10 Manfaat Minum Air Es Yang Perlu Kamu Ketahui

Air es banyak disukai karena menyegarkan tubuh lebih cepat terutama ketika selesai berolahraga. Air es memberikan tingkat kepuasan tersendiri saat meminumnya. Meskipun banyak disukai, sayangnya air es sering dikaitkan dengan bahaya bagi kesehatan. Namun siapa yang sangka bahwa air es juga memberikan manfaat positif bagi tubuh anda. Yuk simak 10 manfaat minum air es.

Meningkatkan Selera Minum Air

Kelihatan sederhana, namun perlu diketahui tidak semua orang mau untuk mengonsumsi air dengan suhu rata-rata ataupun air hangat. Bisa dikatakan lebih banyak orang yang memilih untuk minum air es karena meningkatkan selera untuk minum air. Disaat tubuh kelelahan, berkeringat, dan terkena cuaca panas, maka air es menjadi solusi yang paling disukai untuk menghilangkan dehidrasi.

Dibandingkan air dengan suhu normal ataupun air hangat, selera orang untuk minum air es lebih meningkat karena memang lebih menyegarkan. Oleh sebabnya para atlet yang membutuhkan air dalam jumlah yang banyak, maka cenderung memilih untuk mengonsumsi air es atau air dingin. Hal ini disebabkan kebutuhan penggantian cairan lebih cepat terpenuhi dan terasa lebih nikmat.

Meningkatkan Mood

Selain meningkatkan selera minum air, minum air es juga dapat meningkatkan mood. Setelah berjam-jam berada di bawah sinar matahari, melakukan sesi olahraga yang panjang atau beraktivitas di luar ruangan hingga menghasilkan keringat yang sangat banyak, maka tubuh memerlukan segelas air es untuk menyegarkan suasana hati. Terdapat organ di lobus temporal otak manusia yang berperan dalam meningkatkan suasana hati atau mood. Bagian otak ini bisa dirangsang dengan minum air es. Hal ini menjadi alasan lain mengapa seseorang sangat bersemangat ketika ditawari segelas air dingin karena memicu hormon bahagia di dalam tubuh.

Baik Untuk Merawat Kulit Dan Menjaga Kecantikan

Manfaat air dingin selanjutnya yaitu mampu menjaga kecerahan kulit secara alami sekaligus mempercepat proses pencerahan wajah. Selain itu, air es juga membantu membentuk kulit yang lebih halus sehingga akan meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat ini dapat dirasakan karena air es mendorong darah mengalir ke permukaan kulit yang mencerahkan wajah. Air es juga mengencangkan dan mencerahkan wajah, sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih bercahaya dan segar. Air es juga tidak membuat lapisan sebum menjadi sangat kering, sehingga berlawanan dengan sifat dari air panas. Lapisan sebum adalah pelindung alami kulit dan sekaligus meningkatkan sirkulasi darah.

Meningkatkan Hormon

Minum air es dapat meningkatkan hormon di dalam tubuh terutama hormon testosteron dan estrogen. Hormon adalah zat kimia yang sangat penting untuk menjalankan fungsi-fungsi di dalam tubuh manusia. Hormn testosteron sering dikaitkan dengan kemampuan dan dorongan seksual yang memainkan peran penting dalam memproduksi sperma.

Tak hanya  berkaitan dengan dorongan seksual, hormon testosteron juga mempengaruhi kepadatan tulang dan otot, mengatur cara tubuh menyimpan lemak dan membantu menproduksi sel darah merah. Sedangkan hormon estrogen merupakan hormon yang memastikan fungsi reproduksi pada wanita berjalan dengan baik. Lebih lanjut, hormon ini juga bekerja dengan vitamin D dan hormon lain yang mendorong pembentukan tulang.

Menjaga Kebugaran Tubuh

Secara umum setelah berolahraga suhu tubuh akan meningkat karena keringat. Mengonsumsi air es ternyata dapat membantu tubuh untuk menunda dan menghambat kenaikan suhu inti yang biasanya berpengaruh terhadap performa olahraga. Minum air es membuat kebugaran tubuh tetap terjaga dengan suhu inti tubuh yang lebih terkontrol. Dengan meminum air es saat berolahraga, maka fisik menjadi lebih kuat dan tidak mudah lelah, badan lebih bugar, serta sanggup melakukan olahraga yang lebih lama.

Membakar Lebih Banyak Kalori

Air es ternyata dapat membantu tubuh untuk membakar kalori. Saat mengonsumsi air es maka membutuhkan banyak energi untuk menetralkan suhu air agar menjadi sama dengan suhu tubuh. Namun bukan berarti anda dapat minum air es secara terus menerus terutama setelah olahraga.

Pada dasarnya penurunan kalori saat mengonsumsi air dingin tidak terlalu signifikan saat berolahraga. Jumlah kalori biasanya akan terbakar sekitar 5-18 kalori untuk berat air es 16 ons. Oleh sebabnya air es lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berolahraga,, bukan setelah berolahraga. Hal ini ditujukan untuk memaksimalkan proses pengembalian cairan tubuh.

Menambah Stamina Saat Berolahraga

Air es mungkin tidak baik dikonsumsi terlalu sering, namun apabila dikonsumsi selama berolahraga, air es ternyata dapat menambah stamina. Minum air es saat berolahraga membantu meningkatkan kinerja fisik dan daya tahan tubuh. Selain itu, saat tubuh lelah dan gerah maka minum air es membuat tubuh dapat mempertahankan suhu inti yang lebih rendah, sehingga mempertahankan stamina.

Dinginnya air es membuat tubuh menyerap panas dan menjadi lebih dingin dari dalam. Berdasarkan penelitian dari Journal of the International Society of Sports Nutrition tahun 2014, menjelaskan bahwa air dingin melawan dehidrasi dalam jangka pendek dan lebih cepat berproses untuk mengembalikan energi untuk lanjut berolahraga dengan lebih baik.

Menurunkan Demam

Minum air es membuat suhu tubuh yang sedang dalam keadaan demam lebih mudah untuk turun. Ketika tubuh terasa demam penting untuk menjaga agar terhidrasi secara penuh. Saat demam artinya tubuh tengah bekerja keras untuk melawan segala penyebab demam, misalnya infeksi. Ketika suhu tubuh yang sangat tinggi dapat dirasakan, maka minum air es bisa menjadi salah satu cara tercepat untuk mengatasi dan menurunkan demam. Untuk memaksimalkan manfaat ini, air es sebaiknya ditambahkan perasan jeruk lemon segar dan garam, agar segera mengganti elektrolit yang hilang.

Melawan Heat Stroke

Heat stroke adalah kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu secara drastic, karena lingkungan membuat tubuh tidak mampu lagi mengontrol suhu badan. Ketika terkena heat stroke maka suhu badan dapat meningkat dengan cepat sekitar 41 derajat celcius dalam 10-15 menit, namun sudah tidak dapat mengeluarkan keringat. Selain membantu seseorang yang tengah mengalami heat stroke, air es juga dapat mengembalikan suhu tubuh menuju kadar suhu yang normal.

Meningkatkan Produksi Adrenalin

Minum air es bisa merangsang peningkatan produksi adrenalin. Adrenalin membuat tubuh tetap waspada dan lebih siap secara mental. Hal ini juga mendorong tubuh lebih mudah berkonsentrasi dan fokus pada pikiran. Memiliki pikiran yang selalu aktif didukung dengan produksi adrenalin yang lebih baik. Ini mengarah juga pada pengambilan keputusan yang lebih cepat. Oleh sebab itu minum air es ternyata memberikan manfaat yang penting untuk menunjang produktivitas.

Hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Memenuhi Kebutuhan Air

Meskipun manfaat air es memberikan kontribusi pada kesehatan, namun minum air es bukan satu-satunya cara yang paling baik dalam meminum air putih. Ada hal lain yang perlu dicatat dan diperhatikan yaitu setiap orang perlu memenuhi kebutuhan cairan atau air putih. Sesuai pedoman gizi seimbang, orang dewasa disarankan untuk minum air sekitar 8 gelas atau total 2 liter untuk memastikan fungsi tubuh berjalan dengan baik.

Dengan demikian, terlepas dari suhu minuman yang menggunakan air es ataupun air hangat tidak memberikan perbedaan yang terlalu signifikan. Sebaliknya, tubuh harus tetap terhidrasi baik itu dengan minum air es ataupun tidak. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat fungsi organ tubuh berjalan dengan baik seperti meningkatkan fokus, menjaga daya tahan tubuh, serta membantu melancarkan pencernaan.

Air putih juga sangat diperlukan ketika sebelum, selama dan sesudah berolahraga untuk meningkatkan performa saat olahraga. Apabila tubuh kekurangan air maka terjadi perubahan warna urine dan menggangu fokus saat berolahraga. Dengan demikian, terlepas dari suhu air yang diminum, pada akhirnya yang paling penting adalah tubuh tidak boleh dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *