Jenis Kayu manis yang berbahaya bagi Kesehatan

Batang kayu manis

Amankah Kayu Manis Yang Kalian Gunakan?

Para pembaca yang berbahagia, kami ingin membantu mengidentifikasi apakah kayu manis yang Anda pakai benar-benar sangat bermanfaat untuk di konsumsi. Karena tidak semua kayu manis itu enak dan asli. Bahwasannya kayu manis ada 2 jenis, sesuai yang kami jelaskan pada artikel sebelumnya. Kayu manis berasal dari pohon dan yang biasa kita gunakan adalah kulit kayu. Kayu manis telah digunakan manusia dalam ribuan tahun. Saat panen kulit kayu dilucuti dan disimpan di bawah sinar matahari.

Kayu manis ceylon, merupakan kayu manis sejati yang berasal dan diproduksi dari Srilanka dan bagian selatan India. Sedangkan cassia berasal dari Cina selatan dan dikenal sebagai kayu manis Cina (saigon) yang ditanam dari pohon evergreen tropis, jenis ini berproduksi di Cina, Vietnam dan Indonesia. Kayu manis dipopulerkan oleh orang Mesir dengan mengimpornya dari Srilanka pada ribuan tahun yang lalu.

Ceylon dan cassia memiliki manfaat kesehatan dan kandungan nutrisinya yang sama. Namun kualitas cassia lebih rendah, karena mengandung banyak zat coumarin dibanding ceylon. Coumarin adalah zat organik yang terkandung dalam kayu manis. Coumarin merupakan racun fitokimia, zat yang digunakan untuk membuat racun tikus. Aroma manis dari kayu manis berasal dari zat coumarin. Bahan kimia dari coumarin ini hadir dalam konsentrasi yang jauh lebih tinggi dan bersifat karsinogenik.

Apabila coumarin dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan keracunan serta jika pemakaiannya rutin dapat merusak system syaraf, penyakit kuning, gangguan hati berupa sekresi enzim hati dalam darah dan pembengkakan hati. Cassia bersifat antikoagulan yang kuat sehingga dapat membahayakan tubuh apabila cedera karena tidak dapat membekukan darah. Banyak negara di benua Eropa yang melarang Cassia untuk dikonsumsi. Bahkan dibeberapa negara menggunakan cassia untuk membuat racun tikus seperti Amerika Serikat, Jerman dan Inggris.

Harga kayu manis jenis ceylon lebih mahal dibandingkan cassia. Mengapa jenis cassia lebih murah? Karena tumbuh lebih dari satu wilayah. Permukaan kayu manis ceylon licin, tipis, lebih berserat, rapuh, lebih ringan, warna bercoklat muda atau kekuningan, bergulung penuh, tiada lubang ditengah, mudah digiling menjadi bubuk halus, beraroma lembut dan manis. Jenis cassia bentuk tidak rata, teksturnya keras, padat, tidak mudah pecah, sulit digiling, rasa pedas, warna coklat kemerahan gelap, kasar dalam penampilan, berlipat kedalam dan kosong. Sebagian besar kayu manis yang dijual di super market adalah jenis cassia. Contoh gambar kayu manis sejati dan palsu:

Kayu Manis Asli vs Palsu | Cassia vs Ceylon
Kayu Manis Asli vs Palsu | Cassia vs Ceylon

 

Dalam bentuk bubuk, kedua jenis ini tidak dapat dibedakan, hanya dalam bentuk batang mereka lebih  terlihat berbeda. Kami sarankan, jika membeli kayu manis bubuk, cek langsung dengan pemasok untuk memastikan asal-usul bubuk kayu manis tersebut. Pilih kayu manis yang berlebel kayu manis sejati, kayu manis ceylon atau cinnamomum verum.

Pastikan juga bahwa kayu manis tersebut organik, untuk menghindari kontaminasi bahan pengawet dan pestisida. Sebenarnya jika Anda sudah terbiasa menggunakan bubuk kayu manis, Anda juga bisa merasakan perbedaan dengan mencium aroma kayu manis, untuk mengetahui apakah kayu manis yang di depan Anda jenis ceylon atau cassia.

Kayu manis tumbuh paling baik di tanah berpasir karena mudah melepaskan air dan banyak mengandung zat hara serta humus. Didataran rendah, pohon kayu manis dapat tumbuh lebih cepat daripada dataran tinggi, akan tetapi kulitnya lebih tipis dan baunya kurang harum. Pohon itu tumbuh dalam keadaan alami, daunnya berkilau dan kasar di atas namun kusam di bagian bawah. Bunganya berwarna putih dengan buat berukuran oval yang menjadi kebiruan dengan bercak putih saat matang. Sedangkan daun menghasilkan aroma kayu manis yang sangat kuat.

Pembiakan kayu manis dapat dilakukan dengan cara distek, tetapi yang terbaik adalah bijinya. Biji yang dipergunakan untuk bibit adalah biji yang berasal dari pohon yang tumbuh baik, tidak terlalu muda, kulit batangnya cukup tebal dan mempunyai aroma kayu yang manis, biji yang jatuh dari pohon tidak dapat digunakan sebagai bibit.

Cairo Food menggunakan bubuk kayu manis yang asli, jadi tidak perlu khawatir dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang ada di menu kami. Tidak hanya kayu manis saja, kami juga menyeleksi setiap bumbu masakan yang kami gunakan. Karena menurut kami, kepuasan cita rasa yang Anda nikmati adalah kebahagian bagi kami.

Dengan penjabaran luas diatas, ditarik kesimpulan bahwa kayu manis jenis ceylon lebih aman untuk dikonsumsi, apalagi digunakan dalam dosis tinggi dan jangka panjang untuk pengobatan. Oleh karena itu, Anda mesti cermat, hati-hati dan teliti dalam memilih jenis kayu manis, agar tidak berdampak pada kesehatan Anda. Bila perlu, sampaikan juga kepada kerabat dan keluarga, karena terlalu sedikit orang yang mengetahui tentang perbedaan dari jenis kayu manis ini.

Summary
Jenis Kayu manis yang berbahaya bagi Kesehatan
Article Name
Jenis Kayu manis yang berbahaya bagi Kesehatan
Description
Terdapat dua jenis Kayu Manis, yaitu Cassia dan Ceylon. Dari aromanya hampir sama, tapi bentuk kasarnya berbeda. Cassia adalah Kayu Manis Palsu karena berbahaya sedangkan Kayu Manis Ceylon adalah aman bagi manusia jika dikonsumsi dalam jumlah banyak sekalipun.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment