6 Rempah Yang Dapat Menghilangkan Bau Amis Daging

6 rempah yang dapat menghilangkan bau amis daging

Daging adalah bahan baku makanan yang dapat diolah menjadi berbagai hidangan di seluruh dunia. Baik daging sapi, kambing, ayam ataupun ikan, semuanya dapat menghasilkan sebuah masakan yang istimewa. Namun sayangnya semua jenis daging ini memilik aroma amis ataupun anyir, jika pengolahannya tidak tepat, bisa saja bau amis yang ada pada daging tersebut masih melekat dan terbawa sampai menjadi sebuah hidangan. Tentu saja hal itu sangat mengganggu bukan?

Agar hal tersebut tidak terjadi pada masakan mu, pada saat mencuci daging, pastikan bahwa kamu telah melakukannya dengan benar-benar bersih, sehingga darah ataupun kotoran lain yang menempel pada daging tidak ikut termasak. Selain itu kamu bisa menggunakan rempah-rempah untuk menghilangkan bau amis pada daging, sekaligus untuk menambah cita rasa untuk hidangan mu.

Apa sajakah rempah yang dapat menghilangkan bau amis pada daging? Berikut yang sudah kami rangkum :

Jahe

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, Jahe juga termasuk rempah yang memiliki banyak kegunaan dalam berbagai macam hidangan. Yakni sebagai penambah cita rasa, atau menghilangkan bau anyir atau amis pada daging, terutama daging ikan ataupun hidangan laut lainnya. Karna jahe memiliki wangi aromatic yang khas juga rasa pedas dan tajam yang berbeda dari rempah lain.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu bisa membalurkan daging atau ikan dengan jahe yang sudah di parut selama kurang lebih 10 menit, setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air hangat. Atau kamu juga bisa mencampurkan jahe ke dalam bumbu masakan untuk menghilangkan bau amisnya.

Kayu Manis

kayu manis

Wangi rempah-rempahnya yang sangat harum menjadikan kayu manis banyak digunakan di setiap hidangan, meskipun fungsi utama kayu manis ialah sebagai penambah cita rasa, tetapi kayu manis juga dapat memberikan aroma, serta menghilangkan bau amis atau bau tak sedap pada bahan makanan seperti daging. Wanginya yang hangat dan menyegarkan benar-benar menggugah selera. Kayu manis bisa didapatkan dengan mudah baik dalam bentuk batang atau gulungan maupun dalam bentuk bubuk.

Jeruk Nipis

jeruk nipis

Biasanya jeruk nipis menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam yang menyegarkan dalam masakan, namun ia juga memiliki kegunaan untuk menghilangkan bau anyir atau bau prengus pada daging, terutama daging kambing. Kamu cukup berikan perasan jeruk nipis pada daging yang hendak kamu olah, lalu balurkan pada seluruh bagian daging, kemudian didiamkan selama 30-60 menit. Setelah itu kamu dapat langsung mengolah daging menjadi hidangan yang kamu inginkan.

Rosemary

rosemery

Rosemary adalah daun aromatik populer yang berasal dari wilayah Mediterania. Tumbuhan ini sering dijadikan bumbu dalam masakan-masakan panggang terutama daging. Pada saat pesta barbeque tengah berlangsung, rosmery sering menjadi pilihan favorite untuk dijadikan bumbu marinasi.

Mungkin karna rempah ini memiliki rasa hangat yang sedikit pedas serta aroma yang sangat harum, sehingga dalam olahan daging seperti domba, sapi dan lain-lain rosemary dapat menghilangkan bau amis pada daging, dan menambah cita rasa kelezatannya. Saat hendak menggunakan rosemary dalam masakan, ada baiknya kamu memotong daun tersebut sampai halus. Karna jika tidak, daunnya yang berbentuk seperti jarum ini bisa menjadi alot.

Peterseli

peterseli parsley

Peterseli mempunyai karakterisik yang mirip dengan seledri, namun helaian daun peterseli lebih keriting dan rimbun. Rempah ini berasal dari India, namun sering digunakan pada masakan khas Yunani, Thailand, Vietnam, dan Laos. Daunnya hijau tua, dan rasanya sedikit pahit. Tetapi aromanya yang harum, membuat peterseli banyak digunakan pada olahan berbahan dasar utama daging.

Namun selain itu, dalam beberapa jenis makanan, peterseli juga dapat memberikan kelezatan, contohnya pada hidangan sup ataupun kaldu. Rempah ini juga lumayan sering dijadikan campuran saus ataupun garnish (hiasan) pada aneka hidangan.

Daun Jeruk

daun jeruk purut

Yang terakhir ada daun jeruk. Selain buahnya, daun jeruk purut juga sering menjadi campuran rempah untuk membuat bumbu masakan, namun wanginya yang sangat harum dan menyegarkan dapat membuat aroma pada olahan ayam semakin nikmat. Kamu cukup memasukan daun jeruk secara utuh ataupun yang sudah di potong ke dalam masakan mu.

Itulah 7 jenis rempah yang dapat kamu gunakan untuk membuat olahan daging mu lebih nikmat dan tidak meninggalkan bau. Apakah kamu termasuk penggemar olahan daging? Jika iya, hidangan mana yang paling kamu sukai? Tulis di kolom komentar yuk!

rempah yang dapat menghilangkan bau amis daging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *