10 Kurma Terbaik di Dunia

Kurma

Kurma merupakan tanaman tradisional yang penting di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adalah makanan tradisional yang utama untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma mempunyai banyak jenis dan ada juga kurma terbaik di dunia.

Berbagai jenis kurma hadir di Arab Saudi.  Dari manfaat kesehatan yang mengagumkan hingga kelezatannya, kurma hadir dalam berbagai jenis rasa dan tekstur. Ada kurma lembut dan  juga kurma dengan tekstur kering. Semua jenis kurma memiliki karakteristik masing-masing.

Dahulu, orang-orang di Arab Saudi menggunakan  kurma sebagai barang pertukaran bagi Sutra bahkan sebelum Nabi Isa.  Kurma dan sutra adalah komoditas yang melintasi  jalur sutra kuno (China Silk Road).

Kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) juga dibudidayakan di Amerika Serikat pada bagian selatan California, Arizona dan bagian selatan Florida.

10 JENIS KURMA PALING TERKENAL DAN TERBAIK DI DUNIA

Pada bulan Ramadhan, kurma menjadi salah satu buah favorit yang disajikan untuk berbuka puasa. Tidak banyak orang yang tahu tentang jenis asli buah Arab ini.

Kurma memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kurma bisa mencegah anemia. Selain itu, kurma juga dapat mengoptimalkan kinerja otak. Oleh sebab itu, nggak cuma umat muslim aja yang suka menikmati buah yang satu ini, semua orang di seluruh penjuru dunia pun menyukai kurma karena begitu terasa manfaatnya. Ternyata, kurma memiliki berbagai varian yang berbeda-beda lho.

Di dunia ada ratusan jenis kurma. Di Arab Saudi ada sekitar 400 jenis kurma, belum termasuk di Irak, Mesir, Tunisia, Ajzair, Iran, Palestina, dan California dan beberapa tempat lainnya, mesih banyak jenis kurma dengan tekstur dan cita rasa yang berbeda.

Tanah dan kondisi alam yang unik di setiap daerah membuat tekstur dan rasa tiap kurma berbeda.

Dari ratusan buah kurma, terdapat beberapa jenis yang populer dan digemari berbagai masyarakat di dunia.

Selama ini mungkin tidak paham benar kurma yang banyak beredar di sekeliling kita. Yang kita tahu, memang ada perbedaan antara kurma yang dijual di supermarket, di toko-toko Muslim, dan pinggir jalan. Padahal ada begitu banyak macam kurma.

Masing-masing memiliki kelebihan yang membuatnya populer dan banyak dicari orang. Kurma adalah sejenis tumbuhan palem (palma) dengan bahasa latin phoenix dactylifera yang berbuah dan boleh dimakan, baik dalam keadaan masak maupun mentah.

Kurma matang dibagi menjadi empat golongan tingkat kematangan yang menggunakan penamaan Arab seperti, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari). Dari empat tingkat kematangan, ada 10 jenis kurma terbaik di dunia. Berikut di antaranya:

Thoory

Sering pula disebut thuri, buah ini merupakan jenis kurma yang sangat populer di Aljazair. Buah kurma thoory biasanya kering dengan warna cokelat kemerahan dan ketika diawetkan, warnanya berubah menjadi kebiru-biruan.

Kulitnya pun sangat keriput. Daging buahnya agak keras dan rasanya manis serta terdapat sentuhan rasa kacang. Kurma ini juga cukup tahan lama jika disimpan. Kurma ini cukup banyak beredar di Indonesia. Di Indonesia, kurma jenis ini juga cukup banyak ditemui.

Khidri

Kurma yang satu ini paling sering digunakan sebagai kurma olahan yang diberi isian cokelat, almond dan sebagainya. Tekstur kurma ini kering dan kenyal. Rasanya pun tidak begitu manis sehingga cocok dikombinasikan dengan isian yang memiliki berbagai cita rasa. Kurma ini memiliki warna merah maroon gelap. Terkenal dengan rasanya enak. Bentuknya buah panjang dan sedikit lonjong.

Amer Hajj

Kurma yang juga disebut amer hajj ini merupakan varietas kurma yang terkenal di Irak. Memiliki daging yang tebal dan bertekstur lembut dengan kulit tipis, kurma ini seringkali disebut sebagai the visitor’s date karena masyarakat Irak umumnya menyajikannya sebagai kudapan bagi tamu yang datang ke rumah mereka.

Ajwah

Kurma yang berwarna hitam gelap. Konon kurma Ajwah adalah jenis kurma yang paling disukai Nabi. Warnanya buahnya hitam gelap dan hanya terdapat di Madinah. Tektsur dagingnya lembut dengan cita rasa tidak terlalu manis dan menyerupai raisin/kismis (anggur kering).

Kurma yang berasal dari Madinah ini memiliki nutrisi sangat baik. Bukan hanya terbatas untuk orang-orang Madinah, manfaatnya pun bagus juga bagi para penduduk yang bertempat tinggal di daerah panas atau hangat. Kurma Ajwah termasuk paling mahal harganya.

Zaghloul

Kurma jenis ini memiliki warna merah tua dan berbentuk panjang menyerupai melinjo. Kurma yang banyak ditemukan di Mesir ini juga mengandung gula yang sangat tinggi sehingga mengering ketika disantap. Banyak ditemukan di Mesir, Biasanya kurma yang satu ini disajikan sangat garing. Rasanya sangat manis hingga terkadang manisnya masih melekat di lidah. Hal tersebut yang membuatnya eksklusif di Mesir dan harganya pun cukup mahal hingga hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya.

Sekkeri

Kurma jenis ini berwarna cokelat gelap, dengan daging buah yang sangat lembut dan rasa manis yang khas. Daging kurma yang satu ini memilki rasa sangat istimewa tak heran bila harganya lebih mahal dibandingkan jenis kurma yang lainnya.

Mozafati

Sebagian besar tumbuh di Provinsi Kerman, Iran, kurma ini sering dijuluki kurma bam. Biasanya masyarakat setempat mengonsumsinya ketika masih segar. Walaupun begitu, jika disimpan pada suhu minus lima derajat Celsius, kurma jenis ini dapat disimpan hingga dua tahun. Warnanya yang gelap dan ukurannya yang sedang membuat kurma ini memiliki cita rasa yang manis dan daging yang lembut. Sesuai namanya kurma ini banyak dikembangkan di daerah Mozafati.

Deglet Noor

Berwarna kuning keemasan, kurma deglet noor merupakan varietas unggul yang sangat populer di Libya, Tunisia, Algeria, dan Amerika. Nama kurma ini berarti cahaya karena warna buahnya yang menyerupai warna sinar matahari. Kurma ini juga memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis.

Sekki

Kurma yang satu ini memiliki warna yang unik yaitu warna kekuningan di bagian atas dan warna kecokelatan di bagian bawah. Daging yang berwarna kekuningan memiliki tekstur yang lebih keras sedangkan yang kecokelatan lebih empuk dan kenyal. Walaupun begitu cita rasa kurma sekki ini tidak terlalu manis.

Khalasah

Varietas ini populer di Arab Saudi karena tingkat kemanisannya yang tidak terlalu tinggi sehingga cukup banyak disukai. Buah kurma ini seringkali disebut dengan khlas dan banyak tumbuh di Huffuf juga Qatif di bagian timur Arab Saudi.

Rasanya yang manis dan ada juga kurma yang rasanya tidak terlalu manis. Memiliki banyak khasiat dan manfaat, kurma selalu menjadi primadona saat bulan Ramadhan. Dan meski ada banyak sekali varian kurma yang dihasilkan dari seluruh pelosok dunia. Bahwa diatas adalah 10 jenis kurma yang terbaik di dunia.

Nah, jadi tahu kan jenis-jenis kurma yang ada di seluruh dunia? Kamu paling suka yang mana?

Summary
10 Jenis Kurma Terbaik di Dunia
Article Name
10 Jenis Kurma Terbaik di Dunia
Description
Artikel ini menjelaskan bahwa ada 10 jenis kurma yang terbaik di dunia. Bahwa kurma apa saja sangat enak untuk dikonsumsi. Rasanya juga ada yang manis dan ada juga yang tidak manis.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Comments (1)

[…] Baca juga artikel kami lainnya mengenai jenis kurma yang terkenal […]

Leave a comment