12 Rempah Untuk Penambah Stamina Dan Vitalitas Pria

Sebagian pria mungkin kerap mengalami masalah kurangnya stamina dan vitalitas yang mendorong hubungan intim yang kurang bersemangat di ranjang. Oleh sebabnya pria membutuhkan asupan suplemen kuat yang meningkatkan stamina dan mengatasi masalah seksual misalnya ejakulasi dini. Namun ternyata ada beberapa rempah-rempah alami yang dapat mengatasi permasalahan ini. Tidak melulu menggunakan obat-obatan yang mahal, berikut 12 rempah untuk menambah stamina dan vitalitas pria.

Jahe Merah

Tanaman herbal yang satu ini sudah lama dikenal sebagai bahan obat kuat untuk pria. Jahe merah mudah ditemukan di Indonesia yang memiliki khasiat untuk menstimulasi tubuh, meningkatkan stamina, serta melancarkan peredaran darah untuk membentuk otot yang lebih baik. Jahe merah bisa juga digunakan untuk mendapat khasiat sebagai zat yang mendukung produksi hormon testosteron. Hal ini membuat jahe merah mampu meningkatkan kebugaran fisik dan vitalitas pria yang signifikan.

Sementara itu jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri yang memiliki efek afrodisiak. Zat kimia ini dapat merangsang daya seksual pria. Seorang dokter dari India bernama Dr. Mehmet Oz mengatakan bahwa jahe masuk sebagai daftar 4 bahan alami penguat libido. Jahe juga disebutkan dalam bab terakhir Kamasutra yaitu buku pegangan India tentang cinta dan seks. Untuk mendapatkan manfaat jahe merah, bisa dicampurkan dengan madu dan telur ayam kampung. Ramuan ini bisa diminum sekali sehari dan dilakukan selama sebulan.

Ginseng

Ginseng termasuk rempah-rempah yang sudah lama dijadikan obat tradisional untuk meningkatkan energi daya tahan tubuh, pengobatan diabetes hingga fungsi seksual. Oleh sebabnya rempah ini diyakini dapat meningkatkan fungsi alat vital pria, menaikkan libido, dan meningkatkan kualitas sperma. Ini adalah tanaman herba yang memiliki sifat afrodisiak, sehingga dapat mengobati disfungsi ereksi secara alami dan kepuasan seksual secara keseluruhan.

Jenis ginseng yang paling banyak digunakan adalah panax ginseng atau ginseng Asia. Ginseng ini bisa digunakan selama 8 minggu dengan dosis 900 mg untuk tiga kali sehari. Tanaman ini memang termasuk bahan alami yang aman. Namun sebaiknya ginseng hanya digunakan dalam jangka pendek yaitu 6-8 minggu karena mungkin memberikan efek samping berupa insomnia.

Akar Maca

Maca merupakan tanaman herbal yang berasal dari Peru namun saat ini sudah dapat ditemukan di Indonesia. Akar maca dapat meningkatkan libido dan kesuburan serta meningkatkan suasana hati. Tak hanya pria, wanita juga bisa mengonsumsi akar maca untuk mengurangi gejala menopause. Kandungan maca ini memberikan manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan karena kaya akan asam amino, yodium, magnesium dan zat besi.

Untuk menikmati manfaat ini konsumsi 3 gram maca per hari selama 8 minggu. Meskipun maca dapat meningkatkaan hasrat seksual secara aman bagi pria, namun penderita penyakit jantung disarankan untuk mengonsumsi ekstrak akar maca dalam jumlah yang lebih sedikit, yaitu kurang dari 1 gram per hari.

Cengkeh

Rempah yang sudah dikenal sebagai penghangat tubuh ini juga bisa berkontribusi dalam meningkatkan stamina dan vitalitas pria. Cengkeh memiliki sedikit rasa pedas dan hangat sehingga akan merangsang saraf yang menghasilkan gairah. Proses tersebut akan membuat kinerja seksual lebih baik, termasuk mengatasi ejakulasi dini pada pria.

Cengkeh mampu mendorong produksi testosteron yang penting untuk hubungan seksual pria dan wanita. Selain itu manfaat cengkeh lain juga dapat berfungsi sebagai antiseptik, menghilangkan stress, dan kecemasan, mengurangi peradangan, dan lain sebagainya.

Klabet (Fenugreek)

Klabet adalah rempah-rempah yang termasuk dalam famili kacang-kacangan. Rempah-rempah ini biasa digunakan sebagai bahan penyedap pembuatan kare. Menurut Wake Forest Baptist Medical Center memaparkan bahwa ekstrak dari klabet adalah bahan yang digunakan dalam suplemen herbal untuk stamina pria. Mengonsumsi klabet secara rutin dapat meningkatkan libido hingga 82 persen. Sementara 67 persen peserta penelitian dalam jurnal Phytotherapy Research menyebutkan bahwa klabet dapat memulihkan stamina pasca seksual dan meningkatkan energi secara keseluruhan.

Selain itu, tidak ada peserta penelitian yang mengalami efek samping dari mengonsumsi rempah-rempah ini. Lebih lanjut bumbu masakan yang rasanya hangat ini, juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan produksi ASI, serta meningkatkan kesehatan jantung. Biji klabet merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang juga mudah untuk dibudidayakan.

Kayu Manis

Kayu manis sudah dikenal sebagai tanaman herbal untuk menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan kadar gula darah. Selain itu kayu manis juga berpotensi untuk meningkatkan vitalitas pria. Bahan rempah-rempah ini akan mengatasi disfungsi ereksi, memperbaiki kualitas dan jumlah sperma, serta mencegah kanker prostat. Mengonsumsi rutin ekstrak kayu manis efektif untuk melindungi sistem reproduksi pria sehingga bisa menjadi bahan penguat stamina yang mudah ditemukan. Kayu manis juga dapat menghangatkan tubuh sehingga akan menstimulasi sirkulasi darah yang baik untuk menunjang kesehatan secara umum.

Adas

Adas adalah tanaman herbal yang biasa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan lambung. Tak hanya itu, wanita dapat menggunakan adas untuk meningkatkan produksi ASI, membantu meringankan nyeri haid, mengurangi kontraksi saat persalinan, hingga meningkatkan gairah seks.

Rempah-rempah ini biasa dibuat menjadi bubuk, tanaman kering, minyak esensial, tablet, sirup, ekstrak hingga rebusan. Adas sudah digunakan oleh masyarakat Mesir Kuno untuk meningkatkan libido dan meningkatkan stamina. Bisa dengan memotong adas dan menambahkannya ke makanan layaknya seledri maka anda akan menikmati manfaat dari tanaman ini.

Bawang Putih

Meskipun bawang putih lebih populer sebagai rempah-rempah masakan, namun siapa yang menyangka bahwa bawang putih juga bisa meningkatkan stamina dan vitalitas pria. Dikarenakan adanya sifat antikoagulan dalam bawang putih, maka dipercaya dapat menstimulasi alat vital pria menjadi lebih mudah ereksi. Hal ini dikarenakan bawang putih akan meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih, dapat dikonsumsi (dikunyah) sedikit sebelum berhubungan intim. Perlu diingat apabila mengonsumsi bawang putih terlalu banyak justru mengakibatkan aroma mulut yang tidak sedap.

Purwoceng

Purwoceng adalah rempah-rempah yang berasal dari dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Ini merupakan tanaman herbal yang hanya dapat tumbuh di pegunungan atau dataran tinggi termasuk di gunung Gede Pangrangro, Jawa Barat dan area pegunungan Bromo, Jawa Timur. Purwoceng atau yang juga dikenal sebagai purwaceng ini, memiliki sifat afrodisiak yang mampu membangkitkan libido pria, stamina, dan kesehatan otot.

Senyawa stigmasterol pada tumbuhan ini juga bisa meningkatkan hormon estrogen pada wanita sehingga baik untuk menunjang hubungan intim. Purwoceng relatif aman untuk dikonsumsi selama tidak berlebihan. Ini tersedia dalam bentuk jamu, suplemen kapsul, maupun dijadikan bubuk untuk campuran kopi dan susu. Untuk meningkatkan stamina pria, sebaiknya konsumsi purwoceng selama 7 hingga 14 hari. Namun karena tanaman ini cukup langka, maka masih jarang yang menggunakan dan memanfaatkan purwoceng sebagai penambah gairah seksual.

Kapulaga

Rempah-rempah yang satu ini memiliki rasa yang sedikit pedas menyerupai jahe. Biji kapulaga juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena bersifat anti bakteri. Biji kapulaga juga mungkin kurang diketahui bahwa bermanfaat untuk menambah gairah seksual. Ini mencegah ejakulasi dini dan impotensi pada pria. Kapulaga bisa dijadikan rempah-rempah pada menu makanan atau dicampurkan dengan rempah-rempah lainnya untuk membuat wedang cengkeh kapulaga dan wedang rempah.

Bahkan pengobatan alternatif paling kuno yang berkembang di India yaitu Ayurveda, merekomendasikan kapulaga untuk mengatasi penurunan libido. Bumbu ini kaya akan kandungan cineole yang meningkatkan aliran darah ke organ vital. Kapulaga dalam pedoman Ayurveda dinilai bisa menyeimbangkan doshas (energi tubuh) yang memiliki sifat detoksifikasi. Manfaat ini termasuk meningkatkan stamina, mengurangi kelelahan, dan meminimalisir stress.

Buah Pala

Buah pala banyak dijumpai di seluruh daerah di Indonesia, namun sebenarnya buah ini berasal dari Kepulauan Banda dan Maluku. Meskipun disebut buah pala, namun tanaman ini masih tergolong sebagai rempah-rempah. Buah pala mampu merangsang saraf dan sistem peredaran darah yang mengalirkan darah ke organ reproduksi. Buah ini akan meningkatkan stamina dan produksi sperma yang lebih baik. Selain itu, ketika usia pria menginjak 30 tahun ke atas maka mengalami penurunan hormon seks atau andropause. Ini bisa diperlambat dengan mengonsumsi buah pala secara teratur misalnya berupa manisan pala.

Pasak Bumi (Tongkat Ali)

Manfaat pasak bumi cukup populer sebagai peningkat stamina dan vitalitas paada pria. Ini adalah tanaman herba yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Biasanya bagian dari tanaman yang dimanfaatkan untuk obat kuat alami adalah bagian akarnya. Bagian akar pasak bumi bisa meningkatkan vitalitas pria terutama gairah dan kesuburan.

Di beberapa daerah di Indonesia, pasak bumi disebut juga sebagai tongkat ali. Rempah ini bisa dikonsumsi sebagai suplemen herba, minuman berenergi, campuran kopi dan teh, hingga menjadi jamu. Kabar baiknya pasak bumi juga tidak hanya berkaitan dengan hormon seks, tetapi juga memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, dikarenakan mengandung senyawa antioksidan, anti radang, dan anti bakteri.

Itulah 12 rempah-rempah yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan vitalitas pria. Jika anda ingin membeli rempah-rempah yang sudah diolah menjadi suplemen maupun bubuk, pastikan untuk membeli produk alami tanpa kontaminasi zat tambahan apapun. Ingat juga untuk selalu beli suplemen yang sudah dikenal luas dan terbukti ampuh untuk memberikan manfaat ini. Dalam beberapa kasus, gangguan pada organ seksual mungkin tidak dapat diobati atau diatasi hanya dengan rempah-rempah di atas. Oleh sebabnya penting untuk menemukan perawatan yang tepat apabila kondisi anda lebih buruk daripada gejala-gejala masalah seksual yang telah disebutkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *