14 Makanan Ini Bisa Mencegah Rambut Rontok

14 makanan ini bisa mencegah rambut rontok

Rambut rontok adalah masalah yang sangat sering ditemui dan membuat tidak nyaman penderita. Terkadang banyak perawatan dijalani agar tetap menjaga kondisi rambut yang sehat. Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah dari gaya hidup, termasuk dari makanan yang di konsumsi bisa saja menjadi alasan kerontokan rambut. Begitu pula untuk mencegahnya, makanan yang sehat dan tepat dapat membuat akar rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok. Lalu apa saja makanan yang dapat mencegah kerontokan rambut? Simak di bawah ini:

Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak dapat membantu mencegah kerontokan rambut seperti susu sapi tanpa lemak yang mengandung asam amino lysine yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan rambut. susu lainnya yang di sarankan untuk di minum adalah susu kedelai, kedelai sendiri mengandung protein yang dibutuhkan tubuh untuk membuat rambut lebih sehat dan kuat, selain itu juga dapat memperbaiki rambut rusak yang menjadi penyebab kerontokan dan menjaga rambut tetap lembab. Selain mengkonsumsi susu, produk turunan susu seperti yogurt juga dapat membantu meningkatkan produksi sebum di kulit kepala sehingga dapat mencegah kebotakan.

14 makanan ini bisa mencegah rambut rontok susu rendah lemak

Telur Ayam

Telur merupakan salah satu bahan untuk memasak yang sangat mudah di temui. Telur juga mengandung banyak nutrisi yang sangat berguna seperti protein, kalori, vitamin, fosfor dan lainnya. Kandungan Biotin yang menjadi salah satu jenis vitamin B yang ada di dalam telur khususnya kuning telur dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Selain itu kandungan zinc dan zat besi juga sangat dibutuhkan untuk reproduksi sel, pertumbuhan jaringan, serta memperbaiki jaringan rambut yang telah rusak. Sehingga mengkonsumsi telur dianjurkan untuk seseorang yang mengalami masalah pada rambut untuk mendapatkan rambut yang kuat, cepat tumbuh dan tidak mudah rontok.

Ikan Salmon

Ikan Salmon sudah dikenal secara luas tentang kandungan manfaatnya yang sangat tinggi. kandungan seperti omega 3, kalium, selenium, vitamin D, B12 dan lain sebagainya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Contohnya adalah kandungan vitamin D dan Omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. asam lemak pada omega 3 dapat menumbuhkan sel rambut baru serta vitamin D yang membuat akar rambut lebih kuat. Maka tidak heran Ikan salmon banyak di rekomendasi untuk di konsumsi sehingga dapat mencegah kerusakan rambut yang parah.

14 makanan ini bisa mencegah rambut rontok ikan salmon

Sayur Bayam

Sayur bayam memiliki manfaat untuk mencegah masalah pada rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan zat besi, kalium, magnesium, vitamin B, EC dan asam folat memiliki andil untuk memasok oksigen ke dalam folikel rambut yang dapat membuat rambut tumbuh dengan cepat. Selain itu kandungan zat besi dan asam folat dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Mengkonsumsi bayam dengan rutin akan memberikan manfaat pada rambut yang mengalami masalah kerontokan.

Brokoli

Sayuran Hijau seperti brokoli menjadi sumber nutrisi yang bermanfaat untuk rambut. Hal tersebut karena kandungan yang ada pada brokoli seperti zat besi, asam folat, vitamin A, C dan lain sebagainya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut di kepala. Zat besi yang terkandung di dalamnya juga menjadi salah satu mikronutrisi penting dalam pertumbuhan rambut, dimana ketika tubuh kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Selain itu kandungan vitamin B pada brokoli dapat mengurangi tingkat stres seseorang sehingga dapat mengurangi kerontokan rambut akibat stres berlebih.

14 makanan ini bisa mencegah rambut rontok brokoli

Alpukat

Alpukat sebagai salah satu superfood sudah banyak dikenal dengan kandungan gizinya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu juga kesehatan pada rambut, kandungan seperti lemak sehat, vitamin C, vitamin E yang bersifat zat antioksidan menetralkan radikal bebas. Hal tersebut dapat membuat mengurangi stres oksidatif dan mampu merangsang pertumbuhan rambut secara alami. Selain itu buah alpukat juga banyak di rekomendasikan untuk di konsumsi sesering mungkin sehingga tubuh mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Daging Sapi

Daging Sapi merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi bagi kesehatan tubuh. Daging mengandung kalori, air, protein, karbohidrat dan juga lemak yang dibutuhkan untuk tubuh. Kandungan protein dan zat besi yang terdapat dalam daging sapi memiliki manfaat bagi rambut, yaitu membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Namun, walaupun daging sapi dapat mengatasi masalah pada rambut, bagi yang memiliki kondisi kesehatan yang berhubungan dengan daging sebaiknya di hindari, atau sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar tidak mengalami masalah kesehatan yang lebih serius.

14 makanan ini bisa mencegah rambut rontok daging sapi

Kacang Almond

Kacang Almond mengandung nutrisi seperti vitamin, antioksidan, mineral, omega 3, dan lainnya. Seperti omega 3 dan magnesium yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan pertumbuhan rambut serta vitamin E dan D yang dapat menjaga kulit kepala ternutrisi dengan baik. Dengan nutrisi tersebut kulit kepala semakin sehat dan membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok. Tidak hanya dapat di konsumsi, minyak atau dari kacang almond juga dapat dioleskan ke kulit kepala untuk memberi nutrisi pada rambut.

Kacang Polong

Kacang polong mengandung nutrisi yang diperlukan untuk tubuh seperti protein, zat besi, seng biotin, vitamin dan lainnya. Dimana nutrisi seperti biotin dan vitamin A dapat membantu menumbuhkan rambut baru. Sumber energi tersebut dapat menjadi energi bagi tubuh dan membantu pertumbuhan sel rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Selain itu kacang juga mengandung vitamin E yang bersifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan menjadikan batang rambut lebih lembab dan mengkilap.

14 makanan ini bisa mencegah rambut rontok kacang polong

Kerang

Kerang termasuk pada jenis seafood yang menjadi sumber nutrisi bagi tubuh. Kerang mengandung protein, lemak, asam lemak omega 3, zat besi, vitamin A, B dan lain sebagainya. Kandungan tersebut juga dapat bermanfaat bagi kesehatan rambut, kandungan zinc dapat membuat rambut lebih sehat. Selain itu omega 3 juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut, menjaga kekuatan rambut dan meningkatkan cadangan keratin di rambut. Mengkonsumsi kerang dapat menjadi salah satu cara untuk menghindari masalah kerontokan pada rambut, sehingga banyak juga yang merekomendasikannya

Barley

Barley termasuk ke dalam jenis biji-bijian yang mengandung vitamin B kompleks, serat yang tinggi, zat besi, mineral, vitamin E dan lain sebagainya. Kandungan tersebut dapat membantu untuk menyehatkan rambut yang mengalami masalah kerontokan. Seperti vitamin E dan antioksidan didalamnya yang dapat menguatkan rambut sehingga tidak mudah rontok. Selain itu biji barley yang biasanya telah diolah menjadi tepung lebih mudah di temui dan di kreasikan berbagai macam makanan sesuai selera dan dapat di konsumsi secara rutin.

14 makanan ini bisa mencegah rambut rontok barley

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau biasa di kenal dengan nama kuaci dapat menjadi salah satu solusi bagi rambut rontok. Kandungan seperti vitamin E, lemak omega 3, selenium, vitamin B5 dan nutrisi lainnya telah dibuktikan bermanfaat bagi tubuh, khususnya rambut. Kandungan tersebut dapat membantu untuk merangsang pertumbuhan rambut, meminimalkan rambut patah dan menjaga kesehatannya. Mengkonsumsi kuaci ini juga dapat dilakukan setiap hari karena aman bagi kesehatan semua umur dari yang muda sampai yang tua.

Buah Berry

Buah berry memiliki kandungan bioflavanoids yang memiliki manfaat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Fungsi tersebut dapat membantu untuk mengurangi masalah rambut rontok secara alami dan menjadikan lebih sehat. Selain itu kandungan nutrisi seperti zat besi, vitamin C, A, B2 serta antioksidan yang terdapat pada berry menjadikannya salah satu sumber makanan yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, membantu pencernaan dan juga mencegah kanker.

14 makanan ini bisa mencegah rambut rontok buah berry

Buah Jeruk

Selain buah beri ada buah jeruk, buah jeruk mengandung antioksidan dan vitamin yang mampu mempercepat pertumbuhan rambut, selain itu vitamin C di dalamnya yang bersifat antioksidan mampu menangkal radikal bebas sehingga aman di konsumsi setiap hari. Selain itu mengandung serat dan vitamin dan menjadi sumber nutrisi untuk dapat memperbaiki rambut yang rusak dengan cara di konsumsi ataupun dengan mmenggunakannya sebagai olesan pada kulit kepala dan batang rambut.

Rambut yang rontok dapat berasal dari berbagai faktor seperti usia, tingkat stres, sakit dan gaya hidup termasuk makanan. Makanan yang biasanya di konsumsi juga menjadi faktor asupan nutrisi bagi tubuh, sehingga untuk dapat menghindari permasalahan rambut rontok pertama adalah mengenal asupan gizi yang ada dalam makanan. Hal tersebut karena asupan inilah yang memiliki peran pada kesehatan rambut dan tubuh. Jika perlu konsultasikan masalah ini terlebih dahulu kepada dokter agar mendapat kejelasan dalam menangani rambut rontok.

10 buah yang bagus untuk diet sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *