Cara Melunakkan Daging Kambing

cara melunakkan daging kambing

Olahan berbahan dasar daging kambing sering kali menjadi favorit bagi sebagian orang, selain dapat dikreasikan menjadi berbagai macam olahan, daging kambing juga memiliki rasa yang lezat. Belum lagi beberapa kandungan gizi yang ada pada daging kambing, dibutuhkan oleh tubuh.

cara melunakkan daging kambing olahan daging kambing

Namun, bagi sebagian memasak daging kambing menjadi kesulitan tersendiri. Sebab, seringkali daging yang kita olah justru memiliki tekstur yang alot dan keras, sehingga tidak terlalu enak saat dikonsumsi. Sebenarnya, jika kita mengetahui langkah yang tepat, daging kambing yang akan kita olah tidak akan bertekstur seperti itu, melainkan lunak, empuk dan lembut.

Berikut beberapa cara melunakkan daging kambing :

cara melunakkan daging kambing

Jangan Dicuci

Banyak yang mengatakan bahwa jika hendak memasak daging kambing, sebaiknya tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Sebab jika dicuci aroma amis dan perengus pada daging kambing akan semakin keluar dan membuat hidangan jadi tidak sedap. Belum lagi teksturnya yang akan semakin alot. Jadi sebaiknya tidak perlu mencuci daging kambing jika hendak dimasak.

Bungkus dengan Daun Pepaya

Daun pepaya terkenal dapat membuat tekstur daging kambing menjadi lunak, dan lembut. Hal ini dikarenakan kandungan enzim papain yang terdapat pada daun pepaya dikenal sebagai bahan yang biasa digunakan untuk mengempukkan daging, termasuk daging kambing.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu bisa membungkus daging kambing yang sudah dipotong dengan daun pepaya kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu kamu dapat langsung mengolahnya, tanpa harus dicuci terlebih dahulu.

Rendam Daging Kambing Dalam Air Kelapa

Banyak diantara kita yang tidak mengetahui bahwa air kelapa tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan, sebab air kelapa juga dapat dijadikan bahan untuk melunakkan tekstur daging kambing, sehingga menjadi lebih lembut saat dimakan.

Cara menggunakannya pun mudah, kamu hanya perlu mengganti saja jumlah air yang biasa kamu gunakan untuk merebus atau mengungkep daging dengan air kelapa. Rasa dan aroma kelapa tidak akan merubah rasa pada hidangan, sebab tertutupi dengan aroma rempah bumbu-bumbu lainnya.

Rendam Dalam Parutan Buah Nanas

Selain daun pepaya, parutan buah nanas juga mengandung enzim papain yang dapat membuat tekstur daging kambing jauh lebih empuk. Selain itu buah nanas juga mengandung enzim yang dikenal dengan nama bromelain yang mana enzim tersebut juga dapat membantu melunakkan daging kambing.

Untuk membuat daging kambing yang hendak kamu masak menjadi empuk dengan buah nanas, kamu hanya perlu merendam daging tersebut pada parutan buah nanas. Namun jangan merendamnya terlalu lama, sebab hal itu dapat membuat tekstur daging kambing menjadi semakin empuk dan mudah hancur.

Gunakan Tepung Jagung

cara melunakkan daging kambing gunakan tepung jagung

Banyak yang mengatakan bahwa membalurkan permukaan daging kambing dengan tepung jagung dapat membuat tekstur daging menjadi lunak. Caranya cukup dengan membubuhkan tepung jagung pada daging kambing yang akan diolah, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah 15 menit, kamu dapat menyisihkan tepung jagung yang masih menempel pada daging kemudian mulai mengolahnya menjadi hidangan apapun.

Masak Dalam Waktu Yang Lebih Lama

Yang terakhir, untuk mendapatkan daging kambing dengan tekstur yang empuk, kamu bisa memasak daging tersebut dalam waktu yang lama, sampai kamu benar-benar merasa daging tersebut telah matang, empuk dan lembut. Karena sekeras apapun tekstur daging, jika dimasak dalam kurung waktu yang lama pasti akan melunak.

cara melunakkan daging kambing

Jadi itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk melunakkan daging kambing pada olahan masakan mu. Sekarang waktunya katakan selamat tinggal pada daging kambing yang alot!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *