9 Minuman Yang Paling Terkenal di Mesir

Toko Penjual Jus Tebu

Walaupun ada empat musim di Mesir, tapi musim dinginnya cukup dingin dan musim panasnya cukup panas. Hal ini menyebabkan orang di mesir suka dan sering minum, bahkan di setiap jalanan di mesir pasti terdapat toko khusus minuman juice yang juga menjual minuman lain dan juga menjual buah buahan segar. Di Toko Khusus Juice ini biasanya menu paling populer adalah Jus Tebu yang Segar serta Sobya.

Toko penjual minuman di Mesir
Toko penjual minuman di Mesir

 

Berikut adalah list atau daftar Minuman paling terkenal dan terpopuler di Mesir,

Qasab

Qasab adalah Tebu dalam bahasa Mesir dan merupakan minuman paling populer dan diminum bisa hampir setiap hari karena selain harganya yang sangat murah, Asab ini mudah untuk didapat karena ada dimana mana. Qasab merupakan perasan dari batang tebu dan sangat nikmat. Perlu diketahui bahwa mesir terkenal sebagai negara exportir tebu yang besar. Pada tahun 2016 saja, mesir menghasilkan tebu sebanyak 2.2 juta ton.

Karkade

Minuman ini dihasilkan dari bunga Hibiscus atau jika di Indonesia dikenal dengan Bunga Rosela. Yang membedakan Rosela di Indonesia dengan di Mesir adalah rasa dan kualitasnya. Karkade di mesir sangat kental dan asam, kaya akan rasa. Karkade sebenarnya adalah Herbal untuk menurunkan tensi darah secara instan. Karkade bisa diminum dingin maupun panas.

Sobia

Minuman susu populer ini biasa dijual di toko penjual Jus tebu. Rasanya yang khas dengan rasa kelapa yang manis dan menyegarkan. Biasanya peminat sobia meningkat pada saat bulan ramadhan.

Qamar Al-Din atau Qamaraddiin

Qamar al-Din atau Qamaraddiin terbuat dari buah apricot kering yang sebelumnya dijadikan pasta. Rasa asam dan disajikan dengan sangat kental menjadi kejadian. Minuman ini sangat terkenal di bulan puasa dan sebenarnya berasal dari Syria, namun sangat terkenal di Mesir.

Ada dua versi cerita mengenai asal usul Qamar al-Din. Cerita pertama adalah karena minuman ini dibuat pertama kali oleh Qamar al-Din yang sangat menawan atau tampan. Ketampanan Qamar al-Din disamakan atau diandaikan dengan bulan yang bercahaya. Disinilah kenapa dinamakan (qamar قمر), yaitu bulan. Sehingga dinamai Qamar al-Din adalah berdasarkan bulan dan namanya, Qamar al-Din.

Versi kedua adalah karena Pasta Apricot Kering hanya tersedia di pasaran pasa saat bulan puasa saja. Dan ini memang benar, di Mesir, Qamar al-Din hanya tersedia banyak pada saat bulan puasa. Karena alasan inilah dinamakan Qamar al-Din, yaitu Cahaya Bulan Agama. Menurut kami versi kedua inilah yang paling mendekati dan masuk akal.

Minuman Qamar Al-din
Minuman Qamar Al-din

Tamar Hindi

Minuman ini terbuat dari Tamarind atau asam jawa dan tentunya sangat asam berfungsi untuk menenangkan diri.

Erk Soos

Di Mesir biasanya disebut dengan Er Usus dan yang menjadi ciri utamanya adalah pada penjualnya yang unik seperti di foto berikut,

Minuman Kesehatan Erk Soos
Minuman Kesehatan Erk Soos

 

 

Penjual Er usus menggunakan pakaian khas dan selalu membawa tempat atau tangki khusus dan berkeliling di jalanan tertentu. Selain itu penjual ini pasti memiliki semacam bel di tangannya, dan berbunyi clang clink clank clink agar menarik perhatian orang. Terbuat dari extrak Liquorice atau Akar Manis dan rasanya pahit tapi agak sedikit manis. Pada umumnya minuman ini lebih disukai oleh generasi Tua dan kurang disukai oleh selain orang mesir.

Kegunaan liquorice atau akar manis bisa dilihat dari peradaban kuno seperti pada masa Babylonia. 4000 tahun yang lalu, minuman ini Erk usus ini digunakan untuk menambah kekuatan dan daya tahan tubuh. Pada masa peradaban mesir kuno, minuman ini diminum sebagai ritual untuk menghormati Pharaoh. Bahkan akar manis juga ditemukan di dalam kuburan Raja Tutankhamun.

Pada zaman mesir kuno, dokter menggunakan campuran akar manis dengan herbal lainnya untuk mengobati ginjal dan masalah pencernaan. Selanjutnya, peradaban yunani, Roma dan Arab menggunakan Erk Usus untuk mengobati demam, inveksi, muntah dan sakit perut. Kegunaan dan manfaat liquorice sangat terkenal dan tercatat dalam banyak bukti peninggalan sejarah.

Jika anda penasaran dengan rasanya, ada bisa ke minimarket dan membeli permen pagoda pastiles, karena permen ini menggunakan extrak liquorice.

Sahlab

Sahlab adalah Minuman panas yang terbuat dari susu kental dengan bunga angrek atau bunga mawar serta kelapa kering dan kayu manis. Yang menarik pada minuman Sahlab ini adalah terdapat toping yaitu kayu manis bubuk serta kacang pistachio.

Helba

Helba adalah semacam biji bijian herbal yang direbus dan bermanfaat untuk meningkatkan ASI hingga 900% serta obat untuk Diabetes serta antivirus yang baik. Umumnya di mesir diminum ketika tidak enak badan. Di Indonesia dikenal dengan Kelabat dan juga biasa dipakai sebagai bahan campuran dalam membuat kari.

Fayrouz

Ya anda benar, Fayrouz adalah minuman bersoda yang sekarang sudah mulai masuk ke Indonesia. Terdapat rasa Nanas, Pir, Apel, dan Peach.

Minuman fayrouz rasa nanas
Minuman fayrouz rasa nanas

Itulah daftar minuman terpopuler di Mesir, semoga bermanfaat untuk anda

Summary
9 Minuman Yang Paling Terkenal di Mesir
Article Name
9 Minuman Yang Paling Terkenal di Mesir
Description
Orang orang mesir memiliki berbagai macam minuman, namun ada 9 Minuman Yang Paling Terkenal di Mesir seperti Sobya, Jus Tebu, dan beberapa minuman lainnya. Ada lebih dari satu musim sehingga banyak sekali pilihan minuman. Namun pada dasarnya orang mesir menyukai minuman yang Asam dan Manis. Di Artikel ini akan dibahas 9 Minuman Yang Paling Terkenal di Mesir
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment