Kenapa Rempah Harus Disangrai Dahulu?

Cover Rempah Harus Disangrai

Apakah pada saat membuat bumbu masakan kamu sering menggunakan rempah-rempah yang masih utuh? Jika iya, ada satu langkah penting yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Sebab cara ini akan membuat rempah-rempah milik mu menghasilkan rasa yang maksimal. Apakah itu? Yakni menyangrai! Menyangrai rempah adalah teknik yang perlu kamu ketahui dan bagus jika diterapkan. Sebab rempah-rempah yang disangrai akan membuat cita rasa rempah tersebut semakin keluar, serta membuatnya dapat bertahan lebih lama ketika disimpan. Hal itu dikarenakan, rempah yang disangrai akan mengeluarkan minyak, serta wangi aromatik yang luar biasa!

Rempah Apa Sajakah Yang Dapat Disangrai?

Sebenarnya sebagian besar rempah utuh seperti biji, akar dan rempah-rempah padat lainnya dapat disangrai, beberapa contohnya seperti jintan, ketumbar, kemiri, adas, lada ataupun cengkeh. Kamu dapat menyangrai rempah secara bersamaan menjadi satu ataupun terpisah, namun untuk rempah-rempah dengan kandungan minyak yang sangat tinggi seperti cengkeh dan biji wijen sebaiknya dipisah karna dapat matang lebih cepat, kamu harus memperhatikanya dengan hati-hati dan angkat sebelum gosong.

Bagaimana cara menyangrai rempah?

Pan untuk menyangrai rempah

Untuk memanggang rempah-rempah, kamu harus mulai dengan memilih wajan yang tepat. Sebaiknya jangan gunakan wajan yang terlalu tipis, karna akan membuat rempah cepat hangus. Lebih disarankan menggunakan wajan yang lebih tebal, semakin tebal wajan maka semakin bagus.

Setelah itu kamu bisa menghangatkan wajan dengan api sedang, lalu kamu bisa masukan rempah kedalam wajan, aduk sampai rempah mengeluarkan harum yang khas.

Untuk rempah yang memiliki warna gelap, kamu bisa mendeteksi kematangannya lewat harum yang di keluarkan, namun untuk rempah yang memiliki warna terang, seperti misalnya wijen, kamu bisa melihat dari perubahan warna rempah tersebut yang menjadi lebih gelap.

Namun untuk beberapa rempah tidak boleh disangrai terlalu lama,  seperti misalnya lada, ataupun cabai kering, karena akan menciptakan rasa yang begitu kuat bahkan pait, hal itu justru akan merusak cita rasa rempah tersebut.

Memang untuk menyangrai rempah dibutuhkan teknik serta pengalaman, karena setiap rempah memiliki karakterisik serta waktu yang berbeda-beda dalam penyangraian. Umumnya, kamu hanya membutuhkan waktu beberapa menit sampai rempah matang, jika kamu rasa rempah sudah harum dan berubah warna, kamu bisa mengangkatnya dan memindahkanya kedalam wadah.

Bagaimana Cara Menyimpan Rempah Yang Sudah Disangrai?

rempah dalam jar

Kamu dapat menyimpan rempah dalam jar kecil dan meletaknnya dalam tempat yang terhindar panas, sebab rempah akan bertahan lebih lama jika kamu menyimpannya di dalam tempat yang sejuk, maka dari itu kamu bisa menyimpan rempah mu dalam jar ataupun wadah yang tertutup rapat dan meletakannya pada bagian dapur yang tidak terjangkau panas ataupun sinar matahari. Jika perlu kamu dapat menyimpan rempah mu dalam freezer atuntuk tetap menjaga kualitas rempah mu agar dapat bertahan lebih lama. Sebab rempah yang terkena sinar matahari atau panas akan membuat kesegaran dan kualiatasnya menurun. Atau kamu bisa membaca artikel kami yang berjudul Cara Menyimpan Rempah Untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan rempah yang lebih lengkap dan spesifik,

nah, sekarang kamu sudah mengetahui kenapa rempah harus disangrai lebih dahulu, serta bagaimana cara menyangrainya kan? Mulai besok kamu bisa langsung memperaktekannya dirumah, agar setiap hidangan yang kamu masak menggunakan rempah yang telah disangrai, terasa lebih lezat dan harum! Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a comment