Berbagai Macam Jenis Tahu Yang Perlu Kamu Ketahui

Tahu terbuat dari kacang kedelai asli yang sudah difermentasi dan diambil sarinya. Meskipun tahu dan tempe sering dicirikan sebagai makanan khas Indonesia, ternyata tahu justru berasal dari Tiongkok. Pada awalnya tahu hanya memiliki satu jenis berupa tahu putih. Seiring perkembangan waktu orang mulai mengkombinasikan resep dasar tahu dengan berbagai campuran atau bahan lain, seperti susu dan rempah-rempah. Hasil inovasi dan penciptaan berbagai jenis tahu maka maka terdapat berbagai jenis tahu yang penting untuk diketahui.

Tahu kaya akan protbes nabati, zat besi, dan kalsium yang memberikan sumber makanan sehat dan murah meriah. Ditambah lagi tahu adalah makanan yang bebas gluten, bebas kalori dan tidak mengandung zat kolesterol sehingga manfaatnya bagi tubuh sangat signifikan. Secara umum mengkonsumsi tahu dapat meminimalisir resiko terkena penyakit jantung, kanker payudara, kanker saluran kemih, dan kanker saluran pencernaan. Dibalik itu semua, tahu segar adalah sumber protein yang baik untuk pertumbuhan tulang, meningkatkan fungsi otak, dan menjaga kesehatan kulit.

Macam-macam Tahu Berdasarkan Teksturnya

Tahu dapat dikategorikan berdasarkan tekstur atau konsistensinya. Ini didasarkan pada kadar air pada tahu. Semakin banyak air, semakin lembut atau halus sebuah tahu. Sementara semakin sedikit air tahu cenderung akan kenyal dan padat. Macam-macam tahu ini disebut sebagai tahu sutera (silken), tahu biasa (regular), tahu padat (firm), ekstra padat (extra-firm), dan super keras (super-firm). Tahu sutera merupakan jenis tahu yang paling lembut. Dan kelembutannya setara dengan keju alami yang belum dipadatkan. Sementara tahu yang super keras, teksturnya sebanding dengan tekstur daging.

Tahu Sutera (Silken)

Tahu sutera juga dikenal sebagai tahu Jepang. Tahu ini bertekstur lembut creamy dan memiliki konsistensi air yang paling banyak. Tahu sutera terlihat seperti keju burrata. Burrata yaitu sejenis mozzarella yang dapat digunakan sebagai krim kental, keju krim segar, atau isian dalam kue keju, smoothie saus atau bahkan isian pasta ravioli. Biasanya orang Jepang menyajikan tahu atau mengolahnya ketika tahu masih dalam keadaan sangat basah.

Tahu Biasa (Regular)

Tahu biasa merupakan tahu yang biasa digunakan untuk masakah Asia. Tahu ini sedikit lebih padat dibandingkan tahu sutera, tetapi masih tergolong lembut. Tahu biasa mudah menyerap pada masakan terutama sambal dan kaldu. Karena sifatnya ini tahu biasa (regular), digunakan pada jenis masakan sup, mie, dan semur. Beberapa orang juga mengolah tahu biasa untuk membuat tahu orak arik atau campuran makanan untuk vegetarian. Tahu biasa ini tidak disarankan untuk digoreng karena kemungkinan besar akan hancur.

Tahu Padat (Firm)

Dari semua jenis tahu, tahu padat adalah jenis tahu yang paling banyak dijual di supermarket dan pasar tradisional. Tahu yang keras dan cukup padat ini sering dikemas dalam keadaan setengah basah (berair), dan jumlah potongan tahunya tergantung pada jenis kemasan. Tahu ini keras seperti keju yunani (feta) sehingga mudah dipotong dan tidak hancur ketika diambil. Ini merupakan tahu yang paling serbaguna untuk kebutuhan dapur.

Cara mengolah tahu pada bisa digoreng, ditumis, diorak-arik, dimasukkan ke dalam rebusan, digunakan sebagai isian, atau untuk bahan membuat olesan. Pastikan untuk mengeringkan tahu jeni ini sebelum dimasak, agar bumbunya bisa meresap dan tidak memicu percikan minyak dari wajan. Dalam beberapa supermarket atau pasar mungkin menyediakan tahu padat yang sudah diasap atau dibumbui.

Tahu Ekstra Padat (Extra-firm)

Tahu ekstra padat memiliki lebih sedikit kandungan air dibandingkan tahu padat. Hal ini bisa langsung dirasakan ketika kita memegang kedua jenis tahu. Makanan yang dapat dioalah dari tahu ekstra padat ini hampir sama dengan jenis makanan yang dapat diolah dengan jenis tahu padat. Akan tetapi tahu ekstra padat tidak menyerap bumbu dengan baik. Sisi baiknya tahu ekstra padat ini lebih mudah untuk digoreng, ditumis, atau diolah menjadi makanan apapun, tergantung preferensi anda.

Tahu Super Keras (Super-firm)

Tahu super keras tidak tersedia secara luas, tetapi banyak diracik sendiri ala dapur rumahan. Tahu super keras ini teksturnya mirip dengan daging mentah karena sangat padat. Tahu ini dapat dipotong dengan mudah menjadi bentuk irisan memanjang atau bentuk dadu kecil yang dapat direbus dengan air panas. Dapat pula dijadikan gorengan, ditumis, hingga tahu fermentasi.

Macam-macam Tahu di Indonesia

Di Indonesia tahu menjadi makanan yang sangat mudah ditemui. Hampir setiap hari orang Indonesia akan mengonsumsi berbagai jenis olahan tahu. Tahu adalah makanan yang sehat dengan protein dan serat yang baik. Nah, beruntungnya ternyata banyak sekali jenis tahu yang populer di Indonesia dan siap untuk dicoba.

Tahu Kuning

Tahu kuning dikenal juga dengan sebutan tahu takwa. Warna kuning dari tahu ini berasal dari air rendaman kunyit atau pewarna sintetis. Tahu kuning adalah tahu yang sangat kenyal dengan pori-pori halus, namun tetap padat sehingga mudah dipotong dan tidak mudah hancur. Pada awalnya tahu kuning ini diyakini berasal dari orang Tiongkok yang menetap di kota Kediri sejak tahun 1900-an. Sejak saat itu, tahu kuning menjadi makanan khas kota Kediri. Terbukti dengan pusat pembuatan tahu kuning banyak dijumpai di Kediri.

Rasa tahu kuning sangat gurih, tanpa rasa asam sama sekali. Apabila digoreng bagian luarnya akan berubah menjadi kering dan renyah sementara bagian dalam tahu tetap kenyal dan lembut. Meski berpusat di kota Kediri, tahu ini sudah banyak dijual di pasar tradisional di Indonesia maupun di berbagai swalayan.

Tahu Sutera

Tahu sutera merupakan jenis tahu yang paling lembut dan populer di Indonesia. Tahu sutera disebut juga dengan tofu. Meskipun tofu sebenarnya tahu sutera yang berasal dari Jepang, tapi masyarakat Indonesia menyebutnya dengan cara yang sama. Tahu sutera berbentuk kotak, memiliki warna putih, dan teksturnya halus.
Biasanya tahu sutera ini dikemas di dalam plastik kedap udara untuk menjaga kualitas dan kelembutannya. Dikarenakan teksturnya yang super halus, pengolahan tahu ini harus dengan hati-hati. Tahu ini biasanya dimasak dengan cara digoreng, kemudian ditambahkan dengan cocolan sambal. Jika anda ingin membeli tahu sutera, sangat mudah menemukannya pada berbagai situs jual beli online.

Tahu Pong

Tahu pong adalah andalan kuliner khas Semarang. Tahu ini memiliki tekstur kulit renyah dan kering dengan isi dalam tahu yang berongga. Tampak luarnya tahu ini agak menggelembung. Beberapa orang, ada pula yang mengolah tahu pong ini menjadi keripik. Rasanya gurih dan kriuk, oleh sebabnya tahu pong paling tepat untuk dijadikan santapan ringan atau cemilan sehari-hari.

Tahu Susu

Tahu susu disebut juga dengan dadih. Tahu ini merupakan produk susu yang diperoleh dari campuran kacang kedelai, susu sapi, margarin, bawang putih, biang tahu, kunyit, garam, dan air putih. Tahu susu bisa langsung digoreng hingga kering, lalu dimakan bersama dengan sambal cabai rawit atau sambal kecap. Rasanya yang lumer dan lembut berasal dari gumpalan susu yang dipadatkan sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk tahu. Tahu ini adalah oleh-oleh khas Lembang, Jawa Barat.

Tahu Putih

Tahu putih merupakan jenis tahu yang paling banyak dijual di pasaran. Warnanya putih, rasanya hambar, dan bertekstur kenyal. Tahu ini banyak digunakan sebagai bahan hidangan utama seperti campuran tumis sayur, makanan rebus, sup, atau dipepes. Setelah dimasak tahu ini memiliki rasa yang gurih. Ukuran tahu yang tersedia di pasaran beragam, mulai dari ukuran kotak kecil hingga yang utuh dan besar (belum dipotong). Dalam suhu ruangan, tahu ini hanya bertahan selama satu sampai dua hari, karena jika dibiarkan dalam beberapa hari tahu ini akan berbau tidak sedap dan terasa pahit.

Tahu Bulat

Tahu bulat berasal dari Tasikmalaya. Pada dasarnya tahu bulat memiliki karakteristik yang sama dengan tahu pong, yaitu bagian dalam tahu bolong dan berongga. Tahu bulat dijual sebagai jajanan berupa gorengan dengan tambahan bumbu bubuk yang beraneka rasa. Tahu ini biasa dijual oleh pedagang keliling.

Tahu Sumedang

Sesuai namanya, tahu ini berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Pencetus tahu ini adalah Ong Kino pada tahun 1917 sebagai usaha rumahan. Tahu sumedang secara tradisional dimakan bersama dengan lontong serta sambal cocol dari campuran cabai rawit, tauco, dan tomat. Tahu ini berukuran kecil dengan kulit berwarna coklat terang dan terkesan permukaannya kasar. Akan tetapi bagian dalamnya berwarna putih, lembut dan gurih. Resep tahu sumedang tradisional khas Ong Kino menyajikan rasa tahu yang segar, tidak seperti tahu sumedang modern yang dikelola menggunakan mesin dan rasanya sedikit asam.

Tahu Air

Tahu air secara sekilas sulit dibedakan dengan tahu putih. Tetapi tekstur tahu air lebih lembut dan halus dibandingkan tahu putih. Dari segi kegunaan tahu ini juga memiliki fungsi yang sama dengan tahu putih, apalagi sangat mudah dibeli di pasaran. Bahan makanan ini biasa dibuat sebagai gorengan dan selalu digunakan sebagai campuran sapo tahu. Sapo tahu adalah salah satu masakan Tiongkok yang ditujukan untuk vegetarian karena hanya memuat sayur dan rempah-rempah khas yang direbus dan dibumbui bersamaan, termasuk potongan tahu air.

Kreasi Makanan Aneh dari Tahu

Beragamnya jenis tahu mungkin menjadi salah satu alasan, bahwa tahu ini dapat dikreasikan dan diolah menjadi makanan aneh dan unik. Berikut daftar makanan yang bisa kamu coba untuk menikmati tahu dengan cara berbeda.

Tofuyo

Tahu tofuyo adalah olahan tahu dari Okinawa, Jepang yang sangat populer. Jangan berharap rasa tahu yang lembut dan gurih, karena tahu ini memiliki rasa yang unik. Untuk anda yang ingin mencobanya, dapat menyiapkan tahu untuk difermentasi. Fermentasi tahu diawali dengan perendaman dengan campuran beras koji dan awamori, yaitu minuman tradisional di wilayah Okinawa.

Hasil fermentasi ini menghasilkan tahu yang bertekstur mirip dengan keju. Rasanya juga berada diantara tahu dan keju. Namun masalahnya tidak semua orang menyukai tahu fermentasi ini karena baunya yang menyengat. Anda dapat menemukan tahu tofuyo ini pada restoran-restoran Jepang yang disajikan dengan minuman khas, misalnya alkohol.

Kembang Tahu

Kembang tahu adalah produk yang dihasilkan dari perebusan kedelai yang diendapkan. Pada awalnya kembang tahu diolah sebagai campuran minuman. Namun kembang tahu kini marak dijual di pasaran sebagai bahan untuk membuat sup, tumisan hingga gorengan. Gorengan kembang tahu diolah dari kumpulan kembang tahu yang diisi dengan tahu putih, udang dan bahan lain, sehingga berbentuk mirip seperti siomay.

Mayones Tahu

Biasanya mayones dibuat dari telur, minyak nabati dan cuka. Akan tetapi kreasi aneh dari tahu juga bisa menghasilkan mayones, yang dapat dicocol untuk gorengan dan berbagai makanan lain. Mayones tahu diklaim lebih sehat karena tidak mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi. Untuk membuat olahan ini, cukup menyiapkan tahu sutra, minyak sayur, cuka, garam, madu dan mustard yang dijadikan adonan sesuai takaran masing-masing. Sebelum dikonsumsi sebaiknya adonan ini ditaruh dalam kulkas selama seminggu untuk memaksimalkan proses pembuatan mayones tahu.

Stinky Tofu

Stinky tofu diartikan secara harfiah sebagai tahu busuk. Namun ternyata tahu busuk ini merupakan jenis olahan makanan yang banyak disajikan pada restoran Taiwan. Stinky Tofu adalah tahu yang difermentasikan sangat lama dibandingkan olahan tahu lain, sehingga memberikan efek aroma yang kurang sedap dan warna yang lebih kusam. Inilah yang menjadi alasan stinky tofu dikenal sebagai tahu busuk.

Bahan makanan stinky tofu ini biasanya diolah kembali untuk menjadi tahu goreng, direbus atau dikukus. Pengolahan ini ditujukan untuk mengurangi aroma menyengat tahu dan memberikan rasa yang lebih enak. Untuk mengakali aroma tahunya juga dapat menambahkan saus cabai dan saus tiram yang mudah ditemukan.

Steak Tahu

Tahu juga bisa dikreasikan menjadi makanan berkelas seperti steak daging yang tidak kalah enak. Steak tahu dibuat pertama-tama dengan memotong tahu berbentuk pipih kemudian diolesi dengan campuran bumbu halus dari jintan, garam, lada, dan bawang putih bubuk. Kemudian, selagi memasak tahu, olesi sisa halusan jinten pada permukaan tahu hingga merata dengan menggunakan kuas. Setelah tahu matang maka dapat ditaburi dengan seledri dan daun bawang. Tahu steak adalah olahan rumahan yang resepnya mudah ditemukan secara online, sehingga sampai saat ini belum ada restoran atau rumah makan yang menyajikan menu ini.

Wedang Tahu

Wedang tahu merupakan minuman yang beraroma jahe dan berisi kembang tahu. Minuman ini fungsinya sama seperti wedang original yaitu untuk menghangatkan tubuh. Rasanya segar dan mengeyangkan. Oleh sebabnya minuman ini cocok untuk dikonsumsi saat hujan ataupun sore hari. Wedang tahu merupakan minuman khas semarang yang banyak dijual di pasaran. Anda juga dapat membuat wedang tahu sendiri dengan resep rumahan yang mudah dipraktikkan.

Demikian jenis-jenis tahu yang paling umum di Indonesia, hingga aneka kreasi makanan dari tahu yang mungkin terdengar unik sekaligus aneh. Semoga artikel ini menambah pengetahuan anda tentang dunia kuliner yang kaya dan beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *