6 Agama Yang Diakui Di Indonesia

6 agama yang diakui di indonesia

Agama merupakan sistem yang mengatur kepercayaan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, serta mengatur tata kaidah yang berhubungan dengan kegiatan spiritual atau suatu ajaran yang menghubungkan antara manusia dengan Tuhan.

Di Indonesia agama telah menjadi suatu bagian penting dalam kehidupan. Hampir semua penduduk Indonesia menganut suatu agama, yang mana hal tersebut nantinya akan tertulis dalam kartu identitas. Tidak peduli seberapa taat seseorang dalam melakukan peribadatan dalam suatu agama, status agama menjadi suatu hal yang wajib diisi dalam kartu identitas. Bagi negara Indonesia yang beridiologi Pancasila, status keagamaan sudah diajarkan dan diterapkan sejak sedini mungkin. Terbukti dari sila pertama Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” yang dapat juga diartikan dengan ‘Percaya kepada Tuhan yang Esa’ atau secara tidak langsung mewajibkan kita untuk percaya kepada kehadiran Tuhan.

Pada 1965, Soekarno mengeluarkan sebuah keputusan presiden No. 1/Pn.Ps/1965 1/Pn.Ps/1965, di mana dalam keputusan tersebut tertulis bahwa agama resmi di Indonesia menjadi enam, termasuklah Konghucu. Namun Pada tahun 1969, UU No. 5/1969 dikeluarkan atau dibuat untuk menggantikan keputusan presiden tahun 1967 (mengenai enam agama resmi). Hingga pada tahun 1978, Menteri Dalam Negeri mengeluarkan keputusan bahwa hanya ada lima agama resmi di Indonesia, yakni tidak termasuk Konghucu. Dan pada tanggal 27 Januari 1979, dalam suatu pertemuan kabinet, dengan kuat memutuskan bahwa Konghucu resmi bukanlah suatu agama. Keputusan Menteri Dalam Negeri telah dikeluarkan pada tahun 1990 yang menegaskan bahwa hanya ada lima agama resmi di Indonesia.

Tetapi setelah reformasi Indonesia tahun 1998, Abdurrahman Wahid dipilih menjadi presiden yang keempat yang menggantikan Soeharto. Wahid mencabut instruksi presiden No. 14/1967 dan keputusan Menteri Dalam Negeri tahun 1978. Dan menjadikan Agama Konghucu sebagai agama resmi dan dianggap sebagai agama di Indonesia.

Berikut beberapa agama yang diakui di Indonesia :

Islam

6 agama yang diakui di indonesia islam

Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Bahkan negara ini merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Pemeluk agama Islam banyak dijumpai di wilayah barat Indonesia (seperti di Jawa dan Sumatra) hingga wilayah pesisir Pulau Kalimantan. Sedangkan di wilayah timur Indonesia, persentase penganutnya tidak sebesar di kawasan barat. Berdasarkan perhitungan Badan Pusat Statistik tahun 2010 pemeluk agama Islam berjumlah 87,2% atau lebih dari 207 juta orang.

Agama Islam sebenarnya adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tanda bahwa kita telah beriman kepada Allah dan menjadi pemeluk agama ini adalah dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Adapun beberapa Ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam antara lain mendirikan sholat, puasa di bulan ramadhan, zakat, dan pergi haji bagi yang mampu.

Kitab suci agama Islam ialah Al Quran. Yakni sebuah kitab yang terdiri dari 114 surat, 30 juz, dan 6.666 ayat. Al Quran diturunkan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau rata-rata selama 23 tahun. Waktunya dimulai sejak 17 Ramadan yang mana pada saat itu Nabi Muhammad berumur 40 tahun hingga wafat. Sedangkan tempat ibadah umat Islam disebut Masjid. Hari besar agama Islam adalah Idul Fitri dan Idul Adha.

Kristen Protestan

6 agama yang diakui di indonesia kristen protestan

Agama ini berkembang dengan sangat pesat pada abad ke-20 yang ditandai oleh kedatangan para misionaris dari Eropa ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti di wilayah barat Papua dan sedikit di Kepulauan Sunda. Wilayah-wilayah tradisional Kristen protestan di Indonesia tersebar di Tanah Batak, Tanah Karo, Nias, Mentawai, pedalaman Kalimantan, Minahasa, Poso, Tana Toraja, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Maluku dan Papua. Di Indonesia sendiri, pemeluk agama protestan mencapai angka :Saat dengan kitab suci mereka yakni Al-Kitab atau Injil.

Ibadah minggu telah menjadi semacam ibadah wajib bagi penganut agama Protestan. Ibadah ini bisa dilakukan dimana saja. Baik di gereja, balai perkumpulan, sebuah aula besar maupun rumah. Biasanya kegiatan ibadah ini terbagi menjadi 2 yakni doa pembuka dan puji-pujian yang berisi firman Tuhan. Tanda bahwa seseorang telah memeluk agama ini ialah dengan mengikuti beberapa tahapan yakni: pembaptisan, katekisasi, sidi dan perjamuan kudus. Hari besar dalam Kristen Protestan ialah Natal atau Kelahiran Yesus dan hari Paskah.

Kristen Katolik

6 agama yang diakui di indonesia kristen katolik

Kristen Katolik tiba di Indonesia dimulai dari Kepulauan Maluku pada antara tahun 1546 dan 1547 saat pelopor misionaris Kristen, Fransiskus Xaverius, mengunjungi pulau itu dan membaptiskan beberapa ribu penduduk setempat. Dan Kristen Katolik mulai berkembang di Jawa Tengah ketika Frans van Lith menetap di Muntilan pada 1896 hingga 15 Desember 1904.

Ibadah-ibadah yang biasanya dilakukan oleh penganut Kristen Katolik ialah misa, doa novena, dan doa lingkungan. Dengan kitab sucinya yang bernama Kitab Suci Katolik atau Alkitab Katolik, yakni Alkitab yang memuat keseluruhan 73 kitab kanonik, termasuk kitab-kitab Deuterokanonika, yang diakui oleh Gereja Katolik. Selain itu terdapat 7 Sakremen (suatu tanda yang dimulai dari Kristus untuk memberikan rahmat kepada umatNya) dalam agama Katolik. Yakni baptis, krisma, ekaristi, pengampunan dosa, pengurapan orang sakit, imamat dan sakramen perkawinan. Sama seperti protestan hari besar Kristen Katolik di Indonesia ini adalah Natal atau Kelahiran Yesus dan hari Paskah.

Hindu

6 agama yang diakui di indonesia hindu

Menurut catatan, jumlah penganut Hindu di Indonesia pada tahun 2010 adalah 4 juta orang, 1,7% dari jumlah penduduk Indonesia dan menjadi agama terbesar nomer 4 di Indonesia.

Dalam Agama Hindu ada lima keyakinan dan kepercayaan yang disebut dengan Pancasradha. Pancasradha merupakan keyakinan dasar umat Hindu. Kelima keyakinan tersebut, yakni: Widhi Tattwa, Atma Tattwa, Karmaphala Tattwa, Punarbhava Tattwa, dan Moksa Tattwa.

Kitab suci agama ini ialah kitab Weda yang menjadi sumber segala ajaran bagi agama Hindu. Beberapa ibadah  yang dilakukan oleh umat Hindu antara lain Trisandhya, Suryasewana, Berjapa, Sembahyang, dan Tirhtayatra. Dan mereka biasanya melakukan kegiatan peribadatan ini di tempat yang bernama Pura. Hari raya bagi umat Hindu, adalah Nyepi, Kuningan, dan Galungan.

Buddha

6 agama yang diakui di indonesia buddha

Buddha merupakan agama tertua kedua di Indonesia, Sejarah Buddha di Indonesia berhubungan erat dengan sejarah Hindu, bahkan sejumlah kerajaan Buddha dibangun sekitar periode yang sama dengan kerajaan Hindu.

Menurut sensus nasional tahun 2010, kurang lebih dari 0,7% dari total penduduk Indonesia beragama Buddha, yakni kurang lebih berkisar 1,7 juta orang. Kebanyakan penganut agama Buddha berada di Jakarta, walaupun beberapa terdapat di provinsi lain seperti Riau, Sumatra Utara dan Kalimantan Barat.

Agama Buddha juga mengajarkan tatacara peribadatan, yang biasanya disebut sebagai Puja. Istilah Puja berarti menghormati atau memuja, dan mengacu pada upacara keagamaan sebagai sarana untuk menguatkan dan menuangkan keyakinan umat sehari-hari akan janji pada Tiratana yaitu Buddha, Dhamma serta Sangha. Kegiatan ibadah ini biasanya dilakukan di Vihara. Kitab suci agama Buddha pada masa sekarang disebut Tripitaka. Dan hari raya bagi umat Buddha ialah seperti Waisak.

Khonghucu

6 agama yang diakui di indonesia konghucu

Urutan agama di Indonesia yang terakhir adalah Khonghucu. Agama ini berasal dari Tiongkok daratan dan yang dibawa oleh para pedagang Tionghoa dan imigran, diperkirakan sedari abad ke-3 Masehi. Pada tahun 1883 di Surabaya didirikan tempat ibadah Khonghucu yang saat ini dikenal dengan nama Miao, Bio atau Kelenteng.

Pada tahun 1900 pemeluk Konghucu membentuk lembaga Konghucu Khong Kauw Hweed an Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) pada tahun 1955 di Surakarta. Saat ini agama Khonghucu di Indonesia berjumlah 0,05%.

Ibadah dalam agama Khonghucu sendiri berupa kebaktian atau sembahyang yang dilakukan baik di Lithang, Kelenteng maupun di rumah. Selain itu mereka juga melakukan kebaktian kepada Nabi, para Suci, leluhur dan kemasyarakatan. Kitab suci agama ini bernama Shishu Wujing. Dan hari raya bagi umat Konghuchu antara lain hari lahir Nabi Khong Hu Cu, hari wafatnya, dan hari Genta Rohani.

Jadi itulah beberapa agama yang diizinkan di Indonesia, Seperti yang termaktub dalam Pasal 29 UUD 1945 ayat 2 bahwa “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya” maka setiap warna negara Indonesia bebas menganut agama apapun yang diyakini, dan bebas melakukan kegiatan keagaaman dengan tetap memperhatikan norma-norma yang berlaku.

6 agama yang diakui di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *