Manfaat Dan Efek Samping Buah Bit

manfaat dan efek samping buah bit

Pernahkah kamu mengonsumsi buah Bit? Buah Bit adalah buah dalam kategori umbi-umbian, yang dapat dimanfaatkan sebagai campuran makanan, minuman ataupun dijadikan sebagai pewarna.

Selain itu buah Bit atau yang biasa disebut Beetroot ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun sebelum membahas manfaatnya lebih jauh, ada baiknya kita mengenal buah ini terlebih dahulu secara mendetail.

Buah Bit adalah buah yang berasal dari daerah pesisir barat dan selatan benua Eropa, dari Swedia selatan dan Kepulauan Britania ke selatan Laut Mediterania. Mulai dibudidayakan bada abad ke-15 di seluruh penjuru Eropa, hingga saat ini penyebarannya yang meluas.

Buah Bit juga memiliki beberapa jenis yang tersebar di dunia, seperti misalnya :

Jenis-Jenis Buah Bit

Bit Merah

beet merah

Buah Bit merah adalah buah Bit yang paling umum dan banyak diketahui oleh masyarakat. Memiliki warna merah tua cenderung ungu juga tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Buah Bit jenis ini lah yang biasa dijadikan pewarna merah alami pada makanan, baik dalam makanan, minuman, ataupun cake.

Bit Emas

bit emas

Golden Bit memiliki rasa yang tidak terlalu manis seperti Bit merah. Tetapi, ia juga memiliki tekstur yang lembut. Bit ini juga cocok dijadikan sebagai salad atau ditambahkan ke dalam olahan masakan panggang. Ia tidak akan membuat warna masakan berubah warna seperti Bit merah.

Bit Chioggia

Bit Chiogia

Bit Chiogia adalah Bit yang unik. Karna memiliki warna daging yang bergaris, dengan warna merah dan cream, yang membuatnya terlihat seperti permen. Kadang-kadang Bit ini juga berwarna kuning dan oren. Namun, warna yang unik ini akan hilang saat proses memasak.

Selain memiliki banyak jenis, buah Bit juga memiliki banyak nutrisi penting dan antioksidan, yang berkhasiat meningkatkan aliran darah, mengurangi tekanan darah, mendetoksifikasi tubuh dan mencegah penyakit lainnya. Seperti dibawah ini:

Manfaat Buah Bit

DETOKS ALAMI UNTUK TUBUH

Bit memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan detoksifikasi, yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan mengurangi peradangan. Buah Bit juga mampu membuat beberapa organ dalam tubuh seperti ginjal dan hati untuk tetap bekerja secara maksimal.

DAPAT MENCEGAH HIPERTENSI

Jus yang terbuat dari buah atau bubuk Bit ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan nitrat yang terdapat pada kandungannya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan cara murah dan mudah ini untuk menurunkan hipertensi.

Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, minum jus Bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung.

MENCEGAH ANEMIA

Anemia

Kandungan zat besinya yang cukup tinggi, pada buat Bit akan mengaktifkan dan kembali meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah. Buah Bit mengandung banyak nutrisi penting dan antioksidan, yang berkhasiat meningkatkan aliran darah, mengurangi tekanan darah, mendetoksifikasi tubuh dan mencegah penyakit lainnya.

PENAWAR RACUN

Berkat kandungan betaine dalam Bit, menjadikan buah ini sebagai penawar racun yang membantu mendukung fungsi hati yang sehat. Hal ini karena buah Bit bersifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu menyembuhkan peradangan.

MERINGANKAN SEMBELIT

Jus buah Bit efektif meringankan sembelit dengan merangsang sistem metabolisme. Nutrisi phyto yang terdapat dalam Bit dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan.

MENINGKATKAN ALIRAN DARAH

Rutin konsumsi jus dari buah Bit dapat membantu meningkatkan aliran darah, hal ini karena Bit dianggap sebagai makanan nitrat. Nitrat ini kemudian diubah menjadi oksida nitrat, senyawa yang melemaskan arteri dan meningkatkan sirkulasi darah serta oksigenasi di dalam otak.

MENGHASILKAN VITAMIN A

Vitamin ini bertanggung jawab meningkatkan penglihatan yang sehat. Selain itu, juga mampu mengurangi kemungkinan mengembangkan masalah mata yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula serta katarak.

MENCEGAH PIGMENTASI PADA KULIT

Manfaat lain yang bisa kamu dapat dari buah ini yaitu dapat mencegah pigmentasi kulit karena kandungan vitamin C di dalamnya. Warna kulit pun akan lebih merata dan tampak bercahaya.

EFEK SAMPING BUAH BIT

Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, Bit juga dapat memiliki efek samping, seperti misalnya :

BEETURIA

Beeturia merupakan kondisi berubahnya warna urin menjadi merah keunguan seperti warna buah tersebut. Konsumsi Bit berlebihan dapat membuat warna urin yang seharusnya kuning bening menjadi pink.

Sebenarnya beeturia itu sendiri tidaklah berbahaya. Hanya saja menurut hasil studi dari Inggris, efek ini lebih umum dialami oleh mereka yang kekurangan zat besi. Dengan kata lain, beeturia mungkin berbahaya untuk penderita gangguan metabolisme zat besi.

BATU GINJAL

Buah Bit dapat meningkatkan konsentrasi oksalat dalam urin sehingga memicu terbentuknya batu ginjal kalsium oksalat. Sehinga menurut blog kesehatan Harvard, akar Bit yang kaya kandungan oksalat dapat menyebabkan batu ginjal. Walau kalsium adalah penyebab paling umum terbentuknya batu ginjal, namun mineral yang bercampur dengan substansi lain (khususnya oksalat) juga dapat membentuk batu ginjal.

Oleh karenanya, dokter biasanya menyarankan penderita batu ginjal untuk berhenti atau mengurangi konsumsi buah Bit, tak hanya penderitanya saja,mereka yang dulu pernah memiliki batu ginjal pun harus berhati-hati terhadap efek samping buah Bit satu ini. Jangan sampai konsumsi akar Bit membuat batu ginjalnya kambuh lagi.

RUAM

ruam pada kulit

Meski jarang, reaksi alergi akibat konsumsi buah Bit dapat muncul. Reaksi alergi yang dimaksud meliputi ruam, biduran, gatal, hingga menggigil dan demam.

FESES BERUBAH WARNA

Kandungan betasianin dalam Bit membuat warna buah ini begitu keluar. Walau rata-rata makanan ‘kehilangan’ warna aslinya setelah dicerna, namun tidak dengan betasianin dalam buah Bit, hal ini mungkin dapat menyebabkan feses berubah warna.

TEKANAN DARAH RENDAH

Bagi mereka yang menderita hipertensi, efek samping buah Bit satu ini tentu menguntungkan. Namun kalau tekanan darah sudah rendah atau berfluktuasi, maka efek samping buah Bit ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Beberapa hasil studi menyebutkan kandungan nitrat dalam Bit mampu menurunkan tekanan darah bahkan pada orang sehat sekalipun.

ASAM URAT

Menurut University of Maryland Medical Center, makanan yang tinggi oksalat seperti buah Bit dapat memicu asam urat. Gejalanya meliputi nyeri sendi dengan sensasi seperti ditusuk-tusuk, area sendi tampak kemerahan, serta demam tinggi.

manfaat dan efek samping buah bit

Jadi itu dia beberapa informasi yang dapat kami berikan terkait manfaat dan efek samping dari buah ini. Jika kamu ingin merasakan sendiri bagaimana khasiatnya buah bit, kamu bisa mendapatkannya di Cairo Food dan mulai untuk mengonsumsinya setiap hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *