Efek Samping Kapulaga

efek samping kapulaga

Bagi kamu yang terbiasa melakukan kegiatan memasak di dapur, pasti sudah sangat hapal dengan nama macam-macam rempah. Terlebih lagi dengan kapulaga. Rempah yang dijuluki dengan nama “queen of spice” ini termasuk ke dalam 3 jenis rempah termahal di dunia setelah saffron dan vanili. Pada artikel yang lalu, kami pernah membahas mengenai manfaat kapulaga untuk kesehatan. Dan pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan dari mengonsumsi rempah tersebut. Namun sebelum menuju kepembahasan utama, kami ingin membahas sedikit asal usul kapulaga beserta kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Yuk kita simak sama-sama.

Asal Usul Kapulaga

Kapulaga berasal dari India dan Sri Langka, rempah ini pernah beberapa kali disebutkan dalam sejarah India sebagai bumbu dan juga obat herbal seperti yang tertulis pada pada Kitab Charaka Samhita. Dalam salah satu catatan Sanskrit, kapulaga juga pernah dijadikan sebagai hadiah yang diberikan pada prosesi formal. Orang-orang Yunani melakukan perdagangan kapulaga dari Barat dan menyebutnya sebagai Kardamom.

Dalam sebuah riset dan penelitian yang dilakukan oleh seorang pelopor pengobatan tropis terkenal bernama Garcia de Orta pada tahun 1563 yang mencatat tentang manfaat penggunaan kapulaga dalam bukunya “Colóquios dos simples e drogas da India”, Menyebabkan perdagangan Kapulaga menjadi sangat terkenal dan meluas secara Internasional. Namun pada Tahun 1914 Tanaman ini mulai dibudidayakan di Guatemala, hingga saat ini negara tersebut telah menjadi negara Penghasil Kapulaga Terbesar di Dunia.

kapulaga sebagai obat

Kandungan Nutrisi Kapulaga

Kapulaga sangat kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan serat yang menjadikan rempah ini memiliki banyak manfaat. Bahkan dalam 1 sendok makan kapulaga, terdapat beberapa nutrisi yang terkandung, seperti :

  • 18 kalori
  • 4 gram karbohidrat
  • 0,4 gram lemak
  • 0,6 gram protein
  • 1,6 gram serat
  • 22,2 gram kalsium
  • 64,9 mg kalium
  • 0,81 mg zat besi
  • 10,3 mg fosfor
  • 13,3 mg magnesium.

kandungan nutrisi kapulaga

Namun, meskipun nutrisinya berlimpah, jika digunakan terlalu banyak dan berlebihan rempah ini juga dapat menimbulkan efek samping. Karna segala sesuatu yang berlebihan memang akan menimbulkan efek yang tidak terlalu baik. Lantas apa saja Efek samping dari penggunaan kapulaga?

Efek Samping Kapulaga

efek samping kapulaga

Orang dalam kondisi tertentu tidak disarankan menggunakan kapulaga

Menurut para ahli, beberapa orang dengan kondisi tertentu tidak disarankan untuk mengonsumsi kapulaga sebagai ramuan, atau obat herbal dalam dosis yang besar, contohnya seperti pada ibu hamil. Karna efek samping yang terjadi dikhawatirkan memiliki risiko terhadap kandungan. Bahkan ada pula pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan kapulaga untuk tindakan tidak terpuji seperti aborsi. Namun kebenaran pengaruh kapulaga terhadap aborsi masih harus diteliti lebih lanjut.

Selain ibu hamil, penderita batu empedu juga harus menghindari penggunaan kapulaga dalam dosis tinggi. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung dalam kapulaga bisa memicu kolik batu empedu semakin parah.
Namun, baik ibu hamil ataupun penderita batu empedu masih diperbolehkan mengonsumsi kapulaga dalam dosis wajar, seperti penggunaan kapulaga dalam bumbu masakan.

Menyebabkan Alergi

Jika digunakan dalam waktu yang lama dan dengan jumlah yang besar, kapulaga mungkin dapat menyebabkan beberapa reaksi alergi. Beberapa orang yang memiliki kondisi kulit sensitif mungkin juga akan mengalami gatal-gatal jika menggunakan kapulaga terlalu banyak, baik sebagai obat herbal ataupun sebagai essent oil.

Menyebabkan batu empedu

Mengonsumsi kapulaga secara berlebihan juga dapat menyebabkan batu empedu, karena sistem pencernaan kita gagal untuk menyerap kapulaga sepenuhnya, yang akhirnya mengarah pada pertumbuhan batu kandung empedu.

Menghambat penyembuhan beberapa penyakit

Beberapa obat mungkin saja dapat berinteraksi negatif dengan kapulaga, seperti misalnya Obat HIV, Obat Jantung, Obat Hati, Antidepresan, Aspirin, Obat Batu Empedu, Obat gangguan pencernaan dan sebagainya, yang mana jika terus digunakan secara bersamaan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Sehingga bagi kamu yang sedang dalam masa penyembuhan penyakit atau sedang mengonsumsi obat tertentu, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli medis sebelum mengonsumsi kapulaga, terlebih jika menggunakannya dalam jumlah yang lumayan besar.

efek samping kapulaga

Jadi itulah beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan jika kita mengonsumsi kapulaga dalam jumlah yang berlebihan, namun selama kita menggunakannya masih dalam batas wajar, baik dalam penggunaan makan, campuran rempah, ataupun campuran minuman, kapulaga masih tergolong aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *