Aqiqah Nasi Kebuli

Aqiqah Nasi Kebuli – Aqiqah merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT akan nikmat yang didapatkan, yaitu lahirnya bayi sebagai penerus keturunan kedua orang tuanya. Aqiqah ini juga ada yang mengartikan sebagai cara untuk melepaskan kekangan jin yang selalu mengikuti setiap bayi yang baru saja dilahirkan. Pentingnya sebuah acara aqiqah membuat banyak kalangan yang kini melirik usaha jasa aqiqah sebagai bisnis yang menjanjikan. Sehingga ada banyak penyedia jasa catering aqiqah yang bisa kita temui di beberapa daerah,

Aqiqah Nasi Kebuli, Cocok Untuk Berbagai Acara Penting

1. Selain Aqiqah, Nasi Kebuli Juga Ada Di Acara Lain

Aqiqah adalah ucapan rasa syukur umat islam dengan menyembeli dua ekor kambing untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan. Jadi nasi kebuli sangat cocok untuk acara semacam ini. menggunakan berbagai macam rempah, seperti kaldu kambing, wijen giling, bawang putih, bawang bombay dan lain sebagainya, membuat rasanya kuat dan tajam. Meski begitu banyak kalangan masyarakat Indonesia yang terpukau dengan rasa nasi kebuli. Selain acara aqiqah, nasi kebuli juga bisa ditemui pada saat Ramadhan, pernikahan, khitanan atau juga di beberapa acara keluarga warga berketurunan Arab di Indonesia.

2. Nasi Kebuli Kebudayaan Timur Tengah

Nasi kebuli adalah kuliner khas Betawi yang memiliki kemiripan dengan kuliner di Timur Tengah, seperti Nasi briyani dan nasi kabli. Nasi kebuli memang merupakan perkawinan dua budaya antara pribumi dengan beberapa pelancong dari timur tengah. Pelancong tersebut selain berdagang, mereka juga menyebarkan kebudayaan dan kebiasaan mereka secara langsung. Maka dari itulah sebagian pribumi mempelajari dan mencoba untuk mencampurkan budaya Timur Tengah dengan budaya yang ada. Nasi kebuli juga menjadi hidangan favorit dan cukup populer di beberapa daerah yang merupakan lokasi keturunan arab tinggal dan menetap di Indonesia.

3. Rasanya Yang Khas, Disukai Setiap Kalangan

Negara arab memang terkenal dengan makanannya yang berempah, hampir sama seperti Indonesia, negara yang dikenal memiliki begitu banyak hasil rempah. Tak heran jika makanan Timur Tengah kuliner yang sangat populer di Indonesia. Seperti Nasi kebuli ini, meski kalori yang dikandungnya sangat besar, masyarakat Indonesia banyak yang menggemari rasa racikan rempah nasi kebuli. Cita rasa yang dihadirkan oleh nasi kebuli memang sama, yaitu gurih, asin, dan sedikit pedas. Perbedaannya ada pada aroma yang dihasilkan oleh racikan rempah yang sebagian hanya bisa dijumpai di negara Arab.

4. Nasi Kebuli Bukan Kewajiban Aqiqah

Sebenarnya, rukun aqiqah hanya memerintahkan untuk menyembelih dua ekor kambing untuk bayi laki-laki dan seekor untuk bayi perempuan. Namun seiring perkembangan zaman, acara aqiqah kini berkembang, salah satunya adalah menghadirkan menu nasi kebuli. Daging kambing merupakan lauk pelengkap nasi kebuli yang wajib ada di atasnya, bisa dihidangkan dengan ukuran yang besar atau sudah terpotong kecil-kecil. Jadi sangat pas apabila menu nasi kebuli dihadirkan pada saat penyembelihan kambing di acara aqiqah.

Kendati aqiqah nasi kebuli bukan amalan wajib, aqiqah merupakan amalan yang hukumnya sunnah mu’akad, yaitu selama keluarga mampu secara finansial, maka ada baiknya menyelenggarakan aqiqah. Aqiqah dilaksanakan selambat-lambatnya 7 hari setelah bayi tersebut hidup di dunia. Biasanya acara aqiqah ini disebut acara ‘mitoni atau pitonan’ di adat jawa. Tentunya acara adat tersebut digabung dengan beberapa kepercayaan nenek moyang. Acara mitoni memiliki urut-urutan acara yang berbeda dengan aqiqah serta kental dengan budaya yang sarat akan arti-arti kehidupan.

Leave a comment