10 Obat Alami Sakit Gigi Berlubang Yang Harus Kamu Ketahui!

10 obat alami sakit gigi berlubang yang harus kamu ketahui

Obat alami sakit gigi berlubang bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk meredakan sakit di gigi. Nyeri yang tak tertahankan dapat membuat kita menjadi pusing, dan kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari.

Rasa sakit pada gigi berlubang dapat disebabkan karena kerusakan atau infeksi gigi. Kerusakan terjadi karena adanya plak, zat lengket yang mengikat gigi menjadi infeksi karena bakteri atau menggigit suatu yang keras.

Bila gigi kamu berlubang, rngga atau retakan pada gigi memungkinkan udara dan kuman di dalam gigi. Hal ini dapat mengiritasi dan menginfeksi saraf pulpa sensitif yang menyebabkan sakit gigi. Selain itu, dalam beberapa kasus gigi berlubang bisa mengakibatkan komplikasi, mulai dari infeksi gigi, abses gigi, sepsis, hingga gigi tanggal. Jadi, kamu tidak bisa main-main jika mengalami sakit gigi berlubang.

Bila sakit gigi, kamu perlu untuk segera mengobatinya. Dengan obat alami berikut kamu bisa segera mengobati sakig gigi kamu dan meredakannya.

Bawang Merah

Bawang merah memang kerap kali sering dijadikan obat alami beberapa penyakit, salah satunya untuk mengobati sakit gigi berlubang. Anti-inflamasi dalam bawang merah berupa senyawa flavonoid yaitu kuarsetin. Kuarsetin bekerja untuk menghentikan peradangan saraf yang sakit. Selain itu senyawa fenolik dalam bawang merah juga membantu melawan bakteri yang menyebabkan sakit

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memotong bawang merah, lalu tempelkan pada gigi berlubang yang sakit. Tekan-tekan sampai mengenai gigi yang sakit. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Bila masih sakit, kamu bisa ulangi kembali.

Cara lainnya, kamu bisa kunyah bawang merah mentah pada gigi yang sakit. Ini membantu ekstrak bawang merah membersihkan gigi berlubang. Bawang merah bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang baik untuk mematikan bakteri. Dengan begitu, sakit gigi kamu akan berkurang dan menghilang.

Air Garam

Air garam memiliki senyawa alami yang bersifat desinfektan, pembunuh bakteri dan virus. Air garam bekerja untuk melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi berlubang. Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Pada air garam memiliki kemampuan anti-inflamasi yang membuat proses penyembuhan dipercepat karena senyawa yang bekerja bersifat menenangkan .

Cukup tambahkan setengah sendok teh air garam pada segelas air hangat. Kumur-kumur air garam, dan ulangi sampai rasa sakit gigi berkurang.

Es Batu

Tahu kah kamu, rasa sakit gigi disebabkan karena pulpa gigi mengalami peradangan. Pulpa gigi terdiri atas syaraf-syaraf gigi dan pembuluh darah. Bila syaraf dan pembuluh darah terasa sakit, berarti terjadi peradangan yang disebabkan bakteri.

Pulpa dapat diredakan dengan cara mengompresnya dengan es batu. Es batu mampu meredakan peradangan yang terjadi. Dinginnya es batu dapat mematikan bakteri dan meredakan rasa sakitnya.

Obat sakit gigi berlubang satu ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu siapkan es batu dan handuk kecil. Taruh es batu ke dalam handuk. Lalu bungkus, dan tekan-tekan pada pipi yang terasa sakit. Lakukan berulang kali untuk meredakan sakit gigi kamu.

Bawang Putih

Seperti halnya bawang merah, bawang putih juga bermanfaat untuk menjadi obat alami sakit gigi berlubang. Bawang putih juga memiliki zat antibakteri yang baik untuk membunuh pertumbuhan bakteri.

Bawang putih memiliki zat Allicin yang baik untuk peradangan. Zat allicin dalam bentuk aktifnya berperan sebagai antibiotik serta antidiabetik di dalam tubuh manusia. Maka dari itu dapat membantu bunuh bakteri pada gigi.

Obat sakit gigi satu ini digunakan dengan cara menempelkan potongan bawang pada gigi yang sakit. Opsi lain kunyah bawang putih pada gigi berlubang yang sakit.

Kantong Teh Peppermint

10 obat alami sakit gigi berlubang yang harus kamu ketahui kantong teh peppermint

Mungkin memang masih banyak yang belum tahu tentang obat alami sakit gigi satu ini. Peppermint atau nama latinnya Mentha piperita L. merupakan tumbuhan yang memiliki sifat anti-bakteri dan anti-oksidan.

Kantong teh peppermint yang kamu gunakan disarankan dalam kondisi hangat. Rebus kantong teh peppermint dengan air hangat, angkat kantong tehnya, lalu tempelkan pada gusi atau gigi yang sakit.

Opsi lain dapat gunakan kantong teh dengan keadaan dingin. Masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya dan kemudian tempelkan kantong tersebut ke gigi yang sakit.

Pada daun peppermint mengandung senyawa mentol yang berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-oksidan. Mentol juga dapat memberi efek dingin yang meringankan rasa nyeri, sehingga cocok sebagai salah satu cara untuk mengobati sakit gigi.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dengan nama latin Psidium guajava memiliki senyawa aktif seperti tanin, triterpenoid, flavonoid, dan saponin. Senyawa berikut baik untuk melawan bakteri dan virus.

Sudah banyak produk pereda sakit gigi menggunakan ekstrak jambu biji ini. Untuk, itu kamu bisa gunakan jambu biji sebagai obat alami sakit gigi kamu.

Cukup dengan tumbuk daun jambu biji sampai halus, lalu tumbukan tersebut dijadikan gumpalan kecil, dan tempelkan pada gigi yang sakit. Opsi lainnya, kamu bisa seduh tumbukkan daun jambu biji dengan air hangat. Lalu kumur-kumur sampai rasa sakit menghilang.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah bentuk ekstraksi cengkeh yang berupa minyak. Minyak cengkeh sudah dipercaya sejak lama sebagai obat tradisional. Kandungan eugenolnya berfungsi sebagai anestesi alami yang dapat menghilangkan sakit.

Caranya mudah, kamu hanya perlu siapkan gulungan kapas, lalu teteskan minyak cengkeh pada kapas. Tempelkan kapas pada gigi yang berlubang yang sakit. Kamu bisa lakukan berulang kali sampai rasa sakit mereda.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki banyak manfaat bagi manusia. Dalam dunia skincare, cuka apel baik untuk mengobati bekas jerawat. Selanjutnya, cuka apel juga berguna untuk mengempukkan daging yang akan dimasak. Selain itu, cuka apel juga bermanfaat sebagai obat alami sakit gigi.

Cuka apel dipercaya memiliki kandungan anti-mikroba, sehingga bagus untuk membunuh bakteri yang menyebabkan rasa sakit.

Cukup larutkan satu sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Lalu kumurlah hingga rasa sakit berkurang.

Cara lainnya kamu bisa teteskan cuka apel pada gulungan kapas yang kecil, lalu tempelkan gulungan kapas tersebut pada gigi yang sakit. Diamkan hingga rasa sakit berkurang.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang banyak digunakan untuk olahan masakan. Pada kunyit ini terdapat anti-oksidan serta anti-radang yang membantu menjaga kesehatan gusi dan gigi. Kandungan anti-radang pada kunyit dapat juga digunakan untuk meredakan sakit gigi berlubang.

Kamu bisa potong kunyit, lalu tempelkan pada gigi berlubang yang sakit. Cara ini dapat kamu ulangi sampai sakit pada gigi berlubang sudah berkurang.

Akar Manis (Licorice)

10 obat alami sakit gigi berlubang yang harus kamu ketahui akar manis licorice

Akar manis memiliki sifat anti-depresan, neuro-protektif dan anti-inflamasi. Tentunya, ini baik untuk mengatasi rasa sakit pada gigi berlubang. Pada akar manis juga terdapat polifenol yang bekerja untuk menenangkan syaraf peradangan pada gigi.

Kamu bisa rebus akar manis dengan secangkir air, lalu kumur-kumur air rebusan akar manis sampai sakitnya mereda.

Obat alami sakit gigi berlubang ini bisa menjadi pilihan kamu untuk meredakan sakit gigi yang tak tertahankan. Semoga informasi dapat bermanfaat. Selalu jaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari.

9 cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *