9 Kisah 1001 Malam Terpopuler

9 kisah 1001 malam terpopuler

Dalam Artikel yang lalu, kami sudah memberikan informasi mengenai asal-usul kisah 1001 malam, yang mana sangat menarik sekali untuk dibahas.

Nah pada artikel kali ini, kami akan sisipkan beberapa kisah terpopuler yang terdapat dalam ‘kisah 1001 malam’. yang mana semua ceritanya memiliki pesan moral dan pelajaran hidup yang bisa kita ambil. Yuk kita simak, beberapa ringkasan cerita dibawah ini!

Kisah 1001 Malam Terpopuler

Aladdin dan Lampu Ajaib

9 kisah 1001 malam terpopuler aladdin

‘Aladdin’ adalah salah satu dongeng paling populer dari kisah 1001 Malam, yang bahkan diangkat menjadi sebuah film live action oleh production house besar asal Amerika. Kisah ini menceritakan tentang seorang pemuda yang hidup miskin bersama ibunya, lalu di jebak oleh penyihir jahat untuk mengambil lampu ajaib di dalam goa.

Namun karena Aladdin tidak mau memberikan lampu itu kepada penyihir, ia ditinggal di dalam goa yang tertutup rapat oleh penyihir. Pada saat ketakutan Aladdin tidak sengaja mengusap lampu tersebut dan mengeluarkan jin yang bersemayam di dalamnya, jin itu berjanji akan mengabulkan apapun permintaan Aladdin, hingga saat itulah hidup Aladdin berubah.

Tiga Buah Apel

9 kisah 1001 malam terpopuler 3 buah apel

Kisah ini di mulai ketika Harun al-Rasyid, Khalifah Abbasiyah sedang berjalan di malam hari menelusuri kota, berniat membantu siapapun orang yang membutuhkan bantuannya. Lalu ia bertemu dengan nelayan yang sedang sedih karena tidak berhasil mendapatkan apapun sejak pagi tadi.

Mendengar hal itu sang Khilafah berniat menghibur nelayan tersebut dengan memberikan dinar atas apa saja yang nelayan itu temui malam ini, lalu sang nelayan menemukan sebuah peti di sungai itu dan segera memberikannya kepada Harun.
Tidak disangka ternyata peti itu berisi tubuh wanita yang sudah mati dan penuh luka. Harun sangat murka, hingga ia mengutus Ja’far untuk memecahkan kejahatan ini. Jika tidak, ialah yang akan dihukum.

Namun dalam waktu yang diberikan, Ja’far tidak mampu menemukan pembunuh tersebut, hingga tibalah waktunya ia menggantikan hukuman sang pembunuh. Namun saat hendak dieksekusi, datanglah seorang yang mengaku sebagai suami dari perempuan tersebut, dan menyerahkan diri serta mohon ampun atas apa yang telah dia lakukan. Tapi tidak berselang lama, datanglah lelaki tua yang juga mengaku telah membunuh perempuan tersebut. Hal ini membuat sang khilafah bingung, dan menuntut sang suami menjelaskan apa yang terjadi.

Diceritakan lah sang suami yang telah berusaha keras untuk membeli tiga buah apel yang sangat langka pada saat itu untuk istrinya yang sedang sakit, dan ia menjadi sangat marah dan gelap mata ketika dia menemukan seorang budak memegang salah satu apelnya, budak itu mengklaim bahwa pacarnya lah yang telah memberikan apel itu kepadanya. Dalam kemarahan, akhirnya sang suami membunuh istrinya begitu saja.

Namun setelah ditelaah lebih lanjut oleh sang khilafah, suaminya itu tidak bersalah, melainkan budak tersebutlah yang harus menanggung semuanya.

Si Bungkuk

9 kisah 1001 malam terpopuler si bungkuk

Kisah ini menceritakan tentang kisah kematian bungkuk sang pelawak yang disukai raja. Bungkuk mati karena tersedak tulang ikan yang diberikan oleh istri dari seorang penjahit, yang sebelumnya mengajak bungkuk untuk bertamu ke rumahnya.

Namun karena penjahit dan istrinya ketakutan ia membawa mayat bungkuk ke rumah tabib dan meninggalkannya disana, sang tabib pun ketakutan karena ia berpikir bahwa ia lah penyebab matinya bungkuk, hingga ia meletakkan mayat bungkuk di rumah tetangganya yang bekerja sebagai koki istana.

Koki istana yang mengira bungkuk adalah pencuri di rumahnya, memukul kepala bungkuk hingga terjatuh, ia terkejut saat melihat bungkuk ternyata sudah mati, dan ia membawa mayat bungkuk ke pasar, dan menyandarkan mayat itu pada dinding salah satu toko.

Sang pemilik toko yang sedang mabuk, berjalan menelusuri pasar dan melihat bungkuk, ia berpikir bahwa bungkuk adalah perampok hingga cepat-cepat ia meninju dada bungkuk, dan betapa terkejutnya ia saat melihat bungkuk jatuh tersungkur dan mati.

Para petugas keamanan yang melihat kejadian itu, akhirnya membawa sang pemilik toko ke istana untuk diberikan hukuman, namun saat hendak digantung, koki, tabib, dan penjahit itu datang mengaku jika mereka adalah pembunuh sebenarnya.

Nelayan dan Jin

9 kisah 1001 malam terpopuler nelayan dan jin

Ini adalah kisah tentang seorang nelayan miskin yang menemukan botol dalam jaringnya setelah berdoa kepada Allah. Di dalam botol itu hanya terdapat tulisan hingga si nelayan merasa penasaran. Namun saat membukanya, asap keluar dari botol tersebut dan membentuk Jin yang sangat besar.

Diketahui bahwa jin itu ialah jin yang dihukum oleh Nabi Sulaiman dengan di penjara di dalam botol, setelah keluar dari dalam botol jin itu berterima kasih kepada Nelayan yang ia kira adalah Nabi Sulaiman.

Nelayan pun menceritakan bahwa Nabi Sulaiman telah meninggal 1000 tahun yang lalu. Dan ia hanyalah seorang nelayan miskin. Hal ini justru membuat Jin marah dan berniat membunuh nelayan. Sang nelayan yang ketakutan pun memiliki akal yang cerdik. Ia berkata bahwa ia tidak percaya jika jin itu berasal dari botol, karena badannya yang besar tidak mungkin muat berada di dalam botol yang kecil. Sehingga si Jin memperaktekkan bagaimana cara ia bisa masuk kedalam botol, pada saat itu nelayan langsung menutup botol itu rapat-rapat.

Jin akhirnya merengek dan minta dibebaskan, namun nelayan itu berkata tidak mau, karena ia takut jin akan membunuhnya jika ia keluar dari botol. Nelayan tersebut menjelaskan bahwa kisah ini mirip dengan kisah Raja dan Tabib Duban. Jin yang tidak mengetahui kisah itu akhirnya meminta nelayan untuk menceritakan kisahnya.

Raja Yunan Dan Tabib Duban

9 kisah 1001 malam terpopuler raja yunan dan tabib duban

Diceritakan oleh nelayan bahwa dahulu kala ada seorang raja yang bernama Yunan. Raja itu menderita penyakit kulit selama bertahun-tahun yang tidak bisa disembuhkan oleh tabib mana pun. Berita itu tersebar luas hingga didengar oleh seorang tabib yang berasal dari Duban. Tabib tersebut datang ke kerajaan berniat menawarkan bantuan untuk menyembuhkan raja, sang raja pun bersedia.

Tabib Duban yang seumur hidupnya telah mempelajari tentang berbagai macam metode penyembuhan, akhirnya berhasil menyembuhkan raja. Hal itu membuat raja sangat senang, dan mengangkat tabib menjadi temannya, hingga ia mempersilahkan tabib duduk disamping singasana nya, memberikan tabib segala yang ia butuhkan dan kemewahan.

Hal ini membuat Wazir sang penasihat kerajaan merasa iri. Hingga ia menyusun rencana untuk memprovokasi raja dengan memfitnah tabib dan meminta raja untuk membunuhnya. Sang raja yang khawatir, akhirnya menuruti keinginan wazir dan menghukum mati tabib Duban. Namun sebelum itu, sang tabib memberikan raja sebuah buku yang katanya buku itu berisi sumber informasi yang telah tabib pelajari.

Dan setelah kematian tabib Duban, raja membuka buku tersebut, yang mana tidak ada apa-apa disana, ternyata buku tersebut sudah diberi racun oleh tabib, hingga saat raja semakin membukanya, semakin banyak racun yang masuk ke tubuh raja, dan raja pun akhirnya mati.

Setelah nelayan menceritakan kisah ini pada jin, nelayan berkata bahwa ketika nanti jin membunuhnya, maka Allah akan membalas perbuatan Jin, sebagaimana Allah membalas perbuatan raja. Tetapi Jin pun berjanji ia tidak akan membunuh nelayan dan justru akan memberikannya hadiah. Akhirnya nelayan membebaskan jin dalam botol itu.

Raja Muda dan Pulau Hitam

9 kisah 1001 malam terpopuler raja muda dan pulau hitam

Hadiah yang di berikan jin untuk nelayan ialah, sebuah danau yang berisikan 4 jenis ikan yang unik. Kemudian ikan ini harus dijual kepada sultan, sang nelayan pun menuruti hal itu. Hingga suatu hari sultan merasa penasaran dari mana nelayan mendapatkan ikan itu.

Ditunjukkan lah jalan menuju danau di mana ia menemukan ikan-ikan itu. Namun disekitar danau, sultan melihat sebuah istana hitam yang sangat sepi, sultan pun datang ke sana dan terkejut saat menemui raja muda yang tampan sedang bersedih. Ternyata raja muda tersebut, telah disihir oleh istrinya sendiri hingga pinggang sampai ujung kakinya menjadi keramik hitam yang mengkilat.

Raja pun menjelaskan bagaimana bisa semua ini terjadi. Ternyata sang istri pun telah menyihir kota-kota yang ada di kerajaan ini menjadi danau dan bukit-bukit. Ikan yang berada di danau ini pun masyarakat kota yang terbagi menjadi 4 macam suku agama. Sultan berniat membantu raja dan membebaskan kerajaan ini dari kutukan sihir. Ia akhirnya mendapatkan ide untuk mengelabui istri raja, dan setelah itu membunuhnya. Kerajaan pun kembali seperti sedia kala, begitu juga dengan kota yang ada didalamnya.

Atas peristiwa ini, sang sultan memberikan hadiah kepada nelayan dan istrinya karena dianggap telah memberikan jalan untuk menyelamatkan raja beserta kerajaannya.

Ali Baba dan 40 Pencuri

9 kisah 1001 malam terpopuler alibaba

Kisah terkenal ini adalah kisah lain yang ditambahkan oleh Galland pada abad 18. Ali Baba adalah penebang kayu yang miskin namun pekerja keras. Pada suatu hari Ali Baba menemukan tempat persembunyian harta pencuri yang dilindungi oleh sihir. Persembunyian itu akan terbuka jika ia mengatakan “Alakazam ! Buka….. ”.

Di dalam tempat persembunyian itu terdapat banyak sekali harta, hingga Ali Baba mengambil sebanyak-banyaknya dan membagikannya kepada tetangga. Setelah beberapa hari Ali Baba memberi tahu rahasia ini kepada saudaranya Kassim, namun sayang saat Kassim mencoba mengambil harta itu ia ketahuan oleh 40 pencuri, lalu dibunuh.

Setelah mencari siapa yang mengetahui tempat persembunyian mereka, para pencuri pun akhirnya mengetahui, jika orang tersebut adalah Ali Baba, lalu mereka pun membuat rencana membunuhnya. Namun akhirnya rencana ini tidak berhasil, karena Ali Baba diselamatkan oleh budaknya yang pintar, yakni Morgiana.

Tiga pangeran dan Ratu Nouronnihar

9 kisah 1001 malam terpopuler tiga pangeran dan ratu nouronnihar

Cerita ini berkisah tentang tiga pangeran yang mencinta orang yang sama, yakni sepupu mereka Ratu Nouronnihar. Ketiganya menginginkan ratu menikah dengannya. Lalu Sultan Agung, selaku ayah mereka, berjanji akan menikahkan ratu dengan salah satu diantara mereka, yang dapat menemukan barang-barang dengan nilai tinggi.

Akhirnya mereka masing-masing bekerja keras untuk menemukan barang-barang terbaik. Seperti, karpet ajaib untuk ditunggangi, tabung ajaib yang dapat menunjukkan keinginan terdalam seseorang, dan sebuah apel penyembuhan.
Namun setelah para pangeran menemukan barang-barang itu, mereka mendengar bahwa Ratu Nouronnihar sakit. Alih-alih bersaing untuk memperebutkan ratu, mereka justru bekerja sama menggunakan semua barang temuan mereka untuk menyelamatkan hidup ratu.

Sinbad Si Pelaut

9 kisah 1001 malam terpopuler sinbad si pelaut

Sinbad adalah putra mahkota yang diangkat menjadi raja setelah kematian kedua orang tuanya. Namun perangainya yang buruk, gemar berfoya-foya dan tidak becus mengurus kerajaan membuat Sinbad diusir dari kerajaannya sendiri.

Sinbad tidak khawatir sama sekali akan hal itu, karena tanpa sepengetahuan siapapun ia pergi membawa seluruh harta kerajaan. Harta tersebut dibelikan kapal perisar beserta beberapa nelayan olehnya. Hingga suatu ketika kapalnya terombang-ambing oleh ombak, dan tenggelam. Namun Sinbad selamat berkat ia berpegangan pada besi yang mengapung.

Sesampainya di daratan, Sinbad beristirahat disebuah pohon di dalam hutan. Ia bermimpi bahwa di dalam hutan ini, terdapat harta karun yang melimpah. Namun harta tersebut harus ia gunakan dalam jalan kebaikan, dan tidak boleh digunakan untuk berfoya-foya atau ia akan celaka. Setelah mendapat harta karun tersebut, Sinbad kembali membeli kapal persiar, dan menjadi seorang pelaut sejati yang kaya raya.

Namun, di puncak kekayaan nya ia bertemu dengan perampok dan menguras seluruh hartanya, bahkan Sinbad pun dijual kepada pemburu gading gajah. Sinbad dipaksa untuk membunuh gajah-gajah di hutan untuk diambil gadingnya dan dijual. Namun pada saat berburu, gajah itu justru menunjukan jalan pada Sinbad, menuju tempat persembunyian gading yang berasal dari gajah yang sudah mati. Gajah itu juga berkata pada Sinbad untuk tidak memburu gajah yang masih hidup lagi.

Sinbad pun memberikan banyak Gading gajah kepada pemburu dan membuatnya senang, hingga Sinbad di bebaskan dan di berikan uang banyak. Setelah itu Sinbad tidak berniat lagi menjadi pelaut, ia lebih memilih pulang ke tanah kelahirannya dan berdagang disana.

9 kisah 1001 malam terpopuler

Itulah beberapa kisah 1001 malam yang sangat terkenal. Cerita-cerita ini banyak sekali memberikan kita pelajaran kehidupan, dari mulai menepati janji, tidak berburuk sangka, penyabar, dan bertanggung jawab. Tidak ada salahnya menceritakan kisah-kisah ini kepada anak-anak, justru cerita ini dapat membantu pembentukan karakter pada anak untuk menjadi pribadi yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *