12 Sekolah Memasak Terbaik di Dunia

Sekolah memasak atau lebih populer dengan sebutan sekolah kuliner, semakin diminati di era modern. Makanan adalah kebutuhan dasar, sementara seni kuliner hadir untuk membantu hotel serta restoran berinovasi demi menciptakan pengalaman kuliner yang luar biasa bagi pelanggan, pecinta kuliner, pengusaha, dan masyarakat umum. Oleh sebabnya menjadi koki profesional dianggap sebagai pekerjaan yang tinggi peminat dan akan meningkat setiap tahunnya. Memperoleh pendidikan kuliner terbaik dapat membantu anda mencapai tingkat profesional menjadi jauh lebih mudah. Meskipun ada banyak koki sukses yang mencapai kesuksesan dan ketenaran tanpa bersekolah di sekolah kuliner terbaik, namun sekolah kuliner dengan reputasi baik dapat membantu anda mempelajari keterampilan, pengetahuan, kesenian, dan teknik khusus untuk mendapatkan peringkat tinggi di bidang kuliner. Pada artikel ini, tim penulis telah menyusun rangkuman dari 12 sekolah kuliner terbaik di dunia.

Auguste Escoffier School of Culinary Arts, Amerika Serikat

Auguste Escoffier School of Culinary Arts merupakan sekolah kuliner yang menyebar di beberapa kota di Amerika Serikat. Pendidikan dan program dari sekolah kuliner ini dapat diikuti di kampus Boulder di Colorado, dan kampus Austin di Texas. Departemen Pendidikan Tinggi Colorado dan Dewan Koordinasi Pendidikan Tinggi Texas telah memberikan akreditasi kepada dua kampus ini sebagai bukti bahwa kualitas sekolah memasak ini memang tidak diragukan. Bahkan beberapa tahun terakhir disediakan pembelajaran online yang juga telah terakreditasi dibawah naungan kampus Boulder. Hal ini menjadikan Auguste Escoffier School of Culinary Arts, menjadi institusi memasak pertama yang menawarkan program diploma seni kuliner sekaligus seni pastry secara daring.

Sekolah Seni Kuliner Auguste Escoffier didirikan pada tahun 2011, untuk menggantikan Sekolah Kuliner Rockies di Boulder, Colorado. Merger dua sekolah tersebut dilanjutkan dengan pendirian kampus tambahan yang berada di Austin. Nama sekolah ini diambil dari nama koki Prancis yang sangat terkenal yakni Auguste Escoffier, seorang koki yang dikenal sebagai bapak masakan modern yang menciptakan menu à la carte, mother sauce dan sistem brigade dapur. Sekolah ini berorientasi pada kombinasi teknik kuliner klasik khas Prancis dan teknik modern yang disponsori atau didukung oleh Auguste Escoffier Foundation, Le Musee Escoffier de l’Art Culinaire dan juga Michel Escoffier yang merupakan cicit dari Auguste Escoffier.

Terdapat dua program profesional yang akan mengantarkan anda menjadi koki hebat setelah lulus dari sekolah ini, yakni seni kuliner dan seni pastry. Dua program ini mengajarkan mulai dari pengalaman bertani untuk mencari bahan terbaik hingga praktik memasak di restoran atau industri terkait. Untuk seni kuliner dilaksanakan dibawah departemen Associate of Applied Science Degree in Culinary Arts dengan total biaya hingga lulus sebesar 30.935 dolar AS atau setara dengan 442 juta rupiah. Sementara untuk program seni pastry, biaya sekolah hingga lulus berkisar diangka 18.085 dolar AS atau 258 juta rupiah. Untuk kelas online, akan lulus dengan gelar Diploma Online Seni Kuliner dan Operasional, yang membutuhkan biaya sekitar 17.770 dolar atau sama dengan 254 juta rupiah. Seluruh biaya program ini juga belum termasuk buku, biaya asrama (opsional) dan praktik lapangan.

Le Cordon Bleu, Paris, Prancis

Le Cordon Bleu merupakan bisnis internasional yang memegang kendali atas perhotelan dan sekolah kuliner. Pusat sekolah kuliner Le Cordon Bleu terletak di Paris, dengan fokus kurikulum mengajarkan masakan Prancis. Spesialisasi sekolah kuliner ini cukup lengkap, kurikulum juga menyediakan manajemen perhotelan, seni kuliner dan skill memasak. Sekolah kuliner Le Cordon Bleu memiliki banyak kampus yang tersebar di 20 negara dengan jumlah siswa lebih dari 20.000 ribu orang dari seluruh penjuru dunia. Sekolah ini berada di Paris, London, Ottawa, Kanada, Thailand, Sydney dan berbagai negara lain dari empat benua.

Selama lebih dari satu abad, Le Cordon Bleu telah memungkinkan para profesional kuliner yang bercita-cita tinggi untuk mewujudkan ambisi mereka. Saat ini Le Cordon Bleu menawarkan berbagai program seni kuliner, wine, manajemen, dan perhotelan. Terlepas dari latar belakang pendidikan atau keahlian, Le Cordon Bleu menjamin bahwa semua orang dapat menekuni dunia memasak setelah lulus dari sekolah ini. Beberapa jurusan yang tersedia di sekolah ini diantaranya, seni kuliner, pastry dan confectionery, gastronomi, spesialis keju, nutrisi hingga pembelajaran online untuk berbagai spesialisasi makanan. Banyaknya program yang ditawarkan dan kualitas pendidikan yang terakreditas internasional menjadikan Le Cordon Bleu sudah berhasil memperkenalkan banyak alumni yang terkenal di dunia kuliner. Sebut saja Hideko Kawa Michelin Star, Brad Farmerie, Peggy Porschen, Luciana Berry dan masih banyak lagi yang semuanya pernah menjadi Head Chef dari restoran sekelas Michelin Star. Michelin Star mengacu pada restoran yang super mewah dengan dengan makanan yang disajikan secara istimewa, singkatnya ibarat piala nobel dari bidang kuliner.

Culinary Arts Academy, Swiss

Akademi Seni Kuliner Swiss memiliki tiga kampus di Swiss, antara lain berada di Brig yang cerah, Lucerne yang bersejarah, dan tepi danau di Le Bouveret yang indah. Akademi Seni Kuliner Swiss menawarkan pengalaman pendidikan kuliner kontemporer. Sekolah ini dilengkapi dengan dapur mutakhir dan memiliki kemitraan profesional dengan beberapa pelopor industri. Beberapa kemitraan yang sudah dijalin bersama Ritz Paris Hotel, Mange Group dan jaringan restoran vegetarian di Swiss yang akan menjadi tempat magang bagi para siswa selama studi. Kemitraan ini juga berkontribusi untuk membuat program dan spesialisasi akademik, kuliah tamu, menyediakan studi kasus dan diskusi, serta menjadi tuan rumah untuk memberikan wawasan tambahan kepada siswa tentang operasional industri kuliner secara nyata.

Fakta-fakta diatas menjadikan Culinary Arts Academy Swiss disebut sebagai salah satu sekolah kuliner terbaik di dunia, bahkan satu-satunya yang mendapat peringkat di QS World University Rankings. Sekolah ini juga telah disertifikasi oleh Jaringan Pendidikan Global Worldchefs, EduQua, dan The-ICE (Pusat Keunggulan Internasional dalam Pendidikan Pariwisata dan Perhotelan).

Sebagai persyaratan administrasi, siswa yang dapat mendaftar pada Culinary Arts Academy Swiss harus berusia di atas 18 tahun, telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas, dan memiliki skor TOEFL IBT 55 atau setara IELTS 5.5. Sebagai informasi tambahan, biaya program sarjana selama tiga tahun berkisar di angka 152.000 Swiss Franc (CHF) atau 2,4 miliyar rupiah, sedangkan untuk program master berbiaya 44.000 CHF atau setara dengan 700 juta rupiah. Tak hanya program sarjana dan master, sekolah memasak ini juga memberikan alternatif program Grand Diploma berbiaya 62.000 CHF atau 980 juta rupiah, serta program khusus Vegetarian Diploma dengan biaya 42.000 CHF atau 650 juta rupiah. Harga tersebut sudah termasuk uang sekolah, akomodasi, dan makanan sehari-hari.

Culinary Institute of America, Amerika Serikat

Culinary Institute of America (CIA) adalah perguruan tinggi swasta yang berfokus pada pendidikan kuliner. Sekolah memasak ini berspesialisasi dalam pendidikan seni kuliner, kue, dan pastry. Kampus utama sekolah terletak di Hyde Park, New York, dengan kampus cabang di St. Helena dan Napa, California, San Antonio, Texas, dan Singapura. Ini merupakan institusi pertama di Amerika Serikat yang mengadakan program seni kuliner, menawarkan gelar diploma, sarjana, dan master. Pengajar dan para stafnya hampir seluruhnya berasal dari Master Chef Bersertifikat Federasi Kuliner Amerika. CIA juga menawarkan pendidikan berkelanjutan bagi para profesional di industri perhotelan dan layanan konsultasi.

CIA ini didirikan pada tahun 1946 di New Haven, sebagai lembaga kejuruan khusus untuk veteran Perang Dunia II yang berhasil selamat. Sekolah mulai meresmikan adanya gelar diploma pada tahun 1971, gelar sarjana pada tahun 1993, serta untuk gelar master pada tahun 2018. Sementara itu kampus cabang dibuka pada tahun-tahun selanjutnya seperti di St. Helena pada tahun 1995, Texas pada tahun 2008, Singapura pada tahun 2010, dan di Napa pada tahun 2016. Saat ini Culinary Institue of America menjadi salah satu lembaga pendidikan kuliner yang terpandang dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Banyak sekali para chef terkenal dari berbagai negara yang merampungkan pendidikannya di sekolah ini, salah satunya Anthonie Bourdain yaitu seorang chef terkenal berkewarganegaraan Amerika, yang merangkap sebagai jurnalis, dokumenter travelling sekaligus penulis buku Kitchen Confidental dan Appetites: A Cook Book.

Apicius: International School of Hospitality, Italia

Apicius, dikenal juga sebagai Sekolah Perhotelan Internasional Apicius, merupakan Sekolah Perhotelan Internasional pertama di Italia. Apicius berada di kota Florence, yakni salah satu kota wisata dunia dan pusat kuliner, anggur, perhotelan, serta seni yang berkembang pesat. Hal ini menambah daya tarik pelajar dari berbagai negara untuk menimba ilmu di Apicius. Sekolah kuliner Apicius berdiri pada tahun 1997 yang saat ini berskala internasional dengan orientasi pada akademik, profesional dan karir.
Misi sekolah kuliner Apicius adalah mengembangkan keterampilan individu siswa untuk mencapai potensi diri sendiri, guna mempersiapkan generasi sukses dalam industri kuliner yang kompetitif. Apicius menawarkan 1 program empat tahun (sarjana), 5 program karir, dan 1 program studi pascasarjana. Secara spesifik jurusan yang disediakan berfokus pada masakan mewah, pastry dan baking, wine, manajemen perhotelan dan iklan makanan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengambil kelas per tahun di sekolah ini berkisar 7500 Euro atau 130 juta rupiah per tahun.

Westminster Kingsway College, London-Inggris

Westminster Kingsway College adalah perguruan tinggi besar untuk pendidikan lanjutan di kota London, dengan pusat di King’s Cross di Camden, serta Victoria dan Soho di Westminster. Sekolah memasak ini didirikan tahun 2000, namun untuk perguruan tinggi secara umum sudah ada sejak tahun 1910, yakni sebagai bagian dari kesatuan Capital City College Group, City and Islington College, The College of Haringey, dan North East London. Westminster Kingsway College menyediakan program pendidikan lanjutan, perguruan tinggi, serta termasuk kursus kejuruan, profesional dan akademik baik penuh waktu maupun paruh waktu.

Westminster Kingsway College menyediakan ilmu gastronomi yang intensif dengan keunggulan berskala internasional. Sekolah ini berkomitmen pada inovasi dan kinerja tinggi dalam seni kuliner dan perhotelan. Westminster Kingsway College disponsori oleh industri perhotelan internasional, asosiasi koki dunia dan tokoh utama dari dunia perkulineran. Melansir dari profil resmi sekolah, umumnya lulusan akan menggeluti profesi sebagai Manajer Restoran, Artisan Baker, Sous-Chef, Kepala Koki, Ahli Mixologi, Barista, Chocolatier, Pengolah Daging hingga Produsen Makanan. Hal yang menarik dari Westminster Kingsway College ini juga menyediakan kursus memasak untuk anak usia 14-19 tahun yang ingin mengenali dunia kuliner sejak dini, serta memberi kesempatan magang untuk siswa eksternal. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa dapur yang disediakan untuk praktik di Westminster Kingsway College, mempunyai fasilitas dan fitur terbaik di dunia dan lulusannya akan selalu mendapatkan prioritas utama dalam setiap persaingan kerja.

The International Centre for Culinary Arts, Dubai

Sekolah kuliner di Dubai ini terkenal sebagai bagian dari 10 institusi kuliner terbaik di dunia dan telah dianugerahi penghargaan Recognition of Quality Culinary Education Award oleh koki di seluruh dunia. Institusi ini berdiri tahun 2005 dengan fokus pada pelatihan profesional untuk calon koki. Dengan mengasah kemampuan di institusi ini, tidak diragukan lagi bahwa lulusannya akan mendapatkan peluang luar biasa untuk menjadi koki profesional di restoran minimal bintang empat dan bintang lima di seluruh dunia.

Program studi dari sekolah ini sangat luas dan ekstensif, mulai dari program pembuatan kue lapis, kue kering, pizza, roti, cokelat, gelato, dan banyak lagi. Ada pula program terpisah untuk kelas dekorasi dan seni untuk mengolah hidangan manis. Untuk dapat memasuki sekolah kuliner ini tidak memerlukan latar belakang memasak dan memanggang sebelumnya, jadi siapapun dapat bergabung untuk belajar. Sementara untuk biaya kuliah berkisar 14.000 dollar atau 200 juta rupiah dan sudah termasuk biaya visa dan akomodasi.

New England Culinary Institute, Amerika Serikat

Institut Kuliner New England (NECI) adalah perguruan tinggi kuliner swasta nirlaba di Montpelier, Vermont, Amerika Serikat. Institusi ini didirikan pada 15 Juni 1980 oleh Fran Voigt dan John Dranow. Meskipun sekolah ini cenderung kecil dibandingkan sekolah memasak lainnya khususnya di Amerika Serikat, namun Institut Kuliner New England telah diakreditasi oleh Komisi Akreditasi Sekolah dan Kolese Karir yang mencerminkan kualitasnya. Menilik kebelakang, pada pembukaan kelas pertama dipimpin oleh Chef Michel LeBorgne, dan hanya memiliki tujuh siswa. Namun saat ini pendaftarannya mencapai ribuan orang. Sekolah memasak ini juga menjalankan sejumlah restoran di Montpelier, serta menyediakan layanan makanan untuk Vermont College dan National Life.

Tingkat penerimaan lulusan Institut Kuliner New England adalah 100%. Untuk program studi yang paling populer adalah Seni Kuliner dan Layanan Makanan, Seni Pembuatan Kue, serta Manajemen Restoran. Dari hasil traking secara internal, sebanyak 74% alumni Institut Kuliner New England bekerja dengan gaji awal 30.200 dollar AS atau setara dengan 430 juta rupiah. Salah satu lulusan sekolah memasak ini yang sangat terkenal adalah Alton Crawford Brown Jr. Dia adalah ikon dari televisi Amerika. Alton memiliki profesi sebagai presenter acara makanan, koki, penulis, aktor, sinematografer, dan musisi. Dia adalah pencipta sekaligus pembawa acara televisi Food Network Good Eats yang berlangsung selama 14 musim, serta menjadi pembaca acara atau komentor utama dari berbagai acara televisi kuliner Amerika lainnya, seperti Feasting on Asphalt, Feasting on Waves, Iron Chef America, dan Cutthroat Kitchen.

Hattori Nutrition College, Jepang

Hattori Nutrition College Jepang merupakan sekolah memasak yang terletak di Yoyogi, Tokyo. Sekolah ini adalah salah satu kuliner paling terkenal di Asia dan menjadi peringkat tertinggi dari daftar pilihan utama untuk belajar memasak secara profesional oleh masyarakat Asia. Hattori Nutrition College didirikan pada tahun 1939 oleh komentator legenda Iron Chef, Yukio Hattori. Iron Chef merupakan ajang kompetisi memasak yang sangat terkenal dan telah menciptakan berbagai menu aneh nan unik. Iron Chef juga diproduksi dengan kerjasama Hattori Nutrition College itu sendiri.

Pada Hattori Nutrition College, siswa tidak hanya belajar memasak, namun sekolah juga menyediakan pendidikan diet berdasarkan “Shokuiku”, yakni istilah Jepang untuk menyebut pendidikan makanan. Pendidikan makanan merupakan kurikulum yang khas dari sekolah ini, dengan misi untuk memberikan pengetahuan tentang makanan dan nutrisi, serta kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat melalui pengalaman praktis dengan makanan. Singkatnya program ini diciptakan dengan tujuan mengembangkan kemampuan orang untuk menjalani pola makan yang sehat. Dengan demikian lulusan Hattori Nutrition College, tidak akan menjadi koki yang hanya mampu membuat makanan lezat namun harus mempertimbangkan kesehatan, keamanan hingga lingkungan dalam prosesnya. Untuk dapat belajar di sekolah ini anda perlu mengeluarkan uang sekitar 80 juta hingga 95 juta per tahunnya.

Hong Kong Culinary Academy, Hong Kong

Hong Kong Culinary Academy terletak di Kwai Chung, Hong Kong. Sekolah ini menawarkan dua program yang dapat diikuti oleh siapapun. Program pertama adalah Diploma Lanjutan dan Manajemen Kuliner Hotel. Gelar tiga tahun ini dapat diikuti oleh siswa yang lebih muda dan baru mulai memasuki industri ini. Beberapa materi yang diajarkan para program ini antara lain Keterampilan Pisau, Pengantar Memanggang, Gastronomi, dan Manajemen Dapur. Setelah berhasil lulus dari program ini, maka akan dapat melanjutkan ke Seni Kuliner Profesional untuk mendapat gelar Bachelor of Arts. Sementara untuk program Manajemen Kuliner Hotel lebih mengarah pada pemasaran dan operasional industri perhotelan dan kuliner.

Dibandingkan dengan sekolah memasak terbaik lainnya, Hong Kong Culinary Academy cukup terjangkau. Biaya yang harus dikeluarkan siswa sebesar 257 juta rupiah atau setara dengan 18.000 dollar AS yang sudah cukup untuk memenuhi biaya sekolah seluruhnya hingga lulus. Namun ada beberapa persyaratan teknis lain yang juga perlu dipenuhi yakni memiliki kemampuan bahasa Inggris dan lulus wawancara penerimaan. Selain itu, khusus bagi individu yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang seni kuliner tetapi tidak ingin menghabiskan waktu untuk meraih gelar, Akademi Kuliner Hongkong juga menawarkan mini kursus harian yang akan mempelajari cara membuat roti dan makanan penutup ala Eropa.

The School of Artisan Food, Welback-Inggris

The School of Artisan Food merupakan sekolah kuliner yang berfokus pada seni artistik untuk mengembangkan keterampilan produksi makanan. Kursus dalam semua aspek produksi makanan dimulai dari sesi pencicipan hingga enam bulan kemudian sudah menjadi ahli dalam pembuatan kue. Sekolah ini dikelola dan diajarkan oleh para profesional yang keahliannya sangat spesifik dan disesuaikan dengan minat siswa. Ruang pelatihan dilengkapi dengan fasilitas khusus pengajaran pembuatan roti, pembuatan keju, pembuatan bir, penyembelihan, charcuterie, dan pengawetan. Lingkungannya juga tenang, ramah dan inspiratif. Petinggi The School of Artisan Food menyebut bahwa mempelajari kuliner di sekolah ini akan menciptakan pengalaman belajar yang tak tertandingi. Terletak di lahan Welbeck Estate yang bersejarah di Nottinghamshire, sekolah ini memberikan daya tarik tersendiri.

School of Artisan Food telah mendapatkan reputasi internasional untuk kursusnya yang luar biasa dan dianugerahi Best British Cookery School of the Year 2020 di National Food and Drink Awards. School of Artisan Food juga menjadi pemenang penghargaan atas kegiatan amal yang signifikan, yang didedikasikan untuk antusiasme dalam membantu orang-orang dari semua lapisan masyarakat untuk belajar tentang makanan yang sehat, berkelanjutan dan lezat. Sekolah ini menawarkan beasiswa dan subsidi agar pembelajaran dapat diakses semua orang. Dalam hal ini School of Artisan Food bekerja sama dengan perguruan tinggi, organisasi sukarela, dan perusahaan sosial setempat. Dengan peralatan canggih dan fasilitas yang lengkap sekolah kuliner ini juga melestarikan metode produksi pangan tradisional yang mungkin akan hilang.

Castello di Vicarello, Italia

Castello di Vicarello terletak di wilayah Tuscany, Italia. Daripada menyebut sebagai sekolah, ini merupakan kursus memasak yang spesial, yakni menawarkan kursus memasak untuk para tamu yang menginap bersama. Castello di Vicarello sebagai hotel kastil telah berdiri sejak abad ke 12, namun baru 25 tahun dikelola secara profesional sebagai bisnis keluarga. Secara independen, Cstello di Vicarello dimiliki sekaligus dikelola oleh keluarga Baccheschi-Berti secara multi-generasi. Meskipun hanya kursus namun beberapa orang menyebut pembelajaran memasak disini setara dengan apa yang diajarkan di sekolah memasak lainnya. Ini juga dapat dilihat dari banyaknya penghargaan yang diterima atas kinerjanya dalam memberikan layanan kursus memasak. Castello di Vicarello memiliki slogan untuk memanfaatkan pengalaman menikmati alam Toscana yang khas dengan makanan, anggur dan kebahagiaan yang tidak terlupakan. Penekanan kursus memasak ini memang dirancang untuk menikmati keindahan alam.

Apa yang diajarkan dalam memasak meliputi resep keluarga dari buku masak yang diterbitkan oleh Aurora Baccheschi Berti, sekaligus keturunan pertama Baccheschi-Berti yang mendirikan usaha ini. Rasa khas Tuscany dan resep rahasia kuno masakan Tuscan otentik akan diajarkan bersama Aurora Baccheschi Berti dan koki-nya, yang sama-sama menyukai bahan alami dan ditanam sendiri. Program memasak ini memberikan kesempatan kita untuk menguasai hidangan seperti papa al pomodoro, ravioli maremmani, tiramisu dan sebagainya.

Aurora Baccheschi Berti juga menerbitkan buku yang terkenal yaitu My Tuscan Kitchen, yang menampilkan keahlian terbaik Italia yaitu hidangan musiman sederhana dengan menggunakan bahan-bahan paling segar. Castello di Vicarello menjadi tempat yang tepat untuk mencoba resep otentik ini, di sebuah kastil di perbukitan Tuscan dekat Siena. Berbagai bahan jenis masakan dipilih sendiri dari kebun organik yang berada di kastil. Bahkan terdapat pula hewan untuk dijadikan sebagai bahan masakan yang juga diolah sebagai peternakan profesional di sekitar kastil tersebut. Kursus memasak Castello di Vicarello patut untuk dicoba bagi anda yang ingin menikmati liburan yang berkesan dan tak terlupakan.

Demikian informasi daftar 12 sekolah memasak terbaik di dunia. Jangan lupa untuk melakukan tinjauan ulang dan penelitian lebih lanjut sebelum memutuskan untuk bersekolah di salah satu sekolah terbaik di atas. Pastikan untuk mempertimbangkan fasilitas, rincian biaya, jenis sekolah dan program yang ditawarkan untuk memastikan anda membuat keputusan yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *