12 Cara Mengusir Lalat Yang Harus Kamu Ketahui!

12 cara mengusir lalat yang harus kamu ketahui

Mengusir lalat dari makanan adalah hal yang penting untuk menghindari bakteri. Dilansir melalui klikdokter, pada lalat rumah terdapat 351 jenis bakteri, dan pada lalat hijau membawa 316 jenis bakteri. Termasuk diantaranya adalah Salmonellaposa dan E. Coli. Bakteri ini tergolong bakteri yang cukup berbahaya bagi tubuh. Jadi rasanya kamu harus mengusir lalat dari rumahmu sesegera mungkin.

Bila lalat menyentuh makanan, tentu transfer bakteri akan sangat cepat dan menempel pada makanan. Bila makanan tersebut masuk ke dalam tubuh maka terjadi penyakit pada pencernaan seperti sakit perut, sembelit, diare, dan lainnya.

Para ibu seringkali mengeluhkan banyaknya lalat bila ada makanan di rumah. Tentunya ini menyebabkan makanan tak higenis lagi. Apalagi bagi para pemilik warung makan, menjauhi lalat dari makanan adalah tindakan yang sangat penting.

12 cara mengusir lalat yang harus kamu ketahui

Nah, bagi kamu yang ingin mencari cara mengusir lalat, berikut informasi 12 cara mengusir lalat yang harus kamu ketahui!

Menggunakan Produk Lem Lalat

Cara ini terbilang praktis untuk kamu yang ingin mengusir lalat di rumah. Kamu hanya perlu membeli lem lalat yang biasanya berbentuk seperti sedotan.

Cara kerja lem tersebut juga cukup mudah. Hanya perlu didirikan pada tempat sanggahan agar sedotan tersebut berdiri tegak, dan diamkan beberapa menit. Sedotan tersebut akan penuh oleh lalat yang terperangkap. Kemudian kamu dapat membuang sedotan penuh lalat tersebut ke tong sampah.

Menggantung Plastik Berisi Air

Pernahkah kamu melihat gantungan plastik diisi air pada sebuah warung makan? Nah, apabila kamu melihatnya, itu adalah salah satu cara untuk mengusir lalat.

Lalat akan mudah terkecoh melihat pantulan cahaya dari plastik tersebut. Dengan begitu dapat menyilaukan dan mengelabui pandangan lalat saat terbang, sehingga akan menjauh dari sekitarnya. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk mengusir lalat pada makanan.

Bila kamu hendak mengusir lalat yang datang, gantungkan plastik berisi air pada sekitar makanan. Maka lalat tidak mendekat pada makananmu.

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Ternyata kayu putih dapat mengusir lalat karena aromanya yang tajam. Aroma kayu putih cenderung dapat membuat indra penciuman lalat panas, sehingga ia akan cepat menjauhi area yang berbau minyak kayu putih.

Kamu hanya perlu tuangkan sedikit minyak kayu putih pada lokasi yang sering didatangi lalat. Opsi lain, kamu dapat buka tutup botol minyak kayu putih, lalu diletakan pada ruangan yang terdapat banyak lalat. Cara lainnya kamu bisa usapkan berapa tetes minyak kayu putih pada sudut meja makan untuk hindari lalat hinggap pada makanan mu. Mudah bukan?

Memotong Daun Pandan

Penciuman lalat tentu berbeda dengan manusia. Pandan yang harum ternyata tidak disukai oleh lalat. Padahal daun pandan seringkali dijadikan pewarna makanan, pengharum suatu kue.

Cara mengusir lalat dengan daun pandan, cukup dengan memotong daun pandan, lalu simpan dalam wadah seperti mangkuk kecil. Tempatkan mangkuk berisi potongan pandan di area dekat makanan. Bisa juga dengan menyimpan potongan daun pandan pada sudut ruangan yang sering didatangi lalat. Lalat menjadi segan untuk masuk.

Tanaman Bunga Lavender

12 cara mengusir lalat yang harus kamu ketahui gunakan lavender

Bunga lavender banyak dijumpai sebagai aromaterapi. Harumnya yang khas membuat kita merasa tenang dan nyaman. Penelitian banyak yang menunjukkan bahwa bunga lavender dapat menenangkan beberapa tikus yang stress.

Namun, berbeda dengan lalat. Bila lalat mencium aroma lavender, maka ia tidak akan mendekat dan pergi jauh. Hal ini disebabkan karena adanya aroma linalool yang dapat membuat indra penciuman lalat terganggu. Sehingga, lalat akan pergi menjauh.

Tanaman ini juga termasuk tanaman yang mudah didapat. Kamu bisa melakukan stek batang untung memperbanyak tumbuhan ini. Bila ingin mengusir lalat, kamu cukup simpan tanaman bunga lavender di sudut-sudut rumah. Maka lalat tidak akan mengunjungi rumah mu lagi.

Memadukan Lemon dan Cengkeh

Dua bahan alami ini tentunya banyak ditemukan di sekitar kamu. Banyak orang yang menjadikannya sebagai bumbu masakan untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Selain bermanfaat untuk bumbu masakan, lemon dan cengkeh juga dapat mengusir lalat di rumah, lho.

Aroma lemon dan cengkeh sebenarnya sangat nyaman pada penciuman kita. Namun, aroma ini juga tidak disukai lalat.

Kamu bisa memotong lemon beberapa bagian. Lalu tancapkan cengkeh pada bagian daging lemon. Simpan pada sudut rumah atau area dekat makanan yang berbau menyengat. Selain mengusir lalat, dua bahan ini akan membuat rumahmu menjadi harum. Jadi, tak perlu menambah biaya lagi untuk membeli parfum ruangan.

Merendam Daun Kemangi

Siapa sih yang tidak tahu dengan daun kemangi? Pasalnya daun ini sering menjadi kondimen dalam pecel ayam atau pecel lele. Selain itu juga, bila mengonsumsi daun kemangi, dapat menghilangkan bau mulut serta bau badan. Siapa sangka ternyata daun yang kaya manfaat ini tidak disukai oleh lalat.

Lagi-lagi aroma harum kemangi dapat membuat indra penciuman lalat terganggu. Caranya hampir sama dengan sebelumnya, cukup rendam daun kemangi dengan air bersih. Lalu, taruh rendaman tersebut di sudut ruangan. Dijamin, lalat tidak akan mau masuk ke ruangan tersebut.

Mencampur Bawang dan Cabai

Apakah akan membuat sambal? Tentu tidak, nih. Aroma bawang yang kuat juga akan membuat indra penciuman lalat menjadi panas.

Kamu cukup blender bawang merah dan cabai dengan air yang cukup banyak, sampai hasilnya halus. Lalu masukkan ke dalam wadah dan saring airnya. Masukkan air tersebut ke dalam botol semprotan. Kini, bahan pengusir lalat siap digunakan.

Semprot pada area yang sering didatangi lalat, atau bisa juga semprot pada sudut rumah yang terdapat banyak lalat. Dalam beberapa menit, lalat akan hilang dengan sendirinya.

Membuat Perangkap Lalat

12 cara mengusir lalat yang harus kamu ketahui bentuk lalat

Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengusir lalat dalam rumah. Alat dan bahan yang digunakan juga dapat ditemui di rumah. Perangkap ini bisa jadi solusi bagi kamu yang merasa terganggu dengan banyaknya lalat.

Siapkan gelas plastik, lalu isi dengan air sisa makanan. Tutup bagian atas gelas dengan plastik. Lalu tusuk sedikit pada pinggiran gelas agar menjadi lubang masuknya lalat. Lalat yang masuk ke dalam gelas cenderung sulit untuk keluar, belum lagi sayapnya yang basah membuatnya sulit terbang sehingga terperangkap dalam gelas tersebut.

Opsi lain, kamu bisa gunakan cuka apel untuk mengisi gelas tersebut. Cuka apel sangat disukai lalat, sehingga lalat akan mudah mendatangi perangkap tersebut.

Menaburi Garam

Garam merupakan bumbu penting dalam sebuah makanan, karena dapat memberikan rasa asin dan gurih. Ternyata, garam juga dapat gunakan untuk mengusir lalat, lho. Caranya pun mudah. Kamu perlu menaburkan garam pada area yang sering dihinggapi lalat. Misalnya seperti di sekitar tudung saji, tempat sampah, dan lain-lain. Perlahan tapi pasti, lalat akan pergi dengan sendirinya.

Menyalakan Lilin

Cara sederhana ini ternyata dapat mengusir lalat di dalam rumah. Lalat merupakan hewan yang cenderung tidak suka dengan asap. Bau asap dapat membuat indra penciumannya terganggu. Maka dari itu kamu bisa gunakan lilin untuk mengusirnya.

Beberapa rumah makan seringkali menyalakan lilin untuk mengusir lalat. Maka tak perlu ragu lagi, sekarang kamu bisa praktikan cara ini di rumah mu.

Menggunakan Air Jahe Bubuk

Jahe bubuk kerap menjadi pilihan bumbu terbaik untuk mendapatkan ekstrak rasa dari jahe. Tapi kamu juga harus tahu nih. Bubuk jahe juga bermanfaat untuk mengusir lalat.

Cukup dengan mencampur bubuk jahe dengan air dalam suatu wadah lalu aduk sampai rata. Setelah itu, kamu percikan airnya di tempat lalat berada. Lambat laun, lalat akan pergi menjauh dari tempat yang telah kamu percik larutan jahe tersebut.

12 cara mengusir lalat yang harus kamu ketahui

Bagi kamu yang masih pusing untuk mengusir lalat di rumah, kamu bisa gunakan salah satu cara di atas. Semoga berhasil, ya. Demikian informasi mengenai 12 cara mengusir lalat yang harus kamu ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *