15 Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

15 manfaat bawang hitam untuk kesehatan
15 manfaat bawang hitam untuk kesehatan

Umumnya orang-orang hanya mengetahui bahwa bawang hanya terbagi ke dalam 3 jenis, yakni bawang merah, bawang putih dan juga bawang bombay. Tapi pernahkah kamu mendengar tentang black garlic atau bawang hitam?

Bagi sebagian orang yang tidak terlalu akrab dengan dunia rempah, pasti sedikit bingung ketika mendengar nama bawang hitam. Memangnya bawang hitam itu apa sih? Apakah jenis tumbuhan baru? Tumbuhan hasil persilangan? Atau jangan-jangan bawang yang diberi pewarna? Tenang, jika pertanyaan seperti itu ada dibenak mu, maka artikel ini tidak boleh kamu lewatkan! Sebab, pada kali ini kami akan menyajikan info seputar bawang hitam beserta manfaatnya yang luar biasa untuk kamu!

Jadi sebenarnya apa itu bawang hitam?

Mengenal Bawang Hitam

khasiat bawang hitam

Bawang hitam tidak berasal dari tanaman jenis baru ataupun jenis bawang yang diberi pewarna. Karena bawang hitam didapatkan melalui proses fermentasi yang dilakukan pada bawang putih mentah menggunakan alat tertentu, pada suhu yang mencapai 60 sampai 70 derajat celsius, di bawah kelembapan tinggi antara 80-90 persen, selama tiga hingga empat minggu.

Dalam proses itu, bawang putih mentah akan mengalami reaksi Mailard atau proses kimia yang menghasilkan rasa baru dan ringan, manis, dan tanpa rasa panas. Tekstur bawang pun menjadi lebih lembut dan kenyal mirip seperti jeli, aroma yang dihasilkan pun juga berbeda dari bawang putih sebelumnya. Dan yang paling istimewa, nilai gizi pada bawang hitam pu menjadi lebih tinggi.

Sejarah Bawang Hitam

asal usul bawang hitam

Sejarah bawang hitam sendiri bisa dibilang cukup unik, sebab asal usulnya tidak diketahui secara jelas dan menimbulkan kontroversi. Tetapi banyak yang beranggapan bahwa bawang fermentasi ini telah digunakan selama berabad-abad lalu, dan dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat di negara-negara Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Thailand

Namun sebelum digunakan dalam menu masakan, ternyata bawang hitam lebih dahulu digunakan dalam dunia medis. Bahkan dalam mitologi China dan beberapa kepercayaan negara Asia lainnya, bawang hitam diyakini bisa memberikan umur yang panjang dan meningkatkan kesehatan.

Pernyataan tersebut sudah diterjemahkan ke dalam filsafat modern ketika bawang hitam pertama kali dipasarkan ke dunia Barat sebagai rempah yang dapat memberikan kesehatan. Namun sayangnya, kehadiran bawang hitam baru mendapatkan perhatian internasional setelah ditampilkan sebagai bahan khusus dalam kompetisi memasak pada beberapa tahun terakhir ini.

Manfaat Bawang Hitam

kandungan nutrisi bawang hitam

Kandungan gizi yang melimpah pada bawang hitam seperti senyawa bioaktif, polifenol, fenol, alkaloid, flavonoid, dan s-allylcysteine (SAC) dan berbagai nutrisi lain, seperti asam amino, karbohidrat, serat, zat besi, zinc, kalium, sulfur, magnesium, fosfor, kalsium, serta vitamin C, B1, B2, B3, dan B6 membuat bawang ini kaya akan manfaat, seperti :

Menjaga Kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dalam bawang hitam sama dengan yang terkandung dalam buah-buahan. Yakni dapat menjaga sel-sel imunitas dari kerusakan akibat radikal bebas yang berlebih. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah berbagai penyakit seperti jamur, virus, dan bakteri Karna dengan sistem kekebalan yang baik, tubuh Anda akan mampu melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit dengan lebih efektif.

Mengurangi Gula Darah

Kandungan senyawa polifenol, flavonoid, dan antosianin dalam bawang hitam bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Penelitian juga telah membuktikan bahwa manfaat bawang hitam dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Hal ini karena bawang hitam dapat membantu meningkatkan produksi insulin yang berguna untuk mengurangi kadar gula yang berlebih dalam darah. Sehingga bagi penderita darah tinggi, rutin mengonsumsi bawang hitam dapat membuat gula darah lebih stabil.

Menurunkan Kolesterol

Selain menurunkan gula darah, bawang hitam juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Karna studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi bawang hitam secara rutin dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah di tubuhmu hingga mencapai 15 persen.

Mencegah Kanker

Kandungan diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang hitam serta kumpulan senyawa bioaktifnya berperan sebagai ‘racun’ yang merusak, menghambat, dan mematikan pertumbuhan sel kanker.

Salah satu penelitian menunjukan manfaat bawang hitam dapat menurunkan molekul JNK dan p38MAPK yang memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, serta aktivitas antioksidan dari senyawa bioaktifnya juga mampu melawan radikal bebas berlebih dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan berkembangnya sel kanker.

Menstabilkan Tekanan Darah

Penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin, dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 8 persen. Sebab itu bagi kamu penderita darah tinggi, mengonsumsi bawang hitam tentu sangat dianjurkan.

Menjaga Kesehatan Otak

Demensia atau alzheimer adalah penyakit yang biasanya disebabkan karena faktor usia. Dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin mampu menjaga kesehatan otak kita dan menghindari kerusakan saraf dan risiko kepikunan.

Karna kandungan antioksidan dalam bawang hitam yang berlimpah juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, yakni kemampuan dalam berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan dan menjauhkan kita dari berbagai penyakit akibat penurunan fungsi kognitif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Menurunkan Dampak Alergi

Studi membuktikan bahwa bawang hitam mampu menurunkan reaksi alergi pada tubuh. Maka jika kamu memiliki keluhan alergi karna kondisi atau mengonsumsi sesuatu, kamu bisa gunakan black garlic dalam campuran bumbu masakan ataupun minuman kesehatan untuk membantu mengatasi alergi tersebut.

Mencegah Kerusakan Hati

Hati adalah salah satu organ vital bagi tubuh, jika terjadi kerusakan pada hati maka tentu saja hal itu sangat berbahaya. Namun jika kita rutin mengonsumi bawang hitam, kandungan yang terdapat dalam rempah tersebut akan membantu mengurangi kerusakan hati bahkan dapat membuat sel-sel yang ada didalamnya kembali ke ukuran yang optimal, sehingga kesehatan hati tetap terjaga.

Kesehatan Jantung

Sama dengan bawang putih, bawang hitam juga memiliki manfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan hipertensi.

Selain itu, bawang hitam diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, sehingga hal ini juga turut membantu tubuh untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Mengobati Sakit Gigi

Bagi kamu yang sering mengalami sakit atau nyeri pada gigi, bawang hitam bisa menjadi solusi untuk mengobatinya. Hal ini karena black hitam memiliki sifat anti bakteri dan anti virus sehingga dengan mengonsumsi rempah tersebut bakteri penyebab gigi berlubang di dalam mulut akan mati.

Mengatasi Jerawat

Selain dalam kesehatan, bawang hitam juga memiliki manfaat dari segi kecantikan, lho! Yaitu mengatasi jerawat. Satu siung bawang hitam yang dihaluskan bisa kamu oleskan di jerawat untuk membuatnya mengempis dan perlahan menghilang.

Membersihkan Komedo

Manfaat bawang hitam untuk kecantikan wajah lainnya adalah membersihkan komedo. Jika kamu punya masalah terhadap komedo di sekitar hidung yang sangat mengganggu, kamu bisa memanfaatkan bawang hitam. Haluskan bawang tersebut, lalu balurkan di area yang berkomedo, maka perlahan komedo akan berkurang.

Rahasia Awet Muda

Manfaat bawang hitam yang tak kalah menakjubkan ialah dapat membuat terlihat lebih awet muda. Hal ini karena bawang hitam mampu mengganti sel dalam tubuh yang rusak. Sehingga sel-sel dalam tubuh kita bisa selalu beregenerasi dan membuat kulit terlihat lebih muda.

Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat bawang putih untuk kecantikan kulit lainnya ialah mampu menghaluskan dan menyamarkan noda bekas luka. Cukup oleskan bawang hitam yang sudah dihaluskan ke bagian bekas luka, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini dengan rutin, maka bekas luka di tubuh mu akan memudar.

Menjaga Berat Badan Ideal

Yang terakhir bawang hitam juga dapat membantu menurunkan risiko obesitas. Karna kandungan zat anti inflamasi yang terkandung di dalam bawang hitam dapat mengatur lemak tubuh, agar tidak mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

manfaat bawang hitam

Jadi itulah manfaat menakjubkan yang bisa kamu dapatkan dari rutin mengonsumsi bawang hitam. Jika kamu ingin merasakan semua manfaat diatas, kamu bisa mulai konsumsi bawang hitam mulai hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *