Cara Memilih Pisau - Cairo Food - All Arabian & Indian Food

Cara Memilih Pisau

Pada Artikel sebelumnya, kami sudah membahas tentang jenis-jenis pisau dapur serta beragam fungsinya, kali ini kami akan membahas secara detail bagaimana cara memilih pisau yang tepat, agar nyaman untuk kamu gunakan sehari-hari, karna jika salah memilih pisau yang ada kegiatan memasak mu akan terhambat dan memakan waktu yang cukup lama.

Lantas bagaimana cara memilih pisau dapur yang tepat? Berikut Tips nya!

Kenali Bahan Pisau

Jenis Pisau

 

Yang pertama harus kamu perhatikan saat ingin membeli pisau ialah bahan dari mata pisau tersebut. Sebab jika bagian inti dalam pisau ini berkualitas buruk, hal itu tentu akan mempengaruhi banyak hal, seperti mudah berkarat, mudah tumpul, mudah bengkok dan akhirnya tidak dapat digunakan lagi, maka pilihlah bahan pisau yang terbuat dari material yang bagus, kuat dan kokoh. Ada beberapa jenis bahan yang biasa di gunakan dalam pembuatan mata pisau, seperti berikut ini :

Stainless Steel

Pisau berbahan Stainless steal memiliki beberapa keunggulan, yaitu tidak mudah berkarat, mudah dibersihkan, dan harganya relatif terjangkau. Material Stainless steal sangat direkomendasikan bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan pisau ataupun belum terbiasa. Karna penggunaanya tergolong lebih mudah

Ketajaman yang dihasilkan pisau stainless steel bisa dipengaruhi oleh adanya campuran material lain seperti molybdenum dan tungsten. Semakin tinggi harga pisau berbahan stainless, maka semakin bagus ketajaman dan kenyamanannya saat digunakan.

Baja

Pisau baja memiliki ketajaman yang luar biasa, bahkan ketika mata pisaunya mulai tumpul, ia dapat di asah dengan mudah. Namun kekurangan pada pisau ini ialah mudah berkarat. Maka usahakan jangan menyimpan pisau ini dalam keadaan basah, keringkan terlebih dahulu setelah kamu mencucinya.

Pisau ini juga membutuhkan perawatan rutin sehingga diperlukan sedikit usaha dan waktu untuk merawatnya. Dan untuk digunakan sehari-hari pisau ini terbilang cukup berat. Jika kamu hendak membelinya, ada baiknya kamu pertimbangkan hal ini.

KEramik

Material keramik yang ada pada pisau tidak akan meninggalkan jejak bau pada makanan yang kita potong. Selain itu, ia juga cukup ringan sehingga mudah digunakan sehari-hari. Pisau ini biasanya cocok digunakan untuk membuat fillet pada daging. Akan tetapi, pisau keramik memiliki ketahanan yang kurang bagus, bahkan mudah patah, retak atau rusak. Kamu perlu berhati-hati ketika menggunakannya.

Titanium

Pisau berbahan titanium memiliki kelebihan tidak mudah berkarat, tidak perlu disterilkan menggunakan air panas, dan kondisinya selalu bersih. Dibandingkan dengan pisau stainless steel, pisau titanium lebih ringan sehingga pergelangan tanganmu tidak mudah lelah meski menggunakannya dalam jangka waktu lama. Meski pisau ini memang mudah dibersihkan, tetapi tingkat ketajamannya kurang dibandingkan dengan pisau lain dan lagi harga pisau berbahan titanium biasanya lebih mahal di banding pisau lain.

Pegangan Pisau

Gagang Pisau

Selain bahan mata pisau, pegangan pisau pun perlu di perhatikan. Maka pilihlah pisau dengan gagang yang nyaman saat kamu gunakan dalam kegiatan memasak sehari-hari. Seperti berikut ini:

Stainless Steel

Gagang Stainless Steel biasanya menyatu dengan mata pisau, memiliki ketahanan yang sangat baik namun sedikit berat. Selain itu, pegangan stainless steel bisanya agak licin sehingga beberapa produsen biasanya menggabungkan stainless steel dengan plastik atau karet, untuk meningkatkan cengkeraman dan tidak licin. Namun sebaiknya hindari gagang berbahan ini untuk digunakan sehari-hari karna bahannya yang berat dan licin.

Aluminium

Pisau dengan gagang aluminium biasanya lebih awet, lebih kuat, dan juga lebih ringgan sehingga nyaman untuk digunakan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama. Saat digunakan, gagang pisau ini tidak terlalu licin, tapi kamu harus tetap berhati-hati saat menggunakannya.

Titanium

Titanium adalah jenis logam terbaik yang ringan namun sedikit  lebih berat daripada aluminium. Namun pisau ini nyaman untuk digunakan sehari-hari, hanya saja harga pisau berbahan titanium baik pada mata pisau ataupun gagangnya biasanya lebih mahal dibanding bahan lain.

Kayu

Pisau dengan gagang kayu adalah pisau yang paling banyak di temukan. Karena bahan ini nyaman digunakan sehari-hari dan teksturnya yang tidak licin sehingga membuat pisau tidak mudah terlepas dari genggaman meskipun tangan kita dalam keadaan basah.

Plastik

Plastik lain juga banyak yang digunakan sebagai bahan untuk membuat gagang pisau. harganya yang ekonomis membuat pisau ini banyak di pilih oleh beberapa kalangan. Namun meski hargnaya terjangkau, pisau ini bisanya licin ketika digunakan, ada baiknya kamu berhati-hati saat menggunakannya, agar pisau tidak terlepas dari genggaman ataupun melukai mu.

Ukuran

Normalnya, ukuran pisau kecil biasanya berukuran kurang dari 2.75 Inci, ukuran sedang sekitar 2.75 – 4 Inci, Sedangkan yang besar biasanya berukuran 8 Inci atau lebih. Para koki lebih memilih pisau berukuran 8-10 inci dengan ujung yang runcing untuk memudahkan pekerjaan. Tapi untuk kamu yang baru belajar, pisau sepanjang 4-6 inci juga sudah cukup kok.

Berat Pisau

Pisau yang berat biasanya digunakan untuk memotong tulang daging ataupun bahan makanan keras lainnya. Sedangkan yang ringan dapat digunakan untuk mengupas buah ataupun mengukir bahan-bahan makanan dalam beberapa hidangan. Namun jika untuk digunakana sehari-hari pisau yang terlalu berat tidak nyaman saat digunakan, begitu juga jika terlalu ringan, oleh karna itu ketika hendak memilih pisau, kamu dapat membayangkan sedang mencincang sesuatu untuk merasakan berat atau tidaknya pisau. Jika saat kamu gunakan terasa nyaman dan pas, maka itu pisau yang cocok untuk kamu gunakan sehari-hari.

Keseimbangan

Saat pura-pura mencincang, rasakan pisau ini berat ke arah mana. Jika ia lebih condong ke salah satu sisi, maka jangan pilih pisau tersebut. Cara lebih mudahnya, temukan titik tengah pisau ketika kamu menggunakannya.

Kelurusan

Sebelum membeli perhatikan dengan teliti bentuk mata pisau. Pastikan bentuknya lurus dan tidak miring. Karna pisau yang miring juga akan membuat hasil potongan menjadi miring. Kamu bisa mencoba melihatnya dengan cara, memegang pisau dengan posisi ujungnya lurus ke depan, intip tepat dari belakang gagang pisau. Kalo ujung pisau tidak terlihat maka pisau benar-benar lurus, tapi kalau ujungnya atau bahkan bodinya terlihat, berarti pisau tersebut miring.

Tips Menyimpan Pisau

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih pisau yang tepat, sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana cara merawat dan menyimpan pisau. Sebab jika kamu melakukannya secara asal, pisau akan mudah berkarat, dan usia ketajamannya pun akan lebih pendek. Kamu bisa mengikuti beberapa tips ini, agar pisau di dapur mu jauh lebih awet.

Cuci Pisau

cuci pisau

Setelah digunakan biasakan untuk mencuci pisau dengan bersih menggunakan sabun, agar aroma atau rasa bahan yang telah selesai kita potong tidak menempel pada pisau. Dan segera keringkan pisau agar tidak mudah berkarat.

Oleskan Minyak

Setelah kamu memastikan pisau benar-benar kering, kamu bisa mengoleskan pisau dengan minyak khusus agar pisau tidak mudah berkarat dan tumpul. Namun jika tidak ada, kamu bisa menggunakan 2 tetes minya goreng, lalu oles secara merata. Kamu bisa mengoleskan minyak tersebut seminggu sekali, ataupun ketika hendak disimpan dalam waktu yang lama. Nah, setelah pisau dioleskan minyak, kamu dapat langsung menyimpannya.

Selipkan Ke Dalam Sarungnya

Jika membeli pisau dalam bentuk ecer, biasanya kita akan mendapatkan sarung untuk melindunginya. Kamu bisa masukan pisau kembali ke dalam sarung tersebut. Namun jika tidak ada atau sudah terlanjur hilang, kamu bisa meletakannya secara terpisah dengan sendok dan garpu. Hal ini tentunya lebih baik dari pada kita menggabungkannya dalam tempat yang sama. Karena jika disatukan, bagian mata pisau bisa menjadi penyok, dan sudah pasti sulit saat digunakan untuk memotong.

Magnetic Knife Strip

Tempat MagnetPisau juga bisa disimpan dengan menempelkannya pada magnetic strip knife yang biasanya ditempelkan di dinding. Namun, jika memiliki anak kecil dirumah, hati-hati untuk menyimpannya dengan cara ini. Khawatir pisau akan dijadikan mainan oleh si kecil. Atau kamu bisa mencoba meletakannya pada tempat yang sulit mereka jangkau.

Taruh Di Rumah Pisau

rumah pisau

Rumah pisau biasanya akan didapatkan saat kita membeli satu set pisau. Kamu bisa meletakan pisau kembali kedalam celah yang sesuai, setelah di cuci bersih. Bentuk dan warna rumah pisau yang beragam juga akan membuat rumah pisau ini indah untuk hiasan dapur.

Jadi itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat memilih pisau ataupun merawatnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu yang sedang galau memilih bahan pisau apa yang nyaman untuk digunakan saat masak sehari-hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *