Ciri-Ciri Domba

ciri ciri domba

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang ciri-ciri yang ada pada kambing. Nah sekarang saatnya kami memberi tahu mu mengenai ciri-ciri yang ada pada domba, agar kamu bisa mengetahui dan membedakan kedua hewan tersebut yang sepintas terlihat mirip. Berikut ulasannya :

Mempunyai Bulu yang Keriting

domba

Berbeda dengan bulu kambing yang lurus, bulu domba justru keriting dan biasanya akan dicukur jika sudah mulai lebat. Bulu-bulu yang telah ter cukur inilah yang biasa di jadikan tambahan untuk membuat benang wol. Namun, biasanya jika bulu domba telah dicukur, ia terlihat mirip dengan kambing

Memiliki Ekor yang jatuh

Jika kamu bingung menentukan yang mana domba ketika bulunya telah dicukur, kamu bisa melihat bagian ekornya. Sebab domba memiliki ekor berbeda dengan kambing, yakni jatuh dan menjuntai ke bawah.

Tanduk yang Melengkung

Domba memiliki tanduk yang lebih melengkung ke atas. Namun terkadang ada beberapa domba lokal yang biasanya tidak memiliki tanduk. Beberapa jenis domba memiliki bentuk tanduk yang lebih unik karena melengkung kebelakang seperti domba garut atau domba priangan. Atau seperti domba texel yang melengkung ke arah depan.

Telinga yang Menegak Ke Atas

Domba memiliki telinga yang tegak dan mengarah ke atas, tidak seperti telinga kambing yang justru menjuntai ke bawah. Selain itu ukuran telinga domba biasanya lebih kecil.

Bentuk Tubuh Yang Bulat

Domba memiliki tubuh yang bulat dan memanjang dengan kaki yang pendek. Badan domba akan lebih terlihat membulat dibandingkan dengan kambing. Selain itu, domba memiliki lemak di bagian perut yang lebih banyak.

Makanan Domba

makanan domba

Jika kambing menyukai dedaunan, berbeda dengan domba. Karena domba lebih menyukai pakan yang berasal dari rumput.

Tidak memiliki Jenggot

Berbeda dengan kambing yang rata rata memiliki jenggot dibawa rahang-nya, domba justru tidak memiliki jenggot sama sekali

Tidak Takut Air

Domba juga tidak takut pada air, mereka justru merasa tidak masalah jika tubuhnya basah, sedangkan kambing tidak suka jika kaki-kakinya basah dan memilih pergi ke tempat lain.

Tidak Menghasilkan Susu

domba tidak menghasilkan susu

Domba tidak menghasilkan susu, karena biasanya domba dipelihara untuk mendapatkan daging serta bulunya yang dapat dijadikan benang.

Jadi itulah ciri-ciri yang ada pada domba, sekarang apa kamu sudah bisa membedakan antara kambing dan domba.

ciri ciri domba

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *