10 Manfaat Teh Putih, Baik untuk Kesehatan Tubuh

10 manfaat teh putih baik untuk kesehatan tubuh

Manfaat teh putih tidak perlu diragukan lagi, sebab teh putih diyakini memiliki kandungan antioksidan tinggi dibanding teh hitam. Teh putih mungkin masih terdengar asing di telinga. Pasalnya memang penjualan teh putih belum menjamur di Indonesia, karena harganya yang terbilang cukup mahal. Perlu kamu ketahui bahwa teh putih merupakan jenis teh yang tidak mengalami proses fermentasi sama sekali, karena proses pengeringan dan penguapannya dilakukan dengan sangat singkat.

Teh Putih (white tea) diambil hanya dari daun teh pilihan yang dipetik dan dipanen sebelum benar-benar mekar (masih menguncup). Inilah yang menjadikan teh putih sebagai dewi teh, karena diambil dari kuncup daun terbaik. Kuncup daun terbaik ini ditandai dengan adanya rambut putih halus yang mengelilingi permukaan daun. Daun teh yang dipetik sudah pasti pucuk daun yang muda, kemudian dikeringkan dengan metode penguapan (steam dried) atau dibiarkan kering oleh udara (air dried).

Daun teh putih adalah daun teh yang mengalami pemrosesan atau campur tangan paling sedikit dari semua jenis teh, sedangkan teh jenis yang lain umumnya mengalami empat sampai lima langkah pemrosesan. Mulai dari memetik, pengendapan udara, menggulung daun, oksidasi dan lainnya. Dengan proses yang lebih singkat ini, kandungan zat katekin pada teh putih adalah yang tertinggi dibanding lainnya, sehingga mempunyai manfaat yang lebih ampuh dibanding jenis teh lainnya.

Semua jenis teh pasti berasal daun teh bernama Camellia sinensis. Perbedaannya pada teh putih, daun teh yang dipetik adalah yang sangat muda dan belum mekar dan dipetik secara hati-hati, dimana pucuk muda (biasa disebut peko) ini masih diselaputi rambut halus berwarna putih perak, sehingga memberi kesan warna putih beludru, yang nantinya bila mengering akan berubah warna menjadi putih.

Proses teh putih yang tidak membutuhkan fermentasi karena prosesnya terjadi secara alami dan minim yaitu hanya melalui pelayuan dan pengeringan dengan bantuan angin dan sinar matahari sejuk. Proses ini harus sesegera mungkin setelah pemetikan dilakukan, tanpa mengalami proses oksidasi atau fermentasi maupun penggilingan sehingga tidak merusak bentuk teh yang sebenarnya.

10 manfaat teh putih baik untuk kesehatan tubuh kuncup daun teh

Pucuk daun muda (kuntum daun yang baru tumbuh) pada teh putih tidak dioksidasi. Pucuk-pucuk ini dihindarkan dari sinar matahari guna mencegah pembentukan sel klorofil daun. Hal inilah yang membuat produksi teh putih lebih sedikit dan akibatnya menjadi lebih mahal dibandingkan teh lainnya. Kurang populernya teh putih bukan tanpa sebab, karena teh tersebut ternyata merupakan jenis teh yang paling langka dan paling mahal di dunia. Tentunya karena pucuk daun teh yang tidak harus dibiarkan habis dalam sekali panen. Jika produksi teh putih melonjak, bisa jadi tidak ada pertumbuhan pohon teh lagi. Harga teh putih yang tinggi kadang dapat digunakan sebagai simbol status sosial seseorang. Karena harga yang tinggi itu pula yang menyebabkan tidak banyak orang mengkonsumsinya sehingga kurang populer.

Dari segi kimiawi, minimnya proses pada teh putih tentunya akan menghasilkan sel klorofil rendah dan antioksidan polifenol yang lebih tinggi, juga kafein yang sangat rendah. Pemrosesan yang sederhana pada teh ini justru menjadikan teh putih sebagai teh kesehatan premium dengan kandungan antioksidan polifenol tertinggi dari semua jenis teh yang ada. Manfaat teh putih sebagai obat herbal kesehatan memang baik untuk dikonsumsi, karena inilah manfaat teh putih sangat baik untuk manusia sehingga sering dijadikan obat herbal. Berikut penjelasan 8 manfaat teh putih yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Penuaan Dini

Penyebab penuaan dini dapat disebabkan karena kurangnya antioksidan tubuh. Seringnya terpapar matahari, akan merusak lapisan kulit. Bila antioksidan tubuh tidak cukup, maka lapisan kulit akan cepat dirusak dan terjadilah kulit berkerut. Bagi kamu yang sudah merasa memiliki fine lines area mata, atau smile lines, rasanya perlu untuk konsumsi teh putih sebagai tindakan pencegahan penuaan dini.

Teh putih ternyata memiliki kandungan antioksidan 11,1 – 25,6% lebih tinggi dibandingkan jenis teh lainnya. Satu cangkir teh putih memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari 10 gelas jus apel, memiliki 31 kali lebih banyak vitamin C dan 100 kali lebih banyak vitamin E. Sudah banyak penelitian yang menjelaskan bahwa antioksidan sangat baik untuk menyehatkan kulit wajah. Kandungan antioksidan dan vitamin E sangat baik untuk memberikan perlindungan dan pertumbuhan maksimal pada kulit wajah. Manfaat teh putih terdapat pada antioksidan dalam teh baik untuk melawan radikal bebas dalam kulit dan vitamin E membantu meregenerasi pertumbuhan sel yang baru, untuk mencerahkan dan melembapkan wajah.

Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah

Penyempitan pembuluh darah dapat disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang terlalu memiliki banyak lemak (minyak, gorengan, daging merah, dll) dan makanan dengan kadar gula yang tinggi. Sehingga lemak-lemak tersebut masuk ke dalam darah dan bisa menyangkut ke dinding-dinding pembuluh darah, sehingga inilah yang menyebabkan pembuluh darah menyempit dan tersumbat. Untuk mencegah penyempitan terjadi dibutuhkan polifenol dalam tubuh. Polifenol berguna untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Polifenol pada teh putih menunjukan efek yang baik pada produk anti pembeku darah dan anti penggumpalan darah, terutama katekin yang dapat mencegah sel darah merah menggumpal. Pada produk anti penggumpalan darah, polifenol dianggap penting untuk mengurangi pembuluh lemak penyebab penggumpalan darah. Dalam hal ini teh putih juga membantu pembuluh nadi terhindar dari lemak yang menumpuk dan akhirnya penyumbatan tidak terjadi. Manfaat teh putih ini bisa menjadi tindakan pencegahan pembuluh darah terjepit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung tentu penting untuk menjaga organ vital tubuh lainnya. Hal ini disebabkan karena jantung adalah organ penting dalam menjalankan fungsi organ lainnya, misalnya saja pada hati. Jantung akan memompa oksigen bersama darah yang akan dialirkan ke dalam hati untuk melancarkan organ hati menghancurkan racun dalam tubuh. Bila dalam organ hati tidak ada pasokan oksigen yang tercukupi, maka produksi enzim untuk menghancurkan racun tidak maksimal, dan racun akan ada dalam tubuh.

Manfaat teh putih satu ini berhubungan dengan yang sebelumnya. Jika terjadi penyempitan pembuluh darah maka aliran darah ke jantung menjadi terhambat, dan tidak adanya darah yang dipompa oleh jantung. Bila aliran darah lancar maka jantung pun akan sehat. Disini terjadi sebab akibat antara aliran darah lancar dan kesehatan jantung. Polifenol pada teh putih akan menjaga ketahanan pembuluh darah agar tidak adanya lemak yang menumpuk pada dinding pembuluh darah. Dengan begitu kesehatan jantung akan terjaga dan memompa darah ke aliran organ lain menjadi lancar.

Mencegah Sel Kanker

Sel kanker disebabkan karena adanya partikel dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Partikel ini tentu dapat merusak pertumbuhan sel inti dalam tubuh. Sifat sel kanker adalah sangat progresif dalam pertumbuhannya, inilah yang berbahaya pada sel inti dalam tubuh, akan dirusak dengan pertumbuhan agresif sel kanker.

10 manfaat teh putih baik untuk kesehatan tubuh mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat teh putih satu ini terdapat pada sifat anti karsinogenik, menolak zat nitrosoamine yang merupakan zat pembentuk karsinogen (penyebab kanker) dalam makanan. Antioksidan polifenol ini bekerja dalam mencegah dan melawan berbagai jenis kanker sekaligus menghentikan penyebarannya. Polifenol memang sudah terkenal untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, karena dapat melumpuhkan partikel penyebab sel kanker. Bila polifenol dapat tercukupi masuk di dalam tubuh, maka pertumbuhan sel inti tubuh juga semakin melawan penyebaran sel kanker. Dalam mengonsumsi teh putih untuk mencegah sel kanker, disarankan tidak mengonsumsinya bersamaan dengan gula, juga gunakan kualitas teh putih yang terbaik. Perlu diingat, manfaat teh putih bila dikonsumsi, lebih fokus ke mencegah pertumbuhan sel progresif kanker.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi karena kadar tekanan darah pada pembuluh nadi mengalami penyempitan. Penyempitan ini terjadi karena jantung memompa darah ke tubuh namun kapasitas pembuluh nadi tidak tercukupi. Pada tekanan darah tinggi biasanya ditandai dengan kadar tekanan mencapai 140 / 90 mmHg atau lebih. Penyempitan pada pembuluh nadi lah yang menyebabkan adanya rasa sakit dan nyeri.

Manfaat teh putih dalam membantu kurangi tekanan darah tinggi ialah dengan mengencerkan darah, memperbaiki fungsi arteri, dan melonggarkan pembuluh nadi, sehingga mengurangi penyempitan dinding pembuluh nadi dan lancarnya pompa darah dari jantung. Dengan mengonsumsi rutin teh putih kamu dapat melihat hasilnya, penurunan akan terjadi. Walau memang tidak signifikan, tetapi penurunan akan stabil terjadi. Disarankan juga diimbangi dengan konsumsi sayur timun untuk membantu kurangi tekanan darah tinggi. Pastikan saat konsumsi teh putih untuk membantu mengurangi tekanan darah tidak disertakan dengan gula untuk menjaga kadar gula kamu.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah diinformasikan di awal, pada teh putih ini mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan teh lainnya. Kandungan antioksidan ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh manusia akan selalu terkoneksi dengan daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh kuat tentunya akan dapat melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh, bila daya tahan tubuh lemah, dengan sangat mudah terserang penyakit.

Manfaat teh putih bekerja melalui antioksidan berupa polifenol yang baik untuk melawan radikal bebas seperti bakteri dan virus penyebab terjadinya penyakit. Zat antioksidan ini mampu menetralisir radikal bebas dan menguranginya, serta mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Dengan kata lain, antioksidan dapat menangkal pertumbuhan bakteri dan virus dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh mu akan selalu terjaga.

Menyehatkan Rongga Mulut

Manfaat teh putih selanjutnya ialah dapat membantu menyehatkan rongga mulut. Pada rongga mulut terjadi proses untuk melumatkan makanan yang keras agar mudah masuk melewati tenggorokan dan dicerna oleh usus. Proses inilah yang membuat rongga mulut masih menyimpan sisa-sisa makanan, terutama pada gigi. Bila sisa makanan tidak kunjung dibersihkan, tentu bakteri akan menumpuk dan dapat menyebabkan bau mulut, plak, karies gigi atau gigi berlubang.

Tahukah kamu bahwa teh putih memiliki mineral penting untuk kesehatan rongga mulut? Yap, dalam daun teh putih terdapat flouride yang baik untuk menjaga rongga mulut dari bakteri. Flouride sangat baik untuk menjaga pertahanan gigi (enamel gigi) agar tidak mudah keropos. Selain itu flouride alami daun teh ini juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi dalam rongga mulut sekaligus mematikan kuman penyebab bau mulut tak sedap. Flouride ini bersifat anti gigi berlubang dan anti bakteri, maka dari itu mineral ini berfungsi memberikan pertahanan kuat pada gigi. Manfaat teh putih bisa kamu dapatkan ketika sering berkumur dengan larutan teh putih.

Menjaga Berat Badan

Tampaknya ini adalah manfaat yang sudah diketahui banyak orang. Teh putih memang baik untuk menjaga berat badan dalam tubuh. Senyawa flavonoid dalam teh bekerja untuk meningkat metabolisme pencernaan agar rutin mengeluarkan lemak bersamaan dengan feses. Bila kamu sering meminum teh putih, kamu tentunya akan merasakan BAB (Buang Air Besar) menjadi lebih lancar, setidaknya satu kali sehari. Bila BAB lancar, tentunya tidak ada lemak jahat yang menumpuk dalam tubuh, lemak akan segera dilumatkan dan menyatu dengan feses. Inilah alasannya mengapa teh putih cenderung digunakan untuk menjaga berat badan.

Bukan lagi hal yang tabu bila penampilan menjadi cukup penting. Walau tanpa obat-obatan khusus, kamu juga bisa menjaga berat badan. Rutin konsumsi teh putih untuk menjaga berat badan juga bisa kamu rasakan. Disarankan mengonsumsi teh putih dua kali sehari. Di pagi hari, konsumsi sebelum beraktivitas agar lemak dalam tubuh dapat dipersiapkan untuk diemulsi dalam pencernaan.

Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula dalam darah tentu harus dijaga dengan baik. Bila tidak, dimungkinkan terjadi kadar gula darah tinggi (diabetes atau sakit gula) atau bisa juga kadar gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia). Untuk menjaga gula darah tetap stabil, kamu dapat mengonsumsi teh putih setiap hari. Pada teh putih terdapat polifenol yang membantu menjaga kestabilan gula darah. Polifenol ini mampu mempertahankan kadar gula dalam tubuh. Bila kadar gula terlalu tinggi maka polifenol akan meningkatkan pankreas untuk memproduksi hormon insulin, sehingga glukosa dalam darah dapat segera berubah menjadi energi.

Bila kamu ingin mengonsumsi teh putih untuk menjaga kadar gula darah, pastikan tidak menggunakan gula, ya. Sebab, gula inilah yang akan memicu kadar glukosa darah menjadi tinggi. Disarankan konsumsi dua kali sehari untuk menjaga kadar gula darah kamu.

Merangsang Fokus

Fokus diperlukan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Bila fokus, kamu akan merasakan tubuh yang rileks dan terhindar dari sakit kepala. Pada teh putih terdapat kandungan asam amino berupa L-tannine yang baik untuk meningkatkan kinerja otak. Dengan adanya kandungan L-tannine dalam tubuh membantu menerima rangsangan ke otak dengan cepat dan meresponnya sesegera mungkin. Respon yang diterima dapat berupa respon memori ataupun respon motorik.

Manfaat teh putih ini bekerja melalui L-tannine. L-tannine dalam sel otak bekerja meningkatkan daya fokus melalui saraf motorik mata, sehingga akan menimbulkan sensorik dari konsentrasi otak ke motorik tubuh. Pada L-tannine juga menenangkan, mengurangi stress dan menambah energi, dimana L-tannine yang dikandungnya merupakan asam amino yang menurut riset terkini dapat menstimulasi gelombang otak alfa untuk meningkatkan kewaspadaan namun menghasilkan efek menenangkan.

Di Cina teh putih diklasifikasikan sebagai Yin Zhen Bai Hao (Silver Needle), Bai Mu Dan (White Peony), Gongmei (Tribute Eyebrow), dan Shou Mei (Long Life Eyebrow). Saat ini permintaan akan teh putih di luar Cina seperti di Amerika Serikat, Inggris dan negara-negara Eropa dan Jepang semakin meningkat. Klasifikasi teh ini berdasarkan tingkatan kualitas dari pucuk daun teh putih yang baru tumbuh. Alasan konsumen terutama adalah karena manfaat teh putih yang baik untuk kesehatan.

10 manfaat teh putih baik untuk kesehatan tubuh cara menikmati teh putih

Cara menikmati teh putih adalah 2 gram teh diseduh dengan secangkir air putih hangat, walaupun hanya dibuat dengan 2 gram teh kandungan antioksidan dalam secangkir teh putih diyakini setara dengan 12 gelas jus jeruk. Seduhan teh putih menghasilkan warna putih keperakan, terutama untuk jenis white silver nedle.

Teh ini mempunyai aroma bunga yang sangat segar dengan cita rasa yang agak manis dan ringan yang lembut di lidah, yang akan menimbulkan nuansa yang dalam disaat mereguk teh ini, sehingga mencicipi segelas teh putih akan terasa di bawa keaslian tanaman teh yang sejati. Manfaat teh putih memang sudah sejak dulu terkenal. Kamu tidak perlu ragu untuk konsumsi teh putih sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

10 manfaat teh putih baik untuk kesehatan tubuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *