14 Rempah Yang Wajib Kamu Tahu! Dijamin Masakan Enak!

14 Rempah yang wajib kamu tahu!

Pernah terpikirkan kenapa masakan di restoran terasa begitu sedap dan enak? Tenang saja, di rumah pun kamu tetap bisa membuat masakan enak ala restoran kok! Kuncinya, kamu wajib tahu apa saja bahan-bahan yang diperlukan sebelum memasak.

Dimulai dari bumbu. Yaps…… rahasia masakan enak itu terletak pada bumbunya. Jika kamu tahu resep dan takaran bumbu yang pas, maka dijamin masakan kamu pasti enak! bumbu yang enak biasanya juga dihasilkan dari rempah-rempah yang berkualitas!

Buat kamu yang baru mulai belajar memasak, dan tidak tahu macam-macam jenis rempah yang biasa digunakan dalam masakan, jangan sedih! Disini kami akan berikan penjelasan dasar yang wajib diketahui pemula, yuk kita simak sama-sama.

1. Cabe

Ilustrasi Cabe

Hampir semua olahan makanan pedas pasti berbahan dasar cabe atau bisa disebut juga cabai. Jika kamu pencinta pedas, kamu pasti sudah akrab dengan buah yang memiliki banyak biji didalamnya dan punya cita rasa pedas, juga sensasi panas jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak. Namun meskipun begitu cabe termasuk ke dalam bumbu dapur yang sering kita temui, di pasar, minimarket, ataupun toko online. Cabe mempunyai berbagai ragam jenis. Di Indonesia sendiri jenis cabe yang dijual di pasaran cukup banyak, seperti misalnya cabe rawit, cebe keriting dan lain-lain.

Fungsi cabe dalam bumbu masakan yakni menciptakan rasa pedas, semakin banyak cabe yang kamu gunakan untuk masakan mu, maka rasanya akan semakin pedas. Selain itu, cabe juga akan memberikan warna merah alami pada masakan, yang akan semakin membuat masakan pedas mu, terlihat lebih menggoda.

2. Bawang

Ilustrasi Bawang

Selain cabe, Bawang putih juga termasuk kedalam bumbu dapur yang umumnya sudah pasti diketahui masyarakat. Sebab, ada beberapa jenis masakan yang rasanya kurang sedap jika tidak menggunakan bawang. Bagaimana tidak, wanginya yang harum ketika dimasak, serta memberikan rasa gurih yang enak, menjadikannya sebagai salah satu bumbu dapur yang wajib kamu ketahui!
Bawang juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

Bawang Putih

Termasuk kedalam jenis bumbu dapur yang sering dijadikan sebagai obat, selain memiliki khasiat yang luar biasa, bawang putih juga memiliki wangi yang harum juga rasa gurih yang sedap, tak heran kalau jenis bawang ini sering dijadikan sebagai penguat rasa. Untuk kamu yang malas mengupas atau mengolah bawang putih, kini juga tersedia bawang putih dalam bentuk bubuk, jadi tidak ada alasan untuk malas memasak lagi ya!

Bawang Merah

Tidak jauh berbeda dari bawang putih, bawang merah ini juga punya tekstur rasa yang sama dengan bawang putih. Rasa gurih dan harum yang dihasilkan keduanya, menjadikannya sangat cocok jika disatukan dalam setiap sajian. Namun specialnya, kamu bisa menjadikan bawang merah goreng sebagai pelangkap lauk makanan, dengan cara mengirisnya tipis-tipis lalu mengorengnya sampai kecoklatan, dijamin apapun yang kamu makan rasanya lebih nikmat jika ditambah bawang goreng.

Bawang Bombay

Berbeda dari kedua saudaranya di atas, bawang bombay memiliki ukuran yang jauh lebih besar serta daging yang lebih tebal. Memiliki harum yang khas dan rasa yang sedikit manis dan pedas. Umumnya bawang bombay digunakan sebagai tumisan, karna memberikan harum dan rasa yang enak untuk makanan.

3. Lada

Ilustrasi Merica

Lada adalah rempah berbentuk bulat dengan tekstur yang sedikit keras. Lada memiliki dua warna yakni berwarna putih dan hitam, keduanya berasal dari pohon yang sama. Hanya saja lada putih berasal dari biji yang terdapat dalam buah lada yang sudah matang lalu dibuang kulitnya setelah dicuci bersih. Sedangkan lada hitam berasal dari buah lada yang masih hijau, lalu dipetik sebelum matang dan dijemur hingga mengering danberwarna kehitaman. Keduanya memilik aroma yang cukup menyengat. Lada Memiliki rasa yang pedas, sedikit pahit dan hangat. Lada hitam sedikit lebih pedas dari pada lada putih, karna proses pengolahannya yang lebih sederhana, membuat rasa lada hitam jauh lebih kuat. Selain Cabe, Lada juga sering digunakan untuk memberikan rasa pedas pada masakan, namun pedas yang dihasilkan lada berbeda dengan cabe. Jenis rempah ini ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat masakan seperti sayur sop, tumis dan masakan lain dengan cita rasa kuat.

4. Ketumbar

Ilustrasi Biji ketumbar

Ketumbar memiliki harum yang khas, bentuknya bulat dengan warna kuning keemasan, dibandingkan lada, butiran ketumbar lebih kecil dan teksturnya lebih lembut atau mudah retak karena bagian tengahnya kosong. Dari segi harga, biasanya harga ketumbar jauh lebih murah dibanding rempah-rempah lain. Ketumbar biasanya digunakan untuk bumbu masakan ringan seperti tempe goreng, tahu goreng, ikan goreng, ayam goreng dan masakan goreng lainnya. Jika kamu mencampukannya sebagai bumbu masakan mu, cita rasa masakan mu pasti lezat.

5. Kemiri

Ilustrasi Kemiri

Bisa dibilang kemiri adalah rempah yang hampir ada disetiap kuliner nusantara meski penggunaannya tidak banyak atau dalam jumlah besar. Namun peran kemiri sangat menentukan kelezatan hasil akhir makanan. Jadi lebih baik jangan menghilangkan bahan ini dari bumbu masakan yang terdapat kemiri didalam resepnya ya. Apalagi jika kamu ingin membuat masakan tumis atau bersantan, jangan lupakan kehadiran kemiri! Karna saat kamu menyangrai kemiri untuk bumbu pelenkap tumisan kamu, minyak yang terkandung dalam kemiri akan keluar dan memberikan rasa yang lezat untuk masakan mu. Begitu juga dengan masakan bersantan, kemiri terkenal dapat menjaga konsistensi santan agar tidak pecah!

6. Jahe

Ilustrasi Jahe

Selain dijadikan minuman yang dapat menghangatkan tubuh, Jahe juga termasuk kedalam rempah yang wajib kamu tahu, kenapa? Karna ada beberapa masakan yang memang membutuhkan jahe sebagai bumbu pelengkap. Terdapat 2 jenis jahe di Indonesia. Antara lain Jahe Merah dan Jahe Putih. Jahe merah biasanya digunakan sebagai komponen obat-obatan ataupun jamu. Sedangkan jahe putih adalah jahe yang biasa digunakan dalam bumbu ataupun olahan makanan. Sebagai salah satu rempah aromatik, jahe memiliki fungsi untuk menghilangkan bau anyir atau amin, terutama dalam hidangan laut. Sekarang ini  kita juga dapat menemukan Jahe dalam bubuk yang dapat digunakan untuk menambah aroma atau campuran bubuk rempah dipasaran.

7. Kunyit

Ilustrasi Kunyit

Fungsi kunyit dalam masakan ada banyak sekali, salah satunya seperti dilansir dari The Spruce Eats, kunyit sering dijadikan sebagai pewarna makanan alami, juga dapat membuat hidanganmu lebih bercita rasa. Namun kamu harus berhati-hati ketika mengupasnya, karena warna kuning yang menempel di tangan sulit dihilangkan. Kunyit memiliki bau menyengat yang khas serta rasa sedikit pahit. Ada tidaknya kunyit seringkali berpengaruh besar terhadap rasa dan warna makanan, Sehingga jangan sampai kamu melewatkan kunyit jika hendak membuat hidangan seperi soto, ikan pindang, opor dan lain-lain.

8. Lengkuas/Laos

Ilustrasi Lengkuas

pernah kah kamu keliru membedakan mana daging atau lengkuas di dalam rendang? Rasanya pasti sadikit menyebalkan ya? tapi harus kamu tahu, tanpa lengkuas mungking saja rendang yang kamu santap tidak senikmat biasanya. Sebab lengkuas atau dikenal juga dengan nama laos berguna sebagai penyedap alami dalam masakan, sebab itu masakan seperti rendang, gulai, ataupun soto tidak pernah melupakan lengkuas sebagai bumbu utama.

9. Kayu Manis

Ilustrasi Kayu Manis

Selain untuk olahan kue atau dessert, kayu manis juga termasuk ke dalam jenis rempah yang wajib kamu tahu! Wangi rempah-rempah yang sangat harum mejadikan kayu manis banyak di gunakan di setiap hidangan, fungsi utamanya adalah digunakan sebagai penambah rasa dan wangi pada makanan, menghilangkan bau amis atau bau tak sedap pada bahan makanan dan menciptakan rasa sedap. Kayu manis akan memberi wangi yang hangat dan menyegarkan. Kayu manis bisa didapatkan dengan mudah baik dalam bentuk batang atau gulungan maupun dalam bentuk bubuk.

10. Cengkeh

Ilustrasi Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu rempah asal Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan, aroma terapi, hingga bahan tambahan untuk kue. Cengkeh juga memiliki aroma harum yang khas dan dapat menghilangkan bau amis pada masakan, umumnya cengkeh lebih sering digunakan ke dalam hidangan yang berbahan dasar daging atau jeroaan. Selain membuat makanan memiliki cita rasa yang kaya akan rempah, cengkeh juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, thiamin, niacin, dan asam folat, juga mengandung vitamin A, B6, C, D, E, dan K yang pastinya akan memberikan nutrisi tambahan di setiap masakan mu.

11. Pala

Ilustrasi Biji Pala

Pala memiili senyawa aktif yang bersifat antimikroba.Senyawa tersebut akan mengaktifkan daya adesi, enzim edan lipoprotein dari mikroba sehingga makanan yang kamu masak akan lebih tahan lama. Selain itu, pala dapat mempertahankan warna merah dan kandungan nutrisi lemak dan protein pada daging yang disimpan beku. Pala juga identik dengan masakan khas timur tengah. Sebagai penguat rasa masakan alami, pala tidak bisa di pisahkan dari masakan seperti kari, gulai dan masakan lain.

12. Kapulaga

Ilustrasi Kapulaga Hijau

Kapulaga juga dikenal dengan nama kapol, palago, karkolaka, dan lain-lain.. Orang Yunani menyebut buah itu cardamomom yang kemudian dilatinkan oleh orang Romawi menjadi cardamomum. Dalam bahasa Inggris disebut cardamom. Dalam bahasa Thai disebut krava, dan elaichi dalam bahasa Hindi.

Kapulaga adalah jenis rempah yang sering digunakan sebagai penambah rasa serta aroma karena memiliki bau khas yang kuat. Di Indonesia ada 2 jenis kapulaga yang dibudidayakan yaitu kapulaga hijau dan putih. Perbedaanya terletak pada cara warna, aroma dan bentuk. Kapulaga umumnya digunakan sebagai rempah untuk masakan dan juga lebih banyak digunakan untuk campuran jamu.

Selain masakan timur tengah, masakan khas india juga seringkali menggunakan rempah ini. Memiliki fungsi yang hampir sama dengan rempah-rempah lain yang beraroma harum, yaitu menghilangkan bau amis pada olahan daging. Umumnya digunakan dalam olahan gulai atau kari.

13. Bunga lawang

Ilustrasi Bunga Lawang

Bunga Lawang atau Star Anise adalah pohon asli Asia yang banyak tumbuh di Cina selatan. Secara morfologi, daunnya tunggal berbintik dengan ujung yang runcing, sedangkan bunganya berwarna kuning kehijau-hijauan, Buahnya berdiameter 2,5 sampai 4,5 sentimeter dan banyak dimanfaatkan sebagai rempah pelengkap masakan. Pada saat matang, bijinya berwarna coklat, berkilap, dan tidak berbulu Masakan di negara-negara asia umumnya menggunakan bunga lawang sebagai bumbu masakan. Bahkan masakan tradisional khas china yaitu Ngo Hyong juga menggunakan bunga lawang sebagai bumbu dasarnya. Sedangkan di Indonesia masakan berbumbu tajam yang memanfaatkan biji buah lawang di antaranya gulai Aceh, rendang Minang, masakan Jawa, dan Bali. Semakin lama rempah dimasak, maka rasanya lebih kuat dan nikmat.

14. Daun Jeruk

ilustrasi daun jeruk

Yang terakhir ada daun jeruk. Selain buahnya, daun jeruk purut juga sering menjadi bumbu utama masakan, karena aroma wanginya yang menyegarkan. Fungsi tanaman ini, sering dijadikan penyedap dan penguat aroma masakan. Kamu cukup memasukan daun jeruk ke dalam masakan mu. Biasanya daun jeruk sering dijumpai dalam soto ayam ataupun aneka sambal.

Jadi itu dia 14 Bumbu Dapur Wajib yang harus kamu tahu yang akan membuat cita rasa masakan mu lebih istimewa! Pastikan kamu menggunakannya sesuai kebutuhan masakan mu, agar cita rasanya lebih nikmat dan sehat.

Related Posts

Leave a comment