Ketahuilah 8 Manfaat Toge Bagi Kesehatan Tubuh

ketahuilah 8 manfaat toge bagi kesehatan tubuh

Kini, manfaat toge mulai menjadi sorotan banyak orang karena kandungan di dalam toge dapat bermanfaat bagi tubuh manusia. Tak ayal, toge ini dapat dijadikan sumber mineral dan protein bagi tubuh karena membantu penyerapan zat besi, vitamin C, dan zinc. Untuk lebih mengetahuinya, rasanya tidak lengkap bila tidak membahas definisi toge itu sendiri.

Toge merupakan kecambah biji-bijian yang mengalami pertumbuhan, yang disebut dengan perkecambahan. Proses perkecambahan biasanya dimulai dengan merendam benih (berupa kacang) dengan air, kemudian dipaparkan dalam suhu dan kelembaban tertentu agar pertumbuhannya baik. Benih yang telah dipaparkan tersebut didiamkan beberapa hari sampai akhirnya mengalami pertumbuhan menjadi kecambah.

Cara produksi toge terbilang mudah, kamu bisa memproduksinya sendiri di rumah. Pertama-tama siapkan wadah datar yang telah dilubangi. Lubang ini berfungsi agar saat wadah disiram air, benihnya tidak tergenang. Di atas dasar wadah, lapisi dengan kapas atau kain yang basah. Ini berguna untuk menyerap air yang masuk ke dalam wadah dan menjaga kelembaban dari benih. Sebarkan benih atau biji yang telah direndam air selama kurang lebih 6 sampai 8 jam (ada pula yang tidak direndam) di atas kapas. Siram benih yang berada di atas kapas secukupnya, dan lakukan setiap 2 kali sehari dengan air yang bersih. Setelah 3 sampai 5 hari, kecambah akan tumbuh dan siap untuk dipanen. Mudah bukan?

Nah, proses produksi toge ini bisa kamu lakukan kapan pun, juga tidak memerlukan sinar matahari yang dominan. Belum lagi, prosesnya tidak bergantung pada musim apapun. Bila kamu melihat fisik toge, akan terlihat tiga bagian yang utama, yaitu akar (sebagai embrio), hipokotil (batang kecambah) dan kotiledon (sebagai daun). Ketiga bagian ini, semua menyatu dalam kecambah atau toge, dan ketiganya pula yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Selain itu warna dari toge cenderung putih susu dengan bentuk meliuk. Sangat jarang sekali menemukan bentuk toge yang lurus.

Toge memang sering digunakan sebagai bahan pangan dan tepatnya digolongkan ke dalam sayur-sayuran. Pastinya kamu sering melihat hidangan sayur toge yang dicampur bersama tahu. Hidangan lainnya, toge bisa ditemukan pada bubur ase yang merupakan makanan khas Betawi, juga sering dijadikan topping pada bakso. Toge dianggap memiliki kandungan Vitamin E yang baik untuk kesahatan kulit. Data dari Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang ditulis oleh Mahandika, toge banyak mengandung senyawa fitokimiawi yang berkhasiat. Protein toge lebih tinggi 10% dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya. Hal ini disebabkan karena selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam amino esensial yang merupakan penyusun protein. Ini berarti menandakan adanya protein tinggi dalam toge.

Diketahui pula, bahwa toge yang baik adalah toge yang berasal dari kacang kedelai, kacang hijau dan kacang tunggak, mengandung vitamin C sebanyak 15 mg di setiap 100 gram. Vitamin ini tentunya baik untuk dikonsumsi manusia. Apalagi kandungan vitamin C yang terkenal untuk menjaga daya tahan tubuh.

ketahuilah 8 manfaat toge bagi kesehatan tubuh kandungan nutrisi toge

Di Indonesia sendiri toge diyakini sebagai makanan untuk meningkatkan kesuburan pria. Lantas apa saja manfaat toge bagi kesehatan? Berikut penjelasan 8 manfaat toge bagi kesehatan tubuh.

Menambah Kesuburan Pria

Manfaat toge satu ini tentunya sudah diketahui oleh banyak orang. Toge dikenal sebagai sumber makanan yang baik untuk meningkatkan kesuburan pria. Kesuburan pria ini dimaksudkan pada pergerakan sperma yang meningkat. Telah diketahui bahwa ada perbedaan pergerakan sperma pada pria yang sering mengonsumsi toge dan yang tidak. Terlihat, adanya pergerakan yang mobilitasnya meningkat. Dari hasil tersebut telah disimpulkan bahwa manfaat toge dapat meningkatkan persentase pergerakan sperma menuju sel telur dengan lebih baik.

Selain itu, toge juga berfungsi untuk membantu percepatan pertumbuhan sperma normal, sehingga sperma abnormal menjadi lebih sedikit. Ini dapat menyimpulkan persentase sperma normal lebih banyak dari sperma abnormal yang membuat peluang sperma masuk ke dalam sel telur lebih tinggi. Inilah mengapa toge bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan pada pria.
Dalam toge juga membantu meningkatkan motilitas sperma.

Motilitas ini adalah kemampuan sperma untuk bergerak secara independen. Diketahui bahwa motilitas sperma terbagi menjadi tiga, yaitu motilitas progresif (bergerak aktif jalur linier), motilitas non progresif (bergerak di jalur abnormal), dan immotil (tidak adanya gerakan). Nah, manfaat toge ini membantu menghasilkan motilitas progresif pada sperma. Sehingga sperma yang menuju pada sel telur lebih banyak.

Vitamin E pada toge yang terkenal baik untuk antioksidan. Sifat antioksidan ini baik untuk memberikan perlindungan dari kerusakan membran halus sperma yang disebabkan oleh reaksi stres akibat radikal bebas yang berlebih. Ini akan membantu mengurangi sperma immotil yang ada dalam tubulus seminiferus (tempat sperma terbentuk). Disamping itu, toge juga dapat seimbangkan hormon dengan meningkatkan hormon testoteron pria dan menurunkan kadar hormon estrogen. Ini membantu meningkatkan massa otot tubuh, termasuk otot vitalitas.

Melancarkan Pencernaan

ketahuilah 8 manfaat toge bagi kesehatan tubuh benrtuk toge

Toge juga merupakan sayuran yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Kandungan serat yang cukup dalam tubuh membantu meluruhkan feses yang keras, sehingga kamu akan mudah mengalami proses pembuangan. Bakteri baik dalam usus besar ini, bisa terhambat jika serat tak mendukung untuk mendorong feses. Kerja serat ini akan larut dalam air dan akan menciptakan gel, yang kemudian gel tersebut akan melunakkan feses, sehingga pencernaan menjadi lancar. Selain itu, serat juga berfungsi untuk menarik air ke dalam feses agar memudahkan melewati saluran.

Kandungan mineral pada toge bermanfaat melancarkan pengeluaran enzim di dalam usus besar untuk metabolisme pencernaan. Ini membantu meningkatkan ketahanan usus terhadap bakteri jahat yang masuk ke dalam usus. Bila kinerja usus baik, maka makanan yang dicerna juga lebih cepat, efektif dan efisien.

Menjaga Berat Badan

Manfaat toge selanjutnya adalah untuk menjaga berat badan. Ini berhubungan dengan manfaat sebelumnya yaitu melancarkan pencernaan. Dengan adanya proses pembuangan yang lancar maka secara langsung akan menjaga berat badan, karena lemak sudah ikut luruh bersama. Lemak dalam tubuh ini secara lambat akan dibantu cepat larut dalam feses agar tidak menimbun. Hal ini dikarenakan adanya serat dalam toge.

Toge baik untuk dikonsumsi bagi kamu yang ingin menjaga berat badan. Serat dalam toge juga membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena toge ini menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang membuat kamu ingin makan. Dengan adanya penghambatan ini, tentunya keinginan makan kamu akan berkurang dan kemudian dapat menjaga berat badan. Selain itu, dengan menghambat pelepasan ghrelin dapat mencegah kamu untuk ngemil berlebihan dan rasa kenyang akan lebih tahan lama.

Membantu Tingkatkan Sistem Imun

Tingkat sistem imun bergantung dengan metabolisme tubuh. Jika metabolisme baik maka sistem imun pun akan baik. Pada toge terdapat vitamin, mineral, antioksidan dan nutrisi lainnya yang baik bagi kekebalan tubuh. Antioksidan dalam toge ini berperan untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang telah dikonsumsi. Makanan bisa dimungkinkan telah terkontaminasi radikal bebas seperti polusi dan debu yang membawa bakteri serta virus. Inilah yang akan merusak sistem imun dan membuat mu mudah terserang penyakit. Dengan adanya antioksidan ini membantu meningkatkan sistem imun agar tahan terhadap segala bakteri dan virus penyebab penyakit.

ketahuilah 8 manfaat toge bagi kesehatan tubuh menjaga berat badan

Toge juga memiliki kandungan vitamin C yang terkenal dapat menjaga sistem imun. Dalam semua sayuran memang banyak yang mengandung vit C, maka dari itu vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan. Vitamin C pada toge membantu meningkatkan produksi sel kekebalan tubuh kamu, termasuk sel darah putih, yang merupakan sel aktif membunuh bakteri dengan cara menyerapnya. Belum lagi vitamin C ini membantu produksi kolagen untuk penyembuhan luka dari tubuh yang menjadikan daya tahan kamu lebih kuat. Manfaat toge satu ini tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

Menyehatkan Kulit Kepala

Kesehatan kulit kepala juga perlu untuk dijaga, karena bakteri juga dapat hidup dalam rambut. Bakteri yang menempel pada rambut akan membuat kulit kepala mudah terkontaminasi. Dalam toge sudah diketahui memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C ini mamu merangsang pertumbuhan rambut dari dalam. Tentunya, ini yang membuat tumbuhnya rambut kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu vitamin C juga baik untuk mengurangi banyaknya ketombe yang ada pada kulit rambut. Walau memang, jika kamu tidak menjaga kebersihan, ketombe akan tetap datang. Tetapi dengan adanya vitamin C yang cukup dalam tubuh, ini membantu ketombe tidak semakin cepat memburuk untuk nantinya terjadi infeksi.

Di dalam toge juga terdapat mineral selenium yang membantu membunuh jamur penyebab kulit kepala kering. Selenium ini mendorong kelembapan pada kulit rambut, sehingga kulit kepala tidak kering dan rusak agar pertumbuhan rambut semakin optimal. Bila kulit rambut rusak, dimungkinkan sekali pertumbuhan rambut berkuran dan menyebabkan mudah patahnya (rontok) lapisan rambut. Selenium ini juga mendorong pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat. Tetapi perlu diingat, semua ini dapat terjadi jika selenium dan vitamin C dalam tubuh seimbang.

Mengurangi Gejala Anemia

Telah disebutkan sebelumnya bahwa toge ini terdapat zat besi yang baik untuk kesehatan. Zat besi ini merupakan komponen penting untuk menjaga sel darah merah tidak berkurang. Bila sel darah merah dalam tubuh berkurang, maka dimungkinkan kamu menderita anemia. Zat besi lah yang merupakan mineral untuk mengurangi gejala anemia, seperti mudah lelah, terasa keringat semakin banyak keluar, dan cepat mengantuk. Gejala ini tentunya akan membuat kamu kesulitan dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

ketahuilah 8 manfaat toge bagi kesehatan tubuh menjaga kadar hormon estrogen pada wanita

Manfaat toge ini, membantu meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh agar terhindar dari anemia. Hal ini juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Bila sel darah tercukupi maka kekebalan tubuh akan semakin meningkat. Dengan begitu oksigen yang dibawa oleh darah akan menjadi lancar dan jantung dapat menerima kadar oksigen yang cukup. Tentunya zat besi juga bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah, ini diakibatkan dari respon zat besi terhadap jumlah sel darah merah yang berkurang. Dengan sigap zat besi sesegera mungkin memproduksi sel darah merah yang kurang. Sehingga kamu akan terhidar dari gejala anemia.

Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Manfaat toge selanjutnya karena terdapat asam folat di dalamnya. Asam folat atau vitamin B9 adalah vitamin yang penting untuk meregenerasi, pembelahan dan pertumbuhan sel. Tentunya pembelahan sel ini sangat banyak terjadi pada cabang bayi. Asam folat ini meningkatkan pertumbuhan bayi sejak masih dalam kandungan agar semua sel tubuh mengalami pembelahan yang sempurna, baik tulang dan tubuh. Selain itu asam folat ini juga dapat menjaga fungsi tubuh, baik pada calon ibu atau pada sang cabang bayi. Semua motorik dan kesehatan otak akan bekerja dengan baik saat menerima rangsangan dari luar. Ini tentunya sangat baik bagi kemampuan otak dan motorik cabang bayi.

Asam folat pada ibu hamil juga membantu pembentukan sel darah merah dan DNA pada cabang bayi. Dengan kata lain, asam folat berfungsi untuk menerapkan DNA dari sang ibu pada bayi dengan baik. Sebenarnya, asam folat banyak ditemui pada kacang-kacangan. Walaupun begitu, toge juga termasuk sayuran yang berasal dari kacang-kacangan,s ehingga memiliki asam folat yang cukup. Tetapi kadar asam folat pada toge tidak sebesar kacang-kacangan lainnya. Kamu dapat konsumsi asam toge sebagai tambahan kadar asam folat dan menambah menu makan saat hamil.

Tidak disarankan konsumsi toge mentah saat hamil, karena bakteri seperti Listeria, atau Salmonella dapat berpindah pada biji kecambah atau benih toge, karena bakteri ini menyukai tempat yang lembap. Untuk itu disarankan untuk mencuci toge dengan bersih, dan membilasnya dengan air hangat agar bakteri mati. Lalu konsumsi toge yang sudah dimasak agar terasa lebih nikmat.

Menjaga Kadar Hormon Estrogen Pada Wanita

Manfaat toge selain dapat digunakan oleh pria, ternyata juga bermanfaat bagi wanita. Toge merupakan sayuran yang kaya akan estrogen alami. Kadar estrogen pada wanita ini berfungsi untuk mengontrol perubahan bentuk payudara, menstruasi, pertumbuhan rambut ketiak, dan tanda kewanitaan lainnya. Walau sebenarnya pada lelaki terdapat hormon estrogen, tetapi kadarnya jauh lebih rendah dari wanita.

Tentunya akan sangat penting bila menjaga kadar hormon estrogen dalam level normal. Jika berlebihan akan memicu kanker pada wanita, karena beberapa kanker diketahui membutuhkan hormon estrogen untuk tumbuh cepat. Namun, dengan toge ini, kadar hormon estrogen kamu dibantu terjaga dalam jumlah yang seimbang. Tanda hormon estrogen seimbang yang dapat kamu ketahui adalah ketika jadwal menstruasi kamu yang normal, tidak melebiha jeda 3 sampai 4 minggu terus menerus.

ketahuilah 8 manfaat toge bagi kesehatan tubuh mengurangi gejala anemia

Diketahui, manfaat toge ini juga dapat membantu aktivitas hormon estrogen meningkat. Artinya ini membantu wanita dalam menangani menstruasi dengan baik, juga jadwal menstruasi yang sesuai. Selain itu, dalam hal membantu aktivitas hormon estrogen meningkat, kadar isoflavon dalam toge juga bermanfaat untuk meningkatkan mood pada wanita. Perlu kalian ketahui, bila kadar hormon estrogen tercukupi, membantu memeliharan ketebalan dinding vagina dan mendorong produksi pelumas pada wanita. Sedangkan saat hami, hormon estrogen ini berperan untuk memelihara membran (lapisan) rahim agar tetap kuat untuk menjaga si kecil. Dengan mengonsumsi toge ini karena adanya hormon estrogen, juga telah diketahui bermanfaat untuk membantu menghindari terjadinya kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi dan menopause dini.

Manfaat toge juga tidak bisa diremehkan dengan mudah, sayuran satu ini memiliki mineral dan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jangan meremehkan bentuknya yang kecil, siapa tahu dibalik itu terdapat manfaat yang besar. Kamu dapat membuat toge dengan berbagai hidangan, seperti tumis toge, sayur pindang toge dan lainnya. Sayuran ini cocok disajikan bersama bumbu masakan apapun, yang tentunya membuat toge dapat dikonsumsi oleh kalangan banyak. Kelebihan lainnya, harga toge juga murah, bisa menghemat budget kamu. Hidup sehat tidak harus dengan yang mahal. Demikian informasi 8 manfaat toge yang baik untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

ketahuilah 8 manfaat toge bagi kesehatan tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *