12 Manfaat Buah Mangga yang Harus Kamu Ketahui

12 manfaat buah mangga yang harus kamu ketahui

Mangga merupakan salah satu buahan yang banyak disukai masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Hal tersebut karena selain rasanya yang manis dan segar, buah mangga juga cocok di olah dengan banyak kreasi. Mangga masih menjadi buah yang banyak di tunggu ketika sudah mulai musim panen, selain itu buah mangga juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari buah mangga yang harus diketahui? Berikut penjelasannya:

Buah mangga masih memiliki popularitas di antara buah lainnya, tidak hanya karena rasanya yang manis-asam, namun juga karena manfaat yang ada dibaliknya. Hal tersebut yang membuat buah mangga menjadi salah satu makanan sehat untuk di konsumsi. Buah ini berasal dari perbatasan antara India dan Burma, yang kemudian di bawa ke Eropa oleh bangsa Portugis. Penyebutannya berasal dari bahasa Tamil yaitu ‘mankay’, yang kemudian di serap menjadi ‘manga’ dalam bahasa Portugis, ‘mango’ bahasa Spanyol dan Inggris, serta ‘mangga’ dalam bahasa Indonesia.

Mangga juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti vitamin K, beta-carotene, asam folat, vitamin B6, C, A dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut mampu menambah asupan nutrisi bagi tubuh dan meningkatkan kesehatan. Tidak heran, jika buah ini menjadi pilihan untuk banyak orang yang memiliki perhatian lebih pada kesehatan.

Manfaat Buah Mangga

Menurunkan Resiko Kanker

12 manfaat buah mangga yang harus kamu ketahui baik untuk kesehatan jantung

Polifenol yang terkandung dalam buah mangga telah dibuktikan memiliki sifat anti-kanker. Polifenol sendiri dapat membantu melindungi akan stres oksidatif. Dimana polifenol ini mampu menghentikan pertumbuhan kanker bahkan menghancurkan berbagai sel kanker. Selain itu kandungan asam galat, ficetin, quercetin, isoquercitrin dan methylgallat mampu mengurangi resiko kanker payudara, usus besar, prostat sampai leukimia.

Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh The European Prospective Investigation of Cancer, dimana ditemukan adanya hubungan kuat buah mangga untuk menurunkan resiko kanker.

Kesehatan Jantung

Kandungan kalium, potasium dan magnesium yang ada di dalam mangga dapat membantu menjaga denyut jantung dan pembuluh darah lebih rileks bahkan kematian sel. Selain itu kandungan tersebut juga dapat menurunkan kolesterol jahat yang terkandung dalam darah sehingga dapat mengurangi peradangan pada jantung. Mengkonsumsi buah mangga juga dianjurkan kepada orang yang memiliki riwayat penyakit jantung karena manfaatnya tersebut.

Membantu Mengatasi Anemia

Anemia merupakan sebuah penyakit yang terjadi dikarenakan menurunnya zat besi dalam tubuh. Anemia dapat menyebabkan tubuh lebih letih dan cepat merasa lelah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Buah mangga yang mengandung vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi energi dan zat besi yang dibutuhkan tubuh. Apalagi untuk ibu hamil yang membutuhkan asupan vitamin dan enegeri ketika masa kehamilannya.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Beraktivitas sehari-hari memerlukan kinerja otak yang baik, maka dari itu asupan nutrisi yang bergizi juga akan mempengaruhi kinerjanya. Buah mangga memiliki kandungan nutrisi seperti asam folat, vitamin B6 yang merupakan kandungan yang baik untuk fungsi otak. Kandungan dalam mangga itu mampu membantu menjaga kinerja otak serta kesehatan pikiran. Hal tersebut juga dapat membantu mengatasi waktu tidur, sehingga waktu tidur tidak berantakan yang akan menyebabkan stress.

Menurunkan Gula Darah

12 manfaat buah mangga yang harus kamu ketahui menurunkan resiko kanker

Mengandung fiber serta antioksidan sehingga dapat membantu tubuh untuk dapat menjaga gula darah pada level normal. Hal tersebut dibuktikan dengan sebuah study yang meneliti tentang mangga, dimana dengan mengkonsumsinya selama beberapa minggu dapat membantu seseorang yang mengalami obesitas dapat menurunkan level gula darah. Tentu saja hal tersebut juga harus dengan pengawasan lainnya dan sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu tentang penyakit yang di derita.

Memperlambat Penuaan

Kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C dalam buah mangga mampu memberikan manfaat mencegah penuaan dini. Hal tersebut dapat dilihat dari fungsi vitamin yang dapat membantu produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan untuk tanda-tanda penuaan dini, menjaga kulit tetap elastis. Buah mangga dapat dikreasikan dengan makanan dan minuman sehingga tidak akan merasa bosan untuk di konsumsi sehari-hari.

Meningkatkan Sistem Imun

Aktivitas yang padat serta terus berkegiatan diluar dimana banyak bakteri dan virus yang bertebaran membutuhkan sistem imun yang tinggi untuk mencegah dari penyakit. Hal tersebut dapat di bantu dengan mengkonsumsi mangga. Buah mangga mengandung vitamin C yang sudah banyak diketahui dapat membantu meningkatkan energi dan sistem imun. Dengan mengkonsumsi buah mangga serta nutrisi lainnya maka dapat mencegah tubuh terserang penyakit seperti demam, flu atau yang lainnya.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

12 manfaat buah mangga yang harus kamu ketahui memperlambat penuaan

Vitamin A dan vitamin K yang terkandung dalam buah mangga mampu memberikan manfaat kesehatan tulang pada tubuh. Terlebih lagi dengan adanya sebuah penelitian mengenai hal tersebut, dimana nutrisi tersebut memiliki andil dalam pembentukan metabolisme pada tulang serta menjaga asupan kalsium pada tubuh. Dimana ketika tubuh kekurangan vitamin K maka dapat menyebabkan menurunnya kepadatan tulang bawah dan meningkatkan resiko cidera.

Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya bermanfaat pada kesehatan tulang, vitamin A juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu buah mangga juga mengandung beta-carotene yang juga memiliki fungsi kesehatan mata. Mengkonsumsi makanan yang mengandung beta-carotene dapat menghindari tubuh mendapat gangguan kesehatan pada mata seperti penurunan penghilatan atau yang lainnya. Untuk mendapat hasil yang maksimal tentu saja harus diiringi dengan tambahan nutrisi lainnya.

Menurunkan Berat Badan

12 manfaat buah mangga yang harus kamu ketahui

Buah mangga tentu saja dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Sehingga bagi yang sedang dalam program diet, memakan mangga sebagai makanan yang sehat dapat membantu menjaga tetap merasa kenyang lebih lama. Serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu menghancurkan lemak dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah mangga lebih sering juga dapat menghindari keinginan untuk makan, hal ini lah yang dapat membantu tubuh dapat menurunkan berat badan sampai di rasa ideal.

Melancarkan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu untuk mencegah seseorang mengalami sembelit. Serat pangan sendiri memiliki manfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan dimana menjadi probiotik alami dan membantu menjaga organ pencernaan. Biasanya buah mangga dapat di buat menjadi kreasi makanan atau minuman atau langsung dimakan.

Hal tersebut juga di tuliskan dalam sebuah buku yang berjudul ‘Healing Foods’ oleh DK Publishing, dimana di dalam buah mangga terkandung enzim yang dapat membantu pencernaan protein dan serat sehingga membantu dalam pelancaran sistem pencernaan dalam tubuh.

Menjadi Srcub Wajah

12 manfaat buah mangga yang harus kamu ketahui scrub buah mangga

Selain mendapatkan manfaat dalam tubuh, buah mangga juga bisa digunakan untuk kesehatan dari luar. Biasanya mangga digunakan untuk scrub wajah dengan menambahkan beberapa bahan lainnya dan mencampurnya menjadi satu. Scrub wajah ini dapat berfungsi untuk menghilangkan komedo, menjaga kehalusan kulit, memudarkan keriput sampai menghilangkan jerawat di wajah. Pemakaian secara teratur dapat membuat hasilnya dirasakan lebih cepat, sehingga tetap dibutuhkan kesabaran.

Buah mangga selain enak dimakan, juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh baik dari luar maupun dari dalam. Buah mangga selain enak dimakan, juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh baik dari luar maupun dari dalam. Seperti dikutip dalam NDTV, dimana ahli gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan Shilpa Arora ND mengungkapkan jika “buah mangga sarat dengan nutrisi yang dapat menyembuhkan kulit, misalnya serat dalam mangga dapat membersihkan usus yang kelebihan muatan dengan zat beracun.”

Mengkonsumsi mangga akan mendapat manfaat tersebut, apalagi dengan kreativitas yang dimiliki buah mangga dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat sehingga tidak bosan untuk memakannya. Selain itu, mangga juga dapat menjaga kesehatan tubuh dari luar yang akan langsung dirasakan manfaatnya ketika teratur dalam pengaplikasiannya.

12 manfaat buah mangga yang harus kamu ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *