10 Rempah Yang Dapat Meningkatkan Imunitas di Tengah Pandemi

rempah yang dapat meningkatkan imunitas

Maret lalu, Dunia baru saja terserang wabah yang meresahkan. Hampir seluruh aspek dan lapisan masyarakat merasakan dampak yang cukup parah akibat wabah ini. Seperti yang kita tahu, bahwa virus  corona yang tengah melanda seluruh dunia ini benar-benar mengkhawatirkan, penyebarannya yang begitu mudah, serta efek samping yang lumayan parah bagi orang yang terjangkit virus ini. Yang lebih mengkhawatirkannya lagi, efek yang diberikan oleh virus ini hampir mirip dengan gejala flu yang biasa dialami oleh manusia. Untuk mendeteksi apakah kita hanya terserang flu biasa ataupun virus covid-19 tentu saja kita harus melakukan swab test sesuai yang dianjurkan dengan standart protokol kesehatan yang ditetapkan oleh WHO.

Namun, kita tentu saja bisa menghindari virus tersebut ataupun virus lainya dengan tetap berada di rumah, menjaga jarak, dan menjaga imunitas kita agar tidak menurun. Kamu bisa mengonsumsi vitamin ataupun suplemen yang dapat menjaga daya tahan tubuh mu, mengonsumsi rempah ataupun tumbuhan herbal lainnya yang sejak dulu dipercaya sangat ampuh untuk mejaga imunitas tubuh.

Lalu apa sajakah rempah-rempah yang bisa membantu kita untuk menjaga keseimbangan imun? Simak penjelasan dibawah ini ya!

jenis dan manfaat rempah Untuk Meningkatkan IMUN :

1. Jahe

Ilustrasi Jahe
Ilustrasi Jahe

Tanaman herbal ini bisa dibilang termasuk rempah-rempah yang paling banyak digunakan masyarakat untuk makanan dan minuman. Seperti yang dilansir dari Buku Minuman Tradisional Penguat Kekebalan Tubuh (2015) oleh Endang S. Sunaryo, bedasrkan penelitian yang dilakukan Christina Winarti dan Nanan Nurjanah pada tahun 2005, mengonsumsi ekstrak jahe dalam minuman tradisional dan obat-obat tradisional dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati diare, terutama jahe merah, kamu cukup mengkonsumsinya tidak lebih dari 4 gram sehari.

Rasa khas jahe yang pedas dan hangat, membuat jahe mampu menghangatkan tubuh. Kandungan yang berada dalam jahe/ekstrak jahe seperti senyawa berakhasiat yang disebut zingerone, shogaol, dan gingerol yang sangat baik menanggulangi penurunan daya tahan tubuh akibat perubahan cuaca maupun infeksi virus, terutama influenza. Kamu bisa me

2. Kunyit

Ilustrasi Kunyit

Sejak munculnya Virus Corona, banyak rumor yang mengatakan bahwa kunyit mampu menangkal virus tersebut. Jika kita melihat dari khasiatnya, memang ada benarnya juga, karna seperti yang kita tahu, Virus Covid-19 menyerang orang yang memiliki imunitas tubuh yang rendah. Sedangkan Kunyit sendiri memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jadi ketika imunitas tubuh mu bagus, kemungkinan tertular virus tersebut semakin kecil.

Dilansir dari liputan6.com Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, menyebutkan bahwa kunyit mempunyai sifat antiperadangan, antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antivirus. Sangat bagus bukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh mu? Terutama jika kamu mengkonsumsinya sesuai dosis perhari yakni 1.5 – 3 gram perhari.

3. Temulawak

Ramuan tradisional ini merupakan ramuan yang telah diuji secara ilmiah. Manfaatnya pun juga sangat banyak, yakni meningkatkan nafsu makan, menurunkan kadar lemak dalam darah hingga fungsi hati. Senyawa aktif yang terdapat didalam temulawak bisa membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita, contohnya kandungan kurkumin, antibakteri, antivirus yang terdapat pada temulawak dapat melindungi kita dari serangan penyakit akibat infeksi. Kamu cukup mengkonsumsinya sebanyak 500-3000 mg perhari.

4. Gingseng

Ilustrasi Gingseng

Gingseng sudah lama digunakan sebagai pengobatan herbal di asia. Namun selain itu Gingseng juga memiliki manfaat dalam memperkuat sistem imunitas. Senyawa aktif seperti saponin, polisakarida dan polipeptida yang membuat gingseng memiliki fungsi terhadap sistem imun, anti kanker, anti diabetes, anti aging, bahkan fungsi otak serta seksual. Komsumsilah gingseng sesuai anjuran, yaitu cukup sekitar 100-200mg dalam bentuk kapsul ataupun teh perhari.

5. Serai

Ilustrasi Serai

Melansir dari medical daily serai terkenal memiliki senyawa antioksidan dan anti mikroba yang membantu anda terlindung dari beberapa penyakit. Serai juga dipercaya dapat memperlancar pencernaan, sekaligus menstimulasi laju metabolisme tubuh. Serai juga mampu menegluarkan racun tubuh kamu lewat pembuangan urin. Menariknya kamu tidak perlu mengubah serai menjadi obat untuk mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa langsung mengonsumsi air seduhan satu batang daun serai ataupun menambahkannya kedalam masakan.

6. Bawang putih

Ilustrasi Bawang Putih

Konsentrasi senyawa yang kuat di dalam kandungan bawang putih, dapat membantu tubuh dalam melawan virus/bakteri jahat. Antivirus yang terdapat dalam bawang putih dapat mencegah virus seperi influenza ataupun virus lain yang menyebabkan flu. konsumsi bawang putih sebanyak 1-4 siung sehari.

7. Kayu manis

Ilustrasi kayu manis

Kayu manis adalah rempah yang kaya akan antioksidan, sedangkan antioksidan sendiri sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, sehingga kayu manis yang kaya akan antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas di lingkungan mu sehari-hari, serta menjaga kamu untuk tidak mudah sakit. Juga kandungan antiinflamasi yang ada di kayu manis dapat bermanfaat untuk meredekan peradangan dan melepaskan tumpukan cairan yang berlebihan dalam tubuh. Selain itu, kayu manis juga dipercaya dapat memperbaiki fungsi hormon insulin sehingga mencegah diabetes dan obesitas. Kamu dapat mengonsumsinya sekitar satu sendok teh bubuk kayu manis ataupun sekitar0.5-2 gram perhari.

8. Cengkeh

Ilustrasi cengkeh

Konsumsi cengkeh dengan rutin dapat membuat tibuh lebih sehat dan segar. Karna cengkeh juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan memproduksi banyak sel darah putih. Kandungan eugenol yang terdapat dalam cengkeh juga bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak. Sifat antinyeri yang ada pada cengkeh disinyalir dapat mengatasi rasa gatal yang tidak nyaman pada tenggorokan.

9. Kapulaga

Ilustrasi Kapulaga

Kapulaga dikenal sebagai detoksifikasi yang paling ampuh karna kemampuannya untuk mengeluarkan racun pada tubuh. Sedangkan racun-racun yang menumpuk pada tubuh dapat menyebabkan munculnya masalah seperti mudah sakit, hingga dapat memicu sel kanker. Selain itu kapulaga juga mengandung senyawa alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karna mampu melawan bakteri serta patogen lain. Kamu bisa mengkonsumsi kapulaga secara utuh ataupun bubuk. Untuk kapulaga bubuk kamu cukup menambahkan1-3gram dalam air perhari.

10. Kulit jeruk

ilustrasi Infused water

Menurut ilmuan dari fakultas kedokteran Universitas Indonesia (UI) Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakt (LPPM) IPB University dan FMIPA IPB University bahwa senyawa hesperidin yang banyak terdapat dalam kulit jeruk disinyalir bisa memberika perlindungan terhadap mikroba dan virus. Serta kandungan kulit jeruk seperti flavonoid dapat membantu untuk mencegah reproduksi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, dan dapat membunuh sel-sel disfungsional.

Kamu bisa menggunakan jeruk jenis apapun denga cara membuat jus dengan buah serta ditambah seditkit dengan kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Atau kalau kamu tidak terlalu suka dengan rasa kulit jeruk yang pahit, kamu bisa menjadikannya sebagai infuse water dari jeruk, beserta kulitnya yang sudah kamu cuci bersih.

Jadi, itu dia 10 rempah-rempah yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, dan imunitas kita di tengah pandemi. Kamu bisa mengonsumsi rempah-rempah diatas dengan cara direbus, atau kamu bisa membuat ramuan dari air rebusa dengan menggabungkan beberapa rempah tersebut menjadi satu.

Pastikan kamu rajin mengonsumsi vitamin ataupun ramuan herbar yang terbuat dari rempah diatas, untuk selalu menjaga kesehatanmu. Patuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah seperti menjaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan, agar kamu tetap sehat, dan bisa menjalani aktivitas seperti biasa meskipun ditengah wabah.

Salam sehat untuk kita semua!

 

Related Posts

Leave a comment