Hikmah Dan Manfaat Dibalik Puasa Senin Kamis - Cairo Food

Hikmah Dan Manfaat Dibalik Puasa Senin Kamis

hikmah dan manfaat puasa senin kamis

Bagi seorang muslim, menjalankan puasa adalah suatu ibadah. Terlebih pada bulan Ramadhan, ibadah tersebut menjadi wajib hukumnya. Namun selain puasa Ramadhan, ada pula amalan puasa yang dapat menambah pahala kita, yakni puasa sunnah. Puasa sunnah ia lah puasa yang tidak diwajibkan, namun apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dari Allah Ta’ala. Ada banyak puasa sunnah yang dapat dikerjakan oleh seorang muslim, namun yang akan kami bahas lebih detail kali ini ialah, puasa sunnah senin-kamis.

Puasa sunnah ini, adalah puasa yang dianjurkan oleh nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, seperti yang diriwayatkan dalam hadist :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Selain anjuran dari Rasulullah dan bernilai pahala untuk kita, ternyata puasa senin-kamis juga menyimpan banyak sekali hikmah serta manfaat yang dapat kita petik. Berikut diantaranya :

Hikmah Dibalik Puasa Senin Dan Kamis :

Meningkatkan Ketaqwaan

Hikmah terbesar saat seorang muslim menjalankan ibadah puasa adalah tumbuhnya ketaqwaan di dalam hati, sehingga menahan anggota badan dari berbuat maksiat. Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah [2]: 183).

Sebab itulah mengapa kita dianjurkan untuk berpuasa, karena ketika kita mengikuti apa yang menjadi perintah Allah SWT, dan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya kita dapat disebut sebagai hamba yang bertaqwa. Puasa inilah yang dianggap sebagai latihan utama dalam menerapkan dan meningkatkan ketaqwaan di dalam hati.

Melembutkan Hati

Puasa akan melatih kesabaran kita, salah satu contohnya bersabar dalam menunggu waktu untuk berbuka, bersabar menahan emosi dan amarah. Jika kita sudah terbiasa menahan amarah dan bersabar, ini lah yang nantinya akan melembutkan hati kita

Sebagai Perisai Diri

Dalam sebuah hadits, Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَصْخَبْ فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ

Puasa adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah berkata keji dan berteriak-teriak, jika ada orang yang mencercanya atau memeranginya, maka ucapkanlah, ‘Aku sedang berpuasa” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Yang dimaksud perisai disini adalah, puasa dapat menjadi pelindung bagi seorang muslim dari berbuat maksiat ataupun dosa kepada Allah. Selain itu, puasa juga dapat menjadi pelindung dari api neraka pada hari kiamat, seperti yang telah diriwayatkan dalam beberapa hadist di bawah ini :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ما من عبد يصوم يوما في سبيل الله إلا باعد الله بذالك وجهه عن النار سبعين خريفا

“Tidaklah seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam juga bersabda,

قَالَ رَبُّنَا عَزَّ وَجَلَّ : الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ، وَهُوَ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

“Rabb kita ‘azza wa jalla berfirman, Puasa adalah perisai, yang dengannya seorang hamba membentengi diri dari api neraka, dan puasa itu untuk-Ku, Aku-lah yang akan membalasnya” (H.R. Ahmad, shahih).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

إِنَّمَا الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ

”Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari siksa neraka” (H.R. Ahmad, shahih).

Melatih untuk mengendalikan Nafsu

Hawa nafsu cenderung akan membawa manusia pada kejahatan dan kesesatan. Orang yang tidak bisa mengendalikan nafsu cenderung mengabaikan kehidupan akhirat, dan terlena dengan kenikmatan duniawi.

Maka dari itu puasa penting dilakukan bagi umat muslim untuk mengendalikan hawa nafsunya. Apabila seorang mukmin sukses dalam mengendalikan hawa nafsu, maka ia akan mampu menahan diri dari segala larangan Allah SWT dan tidak berat dalam melaksanakan semua perintah-Nya.

hikmah puasa senin kamis

Manfaat Bagi Kesehatan :

Meningkatkan Kinerja Otak

meningkatkan kinerja otak

Puasa dapat meningkatkan kinerja otak, hal itu dikarenakan tubuh akan mulai melepaskan lebih banyak Human Growth Hormone (hormon HGH) ketika seseorang berpuasa. Hormon tersebut berfungsi mengubah metabolisme agar tubuh menggunakan lemak sebagai media pembakaran untuk mendapatkan energi. Dengan begitu, sebagian besar protein bisa digunakan untuk memperbaiki sel dan meningkatkan fungsi otak.

Menurut Dr. Mark Mattson, seorang profesor Neurologi di Universitas John Hopkins, puasa telah terbukti meningkatkan tingkat neurogenesis di otak. Sedangkan Neurogenesis adalah pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak dan jaringan saraf baru.

Menurunkan Kadar Lemak

puasa senin kamis dapat menurunkan kadar lemak

Saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan energi dari makanan. Cadangan energi akan disimpan dalam bentuk glukosa pada hati dan otot. Ketika glukosa yang tersimpan digunakan, tubuh mulai membakar lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi. Hal tersebutlah yang membuat kadar lemak turun serta berat badan yang berkurang ketika berpuasa. Dengan begitu tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

Meremajakan Sel-sel Kulit

meremajakan sel kulit

Dr. Faisal Habib selaku pengamat kesehatan yang berasal dari Medan mengatakan, berpuasa dapat meremajakan sel-sel tubuh bagi orang yang melaksanakannya. Hal itu karna puasa berfungsi sebagai detoksifikasi yang dapat mengeluarkan kotoran, atau racun dari dalam tubuh, serta meremajakan sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel yang rusak , juga memperbaiki fungsi hormone. Sehingga hal itu dapat menjadikan kulit sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi, Itulah beberapa hikmah serta manfaat luar biasa dibalik puasa sunnah senin kamis, sebagai umat islam yang baik, tidak ada salahnya kita mengikuti anjuran Rasulullah ini, karna selain  menambah pahala dan ketaqwaan kita kepada Allah, puasa sunnah ini juga dapat memberikan kita manfaat kesehatan untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *