10 Manfaat Tempe

10 manfaat tempe

Siapa diantara kalian yang gemar mengonsumsi tempe? Eits jangan salah, meskipun harganya murah, dan sering kali dipandang sebelah mata, tapi ternyata tempe punya banyak manfaat yang gak di sangka-sangka lho!! Bagi kamu yang sering menjadikan tempe sebagai lauk makanan, kamu harus bergembira, karna makanan yang terbuat dari olahan kacang kedelai ini, bisa membuat tubuhmu sehat. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak informasi lengkap tentang tempe berikut ini!

Mengenal Lebih Jauh Tentang Tempe

tempe berkhasiat bagi kesehatan

Tempe adalah makanan asli Indonesia yang terbuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer, atau Rh. arrhizus. Sediaan (proses) fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “Ragi Tempe”

William Shurtleff dan Akiko Aoyagi, dalam The Book of Tempeh, menempatkan tempe sebagai salah satu makanan olahan yang terbuat dari hasil fermentasi yang sama dengan pembuatan keju, yogurt, dan tentu saja roti. Namun tempe sangat lah unik karena memiliki aroma yang sedap dan bentuknya yang padat menyerupai daging.

Kandungan Nutrisi Tempe

Selain itu tempe memiliki rasa yang enak, dan juga kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Dalam 84 gram tempe mengandung nutrisi sebagai berikut :

  • Kalori: 162
  • Protein: 15 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Total lemak: 9 gram
  • Sodium: 9 miligram
  • Besi: 12% dari kebutuhan gizi harian
  • Kalsium: 9% dari kebutuhan gizi harian
  • Riboflavin: 18% dari kebutuhan gizi harian
  • Niacin: 12% dari kebutuhan gizi harian
  • Magnesium: 18% dari kebutuhan gizi harian
  • Fosfor: 21% dari kebutuhan gizi harian
  • Mangan: 54% dari kebutuhan gizi harian

kandungan nutrisi tempe

Kandungan gizi yang melimpah ini lah yang membuat para vegetarian menjadikan tempe sebagai alternatif pengganti daging. Selain itu tempe juga merupakan sumber kalsium yang bebas dari susu yang baik. Sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi pada susu. Dalam 166 gram tempe mengandung sekitar 2/3 kalsium seperti yang ditemukan dalam satu cangkir susu murni.

tempe sebagai pengganti daging

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Setelah melihat kandungan nutrisinya, tidak mengherankan jika tempe memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya :

Sebagai Sumber Vitamin B12 Yang Dibutuhkan Tubuh

Tubuh sangat memerlukan Vitamin B12 untuk menghasilkan sel darah merah, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, dan menjaga kesehatan sistem saraf serta fungi otak. Oleh karena itu, tempe sering dijadikan alternatif bagi para vegan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12 mereka. Karena tempe merupakan satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari nabati, yang mana biasanya ditemukan pada daging, ayam, ikan, ataupun susu.

Antioksidan Penangkal Radikal Bebas

Radikal bebas bisa memberikan efek buruk bagi tubuh, salah satunya dapat memicu kanker. Sebab itu tubuh sangat membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Dengan mengonsumsi tempe, antioksidan yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi. Karna tempe mengandung antioksidan isoflavon yang berperan dalam melawan radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes dan mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat dan payudara.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada proses fermentasi tempe, kedelai dan ragi akan membentuk asam fitat dan berbagai bakteri baik, salah satunya adalah probiotik. Probiotik ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, probiotik juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan usus. Dengan probiotik, tubuh dapat dengan mudah memecah nutrisi dan dapat membantu melancarkan pencernaan.

Menurunkan Kolesterol

Tingginya risiko terkena penyakit jantung biasanya disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah. Mengonsumsi tempe dapat membantu kita menurunkan kolestrol jahat atau LDL. Hal ini dikarenakan tempe memiliki senyawa isoflavon dan niasin yang dianggap dapat mengontrol kolesterol.

Menurunkan Gula Darah

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Tempe yang terbuat dari kedelai, mengandung isoflavon dan serat yang mampu mengontrol kestabilan gula darah dan memperbaiki resistensi insulin.

Selain baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe II, tempe juga bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Selain itu, tempe juga mengandung mangan yang berfungsi untuk membantu produksi enzim pencernaan untuk membantu proses glukoneogenesis.

Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson adalah penyakit yang ditandai oleh sistem kerja saraf pusat yang tidak normal. Kerusakan saraf tersebut dapat menyebabkan tingkat dopamin yang menurun. Dalam hal ini niasin yang terkandung dalam tempe berfungsi untuk membantu perbaikan sel-sel, sehingga mengurangi risiko penyakit parkinson. Selain itu, orang yang sering mengonsumsi niasin dapat mengurangi risiko depresi, kelelahan, dan anemia.

Mencegah Kanker

Kanker dapat terjadi karena adanya sel-sel abnormal yang terus bermutasi dan menghasilkan sel-sel baru dengan gen yang tidak sempurna. Proses ini dapat menyebabkan rusaknya jaringan sel sehat dalam tubuh. Nah, di dalam kandungan tempe terdapat senyawa polifenol dan isoflavon yang bertugas menghambat proses produksi pembuluh darah sel kanker.

Mencegah Asma

Serat dapat mengurangi tingkat peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan. Sebab itu tempe yang kaya akan serat, sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan paru-paru dan memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru, sehingga dapat mencegah asma.

Mencegah Osteoporosis

Selain kaya akan protein dan vitamin B12, tempe juga kaya akan kalsium dan vitamin K. Yang mana kedua kandungan ini sangat diperlukan tubuh untuk menunjang proses pembentuk tulang. Oleh karena itu, bagi penderita osteoporis, mengonsumsi tempe sangat baik untuk melengkapi asupan kalsium. Dengan asupan kalsium dan vitamin K yang memadai, penderita osteoporosis dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Baik Digunakan Sebagai Menu Diet

Tempe merupakan menu terbaik bagi kamu yang sedang berniat menurunkan berat badan. Kandungan protein dan serat yang ada pada tempe dapat membantu menunjang nutrisi harian mu yang terpangkas karna diet. Selain itu kandungan vitamin B kompleks dan rendah lemak dalam tempe, membuatnya lebih mudah diserap oleh tubuh

manfaat tempe

Jadi itulah beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh tempe untuk tubuh. Jika kamu rutin menjadikan tempe sebagai tambahan lauk, maka berbagai manfaat diatas bisa kamu dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *