Cara Memasak Beras Basmati

Yang membuat Beras basmati terkenal, bukan hanya karena panjang dan juga aromanya, tapi juga karena karakter(tidak lengket) dan harganya. Sebenarnya harga aslinya di India termasuk biasa saja, tapi untuk negara lain seperti Indonesia yang harus mengimport dari India, membuat harganya menjadi sangat mahal. Tercatat di Indonesia beras basmati pernah mencapai harga 90.000 per kg pada saat pemerintah melarang import beras secara keras.

Beras basmati sangatlah cocok digunakan pada masakan India dan juga Arab, seperti pada penggunaan Nasi Biryani, Nasi Mandi, Nasi Kabsa, dan jenis nasi Lainnya yang membutuhkan beras yang tidak pulen dan tidak lengket. Terdapat banyak sekali cara Memasak Beras basmati yang bisa dipraktekan dan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan resep.

 

Cara Memasak Beras Basmati

Beras basmati pada umumnya berwarna putih dan sangat panjang. Namun ada juga jenis beras basmati yang mudah patah, sehingga dibutuhkan cara khusus dalam memasaknya. Berikut adalah metode dan cara dalam memasak beras masmati,

 

METODE PANCI TERBUKA

Cara ini sama persis seperti ketika kita merebus mie, spaghetti atau kentang. Siapkan panci besar dan saringan. Caranya adalah seperti berikut:

  1. Isi Panci dengan air yang banyak, lalu panaskan hingga mendidih. Masukkan garam sekitar 1 sdt.
  2. Sambil menunggu, cuci beras basmati didalam saringan menggunakan air keran biasa selama sekitar 1 menit atau hingga air yang turun dari saringan berwarna jernih. Hal ini bertujuan agar beras tidak lengket ketika direbus.
  3. Kemudian masukkan beras basmati yang sudah dicuci kedalam panci yang airnya sudah mendidih.
  4. Rebus hingga berasnya bergerak gerak naik turun.
  5. Matikan api lalu biarkan selama sekitar 14 Menit.
  6. Tuang panci kedalam saringan air, agar hanya tersisa nasi saja dan airnya terbuang semua.
  7. Tutup Saringan yang berisi nasi tersebut dengan tutup panci yang rapat, selama sekitar 15 Menit.
  8. Tambahkan 1 sdm Mentega diatas Nasi Basmati dan tunggu 1 menit.
  9. Kini nasi Basmati siap dinikmati.

 

METODE PANCI TERTUTUP

Cara ini merupakan cari yang cukup kuno, namun membutuhkan takaran air yang tepat. Rahasianya adalah pada scala takaran air. Setiap jenis beras basmati memiliki scala air yang berbeda, dan untuk mengetahuinya dibutuhkan mencoba secara langsung. Pada umumnya untuk jenis 1121 Basmati biasanya scala adalah 1:1.5, yaitu setiap 1 liter beras, maka dibutuhkan 1.5 Liter Air. Ada juga jenis beras basmati yang menggunakan scala 1:2. Berikut cara memasak beras basmati dengan metode Panci tertutup:

  1. Cuci beras basmati sebanyak 1 Liter, lalu rendam menggunakan air keran(suhu sedang) selama 30 Menit. Jika sudah buang semua air nya(tiriskan).
  2. Siapkan Air sesuai skala perbandingan beras, kita ambil contoh 1.6 Liter Air lalu rebus hingga mendidih.
  3. Masukkan beras yang sudah ditirskan dari air kedalam panci. Rebus dengan api kecil hingga matang dalam keadaan panci tertutup renggang.
  4. Matikan api, lalu aduk nasi kemudian tutup kembali selama 5 Menit. Nasi Basmati siap dinikmati.

 

METODE KUKUS UAP

Metode ini membutuhkan panci khusus, yaitu panci untuk memasak nasi dengan uap, atau biasa disebut dengan kukusan nasi jika di Indonesia dan relative mudah ditemukan di pasar tradisional. Berikut cara memasak Beras Basmati dengan cara Kukus:

  1. Cuci beras basmati hingga bersih.
  2. Masukkan kedalam panci yang berisi banyak air.
  3. Nyalakan dengan sedang hingga air mendidih lalu matikan. Tiriskan airnya
  4. Pindahkan Beras kedalam alat kukus nasi hingga uang mulai keluar.
  5. Aduk setiap 5 Menit hingga dianggap matang sesuai selera.

 

METODE MICROWAVE

Memasak Beras Basmati didalam microwave adalah hampir sama dengan Metode Panci Tertutup, yaitu membutuhkan scala air yang tepat dan juga beras yang direndam sebelumnya didalam air. Perbedaannya adalah proses memasaknya dilakukan didalam microwave. Perlu diperhatikan waktu memasak pada setiap microwave berbeda tergantung dari daya watt nya. Ada microwave yang berkekuatan 750W dan ada yang 650W. Anda juga harus memperhatikan waktu dalam memasak. Kelebihan memasak beras basmati menggunakan Microwave adalah kemungkinan beras patah adalah sangat kecil sehingga bentuknya bisa sempurna asalkan penggunaan scala air dan waktunya tepat.

 

MENGGUNAKAN RICE COOKER

Cara ini adalah cara paling mudah dan favorit bagi orang yang sibuk. Rice cooker memiliki fungsi yang bisa memasak dan juga menghangatkan, sehingga kita tidak perlu repot mengaduk dan menunggu selama proses memasak. Metode ini juga membutuhkan scala air yang tepat, namun cenderung bisa diperbaiki jika airnya kurang. Dan juga beras tidak harus direndam lama, cukup 5 menit pun sudah cukup.

Terdapat dua perbedaan dalam memasak beras basmati menggunakan Rice Cooker, yaitu Memasak Beras Basmati Polos, dan Memasak Beras Basmati sebagai Hidangan yang berbumbu, seperti Nasi Biryani. Perbedaaanya adalah dimana kita memasak bumbunya. Berikut cara menggunakannya Jika anda ingin memasak Nasi Biryani dengan Rice Cooker:

  1. Tumis bawang dalam panci, lalu masukkan Bumbu Biryani Cairo Food.
  2. Masukkan Air kedalam panci sesuai scala air. Rebus Hingga mendidih.
  3. Masukkan beras yang sudah direndam selama 10 menit kedalam rice cooker dan juga Air Kaldu yang sudah berbumbu kedalam rice cooker.
  4. Aktifkan tombol masak lalu tinggal hingga Nasi Matang.

Jika anda hanya ingin memasak Beras Basmati Polos, Cukup anda masukkan semuanya kedalam Rice cooker, termasuk beras dan air. Tidak perlu dimasak dulu airnya diluar seperti ketika memasak nasi biryani.

 

METODE DALAM OVEN

Sama seperti metode Panci Tertutup tapi akan memberikan aroma yang berbeda namun membutuhkan waktu yang lebih lama sekitar 25 Menit. Pastikan tutup permukaan wadah yang anda gunakan. Hindari cara ini jika anda belum terbiasa menggunakan Oven.

 

CARA MENYIMPAN BERAS BASMATI

Jika anda memiliki beras basmati yang masih dalam kulitnya(padi), maka bisa disimpan dalam waktu yang sangat lama bahkan hingga 7 tahun. Jika ingin digunakan anda bisa menggiling beras tersebut lalu digunakan. Namun saat ini Beras basmati yang dijual tentunya sudah bersih tanpa cangkang. Bisa anda simpan dalam suhu ruangan dan tertutup rapat. Jangan simpan Beras di kulkas apalagi Freeer. Jangan biarkan karung/wadah penyimpanan bersentuhan lansung dengan lantai.

Untuk Beras Basmati yang sudah dimasak dan berupa nasi, anda bisa menyimpan di kulkas selama 4 hari. Atau di Freezer selama maksimal 3 minggu.

 

Beras Basmati biasanya berwarna putih, jika anda ingin memberikan warna lain, anda bisa gunakan pewarna makanan, ataupun pewarna alami seperti rebusan kunyit, rebusan bit, dll. Anda bisa membukan website https://cairofood.id untuk melihat resep makanan yang menggunakan beras basmati.

Summary
Cara Memasak Beras Basmati
Article Name
Cara Memasak Beras Basmati
Description
Banyak yang bingung bagaimana cara memasak beras basmati yang benar, padahal ada banyak cara yang bisa digunakan seperti Metode Panci Terbuka, Panci Tertutup, Kukus, Oven, dll.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment