10 Buah Yang dapat Menurunkan Darah Tinggi

10 buah yang dapat menurunkan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau High Blood Pressure (HBP) artinya adalah tekanan darah di dalam arteri lebih tinggi dari seharusnya. Tekanan darah tinggi juga biasa disebut dengan hipertensi, dimana tekanan darah normal biasanya adalah 120/80 mm. Jika tekanan darah untuk orang dewasa melebihi batas tersebut maka dapat disebut tekanan darah tinggi, sebaliknya jika di bawah angka tersebut maka disebut tekanan darah rendah.

Penyebab dari salah satu penyakit yang sangat banyak diderita masyarakat dunia ini belum bisa dipastikan. Meskipun penyakit ini belum bisa disembuhkan namun penyakit ini bisa di kendalikan baik dengan obat maupun dengan gaya hidup sehari-hari. Terlebih lagi tekanan darah tinggi tidak memiliki simptom atau gejala sebelumnya sehingga bisa dikatakan berbahaya bagi penderitanya karena dapat terkena secara tiba-tiba.

Selain dengan terus mengecek tekanan darah secara teratur dan juga mengkonsumsi obat yang telah diberikan dokter, terdapat makanan yang juga dapat membantu untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang baik di konsumsi untuk menjaga tekanan darah, apa saja buah yang dapat membantu bagi penderita tekanan darah tinggi?

Kiwi

10 buah yang dapat menurunkan darah tinggi kiwi

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah yang terkenal berasal dari selandia baru ini memiliki nutrisi yang kaya dan sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Menurut sebuah studi mengkonsumsi tiga buah kiwi dalam sehari secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium yang ada pada kiwi dapat membantu melancarkan peredaran darah, mengatur denyut jantung serta menurunkan tekanan darah. Buah kiwi juga mengandung asam folat sehingga mampu menurunkan kadar homostein yang menjadi penyebab penyumbatan pembuluh darah.

Pisang

Buah pisang merupakan buah kegemaran banyak masyarakat, selain bisa dimakan secara langsung banyak olahan yang bisa dibuat dari buah ini. Selain dapat membuat kenyang, buah pisang mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Salah satu kandungan buah pisang, yaitu kalium dapat membantu untuk menyeimbangkan garam dalam tubuh sehingga mampu menjaga tekanan darah tetap stabil. Untuk mengkonsumsinya pun sangat mudah karena selain dapat di olah seperti di goreng, di panggang, pisang juga bisa langsung di konsumsi secara utuh.

Alpukat

Buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini menjadi favorit banyak orang karena selain rasanya yang lezat, kandungan dari buah alpukat ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dalam buah alpukat mengandung vitamin E, vitamin B3, B5, B12, kalium, folat dan masih banyak nutrisi lainnya. Kalium dalam alpukat ini lah yang mampu mengontrol tekanan darah yang tinggi sehingga sangat baik di konsumsi sehari-hari bagi penderita hipertensi.

Stroberi

10 buah yang dapat menurunkan darah tinggi stroberi

Buah yang memiliki cita rasa yang manis dan asam ini sangat sehat untuk di konsumsi sehari-hari. Kandungan senyawa antioksidan jenis antosianin dalam buah ini mampu menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Selain kandungan tersebut stroberi juga mengandung vitamin C, protein, polifenol, serat, kalium dan indeks glikemik yang rendah sehingga tidak salah untuk di konsumsi sehari-hari. Buah ini juga dapat dijadikan olahan seperti jus, kue atau selai sehingga sangat mudah tidak ada kesulitan untuk dapat mengkonsumsinya.

Jeruk

Buah jeruk sudah tidak asing lagi di masyarakat sebagai salah satu buah yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Buah yang memiliki ciri khas berwarna orange ini dapat dengan mudah ditemukan baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Kandungan vitamin C, protein, karbohidrat dan juga mengandung enzim pektin yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Rutin mengkonsumsi jeruk akan mampu membantu menurunkan tekanan darah tetap normal.

Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi, meskipun ada beberapa yang meragukan tomat sebagai buah dan menganggap tomat sayur namun jika dijelaskan secara botanical tomat merupakan termasuk buah. Buah tomat memiliki rasa asam dan sedikit manis sehingga membuat segar ketika mencampurnya ke dalam makanan atau langsung di konsumsi. Kandungan likopen yang terdapat dalam buah tomat memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah sampai di percaya mengobati hipertensi. Meminum jus buah tomat secara teratur dianjurkan untuk membantu mendapatkan manfaatnya.

Semangka

Buah semangka yang sudah dikenal dengan rasa segar dan menjadi salah satu pilihan untuk di campur minuman segar ketika siang hari yang panas. Buah dengan kandungan likopen, potasium, vitamin A, B6, C, citulline serta nutrisi lainnya yang mampu menjaga tubuh tetap sehat. Kandungan citrulline ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga baik di konsumsi sehari-hari. Selain dimakan secara langsung, buah semangka sangat segar jika di konsumsi sebagai jus.

Delima

10 buah yang dapat menurunkan darah tinggi delima

Buah yang satu ini merupakan buahan yang dikenal mengandung banyak manfaat, biasanya yang di konsumsi adalah bagian isinya yang berbiji. Kandungan antioksidan dalam Delima lebih banyak dari teh hijau, selain itu terdapat vitamin K, folat, potassium, serat protein, dan vitamin C yang terkandung di dalamnya menghasilkan manfaat untuk tubuh. Delima mampu menurunkan ACE atau Angiotensin converting enzyme yang penting untuk mengendalikan tekanan darah. Hal tersebut membuat buah delima menjadi salah satu buah yang dianjurkan untuk penderita tekanan darah tinggi.

Melon

Buah yang dapat dengan mudah di temukan pada campuran es buah atau hidangan buah di meja sebuah acara ini menjadi salah satu buah yang mampu menjaga tekanan darah tetap normal. Kandungan kalium yang tinggi serta natriumnya yang rendah membuat buah ini sangat cocok bagi penderita tekanan darah tinggi. Banyak variasi resep yang dapat di aplikasikan dengan buah melon, buah ini juga tetap segar jika di konsumsi langsung.

Timun Suri

Timun Suri atau juga bisa disebut mentimun suri adalah salah satu buah yang dapat ditemui secara musiman, sehingga tidak mudah menemukannya setiap hari. Biasanya timun suri sering ditemukan pada bulan Ramadhan sebagai salah satu campuran untuk minuman di bulan puasa. Kandungan dalam timun suri seperti vitamin C, kalium, kalsium, dan fosfor menjadi salah satu sumber gizi yang baik bagi tubuh. Kandungan kalium yang tinggi serta natrium yang rendah mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi, sehingga tidak heran buah ini dianjurkan untuk para penderita hipertensi.

10 buah yang dapat menurunkan darah tinggi

Selain buah-buah di atas masih banyak hal lainnya yang dapat membantu seseorang untuk tetap menjaga tekanan darahnya normal. Menjaga tingkat stres, mengurangi konsumsi garam, dan juga berolahraga secara teratur dapat membantu tubuh tetap sehat dan menjaga dari tekanan darah yang tinggi. Maka dari itu, selain asupan buah atau makanan sebaiknya penderita hipertensi dapat menjaga pikiran dari stres dan juga harus rutin kontrol dengan dokter agar kesehatan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *