17 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Manfaat daun mint

Daun mint merupakan salah satu daun yang dikonsumsi di berbagai makanan. Rasanya yang unik dan aneh memiliki banyak manfaat dan juga keuntungannya. Daun mint umum-nya diolah sebagai tambahan pasta atau bahkan ekstraknya ditambah pada minuman sehingga rasanya menjadi segar. Tak jarang dicampurkan pada smoothies dan teh.

Daun mint banyak dimanfaatkan untuk campuran di berbagai masakan karena dari aroma dan rasanya yang sangat khas. Terutama orang Eropa dan Barat sering memberikan daun mint ini pada berbagai masakan. Jadi daun mint tidak hanya dimanfaatkan hanya untuk membuat permen mint yang dijual di pasaran saja, tapi sekarang juga dimanfaatkan untuk makanan dan aromaterapi.

Daun mint yang masih termasuk di dalam kategori rempah-rempah ini sekarang juga sering dipakai oleh para ahli kecantikan. Karena banyak produk kosmetik atau tempat-tempat perawatan kecantikan seperti spa menggunakan daun ini untuk perawatan kulit hingga rambut. Hal ini dikarenakan daun mint memiliki cukup banyak nutrisi yang ada di dalam yang memang memberikan efek positif untuk kesehatan.

Vitamin yang ada di dalam ini cukup lengkap, jadi ketika digunakan sebagai obat herbal maka bisa mencakup banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun ini. Dan untuk mengolahnya agar menjadi obat bisa menggunakan berbagai cara, bisa dengan mencampurnya ke dalam masakan atau makanan, bisa juga dengan merebusnya.

 

Cara Membuat Obat Herbal Dari Daun Mint

Untuk membuat obat herbal dari daun mint, pembaca bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Ambil beberapa daun minta secukupnya untuk satu gelas dan ambil daun yang masih segar atau pada bagian pucuknya.
  2. Kemudian cuci hingga bersih daun tersebut agar tidak menyisakan kotoran di daunnya.
  3. Lalu masukkan 3 hingga 4 gelas air bersih ke dalam panci pemanas, begitu juga dengan daun yang sudah dibersihkan.
  4. Kemudian masak air dan daun mint yang ada di dalam panci hingga mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas air rebusan saja.
  5. Lalu tuangkan ke dalam gelas dan tunggu hingga hangat.

Kamu bisa mencampurnya dengan berbagai bahan alami lainnya misalnya seperti madu murni, gula batu, jeruk nipis, atau bahkan teh. Tidak perlu hawatir, meminum rebusan daun mint sekali hingga 3 kali sehari tidak akan memberikan efek samping terhadap kesehatan, justru akan semakin cepat proses penyembuhan.

Kamu juga bisa mencampur minuman seperti teh hangat atau jeruk hangat dengan daun mint yang masih basah maupun yang sudah kering. Untuk proses penyembuhan sebisa mungkin selalu sertakan daun mint di setiap minuman atau masakan yang kamu konsumsi setiap harinya.

Dengan kandungan nutrisi yang cukup banyak yang ada di dalam mint, maka tidak heran jika daun ini banyak bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga berat. Dan juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, misalnya sebagai ramuan diet, untuk perawatan kulit, dan juga merawat rambut.

daun mint
daun mint

Langsung kepada topik utama artikel ini, yaitu inilah 17 manfaat daun mint bagi kesehatan:

Penambah Aroma Makanan

Anda pernah merasakan perment mint? Nah itu salah satu pengaplikasian daun mint dalam makanan. Sebenarnya orang mencampurkan mint dalam masakan, bertujuan untuk menambah ciri khas dan aroma yang menyegarkan.

Aromaterapi

Dalam hal medis, manfaat daun mint baik di gunakan sebagai aromaterapi. Biasanya digunakan bagi pasien yang membutuhkan ketenangan dan perasaan rileks khusus.

Kesehatan Mata

Daun mint mengandung vitamin ‘A’ yang cukup tinggi. Nah, bagi anda yang memiliki masalah mata maka bisa mengonsumsi daun mint. Jika bosan mengonsumsi wortel atau tomat maka anda bisa menaruh daun mint pada minuman anda, konsumsi secara rutin untuk mendapatkan kesehatan mata yang maksimal.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun mint mengandung vitamin ‘C’ yang cukup tinggi. Seperti halnya pada makanan sehat lain, vitamin ‘C’ tentu berguna untuk menaikan imun tubuh agar terus sehat dan terhindari dari penyakit. Meningkatkan imun tubuh juga penting, terutama sekarang ini sangat mudah terkena penyakit dan juga endemik yang mudah menyebar. Selain itu daun mint juga bisa menyehatkan tubuh jika anda sedang terkena sakit.

Mengatasi Demam Tubuh

Salah satu efek daun mint adalah memberikan rasa dingin yang menyegarkan untuk tubuh. Meskipun berada di bawah terik matahari, efek yang ditimbulkan dari mint berbeda. Bahkan mereka yang memiliki demam atau kenaikan suhu, biasanya menggunakan mint untuk meredakan panasnya.

Mengurangi Stress

Mint memberikan estraksi dan efek ketenangan bagi penikmatnya. Untuk itulah mengapa mint digunakan sebagai aromatarapi di dalam dunia medis. Kandungan antioksidan mampu digunakan melawan stress dari luar tubuh anda. Hasilnya tubuh anda menjadi lebih tenang dan rileks.

Melegakan Pernapasan

Orang yang merasa sesak, biasanya diberikan pelega yang sifatnya menyegarkan. Salah satu estraksi yang digunakan adalah dengan manfaat daun mint. Sebab ada kandungan khusus yang mampu membuka rongga pada jalanya pernapasan, sehingga membuat penderita merasa lega.

Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi sangatlah penting, maka tenaga kesehatan yang berbeda dan dipisah dengan tenaga lainnya adalah gigi. Ternyata anti inflamasi dan antibakteri bisa didapatkan dengan mengonsumsi daun mint. Seperti gigi bolong atau mengalami luka, maka kesehatan gigi diutamakan. Beberapa pasta gigi bahkan memasukan ekstrak mint untuk menjaga kesehatan gigi dan menyegarkan gigi yang dibersihkan.

Mengurangi Bau Mulut

Bau mulut sangat sering dihindari untuk banyak masyarakat. Bukan hanya kesehatan saja, namun bau mulut sangat tidak nyaman dan mengganggu banyak orang. Maka dengan mengonsumsi daun mint yang mengandung menthol akan mengurangi bau mulut. Produksi air liur, campuran hasil makanan dan juga bakteri yang bercampur. Anti bakteri bisa mengurangi bau mulut. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti yoghurt yang memiliki fungsi yang sama dan juga mencampur dengan daun mint.

Meningkatkan Nafsu Makan

Efek dari daun mint ini sangat bagus terutama pada anak-anak yang sangat susah untuk makan. Berikanlah kepada mereka setidaknya sekali dalam sehari agar menambah nafsu makannya. Dan bagus juga untuk orang ketika masih dalam masa pengobatan untuk meningkatkan nafsu makan yang menurun.

Mencegah Kanker

Dengan khasiatnya sebagai anti radikal bebas, maka secara tidak langsung juga akan mencegah tumbuhnya sel kanker yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian maka sangat kecil kemungkinan terkena kanker jika secara teratur mengkonsumsi daun mint baik dalam bentuk masakan maupun minuman.

Mengobati Tenggorokan Gatal

Tenggorokan gatal biasa diakibatkan oleh batuk atau yang lainnya. Dan kamu bisa meminum air rebusan dari daun mint untuk membantu menghilangkan rasa gatal yang ada di tenggorokan.

Mengobati Alergi

Jika kamu sangat rentan terhadap bulu binatang atau mungkin karena debu kamu bisa menyembuhkan alergi kamu dengan mengkonsumsi daun mint. Karena manfaatnya akan membangun sistem kekebalan tubuh jadi kamu tidak akan rentan terhadap penyakit seperti alergi dan lain-lain.

Menurunkan Kolesterol

Ternyata bukan hanya tekanan darah tinggi saja, tapi efek dari kolesterol juga akan berimbas pada tidak sehatnya jantung, dan fungsi jantung akan semakin menurun. Dengan mengkonsumsi secara rutin daun mint maka akan menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Mengobati Tumor

Tidak hanya kanker saja yang bisa dicegah tapi tumor juga bisa disembuhkan degan mengkonsumsi daun mint. Setidaknya jaringan sel yang ada di dalam tubuh kita akan dihentikan dengan nutrisi dan juga antioksidan yang ada di dalam daun ini.

Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang memiliki berat badan melebihi normal kamu bisa menjadikan daun mint sebagai ramuan untuk melunturkan semua lemak yang ada di dalam tubuh. Dengan merubah pola makan menjadi lebih sehat maka akan semakin cepat berkurangnya lemak yang ada di dalam tubuh.

Menghilangkan Gas Pada Perut Kembung

Daun mint dapat menghilangkan gas yang ada di dalam perut. Ketika kita merasakan perut kembung karena terdapat banyak gas, minuman daun mint dapat menjadi solusinya. Buatlah teh hangat menggunakan daun mint untuk menghilangkan gas dalam perut.

Meskipun banyak manfaat daun mint untuk kesehatan, Daun mint juga dapat dipakai untuk hal lain selain kesehatan seperti pada cairan parfum dan juga pengusir serangga. Itulah 17 manfaat daun mint yang luar biasa sekali bagi kesehatan manusia, Semoga bermanfaat.

 

 

Summary
16 manfaat Daun Mint untuk Kesehatan
Article Name
16 manfaat Daun Mint untuk Kesehatan
Description
Banyak sekali manfaat Daun Mint untuk Kesehatan seperti Meningkatkan imun tubuh, Mengurangi stress, Melegakan pernapasan, Menjaga kesehatan gigi, Mencegah kanker, Mengobati tumor, Menurunkan kolesterol, dan masih banyak lagi.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment