Cara Mengusir Cicak

cara mengusir cicak

Cicak adalah hewan reptil yang biasa merayap di pohon atau di dinding-dinding rumah. Memiliki warna kulit abu-abu, coklat hingga kehitam-hitaman.

Memang kehadiran Cicak terkadang dapat mengurangi jumlah nyamuk dan serangga di dalam rumah, mengingat memang serangga kecil tersebut merupakan makanan utama Cicak. Akan tetapi, tetap saja kehadiran reptil kecil ini kerap membuat sebagian besar orang merasa jengkel, belum lagi terkadang hewan itu melintasi makanan-makanan di atas meja kita. Tentu saja hal itu akan mencemari simpanan makanan kita. Lantas, bagaimana cara mengusir cicak di rumah? Yuk simak tipsnya di bawah ini:

cara mengusir cicak

Bawang Putih

Salah satu cara mengusir Cicak di rumah adalah menggunakan bawang putih. Sebab diketahui bahwa cicak tidak menyukai aroma menyengat dari rempah tersebut. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu meletakkan beberapa butir bawang putih di beberapa area rumah, terutama area yang sering di lalui si cicak.

Atau kamu juga bisa menggunakan metode lain, yakni membuat air semprotan atau jus yang terbuat dari bawang putih, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Setelah itu kamu bisa menyemprotkan cairan tersebut ke area dinding rumah yang sering dihinggapi Cicak. Aroma bawang putih yang kuat membuat Cicak enggan berkeliaran lagi.

Bawang Bombay

Selain bawang putih, bawang bombay juga bisa digunakan untuk mengusir Cecak di rumah. Letakkan beberapa potongan bawang bombay di beberapa area rumah. Sama seperti langkah bawang putih di atas, kamu hanya perlu meletakkan beberapa potongan bawang bombay di beberapa area rumah atau menyemprot area tersebut dengan jus bawang bombay. Aroma sulfur menyengat yang berasal dari bawang bombay nantinya akan membuat Cicak tidak betah berada di dalam rumah kita.

Lada Dan Cabai Bubuk

Cicak sangat tidak menyukai sesuatu yang beraroma pedas dan tajam. Maka taburan bubuk cabai maupun lada akan membuat Cicak enggan mendekat. Nah, jika Cicak yang berkeliaran di rumah mu sudah cukup mengganggu, kamu bisa menaburkan bubuk lada hitam ataupun cabai bubuk di pinggir lantai atau dinding-dinding tembok. Atau kamu bisa membuat campuran air dengan kedua bubuk tersebut, dan menyemprotkan pada tempat yang biasa Cicak hinggapi. Namun hati-hati jangan sampai cairan ini terkena mata ya, karena bisa menimbulkan rasa pedih, pedas dan panas pada area mata atau bahkan iritasi.

Bubuk Kopi

Jika umumnya manusia menyukai harum kopi yang menenangkan, berbeda dengan Cicak. Hewan tersebut justru sangat membenci aroma kopi yang menyengat. Untuk itu kita bisa menaburi bubuk kopi dibeberapa area rumah untuk membuat Cicak jera, dan enggan mampir kembali ke dalam rumah kita.

Saus Tabasco

cara mengusir cicak dengan saus tobasco

Saus tabasco merupakan saus pedas yang populer di dunia. Selain itu, saus ini juga bisa dijadikan sebagai senjata untuk membuat Cicak takut dan enggan berkeliaran di sekitar rumah, karena bau pedas dari saus ini. Dengan mencampurkan 1-2 sendok makan saus tabasco dengan air secukupnya dalam botol semprot, lalu dilanjut dengan menyemprotkan cairan tersebut pada dinding atau beberapa perkakas rumah yang sering dihinggapi Cicak, dijamin akan membuat hewan tersebut jera dan tidak kembali lagi.

Cangkang Telur

Cicak merupakan hewan yang takut dengan burung, dengan meletakkan cangkang telur di area yang sering dilalui Cicak, akan membuat hewan tersebut merasa bahwa ia tengah berada di kawasan burung yang berbahaya. Serta cangkang telur yang besar dapat memberikan kesan yang menakutkan bagi Cicak karena dianggap lebih besar dari tubuhnya.

Selain itu bau telur yang amis ternyata bisa membuat Cicak menjauh. Namun, kamu tak perlu menaruh telur mentah yang sudah pecah sebagai cara mengusir Cicak, cukup manfaatkan saja kulit atau cangkangnya.

cara mengusir cicak dengan cangkang telur

Cairan Pembersih

Rutin lah untuk membersihkan area rumah yang sering dihinggapi Cicak dengan cairan pembersih. Sebab Cicak sangat membenci aroma bahan kimia yang berasal dari cairan pembersih atau jenis aroma lainnya yang dianggap membahayakan bagi hewan tersebut.

Mendinginkan Ruangan

Cicak merupakan jenis binatang berdarah panas. Yang mana artinya hewan tersebut tidak menyukai tempat yang bersuhu dingin. Maka dari itu, kamu bisa mengusir Cicak dengan cara menyalakan pendingin ruangan seperti Air Conditioner atau Air Cooler di dalam ruangan sehingga Cicak tidak tertarik untuk datang.

Menutup Makanan

Bila kamu suka menyimpan makanan diatas meja, maka kamu harus menutup makanan tersebut dengan tudung saji agar tidak terkontaminasi air liur Cicak. Atau simpanlah makanan mu di dalam kulkas, karena terkadang Cicak menyukai beberapa aroma yang berasal dari makanan. Baik dalam bentuk utuh, maupun remah-remah. Dan jangan lupa untuk selalu bersihkanlah meja makan, lantai, hingga dapur mu dari sisa-sisa makanan yang berceceran.

Bersihkan Kolong Meja

Tidak hanya di langit-langit maupun di dinding rumah, kolong meja ataupun celah kecil di dalam rumah juga terkadang menjadi tempat favorit Cicak untuk bersembunyi. Tempat sempit dan tidak terjangkau inilah yang biasanya kotor dan banyak dihinggapi serangga seperti nyamuk untuk bersarang disana, sebab itulah Cicak menyukai tempat-tempat tersebut.

Maka jangan lupa untuk selalu membersihkan kolong meja dan celah sempit lainnya dari sarang laba-laba dan nyamuk yang bersembunyi di dalamnya, agar Cicak tidak betah di rumah mu.

Tutup Jalan Masuk Buat Cicak

Ada banyak cara untuk Cicak masuk ke dalam rumah kita, padahal bisa saja sebenarnya rumah kita sudah bebas dari Cicak. Nah, maka dari itu kamu perlu menutup jalan cicak agar tidak masuk ke dalam rumah. Caranya kamu bisa memasang kawat nyamuk di ventilasi rumah, agar Cicak tidak bisa masuk ke dalam.

Tangkap Dan Buang

Jika cara mengusir Cicak yang telah disebutkan diatas tidak ampuh untuk membasmi Cicak dirumah mu, maka kamu harus melakukannya sendiri secara manual, yaitu dengan menangkap dan membuangnya. Karena Cicak merupakan binatang malam dan keluar pada malam hari, maka sebaiknya kamu melakukan penangkapan-nya saat malam tiba.

cara mengusir cicak

Jadi itulah beberapa cara untuk mengusir Cicak dirumah mu, semoga beberapa tips yang kami berikan diatas dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *