12 Minuman Herbal Untuk Menghangatkan Mu di Musim Hujan!

12 Minuman Herbal Untuk Menghangatkan Mu di Musim Hujan!

Memasuki musim penghujan, keadaan cuaca mulai tidak menentu. Biasanya awan mendung selalu menjadi pertanda bahwa hujan akan turun, namun tidak jarang rintik-rintik air itu turun begitu saja, membuat kita yang belum menyiapkan peralatan di musim hujan seperti payung ataupun mantel menjadi kebasahan. Jika kita tidak bersegera menghangatkan diri, bisa saja kita terserang flu ataupun masuk angin karna kedinginan. Untuk itu, selain harus menyediakan payung atau jas hujan, kamu juga butuh vitamin atau minuman kesehatan yang bisa menjaga daya tahan tubuh, serta memberikan kehangatan di tengah-tengah dinginnya hari mu.

Apa saja sih minuman hangat yang dapat kamu konsumsi di musim penghujan? Yuk simak artikel kali ini, yang akan membahas jenis-jenis minuman hangat yang pastinya sehat, mudah ditemukan atau dapat kamu buat sendiri di rumah!

Wedang Jahe

Meskipun tidak mengandung teh, Wedang Jahe kerap kali disebut dengan Teh Jahe. Minuman hangat ini adalah hidangan yang terbuat dari sari jahe yang berasal dari daerah Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur, Indonesia. Selain menghangatkan, minuman ini tentu menyehatkan. Karna di buat dari bahan dasar Jahe yang memiliki kandungan gingerol dan efek antioksidan, antiperadangan yang dapat membantu melindungi kita dari penyakit.

Membuat wedang jahe sendiri di rumah pun tidak sulit. Kamu hanya perlu merubus air dengan beberapa jahe utuh, atau jika kamu ingin lebih praktis kamu bisa menggunakan jahe bubuk sebanyak 2-3 sendok teh. Untuk menambahkan rasa, kamu bisa memberi sedikit madu, perasan jeruk lemon, ataupun gula.

Wedang Uwuh

Minuman yang biasa ditemukan di angkringan ini juga berasal dari Yogyakarta. Biasanya wedang uwuh disajikan tanpa disaring, rempah-rempah yang terkandung di dalamnya dibiarkan begitu saja di dalam gelas yang mana mirip seperti uwuh dalam bahasa Jawa, yakni sampah. Namun jika kamu ingin menyaring rempah tersebut juga tidak masalah, karna khasiat minuman ini tidak akan hilang begitu saja. Biasanya wedang uwuh dibuat dari campuran rempah seperti Kayu Secang, Serai, Kayumanis, Jahe Putih, Kapulaga Putih, Cengkeh dan terkadang di tambahkan gula batu. Jahe dan kapulaga yang ada pada wedang uwuh, dapat memberikan sensasi hangat di tubuh sehingga minuman ini cocok diminum disaat hujan turun.

Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, pertama kamu bisa membakar jahe lalu geprek hingga pipih. Setelah itu, rebus jahe hingga beserta campuran rempah lain selama 15 menit, angkat setelah warna air rebusan berubah merah, dan sajikan. Atau jika kamu menikmatinya dengan cara praktis, kamu bisa membeli racikan wedang uwuh di Cairo Food. Kamu hanya perlu menambahkan air panas, dan wedang uwuh pun siap kamu nikmati.

Chai Masala

Jika di Indonesia Ada Wedang, di India ada Chai yang artinya Teh. Minuman khas India ini sangat populer di dunia. Selain itu, chai masala juga cocok di jadikan minuman hangat disaat hujan turun. Kandungan Teh Hitam, susu dan beberapa jenis rempah, menjadikan minuman ini creamy dan enak.

Saat hujan turun, Kamu bisa mencoba Chai Masala dan rasakan kenikmatannya. Cairo Food juga menjual Chai masala yang enak dan lezat, dengan adanya racikan bumbu chai masala Cairo Food, membuat teh rempah yang creamy jadi lebih mudah.

Wedang Serai

Serai yang sering digunakan dalam masakan ini juga bisa kamu jadikan minuman hangat yang menyehatkan lho. Karna rempah ini mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, maka selain memberi kehangatan, minuman ini tentu juga menyehatkan.

Cara membuatnya pun hampir sama dengan wedang jahe, kamu cukup merebus beberapa batang serai, atau menggunakan 2-3 sendok teh bubuk serai. Akan lebih nikmat jika kamu menambahkan beberapa sendok teh madu untuk menambahkan rasa manis.

Teh Hijau

Minuman yang kaya akan polifenol dan antioksidan ini memiliki khasiat untuk melawan peradangan, bahkan menurut beberapa ahli teh hijau dapat menurunkan risiko kanker. Karna kandungannya yang menyehatkan ini lah, teh hijau dapat menjadi pilihan minuman hangat di musim hujan. Teh hijau mudah di temukan di pasaran, kamu bisa memilih produk terbaik menurut mu, lalu menyeduhnya kapan pun kamu butuhkan.

Haldi Doodh (Susu Kunyit)

Haldi Doodh adalah minuman herbal yang berasal dari India, jika di Indonesia mungkin kita bisa menyebutnya dengan susu kunyit ataupun Golden Milk. Minuman ini tentu bagus untuk kesehatan, sebab diketahui kunyit memiliki beberapa manfaat, yakni bisa mengurangi peradangan, mencegah kerusakan sel, dan meningkatkan sistem imun.

Untuk membuat susu kunyit, kamu hanya perlu menyiapkan susu tanpa gula, satu sendok teh kunyit bubuk, dan sepotong kecil jahe atau sedikit jahe bubuk. Jika ditambahkan kayu manis ataupun madu tentu akan lebih enak. Setelah itu rebus campuran bahan selama kurang lebih 10 menit.  Jika menginginkan cara yang lebih mudah, kamu bisa membeli bubuk haldi doodh di Cairo Food yang pastinya menggunakan bahan alami 100%. Kamu hanya tinggal merebusnya dan susu kunyit yang menyehatkan pun siap kamu nikmati.

Bajigur

Bajigur adalah minum tradisional khas Jawa Barat, yang menggunakan bahan utama seperti gula aren, santan, dan jahe. Minuman ini biasanya dijual oleh pedagang kaki lima, yang juga menjual makanan lain seperti ubi dan singkong.

Menikmati bajigur disaat hujan turun memang sangat enak, namun jika kamu kesulitan menemukan penjual bajigur, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Pertama kamu bisa membangkar jahe agar wangi dan rasanya lebih keluar, lalu kupas dan geprek. Setelah itu panaskan air hingga mendidih, dan masukan masukan santan, gula aren/gula merah, jahe, daun pandan, dan kayumanis. Aduk di atas api sedang sampai mendidih, kira-kira selama 45 menit. Setelah mendidih saring bajigur lalu sajikan selagi hangat.

Pumpkin Spice Latte

Sebenarnya pumpkin spice digunakan untuk membuat pie labu. Tapi ternyata racikan rempah yang terdapat dalam bumbu tersebut dapat di jadikan sebagai minuman hangat. Bahkan salah satu perusahaan kedai kopi terbesar di Dunia, menyediakan menu ini dalam list minuman mereka.

Rasa rempahnya yang eksotik serta aroma khas labu yang menjadikan minuman ini enak untuk di konsumsi kapan pun, terlebih saat hujan turun. Kamu bisa membuat Pumpkin Spice Latte sendiri di rumah dengan racikan Pumpkin Spice yang tersedia di Cairo Food dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan di kedai kopi. Rasa dan kualitas Pumpkin Spice Cairo Food pun sudah pasti terjamin.

Bir Pletok

Bukan minuman beralkohol bir pletok justru minuman herbal yang menyehatkan. Karena bir pletok di buat dengan campuran rempah seperti jahe, cengkeh, biji pala, lada, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan gula. Minuman hangat ini, adalah minuman yang berasal dari Betawi yang enak jika di konsumsi saat hujan.

Chai adani

Chai Adani

Hampir mirip dengan Chai Masala, yakni teh dengan campuran rempah. Chai Adani mengandung rempah yang lebih sedikit, yakni hanya Kapulaga Hijau, Kayumanis, Jahe Putih, dan Cengkeh. Namun teh adani ini sangat enak dinikmati, terlebih saat hujan tengah turun. Rasa rempah, teh dan susunya yang menjadi satu menjadikan chai adani memiliki ciri khas nya sendiri. Kamu juga bisa membeli racikan Chai Adani di Cairo Food lho!

Karak Chai

karak

Di Qatar, Teh campur susu disebut juga dengan Karak Chai. Namun tentu memiliki rasa yang berbeda dengan teh susu biasa, sebab di dalam campurannya terdapat kapulaga hijau yang melimpah dan rempah-rempah lain yang menambah kandungan minuman ini menjadi lebih sehat. Sebab itu lah karak chai biasa di bandrol dengan harga yang lumayan mahal. Teh susu ini juga cocok dijadikan minuman hangat di waktu musim penghujan, apa lagi bagi kamu yang bosan mengonsumsi teh biasa, sebab itu Karak Chai bisa jadi alternatif lain untuk menemani mu saat hujan turun.

Chai Rahmi

Chai Rahmi adalah teh yang pertama kali dikembangkan oleh Cairo Food sebagai minuman pengganti teh yang bisa memberikan rasa hangat. Berbeda dari teh pada umumnya Chai Rahmi dibuat dari 10 jenis Rempah yang berbeda dan baik untuk kesehatan tubuh. Chai Rahmi bisa langsung direbus dengan Air ataupun dengan Susu panas yang akan memberikan kehangatan di musim hujan.

Jadi itu dia beberapa minuman hangat yang dapat kamu nikmati saat musim hujan. Kamu juga bisa menikmati minuman tersebut kapan saja, karna tidak hanya memberikan rasa hangat untuk tubuh, 11 minuman herbal diatas juga bisa membuat mu lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs web ini menggunakan cookie
Kami menggunakan cookie untuk mempersonalisasi konten dan iklan, untuk menyediakan fitur media sosial dan untuk menganalisis lalu lintas kami. Kami juga membagikan informasi tentang penggunaan Anda atas situs kami dengan mitra media sosial, periklanan, dan analitik kami yang mungkin menggabungkannya dengan informasi lain yang Anda berikan kepada mereka atau yang mereka kumpulkan dari penggunaan Anda atas layanan mereka.