4 Jenis Saus Yang Cocok Untuk Kebab Shawarma

saus shawarma

Artikel ini merupakan kelanjutan dari seri “Meluruskan kesalahpahaman kebab shawarma di Indonesia”, BAGIAN SAUS. Silahkan baca terlebih dahulu agar anda bisa mendapatkan pengetahuan secara lengkap.

Penggunaan Saus Mayonnaise untuk kebab atau shawarama di Indonesia merupakan hal umum karena saus Mayonnaise lebih umum dikenal ketimbang Saus Tahini atau jenis saus Arab lainnya. Pada umumnya di Arab sendiri tidak menggunakan saus Mayonnaise, melainkan Saus Tahini sebagai saus dalam menikmati Shawarama.

Namun ternyata tidak hanya Saus Tahini saja, melainkan ada beberapa jenis saus lain yang cocok dalam menikmati shawarma. Berikut adalah 6 jenis Saus yang cocok dalam menikmati Shawarma.

Saus Tahini

Saus Tahini berada di urutan pertama karena secara budaya memang seharusnya Saus Tahini adalah pendamping nomor satu untuk Shawarma. Saus Tahini dibuat dari Wijen Putih yang umumnya dihaluskan dengan cara stone grinding atau penggilingan dengan model batu jepit. Proses tradisional ini akan menghasilkan saus tahini, walaupun setelah teknologi berkembang, penggunaan blender kecepatan tinggi bisa digunakan dalam pembuatannya tapi hanya sekala kecil rumah.

Untuk menikmati Shawarma atau Kebab, masyarakat Arab masih harus mencampurkan atau mengolah Saus Tahini asli/pure dengan beberapa campuran sederhana lainnya seperti air perasan jeruk lemon, bawang putih, air panas, garam dan rempah lainnya. Semua diaduk secara merata hingga mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan.

Perlu diketahui bahwa Saus Tahini asli masih harus diolah kembali, dan jarang digunakan secara langsung.

Saus Tahini
Saus Tahini

Saus Tzatziki

Secara sejarah, Saus Tzatziki berasal dari Kerajaan Turki, dan memiliki beberapa versi di negara negara tertentu. Namun umumnya Saus Tzatziki terbuat dari Yogurt sebagai bahan utama, lalu Timun, Bawang Putih, Ari perasan Lemon, Daun Dill, Garam dan sedikit lada hitam. Saus Tzatziki bisa menjadi opsi dan variasi baru yang bisa anda coba ketika mencoba Shawarma.

Saus Yogurt dengan Bawang Putih

Saus ini hampir sama dengan Saus Tahini, hanya saja Bahan utama Tahini diganti dengan Yogurt. Bagi pecinta yogurt, saus ini lebih cocok bagi mereka.

Saus Toum

Saus Toum merupakan saus yang sangat kuat dengan Rasa Bawang Putih, karena Toum sendiri dalam bahasa arab bermakna Bawang Putih. Saus Toum ini tidak dibuat menggunakan Tahini, melainkan menggunakan Minyak Canola/Zaitun, Air perasan Lemon, Air dingin, Bawang Putih dan garam. Semua bahan tersebut diblender hingga halus dan menjadi sebuah saus bertekstur dan berwarna mirip seperti mayonnaise. Bagi anda pecinta bawang putih maka anda akan jatuh cinta dengan saus Toum ini.

Walaupun bawang putih memiliki banyak manfaat tapi anda harus memperhatikan bau mulut anda dan juga jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menurunkan tensi anda.

Jika anda perhatikan hampir semua Saus Arab selalu mengandalkan Bawang Putih sebagai pemberi rasa. Kami harapan dengan penjelasan ini, para pembaca bisa mendapatkan penjelasan yang jelas mengenai makanan Arab khususnya Shawarma.

Saus Sambal Harisa [BONUS]

Saus Harisa tidak kami masukkan kedalam daftar, melainkan sebagai bonus saja, karena Saus ini hanya bersifat sebagai tambahan bagi anda yang menyukai rasa pedas. Saus ini sejatinya adalah sambal versi Arab dan tidak umum digunakan sebagai saus utama dalam shawarma. Saus ini terbuat dari Cabai dan rempah rempah yang dihaluskan. Terdapat dua versi harisa, yatu yang berbentuk pasta, dan ada juga yang berbentuk bubuk tabur.

Summary
4 Jenis Saus Yang Cocok Untuk Kebab Shawarma
Article Name
4 Jenis Saus Yang Cocok Untuk Kebab Shawarma
Description
Ternyata bukan Saus Mayonnaise yang cocok untuk shawarma, melainkan Saus Tahini, Saus Tzatziki, Saus Toum dan Saus Yogurt dengan Bawang Putih. Itulah 4 jenis saus yang cocok untuk Kebab Shawarma.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Leave a comment