8 Manfaat Kacang Arab: Nutrisi Sehat Tubuhmu

8 manfaat kacang arab nutrisi sehat tubuhmu

Kacang arab merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki nama latin Cicer arietinum. Kacang ini termasuk jenis kacang polong bertepung yang berwarna kekuningan. Sebenarnya kacang ini memiliki nama ‘kacang garbanzo’, namun karena kacang ini tumbuh di wilayah Timur Tengah, juga sering dijadikan oleh-oleh dari Makkah, maka kacang ini terkenal menjadi kacang Arab di Indonesia.

Kacang garbanzo ini ternyata memiliki banyak nutrisi. Salah satunya dapat menjadi kudapan berkarbohidrat dan menjadi sumber energi kamu. Kacang ini tergolong empuk, tekstur yang mudah digigit, dan rasa seperti tepung manis, banyak orang yang menyukainya.

Selain itu ternyata kacang arab ini juga memiliki manfaat lainnya bagi manusia. Berikut 8 manfaat kacang arab, nutrisi sehat untuk tubuhmu.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Pada tulang dan gigi memang diperlukan adanya suatu zat fosfor. Sekitar 85% kadar fosfor dalam tubuh tersimpan pada tulang dan gigi. Kadar darah yang mengandung fosfor akan meningkatkan pertumbuhan pada tulang dan gigi.

Diketahui bahwa dalam 100 g kacang arab memiliki fosfor yang cukup tinggi yaitu 55,43%. Zat fosfor bekerja dalam menyehatkan pertumbuhan tulang dari indukan sel. Fosfor adalah salah satu zat mineral dalam tubuh yang menjalankan peranan penting untuk kesehatan tulang dan gigi sendiri. Bila fosfor sudah tercukupi kebutuhan perhari maka pertumbuhan tulang dan gigi pun menjadi sehat dan kuat. Tentunya fosfor ini akan mencegah kamu dari gigi berlubang.

Menyehatkan Pencernaan

Pencernaan sangat berperan penting dalam menjaga metabolisme tubuh. Sebab dalam pencernaan semua energi masuk ke dalamnya dan di olah bersamaan. Bila pencernaan rusak maka metabolisme tubuh akan menurun dan menyebabkan terjadinya kekurangan vitamin atau bahkan badan menjadi lebih mudah terserang penyakit karena imunitas tak terkendali. Pencernaan yang baik ialah yang memiliki serat cukup tinggi seperti pada kacang arab.

8 manfaat kacang arab nutrisi sehat tubuhmu menyehatkan pencernaan

Serat yang ada dalam kacang arab bersifat larut dalam air. Serat yang mudah larut dalam air berarti akan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Bila bakteri baik meningkat, maka pertumbuhan bakteri jahat akan terhambat. Maka pencernaan akan sehat dan tidak muncul peradangan karena bakteri jahat tersebut. Dengan begitu metabolismemu tetap terjaga dan stabil.

Mencegah Kanker

Pada kacang arab mengandung zat saponin yang baik untuk melawan sel kanker tertentu seperti sel kanker getah bening. Saponin bekerja dengan melumpuhkan perkembangbiakan sel kanker tersebut sehingga perlahan-lahan sel kanker mati dan tidak akan terjadi pembelahan sel.

Selain itu pada ada kacang arab juga memiliki vitamin b yang cukup banyak. Vitamin B1 sebesar 77% dan vitamin B2 sebesar 21%. Vitamin B ini berguna untuk pencegahan kanker. Pada vitamin B ini cenderung dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pada payudara dan paru-paru. Selain itu vitamin B1 yang cukup tinggi juga membantu memberikan energi pada tubuh. Rupanya manfaat kacang arab ini tidak main-main ya.

8 manfaat kacang arab nutrisi sehat tubuhmu mencegah kanker

Menstabilkan Gula Darah

Konsumsi makanan dengan indeks glikemik (penanda seberapa cepat gula darah naik setelah makan) rendah dapat meningkatkan kerja dan sistem gula darah. Terbukti, dengan diet (mengonsumsi indeks glikemik rendah) akan membantu sistem gula darah semakin membaik setiap harinya.

Kacang arab merupakan jenis bahan makanan yang memiliki cukup rendah indeks glikemik (GI), hal ini berfungsi dalam mengelola kestabilan gula darah. Setelah makan, kacang arab ini tidak cepat menaikkan kadar gula darah setelah dikonsumsi.

Kedua, kacang arab merupakan sumber serat dan protein yang baik. Bila serat dan protein cukupi maka kadar gula darah pun akan tetap stabil.

Serat sendiri bekerja dalam memperlampat penyerapan karbohidrat ke tubuh, hal inj tentu untuk menjaga kadar gula darah tetap sesuai dan stabil, tidak menyerap gula kembali yang banyak. Dengan begitu, gula darah akan tetap konstan dan seimbang.

Mencegah Osteoporosis

Dilansir melalui nilaigizi.com kandungan tembaga yang terdapat pada 100 gram kacang arab ialah 106,25%. Jumlah ini terbilang cukup tinggi untuk kacang- kacangan karena biasanya kacang-kacangan standarnya memiliki 60-120% tembaga.

Seperti yang telah diketahui bahwa tembaga atau cuprum sangat berperan penting dalam pertumbuhan tulang. Tembaga merupakan mineral yang bermanfaat dalam segala pembentukan tulang dan fungsi saraf.

Defisiensi zat tembaga pada tubuh manusia akan menyebabkan fungsi saraf rusak dan pertumbuhan tulang tidak sehat. Maka kadar tembaga harus tercukupi. Defisiensi tembaga, dapat memicu osteoporosis yaitu keadaan tulang akan mudah keropos dan patah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Mengonsumsi kacang arab ini justru akan meningkatkan pertumbuhan tulang kamu, sehingga dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteporosis. Wah, tampaknya memang harus sering konsumsi kacang ini, ya.

Mengontrol Berat Badan

Siapa yang menginginkan berat badan ideal? Kelebihan berat badan akan memicu timbulnya berbagai penyakit pada tubuh ataupun tidak stabilnya kadar gula darah dan lemak yang dapat merusak fungsi organ inti.

Mengontrol nafsu makan adalah hal penting dalam menjaga berat badan. Pasalnya berat badan dapat melonjak bila kamu terus menerus memakan makanan yang seharusnya tidak perlu dimakan.

Solusi untuk mengontrol nafsu makan adalah protein. Tahu nggak sih, dalam 100 gram kacang arab terdapat 23.80 gram protein. Keren kan? Protein yang cukup secara langsung akan menstabilkan proses dalam pencernaan sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

8 manfaat kacang arab nutrisi sehat tubuhmu mengontrol berat badan

Protein yang ada dalam kacang arab meningkatkan kadar hormon yang menekan nafsu makan. Dengan begitu, asupan kalori kamu akan terjaga dengan tidak makan berlebih. Sehingga berat badan kamu terjaga dan terkontrol nih. Buat kamu yang nggak mau gemuk, coba deh jadikan kacang arab kudapan kamu!

Menjaga Otot Tetap Kuat

Dalam menjaga otot agar tetap kuat, kamu perlu untuk mengonsumsi protein yang cukup. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa protein dalam kacang arab ini cukup tinggi.

Protein akan membantu mengikat otot dengan tulang. Semakin banyak protein, pengikatan otot pada tulang akan semakin lekat. Dan otot kamu menjadi mudah terbentuk.

Camilan kacang arab bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menjaga otot tetap sehat. Protein dalam kacang garbanzo ini tidak kalah dengan ikan, lho. Hebat kan?

Mencegah dan Menurunkan Hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi dari tekanan darah pada dinding nadi arteri terlalu tinggi. Hal ini terjadi karena nadi merupakan bagian penting tubuh yang jika terlalu diberi tekanan akan menyebabkan sakit atau bahkan pusing. Untuk menjaga tekanan darah kita tetap stabil maka diperlukan zat kalium.

Kalium yang dipenuhi oleh orang dewasa biasanya sebesar 4700 mg. Kalium yang ada dalam kacang arab itu bisa mencapai 474 Mg (miligram) setiap satu cup. Dengan begitu apabila kacang arab dikonsumsi cukup banyak maka akan memenuhi zat kalium dalam tubuh yang akan menurunkan dan menstabilkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kalium sendiri merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja normal, salah satunya menjaga tekanan darah.

Nutrisi yang didapat tidak main-main, bukan? kacang garbanzo ini bisa jadi kudapan kamu saat siang dan malam hari. Setiap kacang yang kamu konsumsi, memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh kamu. Sifat kacang yang memiliki fosfor dan tembaga ini, bagus untuk pertumbuhan tulang. Oh iya, anak usia 3 sampai 5 tahun boleh untuk konsumsi kudapan ini. Pada bayi, disarankan untuk diblender atau dilumatkan dahulu sebelum diberikan pada si kecil.

8 manfaat kacang arab nutrisi sehat tubuhmu

Demikian informasi mengenai manfaat kacang arab yang memiliki nutrisi sehat untuk tubuh. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan, dan juga daya tahan tubuh. Metabolisme yang kuat, membuat harimu bertenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *