan

Spirulina merupakan suplemen makanan yang bergizi tinggi, rendah kalori dan mengandung banyak kandungan nutrisi. Maka tak heran jika spirulina dapat menjadi bahan ampuh untuk membantu penurunan berat badan, tanpa mengurangi nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh.

Hasil penelitian double-blind placebo-controlled pada tahun 2016 menunjukkan bahwa spirulina dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam studi tersebut, orang yang kelebihan berat badan, mengkonsumsi spirulina secara teratur selama 3 bulan, dan hasilnya pun menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan indeks pada massa tubuh yang signifikan

Menjadi Anti-Racun

Ada sebagian orang yang berisiko mengalami keracunan air minum. Hal ini biasanya disebabkan karena air minum tersebut telah ter-kontaminasi polutan. Spirulina bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Karna sebuah penelitian menunjukkan bahwa spirulina memiliki sifat anti racun yang dapat menangkal polutan dalam tubuh, seperti misalnya, arsenik, Fluorida, besi atau pun merkuri. Dan dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa, spirulina dapat digunakan bersamaan dengan obat klinis anti polutan yang mungkin dianjurkan oleh dokter.

Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

manfaat spirulina untuk kesehatan sebagai suplemen

Mengkonsumsi spirulina dapat membantu kita untuk turunkan kadar kolesterol jahat yang menumpuk didalam tubuh, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pada 25 orang yang menderita diabetes tipe 2, disarankan untuk mengkonsumsi 2 gram spirulina setiap hari. Dan hasilnya menunjukan bahwa telah terjadi tanda-tanda penurunan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Sedangkan pada studi lain, orang dengan kolesterol tinggi yang rutin mengkonsumsi 1 gram spirulina per hari, menunjukan bahwa terjadi penurunan trigliserida sebesar 16,3% dan LDL “buruk” sebesar 10,1%.

Sumber Antioksidan

Spirulina juga merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Yang dapat melindungi kita dari kerusakan oksidatif, yang mana hal tersebut dapat merusak sel tubuh, mendorong peradangan kronis, serta berkontribusi terhadap kanker dan penyakit lainnya. Hal ini dikarenakan dalam kandungan spirulina terdapat komponen aktif yang disebut phycocyanin, yang mana kandungan tersebut juga dapat melawan radikal bebas.

Melawan Virus dan Bakteri

Beberapa jenis antioksidan serta vitamin dan mineral yang terkandung dalam spirulina antara lain, magnesium, zinc, zat besi, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E, yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Beberapa riset menunjukkan bahwa spirulina dapat mendukung produksi dan kinerja sel darah putih serta membantu produksi antibodi, sehingga tubuh akan lebih kuat melawan virus, bakteri, jamur, dan parasit penyebab infeksi.

Sifat Anti Kanker

Spirulina dikatakan mampu mengurangi risiko terjadinya kanker atau pun tumor. Hal ini telah terbukti melalui penelitian yang dilakukan pada 87 orang India dengan lesi (bercak) pra-kanker di mulut. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi 1 gram spirulina per hari selama satu tahun melihat lesi atau bercak pada mulut mereka berkurang hingga 45%. Namun ketika orang-orang ini berhenti minum spirulina, hampir setengah dari mereka mengatakan bahwa bercak tersebut kembali seperti semula di tahun berikutnya.

Bantu Turunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menjadi penyebab utama timbulnya penyakit serius, seperti serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal kronis. Dengan mengkonsumsi spirulina sebanyak 4,5 gram perhari terbukti dapat mengurangi tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi oksida nitrat yang membantu pembuluh darah melebar dan semakin rileks.

Cegah Anemia

Penelitian yang dilakukan oleh 40 orang tua dengan riwayat anemia, menunjukkan bahwa suplemen spirulina dapat  meningkatkan kadar hemoglobin atau sel darah merah dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal ini, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi spirulina untuk mencegah anemia yang dialami.

Tingkatkan Kekuatan dan Daya Otot

Makanan yang bersumber dari tumbuhan, memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu atlet maupun individu untuk mencegah kerusakan pada otot. Begitu pun dengan spirulina yang memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi spirulina dapat membantu peningkatan kekuatan dan daya tahan otot.

Testimoni

manfaat spirulina untuk kesehatan nutrisi

Selain beberapa manfaat kesehatan yang telah kami jabarkan, berikut sedikit kesaksian dari Ahmad Fathi selaku Owner kami, beliau mengatakan bahwa dirinya telah mengonsumsi spirulina sejak tahun 2012 hingga saat ini. Hidupnya berubah drastis semenjak membaca hasil publikasi majalah Trubus yang membahas mengenai khasiat spirulina.

“Spirulina benar-benar menjadi super food dan bahkan hampir menjadi satu-satunya pertolongan pertama bagi saya ketika sedang mengalami demam dan flu. Biasanya kalau sudah demam, saya minum spirulina dalam dosis yang tinggi atau sekitar 4 gram di pagi hari dan 4 gram di sore hari, demam akan menurun bahkan biasanya sembuh pada hari itu juga.” Ucapnya.

Selain dapat menyembuhkan demam dan flu, spirulina juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit lainnya yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Misalnya Tipes dan DBD, namun tentu saja masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dan beberapa penjelasan ilmiah untuk membuktikan hal ini.

 

manfaat spirulina untuk kesehatan manfaat spirulina

Jadi itulah beberapa manfaat Spirulina yang berguna untuk kesehatan mu. Bagi kamu yang ingin merasakan manfaat dari suplemen tersebut, kamu bisa mulai mengkonsumsi nya secara rutin mulai hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *