Ini Dia 11 Chef Terkenal Asal Indonesia

Banyaknya program masak memasak baik di TV nasional maupun platform lainnya, membuat banyak orang lebih mengenal dengan profesi chef. Profesi yang identik dengan masak memasak secara profesional ini juga menjadi salah satu karir yang kemudian banyak di kejar orang. Indonesia banyak memiliki talenta yang berkecimpung dalam dunia kuliner, beberapa dari mereka sudah tidak asing lagi di mata masyarakat Indonesia dan dunia. Siapa saja Chef Indonesia yang banyak di kenal masyarakat? Simak di bawah ini:

Reynold Poernomo

Reynold Poernomo adalah salah satu kontestan ajang memasak di Australia yang berasal dari Indonesia. Hasil kreativitas masakannya di puji banyak orang tidak hanya juri acara, bahkan dirinya mendapat julukan “King of Dessert”. Kemampuannya mengolah dessert kemudian membuatnya terus meniti karirnya di bidang kuliner dan membuka bisnis kuliner yang menyajikan dessert.

Reynold Poernomo adalah adik dari salah satu chef yang juga juri MasterChef Indonesia yaitu Arnold Poernomo, sehingga tidak heran jika dirinya memiliki kemampuan dalam bidang kuliner. Bukan hanya kakaknya yang memiliki profesi pada bidang kuliner namun sang ibu juga merupakan seorang koki. Bakatnya tersebut terus diasahnya sampai dapat pujian atas makanannya dari berbagai kalangan.

Farah Quinn

Chef yang bernama asli Farah Farhanah ini adalah kelahiran Bandung, Jawa Barat. Awalnya Farah Quinn mengambil Jurusan Finance di Indiana University of Pennsylvania, namun dirinya merasa bahwa pekerjaan di kantor bukan merupakan apa yang diinginkannya. Hal tersebut membuat dirinya kemudian memulai karirnya dengan bekerja di sebuah restoran Italia dan melanjutkan pendidikannya di Pittsburgh Cullinary Institute yang mengambil keahlian khusus dalam pastry.

Karirnya kemudian lebih dikenal di Indonesia setelah menjadi salah satu pembawa acara memasak di TV nasional. Sejak saat itu nama Farah Quinn menjadi tidak asing jika di sebut sebagai Chef ternama Indonesia. Selain itu dirinya juga pernah menjadi mentor sekaligus pembawa acara kompetisi memasak dari 6 negara bersama dengan Executive Chef Resort World Sentosa, Alan Orreal.

Arnold Poernomo

Karir memasaknya diawali dari pekerjaan paruh waktu di sebuah restoran di Australia, dari sana kemudian dirinya terus belajar seperti bartender, pelayan dan memasak. Hal tersebut membuatnya diangkat menjadi Chef di Nomz Kitchen & Pastry yang kemudian membawanya terus berkarir dalam dunia kuliner. Chef Arnold juga memiliki bisnis pada bidang kuliner yang berada di Australia, bisnis tersebut kemudian di kelola bersama saudaranya Reynold Poernomo dan Ronald Poernomo.

Kecintaannya pada dunia kuliner juga merupakan sebuah turunan dari sang ibu dan nenek yang merupakan seorang koki. Hal tersebut membuat dirinya sudah akrab dengan dunia kuliner semenjak kecil dan mulai bercita-cita untuk menjadi profesional. Arnold Poernomo juga dikenal sebagai salah satu juri ajang kompetisi memasak MasterChef Indonesia bersama 2 juri lainnya.

Juna Rorimpandey

Chef Juna, sapaan akrab dari Junior Rorimpandey menjadi salah seorang juri di MasterChef yang terkenal dengan tempramennya yang keras. Tidak jarang dirinya membuang makanan yang disajikan kontestan yang ia anggap tidak enak. Karakternya tersebut yang membuatnya menjadi terkenal oleh banyak masyarakat Indonesia yang menontonnya.

Namun begitu, perjalanan awal karirnya menjadi chef tidaklah mulus. Awalnya dirinya menjadi ingin menjadi seorang pilot dan sedang mengambil lisensi komersial, namun sekolahnya tersebut bangkrut dan memaksa dirinya untuk dapat membiayai kehidupannya di negeri Paman Sam. Menjadi seorang pelayan di restoran tradisional Jepang yang kemudian ditawari belajar oleh master Sushi. Dengan kegigihannya kemudian Chef Juna menjadi Executive Chef di restoran sushi di Houston sebelum kembali ke Indonesia.

Karen Carlotta

Karen Carlotta adalah seorang chef yang mengenalkan kue terkenal red velvet di Indonesia. Pernah menjadi seorang pembawa acara di TV Indonesia dan mendapat julukan Queen of Pastry Indonesia. Lulusan Singapore Hotel and tourism Education Center dengan jurusan Pastry dan Baking ini akhirnya mendapat pengakuan dari banyak pihak tentang karirnya. Karirnya sebagai salah seorang chef dunia dapat dilihat dari keberhasilannya yang mendapat medali perunggu dalam kontes memasak Wedding Cake Competition Food Hotel Asia 2006. Selain itu juga dirinya pernah mendapat penghargaan World Gourmet Summit dan Young Chef Award.

Theodora Hurustiati

Theodora Hurustiati atau biasa dipanggil Chef Theo merupakan salah seorang chef yang telah memiliki pengakuan di dunia internasional. Hal tersebut dapat dibuktikan dari dirinya yang mampu menyabet juara kedua dalam ajang bergengsi memasak “La Scuola – Cucina” di Italia yang diikuti 600 orang kontestan. Kemampuannya sudah mulai diasahnya sedari dirinya berada dalam sekolah SMA dan sering memasak untuk keluarga. Kecintaannya terhadap dunia kuliner kemudian membawanya mengambil sekolah memasak di Italia. selain menjadi seorang chef, Theodora juga merupakan seorang food writer terkenal dan berpengalaman.

William Wongso

Pendiri Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) ini adalah seorang Duta Makanan Indonesia, beliau juga disebut sebagai pakar makanan Indonesia. Selain memiliki keterampilan dalam memasak makanan Indonesia, William Wongso juga merupakan salah satu pakar kuliner yang mendapat penghargaan yaitu Medali Kehormatan (Medaille d’Honneur) yang merupakan satu-satunya orang Indonesia yang menjadi bagian di dalam Elite de la Boulangeria International. Bahkan sampai saat ini di usianya yang tidak lagi muda, William Wonso masih terus mengenalkan makanan Indonesia sampai keluar negeri.

Chandra Yudasswara

Seorang Chef yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia karena pernah memiliki sebuah acara memasak di salah satu TV swasta di Indonesia. Berasal dari keluarga yang juga berada pada dunia kuliner, membuat Chandra sudah sangat familiar dengan dapur dan kegiatan memasak. Hal tersebut juga di dukung oleh orang tuanya yang membawanya sampai menjadi chef junior hotel di Uni Emirate Arab dan Bahrain. Setelah 14 tahun bekerja di hotel bintang lima di luar negeri akhirnya Chandra memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan memulai bisnis kuliner pada 2010.

Vindex Tengker

Salah satu Chef ternama di Indonesia ini sudah banyak di kenal oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut karena chef Vindex, sapaan akrabnya, sering muncul di TV baik sebagai bintang tamu atau juri. Kiprahnya dalam dunia kuliner telah dilalui sedari kecil ketika menemani neneknya memasak. Hal tersebut membuatnya tertarik pada dunia memasak dan mengambil jurusan management perhotelan.

Chef Vindex kemudian bergabung dengan jaringan hotel internasional Four Seasons setelah sebelumnya menjadi chef di Amandari Hotel Ubud Bali. Beliau juga telah bekerja di Mallorca, Spanyol dan Los Angeles di Amerika dalam bidang kuliner. Sehingga tidak heran jika beliau menjadi salah satu Top Chef yang dimiliki Indonesia.

Ririn Marinka

Maria Irene Susanto atau bisa di panggil Chef Marinka adalah salah seorang chef ternama Indonesia. Namanya mulai banyak di kenal setelah menjadi salah satu juri di kompetisi memasak, Masterchef Indonesia. Chef Marinka memiliki ketertarikan memasak sejak lama, namun ketika menyelesaikan SMA dirinya memilih untuk meneruskan sekolah di Institute College Sydney Australia dengan jurusan Fashion Design. Memiliki passion pada kuliner, Marinka melanjutkan sekolah diplomanya pada bidang French Cuisine & Patisserie di Le Cordon Bleu, Sydney.

Selama berada di Australia, Marinka juga magang di beberapa restoran terkenal yang berada di Sydney.
Setelah kembali ke Indonesia, Marinka mencoba membuka bisnis kuliner, sayangnya bisnis tersebut tidak berjalan baik karena kesalahan pemasaran. Setelah menjadi juri, karir Marinka sebagai selebriti chef terus bersinar dengan menjadi pembawa acara pada program memasak. Selain itu Chef Marinka juga sering membagikan ilmu memasaknya dengan membagikan video dan telah membuat buku resep karangannya sendiri dengan judul Fantastic Cooking.

Renatta Moeloek

Salah satu juri ajang kompetisi memasak ini terkenal dengan ketegasannya. Memiliki nama lengkap Puti Renatta Ratnasari Moeloek, Renatta telah menyelesaikan pendidikan memasaknya di Le Cordon Bleu Culinary Art di Perancis. Dimana setelah lulus dirinya berkesempatan untuk bekerja pada restoran bintang Michelin, Garance Saint Dominique di Paris, Perancis. Selama bekeja di luar negeri, dirinya juga aktif memperkenalkan masakan Indonesia.

Karirnya sebagai selebriti chef berawal dari kemunculannya sebagai juri di MasterChef, Indonesia. Kemampuannya yang profesional membawanya menjadi salah satu chef ternama di Indonesia. Kini, Chef Renatta sibuk dengan karirnya sebagai chef restoran private dining dan juga sebagai selebriti chef yang terkenal.

Semakin maraknya program acara memasak di TV Indonesia membuat orang-orang yang berkecimpung di dalamnya juga semakin di kenal di Indonesia. Profesi Chef yang memiliki pengalaman memasak sampai keluar negeri dan mendapat pengakuan, menjadi salah satu kebanggaan bangsa Indonesia bagaimana anak bangsa mampu bersaing di kancah dunia internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *