Makanan Dan Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

makanan dan pola hidup sehat ala Rasulullah

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah suri tauladan terbaik untuk hidup kita terutama umat muslim. Semua yang Baginda lakukan sangat baik untuk kita teladani dan kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dari mulai keimanan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Allah, sampai perangainya yang baik untuk kita jadikan contoh.

Termasuk kebiasaan hidup sehat yang diterapkan oleh Nabi kita di kehidupan sehari-hari. Berbicara tentang kesehatan tentu saja hal itu identik dengan pola makan serta makan-makanan yang bergizi, karna makanan bergizi yang kita konsumsi adalah penunjang kesehatan nomer satu. Maka kali ini kami akan membahas bagaimana pola hidup sehat serta makanan sehat yang Nabi kita konsumsi untuk senantiasa menjaga kesehatan yang telah Allah berikan.

Bagaimanakah Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah?

1. Menjaga POLA Makan

Ilustrasi pola makan sehat

Pertama-tama Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah berlebih-lebihan dalam makan, seperti yang diriwayatkan dalam hadist :
ما ملأ آدميٌّ وعاءً شرًّا من بطن، بحسب ابن آدم أكلات يُقمن صلبَه، فإن كان لا محالة، فثُلثٌ لطعامه، وثلثٌ لشرابه، وثلثٌ لنفَسِه
“Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihkannya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk bernafas” HR At-Tirmidzi (2380), Ibnu Majah (3349), Ahmad (4/132), dan lain-lain. Hadits ini dinilai shahih oleh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shahihah (2265)

Maksudnya, perut yang penuh dengan makanan bisa merusak tubuh. Karna sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Dan apa yang telah diriwayatkan oleh Rasulullah sudah terbukti secara ilmiah, bahwa mengonsumsi makanan terlalu banyak atau berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan.

2. Tidak Begadang

Ilustrasi Begadang

Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Hal itulah yang membuat beliau tidak berbincang-bincang setelah waktu isya. Seperti yang pernah beliau riwayatkan :

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ، وَلَا يُحِبُّ الْحَدِيثَ بَعْدَهَا

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum isya dan beliau tidak menyukai obrolan setelah isya. (HR. Ahmad, no.19781 dan Ibn Khuzaimah, no.1339)

Dalam kesehariannya, rata-rata beliau tidur kira-kira sebelum pukul 21.30. Kemudian bangun sekitar pukul 03.00 untuk melakukan sholat malam.

3. Berolahraga

Ilustrasi Olahraga

Dalam sebuah riwayat, diketahui bahwa Rasulullah pun hobi berolahraga seperti berkuda, memanah, berenang dan berlari. Hal itu menunjukan bahwa tubuh Baginda tidak hanya sehat, tapi juga kuat. Beliau juga pernah lomba lari, gulat, bahkan memanah.

seperti salah satu contoh hadist dibawah ini:

Diceritakan oleh Aisyah RA: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendahuluiku, kemudian aku mendahului beliau, begitulah seterusnya. Hingga saat badanku sudah gemuk, kami pernah berlomba dan beliau yang memenangkan perlombaan itu. Kata beliau, “Kemenangan kali ini merupakan balasan atas kekalahan yang lalu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Hadist ini bercerita tentang perlombaan lari antara Rasulullah dengan istrinya. Para sahabat dulu juga terbiasa melakukan perlombaan lari cepat, dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengizinkannya. Lari adalah salah satu olahraga paling mudah yang bisa kita lakukan karena tanpa harus menggunakan alat tertentu. Siapa diantara kalian yang sudah terbiasa jogging atau berlari tiap harinya?

Setelah mengetahui pola hidup sehat ala Rasulullah, lantas apakah yang beliau konsumsi untuk menjaga kesehatan?

Makanan Sehat Ala Rasulullah

1. Konsumsi Banyak Air Putih

air putih

Air adalah kebutuhan Vital sehari-hari untuk keberlangsungan hidup manusia, terutama untuk tubuh. Sebab itu setidaknya kita harus mengonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari (Sekitar 2 liter). Tapi ukuran itu tidak bisa dijadikan standart karna kebutuhan air tiap individu berbeda. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan bagaimana cara minum yang baik, yakni sesuai yang dianjurkan oleh Rasulullah :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR Ahmad no. 8135).

Studi juga menunjukan bahwa air yang masuk dengan cara duduk lebih baik dibanding berdiri, alasannya air yang diminum saat duduk akan disaring oleh sfringer yang merupakan struktur maskuler atau berotot yang bisa membuka, sehingga air bisa melewati kandung kemih dan menutup. Sehingga, air yang kita minum disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal.

Sebaliknya, jika meminum air sambil berdiri, maka air yang diminum akan masuk, tidak tersaring, dan langsung menuju kandung kemih. Ketika air langsung menuju kandung kemih, maka akan terjadi pengendapan di saluran ureter dan bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan seseorang susah buang air kecil.

2. Madu

Dipagi hari, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam juga rutin mengkonsumsi satu sendok madu dengan melarutkannya dalam air. Dan memang madu memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an madu merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh menunjukkan arti umum dan menyeluruh.

seperti yang terdapat dalam Quran Surah An-Nahl Ayat 68-69:

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (٦٨)ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (٦٩ )

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Pada dasarnya, bisa menjadi obat berbagai penyakit. Sedangkan dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.

3. Kurma

Kurma adalah buah yang istimewa karna Allah menyebutnya sebanyak 20 kali di 16 surah yang berbeda dalam Al-Qur’an. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menjadikan kurma sebagai makanan wajib keluarga sehari-hari.

Kurma juga memiliki banyak manfaat, salah satunya mampu menangkal sihir sebagaimana yang Nabi Muhammad SAW riwayatkan :

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ
“Barangsiapa yang memakan tujuh butir kurma yang tumbuh di antara bebatuan hitam (di Madinah) pada pagi-pagi, dia tidak akan celaka oleh racun sampai petang.” HR Al-Bukhari (no. 5769) dan Muslim (no. 2047) (155)), dari Shahabat Sa’ad bin Abu Waqqash

Kurma umumnya berbentuk bulat, ataupun lonjong. Buah ini memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasanya yang manis.
Terdapat banyak macam kurma yang bisa kamu temui di Indonesia, contohnya :

Kurma Ajwa

merupakan salah satu jenis kurma premium yang sangat enak. Kurma ini punya tekstur daging buah yang lembut. Kurma Ajwa Asli juga dipercaya memiliki khasiat yang sangat manjur untuk pengobatan. Maka tak heran jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menyukai kurma jenis ini

Kurma Sukkari

Umumnya Kurma Sukkari ini biasa dikonsumsi oleh keluarga kerajaan Arab. Teksturnya yang legit dan lembut di setiap gigitan. Kurma Sukari memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan kurma lain

Kurma Bam

Di Indonesia, Kurma Bam ini juga memiliki julukan kurma madu/anggur. Banyak tumbuh di Iran, Kurma Bam ini memiliki kandungan mineral serta lemak baik untuk tubuh. Kurma Kurma Tekstur kurma bam lembut dan basah. Ukurannya agak besar dan berwarna kehitaman. Kurma bam juga sering disebut kurma madu/anggur.

Kurma medjool

Biasa dijuluki ‘Raja Kurma’ karena ukuranya yang lebih besar dari kurma lainnya. Juga memiliki aroma khas, sehingga banyak sekali orang yg menyukai kurma ini. Teksturnya lembut, rasa manis yang pas dan hampir mirip karamel.

Dan masih banyak lagi jenis kurma yang ada di indonesia yang bisa kamu temui.

4. Roti Gandum

Ilustrasi Roti Gandum

Selanjutnya adalah roti gandum. Roti gandum disebut sebagai salah satu makanan favorit Rasulullah, roti ini dapat disantap dengan kaldu dan daging. Sebuah kisah disebutkan, Rasulullah pernah mengajak Jabir bin Abdullah ke rumah salah satu istrinya. Ketika sampai, keduanya disuguhi roti gandum. Saat menyantap roti gandum ini Rasulullah mengucapkan kalimat singkat namun penuh makna. “Ini adalah makanan terbaik penduduk dunia dan penduduk akhirat,” kata Rasulullah SAW seperti diriwayatkan dalam hadist Ibnu Majah.

Dalam dunia kesehatan Roti gandum ini juga dinilai mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh, Seperti halnya antioksidan, protein, zat besi, mineral, magnesium, kalsium, sodium, fosfor, folat, zinc, serta vitamin B, K, dan E. Sehingga membuatnya kaya akan serat, rendah lemak, dan bebas kolesterol.

Itu dia beberapa pola hidup serta makanan sehat ala Rasulullah yang dapat kami bagikan di artikel ini. Sebagai pengikut ajaran islam yang baik, alangkah bagusnya jika kita mengikuti pola hidup sehat yang biasa Nabi terapkan dalam kehidupan sehari-hari, karna selain bagus untuk kesehatan, apa yang kita lakukan atas dasar mengikuti anjuran Nabi, InsyaAllah bernilai pahala untuk kita. Aamiin. Semoga apa yang kami sampaikan pada artikel kali ini dapat memberikan manfaat untuk kalian yang membaca.

Related Posts

Leave a comment