7 Jenis Ikan Air Tawar yang Populer Untuk Dikonsumsi!

7 jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi

Beberapa macam ikan dapat ditemui di Indonesia salah satunya adalah jenis ikan air tawar. Ikan air tawar sendiri merupakan jenis ikan yang menghabiskan waktunya 90% di air tawar seperti di sungai dan danau.

Secara fisiologis, ikan air tawar memiliki insang yang cenderung dapat mendistribusikan garam sehingga mereka dapat hidup di air tawar. Karakteristik ikan air tawar juga memiliki ginjal yang berkembang biak dengan baik karena ginjal ikan air tawar berukuran besar. Hal itu disebabkan oleh banyaknya air yang melewatinya.

Berbagai macam ikan air tawar yang ada di Indonesia pada umumnya sangat mudah untuk dibudidayakan sehingga mereka memiliki nilai ekonomis tersendiri dimata pembudidaya. Selain itu dagingnya yang dapat dibuat masakan lezat juga menjadikan ikan air tawar ini manjadi populer. Rasanya yang enak dan sedap, membuat ikan air tawar menjadi sasaran untuk dikonsumsi.

Berbagai macam ikan air tawar dapat diolah menjadi masakan yang lezat, berikut 7 ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi!

Ikan Lele

7 jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi ikan lele

Ikan lele yang memiliki nama lain ikan keli ini merupakan ikan yang populer dikonsumsi. Pasalnya ikan ini merupakan ikan yang sangat mudah untuk dibudidaya. Banyak pembudidaya yang melakukannya sendiri di lahan mereka. Semakin banyak yang membudidayakan lele tentu kepopulerannya semakin meningkat.

Tekstur daging ikan lele tidak dapat diragukan lagi, bila dimasak kamu akan mendapat tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Wah, nikmat bukan? Rasa daging yang gurih membuat ikan lele semakin nikmat setiap disantap.

Kandungan gizi pada ikan lele juga tidak kalah penting. Dalam 100 gram ikan lele kamu akan mendapat energi 145 Kalori, protein 15,45 gram, lemak 9,09 gram.

Oh iya, yang membuat ikan lele ini menjadi populer dikonsumsi ialah harganya yang murah meriah. Selain itu untuk hidangan ikan lele sangat mudah ditemui dimana saja, seperi warung pecel lele, warteg (warung tegal), dan restoran.

Ikan Mas

7 jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi ikan mas

Ikan mas memiliki nama latin Cyprinus carpio. Ikan ini dinamakan ikan mas karena adanya warna keemasan pada bagian tubuhnya. Ikan satu ini memiliki panjang 35-80 cm. Biasanya yang berukuran 80 cm adalah ikan mas dewasa. Menurut penelitian, ikan mas dapat mencapai hidup 20 tahun di alam bebas.

Berat ikan mas ialah 2-14 Kg (kilogram). Ikan mas dapat bertelur hingga 300.000, dengan begitu ikan ini cukup populer di Indonesia.

Ikan mas juga dapat hidup dalam situasi apapun. Ia memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi. Bahkan dalam cuaca ekstrem pun ikan mas masih dapat bertahan hidup.

Ikan mas memiliki nilai ekonomis yang penting, karena ikan ini memiliki tekstur daging yang empuk, dan cocok diolah dengan berbagai resep. Itulah yang menyebabkan beberapa rumah makan pasti akan menyajikan pilihan ikan mas pada menunya.

Gizi pada ikan mas dengan berat 100 gram ialah energi sebesar 86Kkal, protein 26,67%, vitamin B3 17,73%, dan vitamin A 7,50%. Yuk mulai dari sekarang, sering konsumsi ikan mas untuk menjaga protein tubuhmu.

Ikan Nila

7 jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi ikan nila

Ikan nila ternyata menjadi komoditas unggulan utama perikanan air tawar di Indonesia. Berat ikan nila dewasa bisa mencapai bobot 2,4 Kg. Ikan nila ini sangat mudah berkembang biak, sekali bertelur bisa mencapai 500-1000 telur. Tidak heran lagi mengapa nila banyak di jumpai di pasar.

Ikan nila di pasaran, dijual dengan harga 30.000 – 37.000 / Kg (berbeda tiap wilayah). Harganya yang murah, membuat ikan satu ini banyak dikonsumsi masyarakat. Dengan harga murah ikan nila ini mengandung 26 gram protein dan 128 kalori. Tentu saja ikan ini menjadi pilihan sebagai olahan masakan Indonesia.

Sama seperti ikan lele ikan nila juga tahan cuaca ekstrem, tahan penyakit, toleran terhadap suhu dan kadar garam yang ada di sekitarnya. Ikan ini cenderung berada pada koloni.

Ikan nila juga banyak dijumpai di warung makan. Biasanya disajikan dengan bumbu pindang, bumbu pesmol, dan bumbu crispy. Kalau kamu, lebih suka diolah dengan bumbu yang mana nih?

Gabus

7 jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi ikan gabus

Ikan dengan nama latin Channa striata ini sangat terkenal karena memiliki kandungan gizi tinggi. Siapa sangka, ikan gabus ini kandungan gizinya melebihi daging merah, ayam, dan telur.

Manfaat ikan gabus yang paling terkenal ialah kandungan albumin yang tinggi. Albumin merupakan zat aktif yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan dan perbaikan sel. Jadi biasanya ikan gabus ini bagus dikonsumsi bagi pasien pasca operasi. Manfaat lain dari ikan gabus ini diantaranya, menyehatkan otot, mencerdaskan otak anak, meredakan radang sendi, dan juga mengurangi risiko jantung dan stroke.

Kalian pasti tak asing lagi dengan istilah ‘gabus pucung’ bukan? Yap, istilah tersebut merupakan makanan khas dari suku Betawi. Makanan berkuah hitam (dari kluwek) ini menjadi ciri khas kota DKI Jakarta. Rasanya, kalau kamu sedang di Jakarta dan tidak mencoba gabus pucung, pasti nyesel banget deh. Sebab, makanan ini memiliki berbagai macam rasa dari mulai manis asam gurih dan asin menyatu. Belum lagi tekstur lembut ikan gabus yang bikin kamu ketagihan. Dijamin nikmat deh.

Ikan gabus dengan berat 500 gram kini dijual dengan harga Rp 45.000. namun tidak perlu khawatir dengan harga yang cukup murah kamu bisa mendapatkan kadar albumin yang tinggi dan manfaat yang banyak.

Mujair

7 jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi ikan mujair

Fakta ikan mujair yang pasti kamu baru tahu adalah asal nama ikan mujair. Ternyata ikan mujair diberi nama “Mujair” karena  penemunya bernama Bapak Mujair. fakta lainnya, ikan ini dapat berkembang biak di air tawar dan insangnya dapat mengemulsikan beberapa garam sehingga dapat bertahan di air tawar.

Panjang ikan mujair dewasa bisa mencapai 35 – 40 cm. Beratnya bisa mencapai bobot 620 gram untuk ikan dewasa. Nama latin ikan ini adalah oreochromis mossambicus. Mujair betina dapat menampung sekitar 100 sampai 600 telur dalam perutnya.

Para pembudidaya ikan juga memilih ikan mujair karena termasuk ikan yang tahan akan cuaca ekstrem. Juga jenis ikan ini mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air tawar.

Ikan ini biasanya diolah menjadi ikan asap karena tekstur mujair ini termasuk tekstur ikan yang padat. Namun tidak perlu khawatir, daging ikan ini tetap terasa empuk dan gurih.

Harga 1 kg ikan mujair juga terbilang murah yaitu sekitar Rp 30.000 sampai Rp 35.000 tergantung tiap lokasi. Karena harganya yang cukup murah, ikan mujair ini banyak ditemui di restoran ikan, dan warung makan. Olahan ikan ini juga bisa dijadikan sebagai ikan bakar. Cocok untuk disantap dengan sambal.

Tawes

7 jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi ikan tawas

Ikan ini merupakan salah satu jenis yang penting dan populer dikembangkan dalam akuakultur sebagai ikan konsumsi. Ikan tawes paling banyak ditemui di daerah Jawa dan Sumatera.

Ikan tawes merupakan ikan asli Indonesia dengan nama “Putuhan atau Bander Putihan”. Ikan ini dapat hidup dengan suhu air optimum 30°C dan dapat ditemukan di beberapa sungai deras. Makanan ikan paus juga cukup mudah diantaranya bisa dedak, bungkil, dan sisa makanan dapur. Jadi para pembudidaya sangat mudah untuk membudidayakan ikan tawes ini.

Tawes juga biasa hidup di hulu sungai. Youtube vlogger bernama Balikin Kelor memancing ikan ini di hulu sungai, dan mendapatkan ikan tawes yang berukuran 8 jari. Wah besar ya?

Ikan tawes ialah ikan air tawar yang memiliki kalori tertinggi, yaitu sebesar 198 kalori per ikan. Selain kalori tinggi ikan tawes juga mengandunga fosfor, kalsium dan vitamin A. Oleh karena itu manfaat utama dari ikan tawes ialah untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh. Bila kalori tubuh kamu terpenuhi, maka sangat bermanfaat dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Kamu tidak akan mudah lelah, lesu dan letih.

Ikan Patin

7 jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi ikan patin

Ikan patin atau Pangasius sp. merupakan salah satu ikan asli perairan Indonesia. Ikan ini ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda. Diantaranya Pangasius atau Pangasius jambal, Pangasius humeralis, Pangasius lithostoma, Pangasius nasutus, Pangasius polyuranodon, dan Pangasius niewenhuisii

Panjang tubuh ikan patin dapat mencapai 120 cm. Untuk warnanya, ikan patin memiliki sinar putih perah pada tubuhnya dan punggungnya berawarna sedikit kebiruan.

Habitat ikan patin ialah di tepi sungai–sungai besar dan di muara-muara sungai maupun danau. Ikan ini senang berkembang biak pada musim hujan. Untuk itu pada musim hujan, 1 kg ikan patin bisa menghasilkan telur sebanyak 120.000-200.000 butir telur. Namun bila musim kemarau, indukan ini hanya menghasilkan 60.000-100.000 butir saja.

Apabila musim hujan, ikan ini sangat banyak dijumpai di pasar. Kamu bisa mendapatkan ikan patin 1kg seharga 43.000-48.000 nih. Murah ya?

Dilansir dari fatsecret Indonesia, dalam 100 gram ikan patin kamu bisa mendapatkan 89 kalori, 374 kj, 14,91 gram krotein, dan 127 mg Kalium. Protein cukup tinggi dari patin ini yang membuatnya cukup terkenal di Indonesia.

Olahan patin biasanya dengan bumbu pindang, bumbu kuning, dan sop patin. Tekstur daging cukup tebal, empuk, dan kulit yang lembut menjadi ikan patin terasa lebih cocok dimasak dengan kuah hangat.

7 jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi

Demikian informasi mengenai 7 jenis ikan air tawar yang populer untuk di konsumsi. Sekarang kamu bisa banget mengolah ikan air tawar sebagai sumber protein tubuhmu yang tentu tidak kalah dengan daging merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *