12 Manfaat Buah Pepaya Yang Harus Kamu Ketahui

12 manfaat buah pepaya yang harus kamu ketahui

Buah pepaya dengan nama latin Carica papaya memiliki manfaat yang banyak bagi manusia. Nutrisi buah pepaya ini sangat bagus untuk menjaga metabolisme tubuh.

Buah pepaya sendiri merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika. Buah ini memiliki enzim yang baik untuk menjaga kesehatan manusia. Dilansir melalui hellosehat, vitamin C dalam setengah buah pepaya ialah sebesar 94 miligram. Tentunya jumlah ini dapat mencukupi 91% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

12 manfaat buah pepaya yang harus kamu ketahui bentuk pohon pepaya

Tidak hanya buah pepaya, ternyata daun pepaya juga bermanfaat bagi manusia. Daun pepaya ini dapat digunakan sebagai salah satu cara alami untuk membuat daging empuk setelah dimasak. Hal ini disebabkan karena daun pepaya memiliki enzim papain yang mampu memecah serat (penyebab daging keras) agar daging terasa empuk.

Wah, karena pepaya sudah tidak diragukan lagi manfaat-manfaatnya, berikut 12 manfaat buah pepaya yang harus kamu ketahui!

Melancarkan (BAB) Buang Air Besar

Rasanya sudah tidak asing lagi bila sedang susah BAB, kamu akan mengonsumsi buah pepaya. Buah ini memang sangat dibutuhkan bagi kamu yang sedang sembelit.

Selain pada daun, enzim papain paling tinggi ialah pada buah pepaya. Enzim tersebutlah yang mampu melunakkan feses pada usus besar, sehingga feses tak tersumbat dan BAB pun lancar.

Kandungan serat yang tinggi pada pepaya juga baik untuk mencerna makanan pada usus guna melancarkan buang air besar. Sepertinya kamu tidak perlu ragu konsumsi buah ini jika sedang susah BAB.

Menurunkan Kolesterol

Segudang manfaat pepaya, membuatnya semakin dikenal oleh masyarakat. Salah satu manfaat buah satu ini ialah menurunkan kolesterol. Untuk menurunkan kolesterol, buah pepaya bekerja melalui vitamin C dan senyawa fitokimia yang ada di dalamnya. Senyawa tersebut diantaranya flavonoid, saponin, dan tanin.

Terjadinya kolesterol ialah karena lemak jahat yang menumpuk dalam tubuh. Bila sering mengonsumsi buah pepaya, lemak jahat akan dihancurkan perlahan dan lambat laun akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan serat dan vitamin pada pepaya, juga bisa mencegah terjadinya kolesterol dalam darah menumpuk. Bila semakin banyak kolesterol yang menumpuk, semakin tinggi hambatan aliran darah dan memicu serangan jantung dan stroke. Jika kamu tidak menginginkan hal itu terjadi, mulailah konsumsi buah pepaya dari sekarang.

Menurunkan Berat Badan

12 manfaat buah pepaya yang harus kamu ketahui menurunkan berat badan

Ternyata, buah satu ini juga baik untuk menurunkan berat badan, lho. Data kalori menurut fatsecret Indonesia, dalam satu mangkok yang dipotong dadu kamu hanya mendapat 55 kalori saja. Tentunya ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalani program diet.

Selain itu kandungan pepaya yang kaya akan serat, bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama. Pastinya, sangat baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Kamu akan terhindar dari kalapnya makan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pada pepaya memiliki vitamin C yang tinggi. Hanya dengan mengonsumsi satu buah pepaya, kamu dapat meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh sekitar 200%.

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bila vitamin C dalam tubuh tinggi, secara tidak langsung metabolisme tubuh menjadi kuat dan menangkal virus yang akan masuk ke dalam tubuh.

Menyehatkan Mata

Era milenial seperti saat ini, gadget menjadi hal yang penting dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Sinar pada gadget merupakan sinar biru yang dapat mengeringkan kelembapan pada mata. Bila mata kering, kamu akan merasakan gatal, memerah, atau bahkan perih. Selain itu, paparan sinar biru dapat memicu degenerasi makula atau gangguan penglihatan, seperti rabun.

12 manfaat buah pepaya yang harus kamu ketahui manfaat makan pepaya

Pada pepaya terdapat antioksidan zeaxanthin yang dapat menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya. Selain itu vitamin A pada pepaya juga membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A tersebut akan menjaga kelembapan area mata agar tidak kering dan rusak. Bila kelembapan mata terjaga, maka tidak akan terjadi kemerahan dan iritasi mata.

Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Meski rasanya cenderung manis, ternyata pepaya memiliki indeks glikemik (tingkat kecepatan naiknya gula darah setelah makan) yang rendah. Tentunya, buah pepaya ini dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Berbagai vitamin dan fitonutrien dalam buah ini, bagus untuk mengurangi risiko penyakit jantung karena tingginya gula darah. Bahkan, pepaya juga mampu menstabilkan gula darah bagi orang-orang yang sehat.

Bila penderita diabetes mengonsumsi buah ini, tentunya tidak akan menambah kadar gula dalam darah. Namun, tetap disarankan untuk konsumsi batas normal, yaitu dua mangkuk sehari.

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Selain untuk menyehatkan badan ternyata buah pepaya juga bagus untuk menyehatkan kulit wajah. Pepaya dipercaya dapat membuat wajah terasa kencang dan terlihat lebih muda. Hal ini dikarenakan pada pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang bagus untuk merawat kesehatan kulit wajah.

Bila sering terpapar radikal bebas untuk kulit wajah akan terasa mengendur dan kusam. Seiring bertambahnya usia, kerutan-kerutan wajah juga akan terlihat karena nutrisi yang didapat telah berkurang. Untuk itu, dengan rutin mengonsumsi buah pepaya, dapat melindungi kulit dari tanda penuaan tersebut.

Selain itu, vitamin C juga merupakan penghasil kolagen terbaik. Jika kolagen pada wajah terpenuhi, regenerasi kulit akan baik, dan pertumbuhan sel kulit wajah menjadi lancar.

Meredakan Sunburn

Apa sih sunburn itu? Sunburn merupakan suatu kondisi dimana kulit memerah dan terasa perih akibat terbakarnya kulit dari sinar matahari. Seringnya beraktivitas diluar, kulit tentu akan mengalami kondisi  sunburn ini.

Bila kulit memerah dan perih kamu dapat oleskan tumbukan pepaya, lalu diamkan sampai perihnya mereda. Pepaya mengandung zat yang bernama likopen yang dapat memelihara kesehatan kulit karena aktivitas antioksidan dari zat ini berperan dalam menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas, seperti kondisi sunburn ini.

Mencegah Kanker

12 manfaat buah pepaya yang harus kamu ketahui mencegah kanker

Antioksidan tinggi pada pepaya bekerja aktif untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas dapat masuk ke dalam tubuh, melalui makanan yang sudah terpapar debu, dan polusi.

Antioksidan pada buah pepaya berupa flavonoid, yang dapat membantu melawan pertumbuhan agresif dari sel kanker. Selain itu, kandungan beta karotennya juga dapat membantu mencegah kanker prostat dan kanker usus besar.

Konsumsi rutin pepaya dapat menambah antibodi tubuh melawan berbagai macam bentuk radikal bebas. Dengan begitu, sel tubuh tidak rusak dan akan tetap terjaga.

Mengurangi Stres

Bila kamu sedang merasa stres karena banyaknya aktivitas sehari-hari, rasanya kamu perlu mengonsumsi buah bernama latin Carica papaya ini.

Pada pepaya, terdapat vitamin C yang tentunya bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsi sebanyak 200 mg vitamin C dapat membantu mengendalikan hormon stres pada partisipan sel tubuh. Dengan begitu kamu dapat merasa lebih tenang.

Menjaga Kesehatan Tulang

Perlunya menjaga kesehatan tulang untuk memudahkan kita melakukan aktivitas harian. Bila kesehatan tulang terganggu, maka kamu akan sulit menjalankan segala rutinitas kehidupanmu.

Pada pepaya, terdapat kandungan vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K bekerja untuk membantu penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium, sehingga bisa membuat tulang lebih kuat.

Menjaga Kesehatan Rambut

Buah pepaya, bagus untuk menjaga kelembapan rambut. Di dalam buah ini terdapat vitamin A yang sangat bagus untuk memproduksi sebum pada kulit kepala. Sebum inilah yang dapat menjaga kelembapan kulit kepala kamu. Bila kulit kepala terjaga kelembapannya, maka akan terhindar dari ketombe atau kulit kering bersisik.

Pepaya juga kaya akan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Buah berwarna oranye ini bahkan bisa dijadikan masker rambut untuk menyuburkan rambut. Kamu dapat gunakan masker tumbukan pepaya seminggu dua kali untuk menebalkan rambutmu.

12 manfaat buah pepaya yang harus kamu ketahui

Tak perlu pikir panjang, mulai hari ini kamu dapat konsumsi buah pepaya untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *