11 Cara Mengatasi Ngantuk yang Bisa Kamu Coba

Mengatasi ngantuk saat bekerja perlu untuk dilakukan. Rasa ngantuk memang paling sering terjadi saat kita terus menerus menatap layar, dan berdiam diri. Tetapi tahukah kamu, bahwa sebenarnya ngantuk itu terjadi karena pasokan oksigen dalam tubuh berkurang. Ngantuk ditandai dengan banyaknya jumlah menguap yang kamu lakukan. Semakin banyak jumlah menguap kamu, menandakan seberapa besar tingkat kantuk yang kamu rasakan. Tanda selanjutnya adalah mata kamu yang terasa berat ingin secepatnya memejamkan mata. Tentunya bila kamu sedang menjalani aktivitas sehari-hari rasa ngantuk harus cepat diatasi.

Ada beberapa penyebab mengapa rasa ngantuk muncul. Salah satunya dapat disebabkan karena kurangnya tidur pada malam hari. Pasokan oksigen saat tidur sangat baik untuk melancarkan sistem peredaran darah pada tubuh. Sehingga oksigen yang dialirkan melalui darah melewati semua bagian tubuh yang membutuhkan oksigen untuk relaksasi. Bila pasokan oksigen saat tidur kurang tentunya kamu akan merasa ngantuk di pagi hari. Tetapi, ternyata rasa kantuk itu tidak melulu tentang masalah kurangnya tidur, justru kelebihan waktu tidur juga dapat menyebabkan ngantuk. Hal ini tentu memiliki kecendrungan pada banyaknya waktu tidur yang telah merelaksasi badan, sehingga badan akan menagih relaksasi kembali saat bangun. Itulah yang menyebabkan kamu merasa ngantuk.

Selain itu penyebab ngantuk yang mendasar adalah dehidrasi, yaitu suatu keadaan tubuh kurang mengonsumsi air. Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk menjalankan semua sistem di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik, sekaligus membantu memaksimalkan energi saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kurangnya mengonsumsi air minum dapat menyebabkan kamu mengalami dehidrasi yang tentunya membuat tubuh kamu merasa cepat lelah dan mudah mengantuk.

Air menjadi peranan penting dalam melancarkan aliran darah yang mengandung oksigen. Bila asupan air kurang, tentu saja juga mengurangi pasokan oksigen yang menyebar ke seluruh tubuh. Pada penelitian Journal of Nutrition College yang ditulis oleh Annisa Ratih S, dkk menjelaskan bahwa cairan yang hilang dari tubuh dan tidak diganti juga dapat menyebabkan dehidrasi yang dikaitkan dengan penurunan kinerja fisik maupun kognitif.

Bila kamu kerja di ruangan berAC, belum lagi dengan posisi duduk dan terus menerus berada dalam posisi yang sama juga dapat menjadi penyebab rasa ngantuk kamu terjadi. Berdiam diri terlalu lama di depan komputer akan membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk karena tidak ada pergerakan untuk mengalirkan darah dalam tubuh. Dari beberapa penyebab ngantuk di atas, tentunya ada beberapa cara untuk mengatasi ngantuk yang kamu alami. Berikut 11 cara mengatasi ngantuk yang bisa kamu coba.

Lakukan Peregangan

Ketika kamu merasa ngantuk, cara mengatasi ngantuk mu adalah dengan melakukan peregangan. Peregangan atau streching baik untuk melancarkan aliran darah. Saat kamu duduk berdiam diri, tentumya posisi kaki bagian lutut dan posisi tangan pada sikut menekuk dalam waktu yang cukup lama. Lutut dan sikut yang menekuk dalam waktu lama akan sedikit menghambat aliran darah dalam seluruh tubuh. Sehingga diperlukan streching untuk meregangkan semua jaringan otot yang tertekuk dan mengakibatkan pegal. Lakukan peregangan dalam waktu 3 sampai 5 menit untuk membantu mengalirkan darah dalam tubuh dan rasa ngantuk pun berkurang. Disarankan peregangan dilakukan setiap satu jam, agar terhindar dari rasa ngantuk yang tak tertahankan.

Cuci Wajah

Cuci wajah adalah cara andalan yang cepat dan jitu bagi banyak orang. Cara satu ini dianggap cukup efektif untuk mengatasi ngantuk yang menyerang. Pada saat kamu pergi dari tempat duduk mu menuju toilet untuk membersihkan wajah, kamu sudah membantu memberikan pergerakan pada tubuh sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Belum lagi saat kamu cuci wajah membantu menyegarkan mata yang terasa ngantuk. Pada dasarnya mata akan terasa segar kembali saat mencuci wajah. Upaya ini tentunya dapat membantu kamu menjalankan aktivitas sehari-hari dan mengurangi rasa ngantuk. Kamu bisa lakukan cuci wajah hanya dengan air saja, atau bisa juga mencuci wajah dengan sabun muka untuk menjaga wajah mu tetap bersih.

Menengadahkan Kepala

Apa maksud dari cara menengadahkan kepala ini? Menengadahkan kepala adalah cara dengan membuat kepala terdorong ke belakang dan kepala menghadap ke atas. Posisi badan mu bisa berdiri atau duduk di tempat kerja. Cara menengadahkan kepala ini termasuk cara yang cepat untuk mengatasi ngantuk mu. Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa rasa ngantuk yang timbul dapat disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh. Nah, dengan cara ini kamu bisa menghirup oksigen lebih banyak dibanding posisi biasa. Lakukan tarikan napas yang dalam melalui hidung beberapa kali selama 5 sampai 10 menit. Dengan begitu pasokan oksigen akan banyak terhirup ke dalam tubuh dan rasa ngantuk mu perlahan-lahan akan berkurang. Tarikan napas panjang saat posisi ini juga membantu melegakan paru-paru kamu.

Minum Kopi

Cara selanjutnya untuk mengatasi ngantuk yaitu dengan meminum segelas kopi. Dalam kopi terdapat zat kafein alami yang bagus untuk tetap membuat mu tetap terjaga. Cara ini terbilang cukup sering digunakan oleh para pekerja yang menyukai kopi. Sudah banyak penelitian pada zat kafein alami dalam kopi yang dapat membantu mengatasi ngantuk. Cara kerja kafein sendiri memang sudah terkenal sebagai zat untuk meningkatkan kewaspadaan serta konsentrasi, karena bertindak sebagai stimulan (rangsangan). Disebut stimulan karena kafein dapat melawan rangsangan adenosin (pemberi rangsangan ngantuk) dengan memblokirnya agar tidak mendominasi tubuh. Dengan begitu rasa ngantuk mu perlahan akan dilawan dengan kafein, dan kamu menjadi segar kembali. Bila kamu tidak menyukai kopi, rasanya cara berikut dapat menjadi pilihan terbaik.

Minum Teh

Teh memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat teh juga berperan sebagai minuman untuk mengatasi ngantuk karena di dalam teh juga mengandung kafein. Kamu tidak perlu bingung, memang sejatinya dalam daun teh juga mengandung kafein yang baik untuk tubuh. Namun kadar kafein dalam teh lebih rendah dibanding kopi. Hal ini justru menjadi kabar baik bagi kamu yang tidak menyukai kopi atau terasa deg-degan setelah meminum kopi.

Opsi minum teh adalah cara yang tentunya mudah untuk dilakukan. Kandungan kafein dalam teh juga bagus untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Proses kafein mengatasi ngantuk tentu sama dengan prosesnya pada kopi, yang membedakan adalah kadar kafeinnya saja. Tetapi, bagi kamu yang tidak terbiasa dengan kopi, kadar kafein dalam teh sudah cukup untuk mengurangi rasa ngantuk yang datang.

Mengonsumsi Camilan Asam

Saat ngantuk menerjang, sebaiknya kamu mulai mengonsumsi camilan memiliki rasa asam, seperti yogurt atau bisa saja permen asam. Perasa asam membantu mengaktifkan air liur dalam rongga mulut sehingga bagian tenggorokan mu mulai melakukan aktivitas yang dapat melegakan tenggorokan. Dengan mengonsumsi camilan asam tentunya kamu akan terasa lebih segar. Tetapi, jika kamu tidak ada camilan asam pun sebenarnya tidak apa. Misalnya seperti biskuit atau keripik.

Rasa asam ini hanya berguna untuk meningkatkan kinerja perasa pada lidah sehingga rasa segar semakin menjadi dan rasa ngantuk mu perlahan menghilang. Disarankan mengonsumsi camilan asam saat perut kamu tidak kosong, ya. Bila dikonsumsi saat perut kosong dapat memicu asam lambung. Cara ini tentu dapat menjadi pilihan untuk mengatasi ngantuk.

Mendengarkan Musik

Saat mendengarkan musik, indra pendengaran dan otak secara langsung akan terhubung untuk meningkatkan fokus. Rasa kantuk saat mengerjakan tugas dapat dilawan dengan mendengarkan musik. Tentunya kamu bisa memilih musik apa saja yang sesuai dengan selera kamu sehingga dapat membangkitkan semangat mu kembali. Ada banyak musik yang bisa kamu mainkan di gawai atau gadget saat berada di kantor untuk mengusir kantuk, mulai dari musik rock, metal hingga dangdut atau musik yang bisa menyegarkan diri kamu.

Cara lainnya bisa juga menonton video lucu atau bahkan video horor sejenak, untuk membuat matamu segar kembali. Tetapi, jangan sampai kamu terlena, karena aktivitas kerja kamu bisa menjadi terhambat.

Mengobrol Sejenak dengan Teman

Sesekali tidak masalah jika membuka obrolan dengan rekan kerja mu. Obrolan seru juga dapat meningkatkan kebugaran dan melawan rasa kantuk mu. Entah itu tentang pertandingan bola, atau sedikit keluhan ngantuk, atau juga bertanya tentang masalah kerja, bisa dijadikan topik saat kamu sudah mulai mengantuk. Mengobrol sejenak dengan teman dapat menjadi solusi cepat untuk mengatasi ngantuk yang menyerang.

Menghirup Aroma Terapi

Aroma terapi biasanya berbentuk difusi dari berbagai macam essential oil. Essential oil (minyak esensial) adalah minyak alami yang dihasilkan dari suatu tumbuhan, seperti contohnya adalah lavender, jeruk, nanas, kayu putih dan lainnya. Sudah banyak kemasan minyak esensial yang dijual di pasaran. Dengan menghirup aroma terapi telah dipercaya dapat menimbulkan rasa menenangkan. Sudah banyak para influencer yang menggunakan aroma terapi sebagai cara untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan mood. Aroma terapi juga berfungsi agar kamu tetap terjaga dan kembali bugar, tentunya ini baik untuk mengurangi rasa ngantuk.

Cara yang termudah kamu hanya perlu membuka tutup minyak esensial kamu, lalu hiruplah perlahan-lahan. Dengan begitu mood kamu semakin meningkat dan melupakan rasa ngantuk. Kamu juga bisa lakukan ini dengan minyak kayu putih. Opsi lainnya kamu bisa membeli diffuser untuk mengubah minyak esensial menjadi uap dan akan terhirup oleh mu.

Tidak Menyantap Makan Siang Berlebih

Makan terlalu banyak dan berat saat makan siang juga bisa membuat mu mengantuk. Hal ini disebabkan kadar gula dalam darahmu meningkat dan mengurangi oksigen yang mengalir dalam tubuh. Sehingga bila gula darah semakin banyak, tentunya kamu juga akan merasa semakin mengantuk. Pastikan kamu tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan, secukupnya saja. Disarankan untuk memilih asupan yang lebih ringan yang mengandung banyak sayur dan buah-buahan. Dengan adanya sayur dan buah-buahan justru menambah energi kamu saat bekerja.

Tidur Siang Sejenak

Cara ini tentu menjadi opsi terakhir yang bisa kamu lakukan. Bila rasa ngantuk mu sudah sangat tak tertahankan, disarankan saat waktu istirahat dimanfaatkan dengan tidur siang sejenak 10-20 menit untuk mengurangi rasa ngantuk mu. Jika tidak memungkinkan atau kamu tidak dapat tidur, pejamkan mata sambil tengkurap di meja kerja selama 10 menit tanpa distraksi (gangguan) apa pun agar dapat kembali lebih segar. Pastikan kamu menyetel alarm agar tidak tidur dalam waktu yang lama, atau bisa meminta bantuan rekan mu untuk membangunkanmu 10 menit kemudian.

Mengatasi ngantuk termasuk susah-susah gampang, sebab rasa mengantuk terkadang tidak terlalu berat atau sangat berat sekali. Untuk itu diberikan beberapa opsi untuk dapat membantu kamu mengatasi ngantuk saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun, perlu diingat pula bahwa mencukupi kebutuhan tidur harian sangatlah penting. Jadi, pastikan waktu tidur malam kamu tercukupi dan hindari kebiasaan begadang agar tubuh tetap bugar pada keesokan harinya. Demikian informasi mengenai 11 cara mengatasi ngantuk yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *