Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Berikut Penjelasannya

bolehkah ibu hamil makan durian berikut penjelasannya

Antara ibu hamil dan durian memiliki hubungan yang dipercaya tidak baik bagi janin. Banyak yang mempercayai bahwa durian dapat membahayakan perkembangan janin, atau juga bisa menyebabkan keguguran. Lantas apakah itu semua benar?

Diketahui durian merupakan bagian dari buah tumbuhan yang memiliki kulit buah yang berduri tajam. Kulit buah ini menjadi identik, dikarenakan seluruh permukaannya dilapisi duri yang tajam. Walupun buahnya memiliki duri, rasa buah satu ini terbilang nikmat, sebab rasa manis dan lembut menjadi satu. Daging buah berwarna kekuningan, ditemukan dalam cangkang kulit buah durian yang tebal. Buah durian ini sudah terasa lezat bila dimakan langsung begitu saja. Namun, pada kenyataannya buah durian juga bisa diolah dalam berbagai makanan, seperti es buah durian, es krim durian, atau juga bisa menjadi campuran rasa kue bolu. Dengan begitu, durian ini memang digemari oleh masyarakat.

bolehkah ibu hamil makan durian berikut penjelasannya bentuk buah durian

Tetapi, tak jarang juga kamu menemukan orang-orang yang tidak suka dengan buah durian. Hal ini biasanya disebabkan karena buah durian memiliki bau yang menyengat. Selain itu di beberapa orang dapat meningkatkan asam lambung dengan adanya rasa mual. Namun untuk kasus ini masih sedikit ditemukan. Walaupun begitu, penikmat dan penggemar buah durian di Indonesia, terbilang banyak. Apalagi bila durian yang dikonsumsi adalah durian ‘montong’ atau durian ‘musang king’ dari Malaysia. Isian daging yang banyak, bijinya berukuran kecil, juga rasanya yang manis akan mengguncah lidah mu. Lezat!

Di samping itu semua, terkadang ibu hamil memiliki rasa keinginan berlebih untuk mengonsumsi sesuatu atau disebut dengan ngidam. Bagi para Ibu hamil yang mengidam untuk konsumsi buah durian, ternyata banyak yang masih ragu bahkan tidak berani sama sekali untuk mengonsumsi buah durian matang. Alasannya adalah takut nanti akan berpengaruh terhadap perkembangan jabang bayi. Banyak dari ibu hamil yang mengatakan bahwa jika makan buah durian tersebut akan membuat si bayi di dalam kandungan akan merasa kepanasan. Dari alasan-alasan inilah yang membuat beberapa ibu hamil merasa takut untuk menkonsumsi durian.

bolehkah ibu hamil makan durian berikut penjelasannya ibu hamil makan secara berlebihan

Tetapi juga banyak ibu hamil yang sudah memahami dan mengetahui durian itu tidak berbahaya jika mereka konsumsi. Pada artikel ini akan menjelaskan pada ibu hamil dan khalayak, yang mungkin masih merasa takut untuk menkonsumsi durian. Pada durian sendiri, dinyatakan memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh.

Kandungan Zat Penting Dalam Durian

Kandungan dari buah durian yaitu sumber folat yang baik. Durian memiliki serat tinggi, vitamin b, antioksidan, vitamin c, juga mineral, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Durian juga mengandung potasium yang baik untuk kesehatan janin. Berikut akan dibahas 5 zat penting yang bermanfaat bagi tubuh sang ibu dan juga janin.

Protein

Protein dalam durian ini cukup banyak. Dari protein inilah kita akan mendapatkan banyak manfaat salah satunya melancarkan jalan oksigen pada otot, dan menjaga kesehatan kulit. Protein memang dikenal dalam meningkatkan massa otot, agar segala pembentukkan otot membesar dan nantinya memiliki bentuk yang terbaik bagi tubuh. Protein ini juga nantinya dapat meningkatkan kelekatan antara massa otot dengan tulang, sehingga kelak tidak akan mudah mengendur.

Kalsium

bolehkah ibu hamil makan durian berikut penjelasannya kandungan nutrisi durian

Kandungan baik yang kedua adalah kalsium. Tentunya sudah banyak yang mengetahui bahwa mineral kalsium sangat dibutuhkan oleh manusia khususnya untuk pertumbuhan tulang bagi anak-anak. Kalsium berperan penting untuk menjaga pembentukan tulang dan kekuatan otot tulang. Kalsium nantinya berperan untuk mencegah keroposnya tulang di usia tua. Selain itu kalsium juga berperan penting dalam mengisi rongga pada bagian dalam tulang untuk memadatkan pertumbuhan tulang agar kuat dan kokoh. Apalagi ketika hamil, janin akan meminta kalsium dari ibu untuk pertumbuhan tulang. Tak jarang, banyak ibu yang mengeluh giginya keropos saat kehamilan.

Asam Folat

Selanjutnya adalah asam folat. Asam folat ini merupakan zat yang memiliki fungsi untuk mengganti sel-sel darah yang rusak dalam tubuh. Selain itu asam folat berperan penting bagi Ibu hamil. Asam folat ini berperan dalam mencegah terjadinya kecacatan pada otak dan saraf anak dalam janin. Nutrisi berupa asam folat juga berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Karbohidrat

Keempat, adalah Karbohidrat. Perlu kamu ketahui ternyata buah durian juga menyimpan banyak karbohidrat di dalamnya. Hal ini akan membuat mu menjadi lebih sehat, karena memiliki kegunaan untuk memperbaiki sel dalam tubuh dan juga metabolisme dalam tubuh. Karbohidrat menjadi sumber penting dalam mengubah makanan menjadi energi. Tentunya ini membantu kamu dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Potasium

Selanjutnya, Potasium. Potasium yang terdapat dalam buah durian ini bertindak untuk mengoptimalkan kinerja ginjal dan juga menjaga keasaman dalam tubuh manusia. Potasium ini sebenarnya adalah mineral yang meningkatkan keseimbangan elektrolitik tubuh dan pertumbuhan janin yang optimal. Kandungan potasium nantinya memainkan peran penting dalam kontraksi otot-otot tubuh, transmisi impuls saraf dan pelepasan energi dari nutrisi penting seperti lemak, protein, dan karbohidrat pada janin.

Tentu dengan kandungan durian ini sebenarnya diperkenankan untuk dikonsumsi bagi para ibu hamil, karena zat baik membantu tumbuh kembang janin. Mengonsumsi durian itu boleh-boleh saja, tetapi yang perlu ibu hamil ingat adalah pembatasan konsumsinya. Ibu hamil boleh mengonsumsi buah durian asalkan tidak terlalu banyak. Disarankan satu buah (ukuran sedang) saja sudah cukup, juga tidak untuk dikonsumsi setiap hari. Berilah jeda satu hari agar tekanan darahmu istirahat terlebih dahulu setelah konsumsi buah durian. Jeda serta jumlah konsumsi yang sedikit, ini akan tetap menjaga tubuh calon Ibu bayi tetap sehat dan segar karena nutrisi buah durian terserap sempurna dalam tubuh. Tidak perlu konsumsi banyak-banyak, justru nantinya bahwa jumlah yang berlebihan akan membahayakan bagi janin dalam kandungan.

Benarkah “Tidak Boleh”?

bolehkah ibu hamil makan durian berikut penjelasannya benarkah tidak boleh

Pada penjelasan sebelumnya, telah dijelaskan bahwa sebenarnya boleh saja untuk dikonsumsi, tetapi berilah batasan konsumsinya pada ibu hamil. Alasan yang dapat memaparkan mengapa buah durian tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, karena dapat memicu rasa panas pada janin bahkan nantinya dapat meyebabkan keguguran. Pada dasarnya buah durian tidak memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan ibu hamil akan tetapi dalam buah durian ini ada terdapat dua kandungan gizi yang memberikan dampak tidak baik terhadap kehamilan (bila dikonsumsi berlebihan) yaitu asam arachidonat dan alkohol.

Asam arachidonat ini adalah senyawa yang menjadikan pembentukan prostaglandin atau senyawa yang mampu merangsang kontraksi yang mengakibatkan keguguran. Bila usia kehamilan belum besar, lalu terjadi kontraksi maka tentunya membahayakan jabang bayi dalam kandungan. Sedangkan kandungan alkohol ini mengakibatkan gangguan perkembangan janin sehingga dapat menyebabkan bayi lahir prematur dengan berat badan lahir rendah.

Selain itu, bila mengonsumsi buah durian terlalu banyak, akan memicu penyakit lainnya yang membahayakan tubuh. Beberapa diantaranya akan menimbulkan penyakit diabetes, ini dikarenakan kadar gula yang masuk ke dalam tubuh banyak dan meningkat. Selanjutnya dapat memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dalam 1 buah durian saja dapat mencapai 1.000 sampai 2.000 kalori, sedangkan para ahli merekomendasikan ibu hamil dengan berat badan normal untuk mengonsumsi 1800 kalori pada trimester pertama (usia 1 – 13 minggu), 2200 kalori pada trimester kedua (minggu ke 14 – 27), dan 2400 kalori pada trimester ketiga (minggu ke 28 – 41). Belum lagi, para ibu hamil mengonsumsi makanan lainnya yang penting untuk jabang bayi.

Pada saat jumlah kalori tersebut masuk ke dalam tubuh, dan dikonsumsi dalam waktu singkat, maka itu akan memberikan beban pada jantung bekerja lebih kuat. Pada saat jantung bekerja lebih kuat, tekanan darah bisa tinggi. Bagi ibu hamil, ini nantinya juga mengakibatkan janin ibu hamil akan kekurangan oksigen. Karena pompa jantung lebih terfokus pada kalori dibanding oksigen.

Kadar tekanan darah tinggi pada ibu hamil ini juga dapat menyebabkan pre-eklamsia. Pre-eklamsia sendiri adalah kondisi peningkatan tekanan darah disertai dengan adanya protein dalam urine. Kondisi ini terjadi setelah usia kehamilan lebih dari 20 minggu. Bila pre-eklamsia terjadi, ini dapat mengakibatkan kecacatan pada janin. Nah demikianlah para ibu hamil sebaiknya jangan terlalu banyak menkonsumsi buah durian, tetap dalam keadaan normal atau sedikit. Konsumsi durian tidak melebihi 1 buah. Tetap utamakan kesehatan janin. Bila janin sehat, ibu pun senang.

Pembatasan asupan pada ibu hamil perlu diperhatikan. Apalagi saat mengonsumsi buah durian. Namun ini bukan berarti para ibu hamil tidak dapat mengkonsumsi buah durian. Ibu hamil tetap boleh mengonsumsi buah durian dengan pembatasan konsumsinya.

bolehkah ibu hamil makan durian berikut penjelasannya durian memiliki gizi dan protein

Durian juga memiliki gizi dan protein yang baik, jadi tidak perlu diragukan untuk kesehatan ibu hamil. Bukan berarti pembatasan asupan gizi dari durian ini diperketat dengan label ‘tidak boleh’, hanya karena disebabkan adanya kepercayaan pantangan terhadap beberapa makanan yang sebenarnya sangat dibutuhkan ibu hamil. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kasus anemia dan kasus kurang gizi pada ibu hamil. Konsumsi normal itu boleh untuk memenuhi kebutuhan protein janin, yang tidak boleh adalah konsumsinya terlalu berlebihan atau terlalu banyak karena membahayakan pertumbuhan janin.

Demikian penjelasan pertanyaan apakah buah durian boleh dikonsumsi ibu hamil. Tetaplah jaga asupan gizi seperti mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung zat besi, juga protein, serta vitamin, dan yang terpenting adalah terus mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi untuk pertumbuhan sel-sel janin.

bolehkah ibu hamil makan durian berikut penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *