Kupas Tuntas Mengenai ‘Lentil’ Serta Manfaatnya Bagi Tubuh!

Kupas Tuntas Mengenai Lentil Seta Manfaatnnya Untuk Tubuh

Pernah dengar tantang Lentil? Jika belum, maka artikel ini sangat cocok untuk kamu!

Lentil atau yang biasa disebut Miju-miju dalam bahasa Indonesia ini termasuk ke dalam salah satu bentuk kacang-kacangan. Bentuknya kecil menyerupai kacang hijau. Bagi masyarakat India, Kacang Lentil ini mungkin sudah sangat umum. Namun bagi orang Indonesia, kacang Lentil mungkin masih terdengar sedikit asing.

Lentil sudah biasa digunakan manusia selama ribuan tahun lalu. Akan tetapi, beberapa orang pernah menganggap Miju-miju ini sebagai makanan orang miskin karena harganya yang begitu murah. Meskipun begitu, faktanya Lentil ini sangat bergizi, dan memiliki banyak manfaat serta memiliki banyak rasa lho!

Saat ini Lentil juga telah menjadi makanan pokok yang cukup sering ditemukan pada masakan Asia ataupun Afrika Utara. Lentil memiliki banyak jenis serta warna yang beragam, seperti yang akan kita bahas di bawah ini :

Jenis jenis Lentil

1. Merah

Ilustrasi Lentil Merah

Jenis Lentil merah adalah jenis yang bisa dimasak dengan cepat. Rasanya cenderung lebih manis mirip seperti kacang-kacangan.

2. Coklat

Ilustrasi Lentil Coklat

Coklat adalah jenis lentil yang paling umum dikonsumsi. Lentil cokelat bisa diolah untuk dijadikan sup atau direbus kemudian dikonsumsi langsung.

 

3. Hijau

ilustrasi Lentil Hijau

Ini adalah jenis Lentil yang dijual dengan harga lebih murah. Ukuran lentil jenis ini bervariasi mulai dari kecil hingga besar.

4. Kuning

Ilustrasi Lentil Kuning

Lentil kuning biasa digunakan dalam berbagai masakan seperti sup kental, campuran pada doner kebab, perkedel dan nasi. Biasanya kacang ini dijual dalam keadaan kering. Sebelum dimasak kamu bisa merendamnya terlebidulu dalam air dingin. Setelah direbus dan empuk, tekstur dan rasanya gurih lembut mirip biji kacang hijau kupas.

5. Hitam

Lentil Hitam dikenal dengan nama kacang hitam atau kacang matpe, adalah salah satu lentil yang paling sering ditemukan di setiap dapur orang India. Kacang berwarna hitam ini digunakan dalam berbagai resep kuliner. Selain itu Lentil hitam memiliki banyak manfaat kesehatan mulai dari meningkatkan pencernaan hingga mengatur kadar gula darah dan juga pengobatan Ayurvedic.

Semua Jenis Kacang lentil mengandung protein yang tinggi, tetapi rendah serat dan lemak. Tak heran, kacang dengan warna berbagai macam ini sering menjadi pilihan bagi para vegetarian.
Selain itu, manfaat Lentil untuk kesehatan sangat baik karena kandungan nutrisinya melimpah. Bahkan kadar folat di dalamnya memenuhi 90% angka kecukupan gizi harian.

Kandungan Nutrisi Lentil

Seperti yang kita tahu bahwa Lentil memiliki kandungan yang sangat bergizi, seperti contohnya dalam 198 gram lentil mengandung nilai gizi sebagai berikut :
• Kalori: 230
• Karbohidrat: 39,9 gram
• Protein: 17,9 gram
• Lemak: 0,8 gram
• Serat: 15,6 gram
• Thiamine: 22% AKG
• Niacin: 10% AKG
• Vitamin B6: 18% AKG
• Folat: 90% AKG
• Zat besi: 37% AKG
• Magnesium: 18% AKG
• Fosfor: 36% AKG
• Potasium: 21% AKG
• Mangan: 39% AKG
• Zinc: 17% AKG
• Copper: 25% AKG

Kandungan gizi itu lah yang menjadikan Lentil sebagai pilihan favorit bagi vegetarian. Selain memiliki nilai gizi yang tinggi, Miju-miju ini juga menawarkan kita khasiat bagi kesehatan tubuh yang melimpah. Yuk Kita simak!

Manfaat Kacang Lentil

1. Tinggi Serat

Kaya ajab

Kandungan lentil yang tinggi serat dapat melancarkan proses cerna sehingga menghindari risiko mengalami konstipasi atau sembelit. Tak hanya itu, tingginya serat dalam lentil juga membuat fungsi pencernaan bisa optimal serta baik untuk pertumbuhan bakteri usus yang sehat..

2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

ilustrasi kesehatan Jantung

Kandungan serat, asam folat, dan kalium yang cukup tinggi pada Lentil mampu mendukung kesehatan jantung. Karna, Lentil memenuhi asupan serat yang juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang Lentil juga terbukti dapat mencegah penimbunan homosistein di dalam tubuh. Homosistein merupakan salah satu dari 20 asam amino untuk menggabungkan protein dalam tubuh. Kadar homosistein yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan penggumpalan darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan

Bila kita memiliki berat badan berlebih atau obesitas hal itu tentu akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebab itu, Lentil juga dapat membantu anda menurunkan berat badan. Karna memakan lentil yang kaya akan serat dapat membantu menurunkan asupan makan secara keseluruhan karena akan membuat mu merasa cepat kenyang.

4. Baik Untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil

Folat merupakan senyawa penting yang dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Oleh sebab itu, kandungan folat yang tinggi pada lentil dapat memberikan manfaat yang baik bagi para ibu hamil. Vitamin esensial ini juga dipercaya dapat mengurangi risiko diabetes gestasional, yaitu diabetes yang hanya terjadi pada ibu hamil.

Pentingnya folat ketika hamil membuat Central Disease Control atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika merekomendasikan wanita berusia subur mengonsumsi minimal 400 mcg asam folat setiap hari. Bahkan, ketika masuk masa kandungan dan menyusui, asupan tersebut bisa ditambah bila diperlukan.

Jadi itu dia beberapa informasi penting yang bisa kami bagikan mengenai Lentil serta manfaat kacang tersebut untuk tubuh kita. Bagi kamu yang mau merasakan langsung manfaatnya, yuk jangan lupa konsumsi Lentil untuk menambah gizi harian mu ya!

Related Posts

Leave a comment