17 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Efek Samping

Kayu Manis

Kayu Manis

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan 17 manfaat penting kayu manis bagi kesehatan tubuh manusia juga efek samping nya.

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang berasal dari cabang-cabang pohon liar yang termasuk dalam genus “Cinnamomum”. Tanaman asli Karibia, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara ini ada dua jenis utama yaitu :

  • Cinnamon Ceylon, Kayu manis yang paling umum digunakan di dunia Barat
  • Cinnamomum aromaticum, Kayu manis Cina yang berasal dari Cina selatan, biasanya lebih murah daripada Ceylon cinnamon.

Kayu Manis telah dikonsumsi sejak tahun 2000 SM di Mesir Kuno, di mana rempah ini sangat sangat berharga (hampir dianggap obat mujarab). Pada abad pertengahan dokter menggunakan kayu manis untuk mengobati kondisi seperti batuk, radang sendi, dan sakit tenggorokan.

Di Indonesia sendiri, berbagai macam tanaman rempah seperti kayu manis ini digunakan bersamaan dengan bahan-bahan lain seperti manfaat kunyit dan manfaat jahu untuk dijadikan jamu. Hal ini dikarenakan kandungan alami yang kaya di dalamnya seperti minyak atsiri, eugenol, kalsium oksalat, sinamaldehide, tanin, damar dan zat penyamak.

Selama ini kayu manis dikenal sebagai bahan makanan yang bisa dicampur dalam masakan, kue, atau minuman. Selain menambah rasa dan memiliki bau yang sedap, kayu manis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan lho.

Manfaat kayu manis bagi kesehatan sangat banyak, Anda perlu mencobanya sendiri. Ada baiknya Anda mengkonsumsi kayu manis secara rutin, agar kesehatan Anda terjaga dengan baik. Rempah-rempah yang berbentuk kulit kayu ini sangat baik untuk kesehatan Anda, Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat herbal.

Kayu manis telah digunakan sebagai rempah bumbu masakan. Rempah ini memang sangat unik karena mempergunakan bagian kulit dari batang pohon kayu manis tersebut. Berbagai macam kuliner Indonesia banyak menggunakan kayu manis untuk bumbu masakannya seperti semur daging. Pohon kayu manis banyak terdapat pada wilayah Indonesia tepatnya di pulau Sumatera. Rempah-rempahan sepertinya selain sebagai bumbu masakan seperti manfaat kemiri juga bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit.

Manfaat kayu manis
Manfaat kayu manis

Pada era modern seperti saat ini, penggunaan kulit batang kayu manis sebagai obat sudah berkurang. Banyak masyarakat yang beralih pada obat-obatan dokter karena dinilai lebih manjur. Alhasil, kayu manis hanya dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan. Padahal, batang kayu manis memiliki manfaat dan  khasiat yang sangat besar bagi kesehatan.

17 Manfaat Kayu Manis bagi kesehatan tubuh

Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes. Dan merupakan kabar baik bagi siapa saja yang ingin meningkatkan energi agar lebih stabil.

Memiliki senyawa anti infeksi alami yang ditemukan dalam studi. Kayu manis efektif terhadap H. pylori yaitu bakteri penyebab borok atau bisul dan patogen lainnya.

Menyehatkan pembuluh darah. Kolesterol LDL dalam tubuh membuat pembuluh darah akan tersumbat, kayu manis dapat mengurangi hal tersebut.

Meredakan sakit perut. Dengan ramuan kayu manis juga bisa menyembuhkan sakit pada perut yaitu dengan cara campuran madu dan kayu manis yang diminum. Dengan cara ini selain bida mngobati sakit perut juga bisa membersihkan perut.

Menghilangkan bau mulut. Mencampurkan 1 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis pada air hangat dan diminum setiap pagi bisa membuat mulut kita segar seharian dan menghilangkan mau mulut yang mengganggu.

Mengurangi gas dalam perut. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi minuman hangat dengan campuran madu dan juga kayu manis bisa sangat ampuh untuk mengurangi gas dalam perut.

Mengatasi kanker tulang dan kanker perut. Penelitian mengatakan dengan mengkonsumsi 1 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis setiap hari selama sebulan dapat mengatasi kanker tulang dan kanker perut. Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker dan untuk pencegahan kanker.

Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. Whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, kecepatan bekerja pada program komputer.

Mengobati Flu. Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

Melawan virus HIV. Manfaat batang kayu manis lainnya yang sangat jarang diketahui adalah untuk melawan virus HIV. Jounal University Of Texas juga menyebutkan bahwa, ‘ekstrak yang paling efektif  terhadap HIV-1 dan HIv-2 masing-masing adalah ekstrak batang kayu manis atau cinnamon dan cardiospermum helicacabum’.

Mengatasi jerawat. Menggunakan kayu manis ternyata bisa mengatasi jerawat yang membandel dengan cara campurkan 3 sendok madu 1 sendok kayu manis lalu dioleskan dibagian wajah sebelum tidur dan biarkan semalaman. Setelah bangun tidur basuh wajah dengan air hangat, jika cara ini dilakukan setiap hari secara rutin bisa mengatasi jerawat.

Mengatasi sakit gigi cukup dengan mencampurkan 1 sndok bubuk kayu manis dengan 5 sendok madu dan dioleskan pada gigi yang sakit. Gunakan ramuan ini secara rutin sampai sakit pada gigi hilang.

Mengatasi radang sendi. Dengan mengkonsumsi air hangat yang dicampur dengan 2 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis dapat mengatasi radang sendi kronis.

Mengatasi rambut rontok. Sebagian wanita pasti mempermasalahkan rambut yang rontok, tetapi tidak perlu khawatir karena ada banyak ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok serti canpuran minyak zaitun, bubuk kayu masin dan juga madu.

Mengencerkan darah. Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

Mengatasi nyeri haid. Karena mampu menyeimbangkan hormon reproduksi, batang kayu manis juga dapat memperlancar siklus haid. Hal ini juga berlaku untuk mempercepat peluruhan darah haid.

Mencukupi kebutuhan nutrisi. Kulit batang kayu manis juga mengandung serat, kalsium dan zat besi meskipun dalam jumlah kecil. Meski begitu, kayu manis cukup membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda jika dikonsumsi dalam takaran yang pas.

Itulah beberapa manfaat mengejutkan yang bisa didapatkan dari kayu manis. Jangan lagi menyepelekan khasiat kayu manis pada makanan atau minuman kalian.

mengkonsumsi batang tanaman ini dalam dosis yang terlalu besar juga dapat masalah hati. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah reaksi kayu manis terhadap obat-obatan kimia. Kayu manis dapat bereaksi dengan  obat antibiotik, obat diabetes, pengencer darah dan obat jantung. Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter diperlukan jika Anda ingin mengkonsumsi kayu manis bersama obat-obatan lainnya.

 

Efek samping Kayu Manis

Selain memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, kayu manis juga dapat memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh. Penggunaan kayu manis yang salah atau terlalu berlebihan atau pada orang yang alergi, dapat menyebabkan iritasi pada mulut, bibir, dan bagian lainnya yang dapat menyebabkan luka. Biasanya akan menyebabkan kemerahan jika diaplikasikan pada kulit.

Risiko konsumsi kayu manis yang berlebihan kemungkinan akan beracun, terutama pada orang dengan gangguan hati. Bahan dalam beberapa produk kayu manis misalnya coumarin, dapat menyebabkan masalah hati. Selain itu, karena kayu manis dapat menurunkan gula darah, sehingga bagi penderita diabetes mungkin perlu menyesuaikan pengobatan mereka jika mereka menggunakan suplemen kayu manis.

Para penderita ulkus lambung atau irritable bowel syndrome sebaiknya berhati-hati saat mengkonsumsi kayu manis. Mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah besar (lebih dari setengah sendok teh) dapat menyebabkan iritasi dinding lambung.

Kayu manis mengandung suatu zat yang bersifat racun bagi ginjal bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Zat ini disebut dengan coumarin. Oleh karena itu, dianjurkan agar para penderita gangguan ginjal atau gangguan hati atau orang yang mengkonsumsi obat yang dimetabolisme di dalam hati membatasi konsumsi kayu manisnya.

Memang sangat baik untuk pengobatan dan perawatan kesehatan, namun bukti keamanan kayu manis sebagai obat tradisional ini masih tergolong kurang, sehingga tidak direkomendasikan bagi anak-anak, atau bagi wanita yang sedang hamil serta sedang menyusui. Dan juga bagi anda yang sedang mengkonsumsi obat teratur, sebaiknya konsultasi dulu kepada dokter anda sebelum memanfaatkan kayu manis sebagai obat. Sebab, kayu manis dapat berinteraksi dengan antibiotik, obat diabetes, pengencer darah, obat jantung, dan lain sebagainya.

 

 

Summary
17 Manfaat Penting Kayu Manis untuk Kesehatan dan Efek Samping
Article Name
17 Manfaat Penting Kayu Manis untuk Kesehatan dan Efek Samping
Description
Kayu manis memiliki banyak manfaat dan juga beberapa efek samping jika dikonsumsi berlebihan, berikut kami sertakan 17 manfaat penting kayu manis untuk kesehatan dan juga efek sampinya seperti menyembuhkan jerawat, melancarkan darah dan lain sebagainya.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment