12 Manfaat Terong Hitam Bagi Kesehatan

12 manfaat terong hitam bagi kesehatan

Terong adalah tumbuhan buah yang diolah menjadi sayuran. Sayuran ini berasal dari India dan Sri Lanka. Secara fisik, tumbuhan terong memiliki daun yang lebar dengan bunga berwarna ungu dan putih. Penanamannya dilakukan dengan cara disemai, kemudian menjadikan bibit terlebih dahulu.

Umumnya terong memiliki beberapa varietas, antara lain terong ungu, terong belanda, terong putih, terong hitam, dan terong bulat. Dalam artikel ini tim penulis akan membahas secara khusus mengenai terong hitam dan manfaatnya bagi kesehatan.

Mengenal Terong Hitam

Terong hitam merupakan varian baru dari keluarga terong dengan nama ilmiah Solanum melongena. Terong hitam disebut juga Aubergine Black Beauty. Terong ini cukup jarang dibudidayakan di Indonesia, namun mulai populer untuk ditanam di kebun rumahan.

Varian black beauty kegunaannya sama dengan terong ungu. Biasanya dapat diolah menjadi berbagai menu makanan seperti tumis terong, sayur asam, sayur lodeh, hingga lalapan. Karena kegunaannya cenderung sebagai sayuran, terong dianggap sebagai jenis sayur padahal tumbuhan ini merupakan buah-buahan, karena tumbuh dari tanaman yang berbuah dan mengandung biji.

Proses penanaman Black Beauty sangat mirip dengan cara menanam varietas terong lainnya. Pertama-tama perlu membeli bibit untuk dipindahkan ke kebun. Perlu diingat tempat penanaman Black Beauty harus terletak di wilayah dengan iklim hangat, karena terong ini tidak mampu mentolerir cuaca dingin. Pada awal proses tanam, terong hitam setidaknya harus berada didalam ruangan sekitar 8 sampai 10 minggu sebelum dipindahkan ke kebun.

Benih terong ini cukup mahal, dan untuk kualitas yang bagus biasanya berasal dari benih impor. Secara morfologi terong ini berbentuk bulat dan lonjong dengan ukuran yang besar dibandingkan dengan jenis terong lain. Rasanya tidak terlalu beda dengan terong lain namun memiliki tekstur buah yang halus dan sangat bagus.

Terong ini kaya akan serat, antioksidan, vitamin, mineral, dan protein. Banyaknya nutrisi yang dikandung dalam generasi baru terong ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai salah satu jenis terong yang populer, terong hitam ini mulai banyak dibudidayakan secara pribadi oleh orang-orang di seluruh dunia.

Terong hitam ditemukan tahun 1900-an sebagai hasil dari penyerbukan terbuka dari varietas terong ungu. Keunggulan terong ini dibandingkan jenis terong lainnya adalah durasi panen yang lebih singkat, rasa yang enak, dan bijinya yang tidak sebanyak terong hijau ataupun terong ungu. Dengan demikian, Black Beauty adalah pilihan yang cocok untuk menghasilkan terong dengan jangka tanam yang lebih pendek dan penuh manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Terong Hitam

Terong hitam sebagai salah satu jenis tanaman unggulan dari jenis terong lainnya, menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Terong Black Beauty ini mengandung beragam nutrisi yang tidak hanya enak dikonsumsi, tetapi juga mampu mencegah dari berbagai penyakit.

Melancarkan Pencernaan

Terong merupakan sumber serat makanan yang baik, sehingga menjadi unsur penting dalam diet seimbang. Kandungan serat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan terutama melancarkan buang air besar.

Selain karena kandungan seratnya yang tinggi, mengkonsumsi terong juga merangsang gerakan peristaltik untuk membantu makanan dikeluarkan dari tubuh. Dengan kata lain, serat juga merangsang sistem sekresi cairan lambung, yang membantu menyerap nutrisi dan mengolah makanan.

Menurunkan Berat Badan

12 manfaat terong hitam bagi kesehatan mendukung kesehatan jantung

Terong cocok dikonsumsi bagi seseorang yang menjalani diet tinggi serat. Menurut Asosiasi Jantung Amerika Serikat, konsumsi terong sekitar 25 sampai 30 gram telah memenuhi kebutuhan serat untuk diet, dengan perbandingan maksimal 2000 kalori.

Dikarenakan terong hitam terdiri dari lemak dan kolesterol yang sangat rendah, serta kandungan air yang tinggi, terong ini pun dianggap sebagai makanan yang baik untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Serat juga memberikan sensasi rasa kenyang yang lama—mampu mereduksi keinginan untuk mengkonsumsi cemilan lain.

Sebagai Anti Kanker

Solasodine rhamnosyl glycosides yang terkandung dalam terong hitam menunjukkan kemanjuran sebagai obat anti kanker. Zat ini dapat ditemukan dari ekstrak kulit terong yang telah terbukti khasiatnya dalam mengobati kanker kulit.

Selain itu, terong ini juga mengandung polifenol untuk membantu melindungi tubuh dari kanker yang dilengkapi juga dengan kandungan antosianin. Antosianin ini melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dalam jangka panjang dapat membantu mencegah tumbuhnya tumor dan penyebaran sel kanker.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

12 manfaat terong hitam bagi kesehatan menurunkan berat badan

Terong sangat baik untuk orang yang beresiko tinggi mengalami kepadatan tulang dan osteoporosis. Hal ini dikarenakan terong mengandung senyawa fenolik yang dapat membantu melindungi kesehatan tulang serta sel-sel dari kerusakan.
Selain itu, senyawa ini meningkatkan kepadatan mineral tulang, mendorong tulang menjadi lebih kuat. Terong juga memiliki zat besi dan kalsium, sebagai bagian nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan kekuatan secara keseluruhan.

Mendukung Kesehatan Jantung

Mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid dapat mengurangi inflamasi yang meningkatkan resiko penyakit jantung. Serat, potassium, vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan di dalam terong seluruhnya berkontribusi untuk mendukung kesehatan jantung. Selain itu, tampaknya mengkonsumsi terong hitam ini akan menurunkan tekanan darah memacu aliran darah yang lebih sehat ke jantung, serta mencegah kekakuan arteri untuk memaksimalkan cara kerja jantung.

Mencegah Anemia

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa terong hitam mengandung zat besi, dan faktanya kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Anemia ditandai dengan sakit kepala, kelelahan, kelemahan, depresi, dan gangguan fungsi kognitif.Oleh karena itu, terong sebagai makanan yang mengandung zat besi sekaligus tembaga menjadi sumber makanan bergizi untuk mencegah anemia.

Tanpa zat besi dan tembaga tersebut, sel darah merah dalam tubuh tidak berfungsi secara normal. Mengkonsumsi terong secara teratur akan mengalirkan darah yang lebih sehat melalui pembuluh darah serta melihat adanya peningkatan energi dalam tubuh manusia.

Baik Untuk Fungsi Kognitif

Antosianin dan nasunin dalam kulit terong dapat membantu melindungi membran sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Nasunin akan membantu mengangkut nutrisi ke dalam sel dan mengeluarkan limbah. Sementara antosianin membantu mencegah peradangan saraf dan memperlancar aliran darah ke otak. Dua senyawa ini secara bersama-sama akan membantu mencegah kehilangan ingatan dan gangguan mental akibat bertambahnya usia.

Mengatasi Terjadinya Diabetes

Pada Program Pendidikan Diabetes Nasional NIH dan American Diabetes Association merekomendasikan diet berbasis terong ini sebagai pilihan untuk pengelolaan diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan terong hitam memiliki kandungan serat yang tinggi dan jumlah karbohidrat larut yang rendah.

Dengan kata lain terong merupakan sumber makanan yang baik untuk mengatur aktivitas glukosa dan menjaga kestabilan insulin di dalam tubuh. Sehingga tidak mengalami penurunan atau lonjakan gula darah yang drastis dan mengurangi kemungkinan terkena diabetes. Oleh karena itu, terong hitam ini juga dapat dijadikan makanan yang ideal untuk mengatasi penyakit diabetes.

Mencegah Cacat Lahir

12 manfaat terong hitam bagi kesehatan meningkatkan kesehatan tulang

Terong hitam adalah sumber asam folat yang tinggi sehingga sangat ideal untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jumlah asam folat yang cukup secara langsung melindungi janin dari cacat tabung saraf yang dapat terjadi karena beragam faktor. Oleh karena itu, selalu disarankan agar ibu hamil untuk mencukupi asupan asam folat mereka, salah satunya dengan mengkonsumsi terong secara rutin.

Menjaga Kesehatan Mata

Terong hitam mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Dua jenis antioksidan ini berperan dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit degenerasi makula, suatu penyakit mata yang menyebabkan hilangnya penglihatan akibat pertambahan usia. Lutein di dalam terong juga berperan sebagai pigmen warna pada mata yang berfungsi untuk menyaring cahaya dan melindungi jaringan mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Beragam kandungan nutrisi yang ada di dalam terong ternyata memiliki manfaat untuk mencegah tanda penuaan dini. Senyawa antosianin dalam terong efektif dalam melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Sementara kandungan vitamin E dan vitamin C yang terdapat dalam terong dapat mencegah noda hitam di wajah dan melembabkan kulit meskipun terkena paparan sinar matahari. Vitamin C pada terong juga dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit.

Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin B complex yang cukup tinggi dalam terong hitam bermanfaat untuk mengatur sistem metabolisme tubuh. Vitamin ini juga ternyata berperan untuk menjaga kebutuhan nutrisi pada sel-sel tubuh. Dengan demikian terong hitam sebaiknya dikonsumsi secara teratur untuk seseorang yang mudah sakit atau pingsan akibat kelelahan.

Tips Memilih Terong Hitam yang Baik

12 manfaat terong hitam bagi kesehatan tips memilih terong hitam

Terong sangat mudah dibeli di pasaran dengan harga yang terjangkau. Namun, untuk mendapatkan manfaat terong bagi kesehatan maka perlu memperhatikan secara telilti terong yang bagus dan masih segar. Terong yang segar ditandai dengan permukaan kulit terong yang mengkilat, keras, dan tidak layu.

Pastikan juga biji terong tidak kering dengan cara mengetuk kulit terong menggunakan jari. Apabila terong berbunyi maka terong tersebut tidak segar, begitu sebaliknya. Sebaiknya memilih terong dengan ukuran yang sedang, karena ukuran terong yang besar akan menghasikan banyak biji pula.

Saat mengolah terong, sebaiknya mengoleskan garam pada permukaan terong untuk dibiarkan beberapa saat. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada terong. Setelah melumuri dengan garam, selanjutnya terong perlu dibilas bersih.

Untuk mengkonsumsi terong sebaiknya dimasak terlebih dahulu, meskipun beberapa orang suka mengkonsumsinya untuk lalapan mentah. Namun dengan memasak terong mampu menghilangkan racun solanina. Ingat juga untuk menggunakan pisau stainless steel asli, bukan pisau baja karbon, untuk mencegah potongan daging terong menjadi warna hitam.

12 manfaat terong hitam bagi kesehatan

Demikian 12 manfaat terong hitam untuk kesehatan. Mulai sekarang jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi terong yang satu ini, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *