Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat minyak ikan

Minyak ikan adalah suplemen yang sangat kaya akan kandungan omega 3. Omega 3 sendiri merupakan jenis asam lemak yang penting dan dibutuhkan untuk memetabolisme tubuh. Namun, sebenarnya kandungan yang ada pada minyak ikan ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung, tetapi bagi kamu yang mungkin tidak terlalu suka mengonsumsi ikan, minyak ikan dalam bentuk suplemen bisa menjadi alternatif lain agar tetap mendapatkan manfaat dari asam lemak omega 3.

suplemen omega 3

Suplemen ini tersedia dalam bentuk cair, kapsul, maupun pil. Pada awalnya minyak ikan diambil dari lemak ikan paus, namun seiring berjalannya waktu, minyak ikan bisa didapatkan dari beberapa jenis ikan lain, misalnya pada tuna, salmon, sarden, dan makarel.

Terdapat dua jenis asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). DHA adalah asam lemak tak jenuh rantai panjang yang banyak dijumpai di otak dan retina mata, sehingga kandungan ini sangat penting untuk menjaga fungsi penglihatan. Sedangkan EPA ialah asam lemak Omega-3 yang sering disebut sebagai pemurni darah. Kandungan ini membantu memproduksi prostaglandin dalam darah, mencegah penumpukan trombosit, mengurangi kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta mengurangi viskositas darah.

Berikut beberapa kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam minyak ikan :

Kandungan Nutrisi Minyak Ikan

kandungan minyak ikan

Dalam 100 gram minyak ikan, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut :

  • Kalori (kcal) : 902
  • Jumlah Lemak : 100 g
  • Lemak jenuh : 21 g
  • Lemak tak jenuh ganda : 16 g
  • Lemak tak jenuh tunggal : 57 g
  • Kolesterol : 766 mg
  • Natrium : 0 mg
  • Jumlah Karbohidrat : 0 g
  • Serat pangan : 0 g
  • Protein : 0 g
  • Vitamin A : 0 IU
  • Vitamin C : 0 mg
  • Kalsium : 0 mg
  • Zat besi : 0 mg
  • Vitamin B6 : 0 mg
  • Vitamin B12 : 0 µg
  • Magnesium : 0 mg

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

minyak ikan

Selain itu minyak ikan juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, berikut beberapa diantaranya :

Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu manfaat minyak ikan yang paling terkenal adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini terbukti banyaknya orang tua yang secara rutin memberikan minyak ikan sebagai tambahan vitamin untuk anak, dengan harapan minyak ikan tersebut dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini juga ditunjang oleh riset yang menunjukkan bahwa minyak ikan ampuh untuk mencegah penurunan fungsi kognitif anak serta meningkatkan fungsi otak.

Menurunkan Kadar Lemak Di Hati

Lemak yang menumpuk di organ hati berpotensi untuk memicu kerusakan. Sebab itulah organ hati berfungsi untuk mengolah lemak yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebih. Selain itu kita juga dapat mencegah hal tersebut dengan mengonsumsi minyak ikan, karena minyak ikan dapat menurunkan kadar lemak trigliserida yang diproduksi hati.

Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak ikan turut berperan dalam menjaga kesehatan jantung karena beberapa kandungan dalam minyak tersebut dapat mengurangi kadar lemak trigliserida yang berlebih, meningkatkan kolesterol baik HDL, mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah. Sehingga hal tersebut dapat memperkecil risiko terserang penyakit berbahaya pada jantung.

Mengurangi Peradangan

Anti-radang yang terkandung dalam minyak ikan juga dapat menurunkan senyawa sitokin dalam tubuh. Yakni, senyawa yang menjadi penyebab utama peradangan pada penderita obesitas dan stres. Selain itu bagi penderita radang sendi, mengonsumsi minyak ikan juga efektif untuk mengurangi nyeri dan ketegangan pada persendian.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, tulang bisa kehilangan mineral esensialnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pengroposan pada tulang, atau yang biasa kita sebut dengan osteoporosis. Mengonsumsi minyak ikan setidaknya mampu memperlambat terjadinya hal tersebut. Karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam minyak ikan, terbukti dapat mencegah keretakan serta menjaga kesehatan pada tulang.

Berdampak Pada Kesehatan Mental

Dalam sebuah penelitian minyak ikan diketahui mampu memperlambat dan mencegah perkembangan gangguan psikotik dan dianggap dapat membantu meringankan gejala gangguan psikologis bipolar pada remaja. Selain itu, manfaat minyak ikan terhadap kesehatan mental lainnya adalah meringankan gejala depresi.

Membantu Penurunan Berat Badan

Obesitas dapat menjadi penyebab utama timbulnya beberapa penyakit berbahaya, seperti misalnya masalah jantung, diabetes ataupun kanker. Sebab itu bagi orang yang memiliki kadar lemak berlebih didalam tubuh, disarankan untuk melakukan diet, untuk menghindari risiko kesehatan seperti yang disebutkan sebelumnya. Seperti yang dijelaskan dalam suatu penelitan, mengonsumsi minyak ikan serta menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata di Hari Tua

Manfaat minyak ikan tidak terbatas pada organ otak saja, tetapi juga dapat mengurangi risiko terkena gangguan mata saat usia lanjut. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi minyak ikan selama empat setengah bulan dapat meningkatkan penglihatan pada kaum lansia yang mengalami gangguan mata di hari tua. Namun, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini.

Baik Untuk Kehamilan

Senyawa omega-3 penting bagi pertumbuhan janin. Dan kandungan ini pun bisa didapatkan melalui minyak ikan. Calon ibu yang mengonsumsi minyak ikan cenderung akan memiliki anak dengan koordinasi tangan dan mata yang baik. Tetapi, masih banyak manfaat minyak ikan lainnya yang perlu untuk ditelaah lebih lanjut.

Mengatasi ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan kondisi umum yang berhubungan dengan gejala seperti hiperaktif, impulsif, dan kesulitan fokus atau konsentrasi. Beberapa penelitian menunjukan bahwa asupan omega-3 seperti dari minyak ikan dapat membantu mengurangi gejala ADHD pada anak.

Sebuah ulasan ilmiah tahun 2017 oleh E. Derbyshire dari Nutritional Insight Ltd, UK yang menganalisis 16 studi menemukan bahwa asam lemak omega-3 memperbaiki memori, konsentrasi, kemampuan belajar, dan hiperaktivitas pada anak yang seringkali dipengaruhi oleh ADHD.

Mengurangi Gejala Asma

Alergi dan asma adalah dua jenis gangguan yang sering ditemui pada anak-anak maupun orang dewasa. Apabila kamu mengalami asma, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi minyak ikan. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko asma pada anak. Bahkan studi ini juga menemukan bahwa mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan dapat mengurangi alergi pada bayi.

Menyehatkan Kulit

Kulit adalah organ terbesar pada manusia yang tentunya perlu untuk dijaga. Salah satu manfaat minyak ikan dalam menjaga kesehatan kulit adalah mengatasi jerawat dan berpotensi melindungi diri dari kanker kulit. Terbukti kandungan omega-3 yang ada pada minyak ikan mampu mengurangi peradangan, dan termasuk peradangan yang menyebabkan jerawat. Karena mengonsumsi minyak ikan dapat membantu mengontrol minyak di wajah, meningkatkan hidrasi kulit, serta mencegah dan mengatasi jerawat.

manfaat minyak ikan
manfaat minyak ikan

Jadi itulah beberapa manfaat minyak ikan yang dapat kita peroleh jika kita rutin mengonsumsinya, baik dalam bentuk suplemen maupun minyak ikan yang terkandung dalam daging. Pastikan kebutuhan lemak omega 3 untuk tubuhmu selalu terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *